8 Tempat Wisata di Kaliurang untuk Liburan yang Seru

Ditulis oleh - Diperbaharui 13 April 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Yogyakarta tak pernah bosan memanjakan siapapun yang datang. Kesederhanaan dan keberagaman kota ini bisa membuat orang jatuh cinta. Jika merencanakan datang untuk wisata ke Kota Gudeg untuk liburan akhir tahun, dan ingin eksplor tempat lain, coba deh geser sedikit ke kawasan Kaliurang.

Kaliurang adalah tempat yang berada di Kabupaten Sleman, tepatnya di Desa Hargobinangun. Kaliurang memiliki pesona eksotis dari Gunung Merapi. Tertarik? Simak 8 tempat wisata di Kaliurang yang perlu kamu kunjungi saat liburan akhir tahun.

1. Blue Lagoon

Blue Lagoon (Copy)

*

Pemandian Tirta Budi adalah asal mula nama dari Blue Lagoon ini. Diberikan nama Blue Lagoon karena airnya sangat jernih. Sebelumnya tempat ini hanya sebuah kolam yang digunakan untuk warga sekitar. Lalu ada mahasiswa yang datang mandi ke sini dan mengajak teman-temannya. Jadilah tempat yang berada di kawasan Widodomartani ini ramai pengunjung.

Untuk sampai ke kawasan yang masih dikelola oleh masyarakat ini memiliki fasilitas berupa toilet, mushola, dan warung. Kalau ingin menyewa ban atau pelampung juga bisa. Mereka menyediakan dengan harga sewa terjangkau. Nah, untuk bisa berendam di air jernih dan sejuk ini, kamu perlu membayar tiket masuk seharga Rp10.000 per orang. 

  • Alamat: Area Sawah, Widodomartani, Ngemplak, Sleman, Yogyakarta
  • Jam Operasional: Setiap hari, 08.00 – 17.00 WIB
  • Harga Tiket: Rp10.000

 2. Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu (Copy)

* sumber: pesona.travel

Museum yang terasa suasana mistisnya ini bisa dibilang a-must-visit-place di Kaliurang. Ullen Sentalu adalah museum seni dan budaya Jawa. Bila di museum pada umumnya akan ditemukan label dan keterangan atas koleksi, berbeda di sini. Tak ada penjelasan tulisan apa pun pada koleksi di Museum Ullen Sentalu.

Lalu bagaimana mengetahuinya? Penjelasan mengenai koleksi di museum yang berada di Jalan Boyong, Kaliurang ini dikeluarkan oleh pemandu. Bayangkan suasana mistis di bangunan baru penuh koleksi seni diceritakan oleh pemandu yang apik. Tak perlu khawatir, bayaran pemandu sudah satu paket dengan tiket masuk. Seru sekali, bukan?

Untuk bisa menikmati pengalaman unik di museum terbaik se-Indonesia versi Trip Advisor, kamu perlu membayar tiket masuk seharga Rp30.000 untuk dewasa dan Rp15.000 untuk anak-anak usia 5-16 tahun. Sedangkan pengunjung mancanegara dikenakan tarif Rp50.000 per orang, untuk dewasa dan Rp30.000 untuk anak-anak.

  • Alamat: Jalan Boyong KM 25, Kaliurang Barat, Sleman, Yogyakarta
  • Nomor Telepon: 0274-895161
  • Jam Operasional: Selasa-Jumat, 08.30 – 16.00 WIB. Sabtu-Minggu, 08.30-17.00 WIB
  • Harga Tiket: Rp15.000 – Rp50.000

 3. Museum Gunung Merapi

Museum Gunung Merapi (Copy)

*

Setelah selesai mengunjungi Ullen Sentalu, langsung lanjutkan perjalanan kamu ke Museum Gunung Merapi. Lokasinya berada di Jalan Kaliurang Km 22, Banteng, Yogyakarta. Di Museum Gunung Merapi, kamu bisa melihat replika perbedaan kedahsyatan letusan Gunung Merapi pada tahun tertentu, barang sisa letusan, sampai simulasi letusan Gunung Merapi.

Tak hanya itu, kamu pun bisa merasakan berbagai simulasi. Mulai dari simulasi gempa bumi sampai tsunami. Yogyakarta memang pernah merasakan itu semua. Berbagai jenis batu-batuan akibat erupsi gunung juga dipamerkan di sini. Sekaian masuk ke ruang audiovisual untuk mendapatkan pengetahuan tambahan mengenai gunung berapi ini.

Kamu bisa menikmati semua yang ada di dalam Museum Gunung Merapi jika membayar tiket masuk yang dikenakan sebesar Rp5.000 per orang. Bila ingin masuk ruang audiovisual perlu membayar lagi sebesar Rp5.000 per orang.

  • Alamat: Jalan Kaliurang KM 22, Banteng, Hargobinangung, Sleman, Yogyakarta
  • Nomor Telepon: 0274-896498
  • Jam Operasional: Minggu-Kamis, 08.00 – 15.30 WIB. Jumat, 08.00 – 14.30 WIB
  • Harga Tiket: mulai dari Rp5.000 per orang

 4. Rumah Hobit

Rumah Hobit (Copy)

Penyuka film Lord of the Rings pasti tahu tentang rumah hobbit. Terlihat imut menggemaskan. Lokasinya sendiri ada di New Zealand. Namun, kamu tak perlu jauh ke New Zealand untuk melihat rumah hobbit. Di Kaliurang sudah ada tempat wisata yang menjadi incaran wisatawan mancanegara bernama Rumah Hobbit.

Sebelum masuk, bayar dulu tarifnya sebesar Rp10.000 per orang. Setelah itu, kamu bisa menikmati segala hal yang ada di Rumah Hobbit. Di sini kamu bisa mengambil foto sepuasnya dengan latar Rumah Hobbit. Tempat ini memang lebih ke wisata foto karena ada banyaknya spot foto yang menarik untuk diabadikan.

Di Mangunan juga ada Rumah Hobbit. Tapi berbeda dengan yang di sini. Di sini, tinggi bangunan Rumah Hobbit lebih tinggi dari di Mangunan. Malah lebih mirip dengan rumah pada umumnya. Seru, ya.

  • Alamat: Dusun Jambu, Kepuharjo, Cangkringan, Sleman. Yogyakarta
  • Jam Operasional:  Senin-Jumat, 07.00-18.30. Sabtu-Minggu, 06.00-18.30
  • Harga Tiket: Rp10.000 per orang

5. Bukit Klangon

Bukit Klangon (Copy)

* sumber: www.hipwee.com

Mencari suasana alam indah dengan latar Gunung Merapi? Ada baiknya kamu datangi Bukit Klangon. Tempat wisata yang baru dibuka tahun 2011 ini muncul setelah adanya erupsi Gunung Merapi. Di sini, kamu bisa menikmati Gunung Merapi dari dekat tanpa harus lelah mendaki. Lokasinya sekitar 4 kilometer dari gunung api tersebut.

Tak hanya itu, tempat ini juga dikenal sebagai area downhill bahkan dikembangkan untuk lintasan sirkuit downhill sepanjang 20 kilometer. Jadi, kalau ingin menikmati Gunung Merapi sambil downhill, Bukit Klangon tempatnya. Cukup dengan membayar parkir mulai dari Rp 2.000 untuk roda dua dan Rp 5.000 untuk roda empat, kamu sudah bisa menikmati kecantikan kawasan ini.

  • Alamat: Kalitengah, Glagaharjo, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta
  • Jam Operasional: Setiap hari, 24 jam
  • Harga Tiket: Motor Rp2.000, Mobil Rp5.000 

6. Stonehenge Merapi

Stonehenge Merapi (Copy)

Ada satu destinasi liburan baru di kawasan Kaliurang yang perlu dikunjungi, Stonehenge Merapi. Stonehenge ini mirip seperti yang ada di Inggris, berupa batu-batu besar disusun rapi tegak. Kamu tak akan sulit menemukan spot foto menarik karena tempat ini sungguh unik.

Untuk bisa berfoto dengan latar replikasi Stonehenge ini, kamu perlu membayar tarif masuk sebesar Rp 10.000 per orang. Tertarik foto pre wedding di sini? Bisa juga lho dengan membayar retribusi sebesar Rp 150.000. Tak perlu ke Inggris untuk dapat foto unik dengan latar Stonehenge. Cukup ke Kaliurang saja.

  • Alamat: Dusun Petung, Desa Kepuharjo, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta
  • Jam Operasional: Setiap hari, 07.00 – 18.00 WIB
  • Harga Tiket: Rp10.000 per orang

7. Agrowisata Bhumi Merapi

Agrowisata Bhumi Merapi (Copy)

Cari tempat wisata dengan konsep agrowisata sekaligus edukasi di Kaliurang? Agrowisata Bhumi Merapi jawabannya. Lokasi di kaki gunung membuat tempat ini terasa sejuk. Ada banyak spot untuk berfoto dengan berbagai latar sekaligus edukasi kepada si kecil. Kamu bisa mengenalkannya pada ikan, musang, reptil, kambing etawa, sampai ada pacuan kuda. Lengkap!

Yang makin seru, selengkap ini kamu hanya membayar Rp 20.000 per orang. Wisata foto, edukasi, udara segar, pemandangan cantik, ada semua di Agrowisata Bhumi Merapi. Psst, ada rumah hobbit juga, lho.

  • Alamat: Jalan Kaliurang KM.20, Sawangan, Hargobinangun, Sleman, Yogyakarta
  • Nomor Telepon: 0816-680515
  • Jam Operasional: Setiap hari, 08.30 – 17.00 WIB
  • Harga Tiket: Rp20.000 per orang

8. Tlogo Muncar

Tlogo Muncar (Copy)

*

Saatnya kembali ke alam! Tlogo Muncar di Kaliurang bisa menjadi pilihan tepat buatmu menikmati suasana alam yang asri dan asli. Lokasinya yang berada di lereng Gunung Merapi membuat kawasan ini terasa sejuk. Air terjun pun memiliki tinggi sekitar 30 meter. Namun hati-hati akan keberadaan monyet liar di sini, ya.

Tak hanya menikmati air terjun, kamu bisa camping, bahkan mengajak anak-anak. Ini karena Tlogo Muncar membuat taman rekreasi anak. Bila ingin camping, pastikan membawa pakaian tebal. Karena suhu udara di sini bisa jadi sangat dingin. Jangan lupa untuk membayar tarif masuk sebesar Rp 8.000 sebelum menikmati Air Terjun Tlogo Muncar.

  • Alamat: Jalan Tlogo Putri, Hargobinangun, Sleman, Yogyakarta
  • Jam Operasional: Setiap hari, 08.00 – 16.00 WIB
  • Harga Tiket: Rp8.000 per orang

Dari 8 rekomendasi tempat wisata di Kaliurang, sudah terbayang mana yang akan dikunjungi? Kemana pun jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan tempat wisata. Kalau kamu punya rekomendasi tempat wisata baru di kawasan Kaliurang, silakan tulis di kolom komentar, ya!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *