Kunjungi 10 Destinasi Wisata di Kalimantan Selatan Ini Yuk!

Ditulis oleh - Diperbaharui 7 Agustus 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Kalimantan Selatan merupakan provinsi di Pulau Kalimantan yang memiliki luas 37.530,52 km2 dan terdiri dari 2 kota dan 11 kabupaten. Kalimantan Selatan awal mulanya merupakan wilayah Karesidenan Kalimantan Selatan sebelum akhirnya ditetapkan menjadi provinsi. Kalimantan Selatan dapat disebut sebagai pintu masuk bagi pelayaran dari Pulau Jawa ke Pulau Kalimantan.

Kalimantan Selatan dikenal dengan budaya yang khas yaitu Pasar Terapung yang hingga saat ini masih terus dilestarikan. Selain itu, Kalimantan Selatan juga memiliki wisata pantai, bukit, hingga goa yang menarik untuk dikunjungi.

Kali ini, Keluyuran akan mengulas 10 destinasi wisata di Kalimantan Selatan yang bisa dijadikan sebagai referensi untuk liburanmu selanjutnya.

1. Pantai Angsana

Pantai Angsana

Pantai Angsana merupakan salah satu pantai memesona di Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan. Pantai ini tergolong baru yang kemudian dikembangkan sebagai destinasi wisata yang saat ini menjadi tempat favorit masyarakat Tanah Bumbu untuk bersantai. Pantai ini memiliki dermaga yang cukup panjang.

Pantai Angsana menyimpan terumbu karang yang kaya dan menjadikan pantai ini menjad salah satu spot terbaik untuk snorkeling ataupun diving. Tak heran jika pantai ini disebut sebagai Wisata Terumbu Karang karena banyaknya terumbu karang yang masih tergaja kealamiannya. Selain itu, dengan ombak yang tenang pengunjung bisa berenang dengan aman.

  • Alamat : Jl. Sawit KM.8, Bunati, Angsana, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket masuk : Gratis

2. Jembatan Barito

Jembatan Barito

* sumber: backpackerjakarta.com

Jembatan Barito merupakan penghubung antara Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, dengan Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Jembatan Barito melintang di atas Sungai Barito sepanjang 1.082 meter dengan lebar 800 meter. Jembatan ini sempat disebut sebagai jembatan terpanjang di Indonesia sebelum adanya Jembatan Pasupati di Bandung dan Jembatan Suramadu.

Jembatan Barito disebut juga dengan Jembatan Pulau Bakut, karena di bawah jembatan ini terdapat pulau kecil yaitu Pulau Bakut yang menjadi salah satu taman wisata alam di Kalimantan Selatan. Jembatan Barito menjadi penyambung Trans Kalimantan, jadi memudahkan warga untuk pulang pergi ke Kalimantan Tengah.

  • Alamat : Beringin, Alalak, Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket masuk : Gratis

3. Menara Pandang Banjarmasin

Menara Pandang Banjarmasin

Menara Pandang merupakan bangunan yang terdiri dari empat lantai di pinggir Sungai Martapura. Menara ini berfungsi sebagai tempat untuk melihat keindahan Kota Banjarmasin dari ketinggian. Sedangkan Sungai Martapura adalah salah satu ikon dari Kota Banjarmasin dimana pada hari minggu biasa dijadikan sebagai Pasar Terapung.

Menara Pandang saat ini menjadi salah satu destinasi yang ramai dikunjungi oleh pengunjung dari dalam dan luar kota Banjarmasin. Di lantai 3 gedung ini merupakan area terbuka jadi kamu bisa bebas menikmati pemandangan kota dan Sungai Martapura.

  • Alamat : Jl. Kapten Pierre Tendean, Gadang, Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket masuk : Gratis

4. Lok Baintan Floating Market

Lok Baintan Floating Market

Pasar Terapung merupakan pasar tradisional khas Kalimantan Selatan dimana penjual dan pembeli berada di atas perahu kayu untuk melakukan transaksi jual beli. Terdapat banyak Pasar Terpung di Kalimantan Selatan. Salah satunya adalah Lok Baintan. Pasar terapung ini mengapung di permukaan Sungai Martapura Lokbaintan.

Pasar Terapung Lok Baintan beroperasi hanya pada waktu pagi hari. Seperti pasar pada umumnya, di Pasar Terapung ini menjual sayur-mayur, kue tradisional, buah-buahan, dan kebutuhan dapur lain. Uniknya, Pasar Terapung Lok Baintan uang tidak menjadi alat transaksi yang utama, melainkan dengan sistem barter.

  • Alamat : Jl. Sungai Martapura, Sungai Tandipah, Sungai Tabuk, Kota Banjar
  • Operasional : 06.00 – 09.00 WITA
  • Tiket masuk : Gratis
  • Kontak : (0511) 6747 679

5. Pulau Kembang

Pulau Kembang

* sumber: www.indonesiakaya.com

Pulau Kembang merupakan salah satu hutan wisata yang ada di Kalimantan Selatan. Jika dilihat dari namanya, pulau ini seperti ditumbuhi banyak jenis bunga. Kenyataannya, pulau ini merupakan tempat dimana kamu bisa menemukan banyak binatang kera atau monyet.

Pulau Kembang berjarak 1,5 km dari Kota Banjarmasin yang dipisahkan oleh Sungai Barito. Kamu bisa ke Pulau Kembang menggunakan perahu klotok sewaan. Hanya dalam waktu 15 menit, kamu sudah sampai di Pulau Kembang. Sesampainya di pulau ini, pengunjung akan disambut dengan kera yang lincah dan agresif.

  • Alamat : Pulau Kembang, Tinggiran II, Taman, Kabupaten Barito Kula
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket masuk : Rp5.000/orang

6. Bukit Matang Kaladan

Bukit Matang Kaladan

Bukit Matang Kaladan merupakan bukit cantik di Kota Banjar, Kalimantan Selatan. Bukit ini terletak di Desa Tiwingan Lama. Puncak Bukit Matang Kaladan bisa dicapai dalam waktu 30 menit dengan berjalan kaki. Ada dua jalur untuk mendaki bukit, pertama jalur yang landai tetapi memakan waktu lebih lama, dan kedua jalurnya terjal tetapi waktu tempuh lebih singkat.

Puncak Bukit Matang Kaladan memiliki pemandangan yang sangat indah dengan gugusan pulau kecil di atas Sungai Riam Kanan. Di puncak bukit kamu pun bisa membangun tenda karena pemandangan matahari terbit dari Bukit Matang Kaladan terkenal sangat cantik.

  • Alamat : Aranio, Kota Banjar, Kalimantan Selatan
  • Operasional : 06.00 – 18.00 WITA
  • Tiket masuk : Rp3.000/orang
  • Kontak : 0853-9382-0922

7. Taman Labirin Pelaihari

Taman Labirin Pelaihari

* sumber: www.travsharing.com

Jika di Malang ada Taman Labirin Coban Rondo, maka di Kalimantan Selatan ada Taman Labirin Pelaihari. Taman Labirin ini terletak di Kabupaten Tanah Laut. Taman Labirin Pelaihari dikelilingi dinding dari tanaman yang tingginya melebihi tinggi manusia dan pada bagian tengah Taman Labirin, terdapat menara.

Taman Labirin Pelaihari memiliki hiburan lainnya juga, seperti peternakan sapi, penangkaran rusa, wahana sepeda air, danau pemancingan, area kemah, pondokan, flying fox, serta lapangan bola. Jika kamu ingin memotret Taman Labirin dari atas, maka bisa naik ke atas menara yang ada di depan Taman Labirin.

  • Alamat : Sungai Jelai, Tambang Ulang, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan
  • Operasional : 08.00 – 17.00 WITA
  • Tiket masuk : Rp3.000/orang

8. Gunung Kahung

Gunung Kahung

* sumber: pendaki.id

Kalimantan Selatan tidak hanya memiliki sungai yang menjadi salah satu daya tarik. Ada pula Gunung Kahung yang terletak di Kota Banjar. Gunung dengan ketinggian 1.246 meter di atas permukaan laut ini jalur pendakiannya didominasi oleh hutan yang lebat. Jadi meskipun tidak terlalu tinggi, gunung ini tidak bisa diremehkan begitu saja.

Jalur hutan yang dilalui memungkinkan kamu untuk menemukan pacet, jadi harus ekstra hati-hati dan gunakan pakaian yang tertutup. Di lereng gunung terdapat air terjun setinggi 20 meter yang bisa digunakan untuk istirahat atau mengambil air untuk minum. Puncak Gunung Kahung tidak terlalu luas, tetapi pemandangannya sangat indah dengan bukit-bukit dari Pegunungan Meratus.

  • Alamat : Belangian, Aranio, Kota Banjar, Kalimantan Selatan
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket masuk : Gratis

9. Bukit Batu Langara

Bukit Batu Langara

* sumber: www.indonesiakaya.com

Ada lagi bukit yang eksotis di Kalimantan Selatan. Bukit Batu Langara merupakan bukit berbatu yang di puncaknya kamu dapat melihat panorama Sungai Amandit yang terlihat seperti kalung bagi perbukitan di sekelilingnya. Pemandangan lain yang bisa dilihat dari bukit ini adalah Gunung Kentawan.

Bukit Batu Langara dapat dibilang merupakan destinasi wisata yang masih baru karena baru mulai dikenal beberapa tahun ke belakang. Bukit yang cantik ini bisa didaki selama 30 menit melewati jembatan gantung dan jalan setapak dengan kemiringan yang cukup curam.

  • Alamat : Lumpangi, Loksado, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket masuk : Rp5.000/orang

10. Goa Batu Hapu

Goa Batu Hapu

* sumber: www.blackxperience.com

Setelah membahas sungai, bukit, dan gunung, kini saatnya membahas wisata goa di Sulawesi Selatan. Goa Batu Hapu merupakan goa karst dengan mulut goa yang lebar. Terdapat dua bibir goa yang dihubungkan dengan tangga beton, sehingga dapat memudahkan pengunjung untuk masuk ke dalam goa.

Goa Batu Hapu tidak dilengkapi dengan pedagang makanan di area luar goa, jadi kamu perlu mempersiapkan perbekalan sebelum datang ke goa ini. Di dalam goa terdapat susunan batu kapur alami yang berdiri tegak di lantai goa. Di sekitar goa terdapat lumut parasit dan tumbuhan khas batu tropis.

  • Alamat : Batu Hapu, Hatungun, Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket masuk : Rp2.500/orang

Itulah ulasan destinasi wisata di Kalimantan Selatan yang menarik dan bisa dijadikan sebagai referensi untuk tujuan liburan selanjutnya. Ternyata, selain Pasar Terapung yang unik, Kalimantan Selatan juga menyimpan destinasi wisata alam yang tak kalah dengan daerah lain. Ayo keluyuran ke Kalimantan Selatan!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *