Jelajah Riau, Ini 10 Tempat Wisata di Kabupaten Kampar

Ditulis oleh Riastri Herliana - Diperbaharui 10 November 2020

Kampar merupakan kabupaten di Provinsi Riau yang berbatasan dengan Kota Pekanbaru, Kabupaten Siak, Kabupaten Pelalawan, Kabupaten Kuantan Singingi, Kabupaten Rokan Hulu, Kabupaten Bengkalis, dan Kabupaten Lima Puluh Kota di Sumatera Barat. Kabupaten Kampar memang belum banyak dikenal sebagai tempat wisata, tetapi memiliki potensi yang baik.

Jika kamu sedang berada di Riau dan berencana liburan di sini, bisa jadikan Kabupaten Kampar sebagai tujuan. Kamu bisa wisata alam, air, hingga sejarah di Kampar. Berikut ini 10 destinasi wisata yang bisa dikunjungi di Kabupaten Kampar, Provinsi Riau.

1. Waterpark Boombara

Waterpark Boombara

Wisata air sering dijadikan sebagai pilihan untuk menghabiskan libur di akhir pekan. Di Kampar, ada waterpark yang menyediakan beragam permainan seru. Waterpark Boombara namanya. Kolam renang yang diresmikan pada tahun 2012 ini memiliki arena bermain air yang luas, dan dilengkapi dengan taman untuk istirahat saat berenang.

Waterpark Boombara semakin seru dengan banyaknya wahana yang bisa dicoba. Seperti boomerang yang merupakan seluncuran yang tinggi dan memicu adrenalin, scopus slider yang merupakan seluncur datar dan berundak, kolam ombak yang memberikan pengalaman bermain ombak buatan, hingga wahana lain sepeti flying fox.

  • Alamat : Jl. Raya Pasir Putih KM.5, Desa Baru, Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Riau
  • Operasional : 08.45 – 16.30 WIB
  • Tiket Masuk : Rp40.000 – Rp55.000
  • Kontak : 0812-6173-0088

2. Riau Fantasi, Labersa Water Park & Theme Park

Riau Fantasi, Labersa Water Park & Theme Park

Jika di Jakarta ada Dunia Fantasi, maka di Riau ada Riau Fantasi yang terletak di Kabupaten Kampar. Riau Fantasi dikenal dengan nama Labersa Water Park & Theme Park. Tempat rekreasi ini merupakan objek wisata air terbesar dan terlengkap di Provinsi Riau.

Riau Fantasi terdiri dari dua arena bermain. Ada Labersa Water Park yang merupakan wisata basah atau wisata air, da nada juga Theme Park yang merupakan wisata kering. Labersa Water Park dilengkapi dengan adult pool, lazy pool, adventure pool, crocodile river, dan baby pool. Sedangkan Theme Park dilengkapi dengan wahana kora-kora, wave blaster, hingga speedi coaster.

  • Alamat : Jl. Labersa, Simpang Tiga, Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Riau
  • Operasional : 10.00 – 18.00 (Senin-Jumat), 09.00 – 18.00 (Sabtu&Minggu)
  • Tiket Masuk : Rp60.000 – Rp100.000
  • Kontak : (0761) 7865 590

3. Suaka Margasatwa Rimbang Baling

Suaka Margasatwa Rimbang Baling

* sumber: www.cnnindonesia.com

Riau memiliki Suaka Margasatwa Rimbang Baling yang menjadi habitat bagi beragam spesies fauna yang dilindungi, bahkan beberapa diantaranya terancam punah. Ada Harimau Sumatera, Tapir, Siamang, dan masih banyak lagi fauna lain yang hidup di sini.

Suaka Magasatwa Rimbang Baling menjadi kawasan hutan konservasi yang sangat berpotensi menjadi tempat wisata berbasis sumber daya alam di Provinsi Riau. Jika kamu ingin melihat langsung fauna yang dibiarkan hidup bebas di habitatnya, dapat mengunjungi Suaka Margasatwa Rimbang Baling.

  • Alamat : Kota Lama, Kampar Kiri Hulu, Kabupaten Kampar, Riau
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp5.000

4. Kebun Binatang Kasang Kulim

Kebun Binatang Kasang Kulim

Tak hanya Suaka Margasatwa saja, di Kampar ada Kebun Binatang Kasang Kulim yang bisa dijadikan sebagai tempat wisata edukasi untuk anak-anak. Kebun binatang ini selalu ramai dikunjungi wisatawan dari dalam dan luar Kampar untuk mengisi hari libur.

Kebun Binatang Kasang Kulim memelihara beragam jenis spesies hewan. Mulai dari buaya, otang utan, macan dahan, burung elang, ragam primata, hingga satwa yang dilindungi. Selain melihat binatang, Kebun Binatang Kasang Kulim menyediakan odong-odong untuk berkeliling kawasan tanpa perlu berjalan kaki.

  • Alamat : Kubang Jaya, Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Riau
  • Operasional : 08.00 – 18.30 WIB
  • Tiket Masuk : Rp15.000

5. Air Terjun Batu Dinding

Air Terjun Batu Dinding

Ingin menikmati wisata alam yang menyejukkan? Bisa datang ke Air Terjun Batu Dinding yang terletak di Desa Tanjung Belit. Air terjun ini terletak di antara perbukitan hijau yang tertutup pepohonan yang akan kamu temukan selama perjalanan. Waktu tempuh yang diperlukan untuk mencapai air terjun ini adalah sekitar 1 jam dengan berjalan kaki.

Namun, jika kamu malas berjalan kaki selama 1 jam, bisa menggunakan perahu dengan waktu 45 menit menyusuri sungai. Sesuai dengan namanya, Air Terjun Batu Dinding mengalir dari sela-sela dinding yang terbuat dari bebatuan alami. Meski menempuh perjalanan panjang, kamu akan disuguhkan dengan air terjun alami yang belum banyak tersentuh wisatawan.

  • Alamat : Tanjung Belit, Kampar Kiri Hulu, Kabupaten Kampar, Riau
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp5.000

6. Ulu Kasok

Ulu Kasok

Ulu Kasok merupakan bukit di Kabupaten Kampar, dimana kamu bisa melihat pemandangan pulau-pulau kecil yang tersebar di atas danau berwarna kehijauan. Tempat ini terbilang masih baru diresmikan sebagai tempat wisata oleh dinas pariwisata setempat. Sampai saat ini, Ulu Kasok mulai ramai dikunjungi anak-anak muda Riau khususnya Kampar.

Ulu Kasok dilengkapi dengan spot foto yang menarik, seperti gardu pandang, hingga sangkar burung. Pemandangan yang ada di Ulu Kasok ini membuat pengunjung betah untuk berlama-lama, jadi tak heran kalau tempat ini selalu ramai dikunjungi.

  • Alamat : Pulau Gadang, Tanjung Alai, XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, Riau
  • Operasional : 07.00 – 16.00 WIB
  • Tiket Masuk : Rp5.000

7. Bukit Suligi

Bukit Suligi

Ingin melihat negeri di atas awan, tak perlu jauh-jauh mendaki gunung. Di Kampar, ada Bukit Suligi yang memiliki ketinggian 812 meter di atas permukaan laut, letaknya berada di Desa Aliantan. Mendaki ke Bukit Suligi memerlukan waktu 2 jam perjalanan dengan berjalan kaki.

Setibanya di puncak bukit, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan lautan awan yang seolah menyelimuti kota Kampar. Dari kejauhan, terlihat perbukitan yang membentang, menambah kecantikan dari Bukit Suligi.

  • Alamat : Muara Takus, XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, Riau
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp5.000

8. Kompleks Candi Muara Takus

Kompleks Candi Muara Takus

Candi biasa dikenal di Pulau Jawa, khususnya di Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur. Namun, apakah kamu tahu kalau di Riau ada candi bersejarah? Kompleks Candi Muara Takus merupakan candi peninggalan agama Budha yang sangat bersejarah di Sumatera.

Di dalam Kompleks Candi Muara Takus terdapat beberapa candi, diantaranya Candi Sulung, Candi Bungsu, Candi Palangka, dan Mahligai Stupa. Kompleks candi ini menjadi candi Budha tertua di Indonesia yang ditemukan di Pulau Sumatera.

  • Alamat : Muara Takus, XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, Riau
  • Operasional : 08.00 – 16.00 WIB
  • Tiket Masuk : Rp10.000

9. Puncak Kompe

Puncak Kompe

Selain Ulu Kasok dan Bukit Suligi, ada juga Puncak Kompe yang memiliki pemandangan memesona. Puncak Kompe tak jauh beda dengan Ulu Kasok, dimana kamu bisa melihat pemandangan pulau-pulau kecil dari ketinggian, sambil berfoto di beberapa spot foto yang sudah disediakan.

  • Alamat : Jl. Lintas Sumbar, Koto Mesjid, XIII Koto Kampar, kabupaten Kampar, Riau
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp15.000

10. Sungai Kapur

Sungai Kapur

Kabupaten Kampar dialiri oleh beberapa aliran sungai, salah satunya adalah Sungai Kapur yang dijadikan sebagai tempat wisata. Sungai ini berada di tengah-tengah antara tebing yang tinggi, dan di tengah sungai terdapat batu besar yang bisa dijadikan sebagai tempat untuk istirahat sambil menikmati pemandangan.

Sungai Kapur terletak di Desa Tanjung, dan untuk bisa sampai ke sungai ini perlu menyeberang menggunakan speed boat dengan waktu tempuh selama 20 menit dari depan Kantor Camat Koto Kampar Hulu.

  • Alamat : Gunung Malelo, Koto Kampar Hulu, Kabupaten Kampar, Riau
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp5.000

Itulah 10 destinasi wisata yang bisa dikunjungi ketika liburan ke Kabupaten Kampar. Ternyata, ada banyak hal yang bisa dieksplor dan tak kalah serunya dengan tempat wisata di daerah lain. Kalau kamu asli dari Kampar, patut berbangga karena daerahmu memiliki potensi wisata yang sangat baik. Yuk, liburan ke Kabupaten Kampar!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram