Inilah 10 Tempat Wisata Menarik di Kalimantan Barat

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 Juli 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Kalimantan Barat merupakan salah satu provinsi di Pulau Kalimantan yang menjadi provinsi terluas keempat setelah Papua, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Tengah. Ibu kota Kalimantan Barat adalah Kota Pontianak. Provinsi dikenal dengan julukan “Seribu Sungai” karena kondisi geografis Kalimantan Barat terdapat ratusan sungai besar dan kecil.

Kalimantan Barat memiliki potensi wisata yang kaya. Terlebih, jika kamu ingin mencoba sensasi keluar negeri menggunakan kendaraan darat. Karena dari Pontianak, terdapat bus yang tujuannya sampai ke Brunei Darussalam. Tak heran kalau Kalimantan Barat sangat menarik untuk dikunjungi.

Ingin tahu ada apa saja tempat wisata menarik di Kalimantan Barat? Berikut ini ulasan 10 tempat wisata seru yang wajib dikunjungi.

1. Pantai Pasir Panjang

Pantai Pasir Panjang

* sumber: www.tanahnusantara.com

Kalimantan Barat memang dikenal “Seribu Sungai”, tetapi di sini juga memiliki banyak sekali destinasi wisata pantai yang tak kalah indahnya dengan pantai di daerah lainnya. Salah satunya adalah Pantai Pasir Panjang yang terletak di Kota Singkawang. Pantai ini membentang sepanjang 3 km dengan pasir putih yang halus.

Pantai Pasir Panjang berjarak kurang lebih 17 km dari pusat kota Singkawang. Di pantai ini,, pengunjung bisa melihat Pulau Kabung, Pulau Randayan, dan Pulau Lemukutan dari kejauhan yang dibatasi dengan Laut Natuna. Karena pantai ini menghadap ke barat, maka sangat tepat dijadikan sebagai tempat untuk menyaksikan pesona matahari terbenam.

  • Alamat : Jl. Pasir Panjang No.89, Sedau, Singkawang Sel., Kota Singkawang, Kalimantan Barat 79163
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket masuk : Rp10.000/orang

2. Rumah Radakng

Rumah Radakng

Rumah Radakng merupakan rumah panjang suku Dayak Kanayatn dan menjadi rumah adat terbesar di Indonesia. Di Pontianak, terdapat replika rumah adat Dayak. Meskipun yang ada di sini bukan merupakan rumah asli, tetapi rumah ini aktif menampung aktivitas kaum muda sebagai sanggar seni bagi suku Dayak.

Rumah Radakng memiliki tinggi 7 meter dengan panjang sekitar 138 meter. Di bagian depan rumah terdapat enam pilar dengan patung Burung Enggang Gading yang bertengger di atasnya. Enam Burung Enggang Gading ini diyakini sebagai simbol kekuatan dan kegagahan suku Dayak di Kalimantan Barat.

  • Alamat : Jl. Sutan Syahrir, Sungai Bangkong, Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat
  • Operasional : 07.00 – 18.00 WIB
  • Tiket masuk : Gratis

3. Danau Sebedang

Danau Sebedang

Danau Sebedang merupakan salah satu destinasi wisata yang terletak di Kabupaten Sambas, tepatnya 60 km dari Kota Singkawang ke arah uatra. Danau seluas 1 km ini berada di ketinggian sekitar 400 meter di atas permukaan laut, dan dikelilingi dengan perbukitan yang memesona. Danau ini memiliki kedalaman hingga 100 meter.

Danau Sebedang bisa dinikmati dari tepi danau, duduk di dalam gazebo yang terbuat dari kayu, atau mengelilingi danau menggunakan perahu. Danau Sebendang biasanya ramai dikunjungi pada waktu sore hari. Di sini, sudah disediakan fasilitas pendukung wisata mulai dari toilet, hingga aneka kuliner.

  • Alamat : Sempelai Sebedang, Sebawi, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket masuk : Rp6.000/orang
  • Kontak : 0812-8446-0198

4. Rumah Adat Dayak Betang

Rumah Adat Dayak Betang

Rumah Betang merupakan rumah adat yang dihuni oleh masyarakat suku Dayak. Rumah Adat Dayak Betang memiliki tinggi sekitar 3 – 5 meter, dengan panjang 30 – 150 meter. Biasanya, Rumah Adat Dayak Betang dihuni oleh keluarga besar sebanyak 100 – 150 jiwa. Rumah Betang disebut juga rumah suku.

Rumah Adat Dayak Betang dibangun dengan arsitektur yang berbeda dengan rumah biasanya. Hal ini bertujuan untuk menghindari kerugian akibat banjir, mencari keselamatan dari binatang buas, serta supaya aman dari orang jahat karena bentuk rumah ini besar dan megah. Uniknya, tangga menuju rumah suku Dayak harus berjumlah ganjil agar rezeki dengan mudah datang ke penghuni Rumah Betang.

  • Alamat : Jl. Letnan Jendral Sutoyo, Parit Tokaya, Pontianak Selatan, Kota Pontianak, Kalimantan Barat
  • Operasional : 10.00 – 21.00 WIB
  • Tiket masuk : Gratis
  • Kontak : 0853-9178-7011

5. Pulau Lemukutan

Pulau Lemukutan

Kalimantan Barat memiliki pulau-pulau kecil yang masuk ke dalam Kabupaten Bengkayang. Terdapat 12 gugus pulau, dan diantaranya hanya 5 pulau yang berpenghuni. Salah satu pulau berpenghuni di Kabupaten Bengkayang adalah Pulau Lemukutan. Pulau Lemukutan dapat diakses menggunakan kapal kelotok dari Kota Pontianak.

Pulau Lemukutan memiliki dua destinasi wisata yang sangat menarik. Pantai Teluk Cina, dan Pantai Teluk Melanau. Kedua destinasi ini dikenal dengan pesona bawah laut yang sangat cantik. Di sini, kamu bisa snorkeling, diving, dan kayaking. Waktu terbaik untuk datang ke Pulau Lemukutan adalah pada musim kemarau.

  • Alamat : Pulau Lemukutan, Sungai Raya Kepulauan, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket masuk : Gratis

6. Masjid Jami’ Keraton Sambas

Masjid Jami’ Keraton Sambas

Masjid Jami Keraton Sambas merupakan bekas rumah sultan yang dijadikan musholla. Hingga akhirnya, masjid yang dibangun pada tahun 1702 – 1727 Masehi ini diakui sebagai masjid tertua di Kalimantan Barat. Masjid Jami Keraton Sambas diresmikan pada 10 Oktober 1885 Masehi.

Masjid Jami Keraton Sambas berukuran 22 x 22 m, dan berdiri di atas lahan seluas 60 x 40 m. Bangunan masjid ini terdpaat tiga bagian. Ruang utama, serambi, serta menara. Serambi berbentuk persegi panjang dan dilengkapi empat anak tangga. Dinding bagian depan masjid terdapat tulisan Arab.

  • Alamat : Jl. Istana, Dalam Kaum, Sambas, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket masuk : Gratis

7. Pantai Kura-Kura

Pantai Kura-Kura

* sumber: jejakpiknik.com

Pantai Kura-Kura merupakan salah satu pantai cantik di Kalimantan Barat, tepatnya di Kabupaten Bengkayang. Pantai ini terletak di balik bukit kecil yang memesona. Pantai Kura-Kura dihiasi pasir putih dan bebatuan yang terhampar di tepi pantai, menambah kecantikan dari pantai di sisi barat Pulau Kalimantan ini.

Pantai Kura-Kura dibiarkan apa adanya oleh pemerintah Kalimantan Barat. Tujuannya, agar pantai ini tetap alami dan menjadi destinasi wisata alam yang kondisinya masih asli. Meskipun begitu, di pantai ini sudah disediakan cottage untuk pengunjung yang ingin menginap dan menikmati keindahan Pantai Kura-Kura lebih lama.

  • Alamat : Karimunting, Sungai Raya Kepulauan, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket masuk : Rp10.000/orang

8. Goa Maria Bukit Kelam

Goa Maria Bukit Kelam

Bukit Kelam merupakan bukit berbatu di Kalimantan Barat yang menyajikan pemandangan alam yang sangat indah. Tak jauh dari Bukit Kelam, terdapat goa yang menjadi tempat dimana pengunjung bisa melakukan wisata alam dan wisata religi dalam waktu bersamaan. Di goa ini terdapat patung Bunda Maria yang berdiri di mulut goa.

Goa Maria Bukit Kelam biasa dijadikan sebagai peribadatan atau doa bersama. Goa ini menjadi salah satu destinasi wisata yang unik di Kalimantan Barat. Goa Maria dikelilingi pemandangan bukit hijau serta terdengar gemericik air terjun yang menyejukkan. Goa ini bisa ditempuh selama 7 jam dari Kota Pontianak.

  • Alamat : Merpak, Kelam Permai, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket masuk : Gratis
  • Kontak : (0565) 212 04

9. Batu Belimbing

Batu Belimbing

* sumber: sitimustiani.com

Batu Belimbing merupakan batu besar yang terdapat di kaki Gunung Poteng, Kota Singkawang. Jaraknya tak jauh dari pusat kota Singkawang, kurang lebih 8 km. Menurut cerita dari masyarakat setempat, batu besar ini merupakan batu meteor yang jatuh ke bumi, kemudian menabrak Gunung Poteng, hingga teronggok di sebuah danau.

Danau yang mengelilingi Batu Belimbing masih sangat alami dan pengunjung tidak diizinkan untuk berenang atau mandi di danau. Destinasi wisata ini masih jarang diketahui wisatawan terutama dari luar Kalimantan padahal Danau Batu Belimbing sangat unik dan menarik.

  • Alamat : Nyarumkop, Singkawang Timur, Kota Singkawang, Kalimantan Barat
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket masuk : Rp5.000/orang

10. Jamthang Village Kaliasin

Jamthang Village Kaliasin

* sumber: perkampungan-tionghoa-kaliasin.business.site

Jamthang Village Kaliasin atau dikenal juga dengan Pecinan Jamthang merupakan kampung China di Kalimantan Barat. Jamthang Village berada di Singkawang Selatan, Kota Singkawang. Kampung yang menjadi tempat bermukim bagi masyakarat etnis Tionghoa di Kalimantan Barat ini juga dijadikan sebagai tempat wisata menarik.

Ketika masuk ke kawasan kampung, terdapat gapura dengan khas gaya Tionghoa yang berwarna merah. Kemudian di sepanjang jalan dilengkapi dengan lampion di langit-langit. Selain itu, di sini juga terdapat gapura berbentuk love yang sering dijadikan sebagai tempat untuk berfoto. Pada Hari Raya Imlek, kampung ini sangat ramai dikunjungi wisatawan.

  • Alamat : Jl. Sedau, Sedau, Singkawang Selatan, Kota Singkawang, Kalimantan Barat
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket masuk : Gratis

Sekian ulasan tentang 10 tempat wisata seru di Kalimantan Barat. Menjelajah daerah yang masih belum banyak disentuh wisatawan, sambil mengenal budaya suku Dayak tentu sangat menyenangkan. Jadi, Kalimantan Barat direkomendasikan untuk dimasukkan ke dalam list destinasi liburanmu.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *