10 Tempat Wisata di Karawang yang Unik dan Menarik

Ditulis oleh Linda - Diperbaharui 1 Maret 2020

Karawang adalah sebuah kabupaten yang terletak di Jawa Barat. Kabupaten ini cukup dekat dengan Bekasi. Karena jaraknya yang tidak terlalu jauh dari Jakarta, maka cukup banyak warga Jakarta dan sekitarnya kerap kali berlibur ke Karawang.

Apa tempat wisata di Karawang yang harus dikunjungi ketika kita berlibur di kabupaten yang memiliki semboyan “Indah Tertib Aman Bersih” tersebut? Yuk, intip rekomendasi objek rekreasi khas Karawang dari Keluyuran berikut ini.

1. Curug Cikarapyak

Curug Cikarapyak

*Sumber: https://www.google.com/maps/muhamad romadon

Karawang memiliki banyak sekali wisata curug atau air terjun. Salah satu curug yang istimewa adalah Curug Cikarapyak. Mengapa kami menyebut curug ini istimewa? Karena trek menuju ke air terjun ini cukup berat. Anda harus melewati sungai berbatu, tebing yang naik turun, semak belukar, dan hutan yang cukup lebat.

Jadi, Keluyuran menyarankan tempat wisata di Karawang ini untuk para traveller yang berjiwa adventure dan menyukai tantangan. Suasana di sekitar Curug Cikarapyak ini masih terbilang “perawan” karena belum dipugar secara resmi menjadi tempat wisata. Curug Cikarapyak sendiri adalah air terjun kecil yang berelief dan tampak sangat unik.

2. Danau Cipule

tempat wisata di karawang Danau Cipule

Situ Cipule atau yang dikenal sebagai Danau Cipule adalah sebuah danau yang cukup luas dan dalam. Meskipun demikian, danau ini adalah buatan manusia. Dahulu sebelum menjadi danau, ini merupakan tempat penambangan pasir yang cukup besar.

Untuk sampai di Danau Cipule, Anda hanya perlu menempuh perjalanan darat sejauh 20 Km dari pusat Kota Karawang. Sesampainya di sini, Anda bisa menaiki perahu sampan mengitari danau dan menuju ke Pulau Cinta.

Ya, Pulau Cinta adalah pulau kecil seluas 2.000 meter persegi yang kerap kali menjadi persinggahan bagi para wisatawan. Di pulau ini Anda bisa bersantai sembari menikmati hidangan sederhana dari hasil tangkapan ikan di Danau Cipule.

3. Pantai Tanjung Pakis

Pantai Tanjung Pakis

Banyak masyarakat Karawang yang mengunjungi pantai ini pada saat hari libur atau akhir pekan. Maklum saja, jarak antara Pantai Tanjung Pakis dengan pusat Kota Karawang hanya sekitar 70 Km saja. Pantai yang berada Kecamatan Cilamaya ini memiliki ombak dan air laut yang cukup tenang.

Pemerintah setempat juga telah mengantisipasi minat wisatawan yang banyak berkunjung ke pantai ini. Hal ini terlihat dari banyaknya penginapan, rumah makan, dan toko souvenir yang berjajar di dekat Pantai Tanjung Pakis ini. Jadi, jika Anda ingin menghabiskan akhir pekan dengan menginap di dekat pantai, datang saja ke Pantai Tanjung Pakis.

4. Vihara Sian Jin Ku Po

Vihara Sian Jin Ku Po

Berikutnya, ada salah satu tempat wisata di Karawang yang merupakan sebuah bangunan tua yang tetap aktif digunakan hingga saat ini, yakni Vihara Sian Jin Ku Po. Tempat ibadah umat Budha ini dibangun pada abad ke-17 Masehi.

Vihara ini dibangun oleh tiga orang perantau yang bernama Tsee, Kau, dan Lau. Nama Sian Jin Ku Po berasal dari Ma Ku Po, nenek leluhur mereka. Vihara ini dinamakan dengan nama tersebut karena di dalamnya tersimpan abu dari Ma Ku Po. Banyak umat Budha dari dalam maupun luar Karawang mengunjungi vihara ini untuk sembahyang.

5. Pantai Samudera Baru

Pantai Samudera Baru

Ingin menikmati hidangan ikan laut di tepi pantai? Berkunjunglah ke Pantai Samudera Baru. Pantai ini jauh lebih dekat dengan pusat Kota Karawang jika dibandingkan dengan Pantai Tanjung Pakis. Jarak antara Pantai Samudra Baru dengan jantung Kota Karawang hanya 40 Km saja. Jadi, jangan heran jika akses menuju pantai ini selalu macet pada saat hari libur atau akhir pekan.

Pantai ini menawarkan pemandangan yang sangat eksotis, walaupun tidak bisa dibandingkan dengan Pantai Senggigi – Lombok atau Pandawa – Bali. Di sekitar pantai terdapat warung-warung yang menjual hidangan laut yang cukup lezat. Setelah puas bermain di pantai, Anda bisa langsung mengisi perut di salah satu warung dekat pantai.

6. Pantai Tanjung Baru

Pantai Tanjung Baru

Selain ada Pantai Tanjung Pakis dan Pantai Samudra Baru, Karawang juga memiliki Pantai Tanjung Baru. Pantai ini berlokasi di semenanjung antara Kabupaten Subang dengan Kabupaten Karawang. Pantai yang satu ini merupakan destinasi wisata favorit bagi masyarakat Karawang dan sekitarnya. Selain bisa bermain ombak dan pasir dari tepi pantai, di sini Anda juga bisa menikmati hidangan laut yang nikmat.

Ingin menginap di sekitar Pantai Tanjung Baru? Tak masalah. Karena saat ini banyak penginapan yang berada di sekitar pantai ini. Penginapan tersebut juga sudah cukup nyaman dan bersih. Jadi, Anda tak perlu ragu untuk menjadikan Pantai Tanjung Baru sebagai destinasi wisata selanjutnya.

7. Green Canyon Karawang

Green Canyon Karawang

Tak hanya Amerika Serikat yang memiliki Grand Canyon, di Karawang juga ada replika alami versi mininya, lho. Namanya adalah Green Canyon. Jika diperhatikan dengan seksama, nama kedua tempat wisata alam tersebut berbeda.

Daya tarik yang dimiliki oleh Green Canyon Ciomas ini terletak pada air terjun dan sungainya yang memiliki air berwarna hijau yang sangat jernih. Tebing-tebing batu yang ada di tempat wisata ini memang sedikit mengingatkan kita kepada Grand Canyon yang ada di Amerika Serikat. Untuk sampai di Green Canyon ini, Anda hanya perlu berkendara dari pusat Kota Karawang selama 45 menit saja.

8. Makam Syekh Quro

Makam Syekh Quro

Di jaman dahulu kala, hidup seorang ulama yang memiliki pribadi yang arif dan sangat bijaksana. Ulama tersebut adalah Syekh Quro. Beliau juga dikenal sebagai teman seperjuangan para Wali Sanga. Syekh Quro juga berjasa dalam menyebarkan agama Islam di Karawang, meskipun pada masa itu wilayah ini didominasi oleh Kerajaan Hindu-Budha.

Makam Syekh Quro ini dianggap keramat oleh warga sekitar. Banyak para peziarah yang datang ke sini untuk memanjatkan doa atau mengambil abu dari kemenyang yang berada di depan makam. Makam Syekh Quro ini bisa Anda jadikan sebagai destinasi wisata rohani saat berada di Karawang.

9. Curug Cigentis

Curug Cigentis

Adakah yang lebih indah dari melihat pancuran air terjun yang masih asri? Pengalaman tersebut bisa Anda dapatkan kala berkunjung ke Curug Cigentis. Air terjun Cigentis ini menawarkan panorama alam yang masih alami alias belum banyak tersentuh oleh tangan-tangan manusia. Batuan dan tumbuhan yang ada di sekitar air terjun ini juga masih tampak alami.

Curug Cigentis terletak di Desa Mekarbuana, Kec. Tegalwaru, Kab. Karawang. Berada persis di kaki Gunung Sanggabuana membuat udara di sekitar Curug Cigentis ini terasa sejuk dan segar. Duduk di batuan yang ada di sekitar air terjun sembari mencelupkan kaki di aliran sungai kecil yang sumber airnya berasal dari Curug Cigentis dapat membuat suasana hati dan pikiran menjadi adem.

10. Kampung Wisata Curug Cigentis

Kampung Wisata Curug Cigentis

Masih di sekitar air terjun Cigentis, terdapat sebuah tempat wisata yang menawarkan aneka kegiatan outbound. Kampung Wisata Curug Cigentis ini bisa dijadikan destinasi wisata berikutnya setelah Anda merasa puas bersantai di bawah air terjun.

Ada banyak kegiatan outbound yang bisa Anda mainkan di sini, mulai dari flying fox, wall climbing, hingga ATV. Selain itu, di kampung wisata ini juga terdapat waterboom yang cukup besar. Bermain air di tengah cuaca pegunungan yang sejuk, kenapa tidak?

Kampung Wisata Curug Cigentis menyediakan paket lengkap bagi para pengunjungnya. Hal ini terlihat dari restoran dan penginapan yang tersedia untuk memberikan kenyamanan kepada pengunjung kampung wisata ini.

Wah, ternyata ada banyak tempat wisata di Karawang yang sangat recommended untuk dikunjungi, ya! Berbagai objek wisata tersebut sangat cocok bagi Anda yang ingin melepas penat di akhir pekan. Yuk, rencanakan liburan Anda selanjutnya untuk berpelesir di Karawang.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram