6 Tempat Wisata di Kawali Ciamis yang Tidak Boleh Dilewatkan

Ditulis oleh Siti Hasanah

Wisata Ciamis tak hanya berpusat di daerah Ciamis kotanya saja. Di daerah Kecamatan Kawali, Kab. Ciamis, ditemukan juga beberapa tempat wisata yang bisa kamu kunjungi.

Dahulu Kawali terkenal sebagai salah satu ibukota dari kerajaan Galuh. Kerajaan ini berdiri di abad ke-7. Tempat wisata di Kawali Ciamis beragam, dari wisata alam hingga kuliner.

Untuk yang tertarik dengan sejarah Kerajaan Galuh, kamu bisa mengunjungi Situs Astana Gede. Kalau ingin mencoba wisata air, kamu bisa mengunjungi Situ Wangi.

Untuk yang hobi selfie, di Kawali ada tempat wisata yang bernama Kampoeng Sawah. Penasaran ingin tahu tempat wisata di Kawali Ciamis lainnya? Yuk, simak ulasan berikut ini!

Baca juga: 7 Oleh-Oleh Khas Ciamis yang Wajib untuk Dibawa Pulang

1. Situ Wangi

Situ WangiSumber: instagram.com
  • Alamat: Desa Winduraja, Kec. Kawali, Kab. Ciamis, Jawa Barat

Situ Wangi merupakan objek wisata yang berada di Kec. Kawali, Kab. Ciamis, Jawa Barat. Sesudah ditata sekarang Situ Wangi terlihat lebih menarik juga indah.

Pemandangan Situ Wangi sekarang ini jauh berbeda dari sebelum ditata yang masih berupa danau biasa. Kini di beberapa titik tepi danau terdapat sejumlah saung atau joglo yang menghiasi tempat wisata ini.

Wisatawan bisa memanfaatkan joglo itu untuk beristirahat. Di tempat wisata yang berada di Kawali Ciamis ini terdapat beberapa fasilitas, seperti anjungan untuk berfoto, garden party, jogging track area mini galeri, dan area kuliner.

Fasilitas lain yang terdapat di sini adalah amfiteater untuk pertunjukan serta menara selfie yang lumayan tinggi. Dengan semua fasilitas yang dimilikinya, Situ Wangi Kawali menjadi lebih seru untuk dikunjungi.

Tak hanya fasilitasnya yang membuat wisatawan jadi tertarik, suasana di situ ini juga cukup sejuk sebab di situ ini banyak pepohonan rindang.

Sebelumnya Situ Wangi ini merupakan tempat berlatih kayak dan sudah banyak atlet-atlet kayak asal Kabupaten Ciamis yang sukses berkat tempat ini. Akan tetapi sekarang tempat ini dikembangkan jadi tempat wisata air.


2. Kampoeng Sawah

  • Alamat: Jl. Cigintung No.79, Talagasari, Kec. Kawali, Kab. Ciamis, Jawa Barat
  • Jam buka: 07.00 – 17.00
  • Telepon: 0851-5504-0639
  • HTM: Rp5.000/orang

Untuk penyuka ekowisata, daerah Kawali menawarkan tempat wisata yang menarik. Nama tempat wisata di Kawali Ciamis ini adalah Kampoeng Sawah yang penampakannya terlihat cantik juga instagramable. Tempat wisata ini cocok untuk jadi destinasi wisata buat liburan di akhir pekan di Ciamis.

Kampoeng Sawah Talagasari kini jadi perbincangan karena banyak pengunjung yang mengunggah foto mereka saat liburan di sana. Lokasinya terletak di Desa Talagasari, Kec. Kawali, Ciamis.

Lokasi tempat wisata di Kawali Ciamis ini tidak jauh dari Alun-alun Surawisesa. Jaraknya hanya sekitar 2 km saja. Kamu cukup bertanya arah ke penduduk desa tersebut, dan kamu akan bisa langsung menemukannya.

Pengelola tempat ekowisata yang terbilang murah ini adalah Badan Usaha Milik Desa atau Bumdes Wibawamukti. Tempat wisata ini dibuka pada Januari 2019 dan dibuat di tengah area persawahan. Karena banyak dibahas di medsos, warga pun banyak yang penasaran dan mereka berdatangan ke tempat ini.

Konsep wisata Kampoeng Sawah adalah wisata edukasi dan swafoto karena itu di sini terdapat beragam spot yang dapat dijadikan tempat berfoto oleh pengunjung. Kampoeng Sawah juga dikelilingi oleh beragam jenis bunga yang indah sehingga tempat ini jadi lebih enak dipandang.

Salah satu lokasi favorit pengunjung yang datang ke sini adalah Taman bunga Celosia dengan warna merah dan kuningnya yang membuat pengunjung banyak berswafoto di sini. Wisatawan yang datang ke sini dapat berswafoto di antara hamparan bunga.

Spot foto lainnya yang ada di sini adalah saung tanaman, ayunan, lorong sayuran pare serta miniatur perahu yang diletakkan di atas kolam dan masih banyak spot foto lainnya.

Suasana di sini jadi bertambah sejuk dengan keberadaan hamparan persawahan yang luas menambah sejuk suasana. Tempat ini cocok sekali untuk wisatawan yang ingin refreshing dengan belaian angin sepoi-sepoi.

Wisatawan bisa beristirahat di beberapa saung yang sudah disediakan. Kampoeng Sawah juga mempunyai mini trek motor trail yang dapat dimainkan oleh anak-anak.

Karena tempat wisatanya mengusung wisata edukasi, makan pengunjung juga dapat belajar tentang cara menanam sayuran, padi hingga bunga.

Tempat wisata di Kawali Ciamis ini masih terus dibangun. Wisata ini dibuat untuk pemberdayaan masyarakat khususnya di bidang pertanian serta kuliner.

3. Situs Astana Gede

  • Alamat: Dusun Indrayasa, Kec. Kawali, Kab. Ciamis, Jawa Barat
  • Jam buka: 07.00 – 18.00
  • HTM: sekitar Rp2.000-Rp5.000

Situs Astana Gede terletak di Dusun Indrayasa, Kec. Kawali, Kab. Ciamis, Jawa Barat. Dalam bahasa Sunda istilah astana berarti makam dan gede berarti besar.

Tempat wisata di Kawali Ciamis ini dinamakan Astana Gede karena di dalam tempat ini terdapat makam dengan ukuran yang besar dan panjang, yang pastinya berbeda dengan makam-makam kebanyakan orang.

Akan tetapi ada juga yang memiliki pendapat berbeda. Maksud dari Astana Gede itu adalah makam-makan orang terhormat yang dalam bahasa Sunda disebut dengan gegeden.

Di dalam kawasan makam ini terdapat 3 buah batu menhir, 6 buah prasasti, dan 11 makam. Peninggalan paling terkenal di kawasan ini adalah Batu Sahyang Bongkok. Warga sekitar menyebut batu itu Batu Jubleg.

Berdasarkan cerita masyarakat setempat, batu ini keras sekali dan tak bisa dihancurkan meskipun menggunakan alat sekali pun. Bahkan ketika digunakan alat berat pun tetap tak bisa hancur.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram