10 Tempat Wisata di Kendal untuk Dikunjungi di Akhir Pekan

Kabupaten Kendal berada di Provinsi Jawa Tengah. Kendal merupakan ibu kota kabupaten ini dan masuk dalam Wilayah Metropolitan Kedungsapur. Selain itu, Kendal juga memiliki julukan sebagai Kota Santri karena banyak pesantren bisa ditemukan di kabupaten ini.

Tempat wisata di Kendal terkenal karena memiliki keindahan yang memanjakan mata. Berikut 10 tempat wisata yang berada di Kendal.

1. Tirta Nusantara

Tirta Nusantara

* sumber: catatanjengsri.blogspot.com

Memiliki banyak kekayaan alam yang menarik menjadikan daerah Boja sebagai salah satu tempat wisata di Kendal yang terkenal karena akan keindahannya. Obyek wisata Boja Kendal pun menjadi buruan para wisatawan saat akhir pekan atau liburan. Salah satu destinasi wisata itu bernama Tirta Nusantara.

Tirta Nusantara yang berada di daerah Boja, Kendal lokasinya berada di perbatasan antara Boja dengan Cangkringan. Tempat wisata ini menawarkan tiga wisata sekaligus, yaitu pemancingan, kolam renang dan kuliner. Luas area wisata ini sekitar 8,5 hektar.

Fasilitas yang bisa dinikmati oleh para pengunjung, di antaranya kolam renang, kolam pemancingan, waterpark, tempat bermain anak, dan masih banyak lagi. Yang membuat tempat wisata di Kendal ini menarik adalah kolam pancingnya. Air di kolam ini berasal dari tujuh sumber mata air.

  • Alamat: Jl. Ngabean No. 104-106, Ngabean, Boja, Kliwonan, Ngabean, Kec. Boja, Kendal
  • HTM : Waterboom Rp17.500/orang, Watertoys : Rp15.000/orang, parkir mobil Rp5.000 & motor Rp2.000
  • Jam buka: 08.00 -17.00 WIB, Kamis tutup
  • Telepon: 0811-2967-744

2. Agrowisata Ngebruk Patean

Agrowisata Ngebruk Patean

* sumber: www.tanahnusantara.com

Tempat wisata di Kendal Jawa Tengah yang tak hanya menyenangkan tetapi juga berupa wisata edukasi adalah Agrowisata Ngebruk Patean. Objek wisata ini memiliki beberapa nama, di antaranya, Agrowisata Ngebruk Patean, Agrowisata kebun Ngebruk, juga Plantera Fruit Paradise Ngebruk.

Agrowisata Ngebruk Patean sesuai namanya adalah tempat untuk pembudidayaan berbagai jenis buah dengan bibit unggul yang memiliki kualitas tinggi. Di tempat ini ditanam beragam buah-buahan, seperti durian montong, buah naga, rambutan, kelengkeng itoh, srikaya, semangka, melon, sampai jagung.

Disediakan mobil wisata bagi para pengunjung sehingga tak perlu takut akan kelelahan ketika mengelilingi perkebunan yang luasnya sekitar 234 hektar ini. Tempat wisata ini bisa dijadikan tempat wisata edukasi untuk anak karena akan memberikan pengalaman edukatif pada mereka.

Selain bertamasya, anak-anak juga akan mendapat ilmu baru tentang budidaya tanaman buah. Liburan anak-anak pun akan semakin menyenangkan dan juga bermanfaat.

  • Alamat: Kalidukuh, RT 026/RW 9, Manggung, Sidodadi, Kec. Patean, Kabupaten Kendal
  • HTM : Anak-anak Rp3.000, Dewasa Rp5.000
  • Jam buka: 09.00 - 15.00 WIB
  • Telepon (024) 70894716 / 19

3. Pantai Jomblom

Pantai Jomblom

Salah satu tempat wisata di Kendal yang berupa wisat pantai adalah Pantai Jomblom. Pantai ini mempunyai panorama alam indah. Keindahan ini pantai ini puncaknya adalah ketika sunset. Umumnya para pengunjung yang datang ke sini hanya untuk menikmati momen matahari terbenam.

Para pengunjung yang ingin refreshing sejenak dari rutinitas semakin dimanjakan oleh tiupan angin pantai sepoi-sepoi. Sebelum tahun 1990, Pantai Jomblom merupakan satu destinasi wisata pantai di pesisir utara Kendal yang terkenal. Namun setelah tahun 1990 pantai tersebut terkena dampak abrasi.

Abrasi pantai sangat hebat sehingga beberapa tambak hilang. Daratan di pantai ini dari tahun ke tahun semakin terkikis. Tempat Wisata Kendal ini memiliki ombak yang cukup besar. Karena itulah di sekitar pantai banyak ditanami pohon bakau agar bisa mencegah terkikisnya tanah karena abrasi air laut.

  • Alamat: Jl. Laut, Tegalan, Pidodo Kulon, Kec. Kendal, Kabupaten Kendal
  • HTM : Gratis
  • Jam buka : 24 jam

4. Curug Sewu

Curug Sewu

Curug Sewu yang menjadi salah satu tempat wisata di Kendal ini memiliki kunikan berupa ketinggian yang bertingkat-tingkat mulai dari yang tertinggi, yaitu sekitar 40 meter, 15 meter dan ada juga yang sekitar 20 meter. Jalan menuju curug ini berupa anak tangga yang dibeberapa bagiannya cukup curam.

ketika menyisir tempat wisata ini, para pengunjung akan menjumpai kebung binatang. Hewan-hewan yang biasa hidup di hutan bisa disaksikan di sini, di antaranya buaya, gajah, kancil, orangutan, kijang, serta beberapa jenis burung.

Dari ketinggian pengunjung bisa melihat hamparan hutan dan sawah yang menghijau. Untuk menyaksikan pesona alam di tempat ini terdapat gardu pandang yang bisa digunakan oleh pengunjung. Bisa juga menyaksikan pemandangan dari bibir bukit.

Pengelola obyek wisata di tempat ini sangat memperhatikan keamanan pengjunjungnya, jadi jangan khawatir tapi tetap perlu berhati-hati. Terdapat pagar pembatas yang dipasang di sekeliling bibir jurang supaya pengunjung merasa aman ketika menyaksikan perbukitan atau juga area pertanian.

Mata para pengunjung akan dimanjakan dari bibir bukit ini. Pengunjung bisa menyaksikan lembah dengan kedalaman ratusan meter. Aliran air dari sungai yang jatuh di tebing bukit akan terlihat dengan sangat jelas meskipun agak tertutup pepohonan. Ketinggian air terjun ini sekitar 45 meter.

  • Alamat: Remboko, Curugsewu, Patean, Kendal, Jawa Tengah
  • HTM : Rp5.000
  • Jam buka : 08.00-18.00 WIB

5. Gua Kiskendo

Gua Kiskendo

Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=8ZUYYR3vpu8

Jika ingin menyaksikan pemandangan stagnit dan stalagtit, pengunjung bisa datang ke salah satu tempat wisata di Kendal ini. Nama objek wisata ini adalah Gua Kiskendo. Saat masuk lebih dalam, pengunjung akan menjumpai sungai yang mengalir pada bagian ujung gua.

Gua serta cerita-cerita tentang objek wisata ini merupakan daya tarik tempat wisata di Kendal ini. Konon gua telah ditemukan 2 abad silam. Dahulu kala para leluhur mengunakan tempat in untuk mencari pencerahan dan ketenangan batin dengan cara bertapa.

Di akhir pekan, para pemuda dan pemudi ramai mendatangi gua ini. Ketika masuk ke dalam gua, para pengunjung akan menyaksikan pemandangan bebatuan stalagtit dan stalagmit yang cantik. Terdapat 15 ruangan di dalamnya dengan mitos yang beragam.

Beberapa ruangan tersebut di antaranya Pertapaan, Lidah Mahesosuro, Pertapaan Subali, Pertapaan Santri, Lumbuk Kampek, Suumelong, dan lain-lain. Panjang gua ini sekitar 1,5 kilometer di dalam bumi Bukit Menoreh. Ada dua percabangan besar yang mengarahkan pengunjung pada bekas pertapaan.

  • Alamat: desa Trayu, Kecamatan Singorojo, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah
  • HTM : Rp5.000
  • Jam buka: 07.00-17.00 WIB

6. Pemandian Air Panas Nglimut

Pemandian Air Panas Nglimut

* sumber: klikalkautsar3.blogspot.com

Jika ingin merasakan sensasi berendam di air yang panas sambil menikmati panorama alam yang memesona dengan udaranya yang sejuk, datanglah ke tempat wisata di Kendal yang bernama Pemandian Air Panas Nglimut. Berendam di tempat ini akan membuat tubuh jadi rileks dan nyaman.

Fasilitas di pemandian air panas ini cukup lengkap, di antaranya mini zoo, taman rekreasi, zona bermain anak, kolam pemancingan, area outbond, kawasan kuliner serta tempat untuk berfoto. Spot-spot foto itu berupa ayunan tinggi, karpet terbang, sepeda udara, serta penginapan.

  • Alamat: Nglimut, Desa Gonoharjo, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal
  • HTM: Rp15.000
  • Jam buka: 07.00-18.00 WIB
  • Telepon : 08112885488

7. Perkebunan Teh Medini

Perkebunan Teh Medini

* sumber: yogyakarta.panduanwisata.id

Satu lagi tempat untuk refreshing di Kendal, yaitu Perkebunan Teh Medini. Pastinya saat berkunjung ke tempat wisata di Kendal ini, mata akan terasa lebih segar. Sejauh mata memandang, pengunjung  akan menyaksikan hamparan teh yang hijau dan luas.

Ketika menjelajahi perkebunan teh ini, pengunjung bisa menghirup udara yang bersih dan segar serta mengistirahatkan otak dari kepenatan bekerja. Terdapat sebuah air terjun yang masih alami yang letaknya tak jauh dari perkebunan ini.

  • Alamat: Jatirejo, Ngampel, Hutan, Ngesrepbalong, Limbangan, Kab. Kendal
  • HTM : Rp5.000 per motor
  • Jam buka: 12.00 - 24.00 WIB

8. Danau Banaran

Danau Banaran

Sumber: https://twitter.com/Armada7Ari/status/959745250309808129/photo/3

Danau Banaran adalah sebuah danau buatan yang menjadi tempat wisata di Kendal. Air danau ini terlihat berwarna hijau muda. Udara di sini terasa segar karena terletak di kawasan kebun cengkeh. Saat menuju danau ini, pengunjung akan menyaksikan pemandangan yang menakjubkan.

Pengunjung bisa melihat ikan tawar yang berenang-renang di dalamnya danau karena airnya yang sangat jernih. Untuk yang hobi berfoto, danau ini bisa jadi spot foto yang menarik. Mereka bisa berfoto dengan latar belakang Danau Banaran.

  • Alamat : Surugajah, Ngargosari, Sukorejo, Kab. Kendal
  • HTM : Gratis
  • Jam buka : 08.00 - 17.00 WIB

9. Curug Glawe

Curug Glawe

Daerah Kendal memiliki tempat wisata air terjun yang cukup banyak. Salah satunya adalah Curug Glawe yang menarik untuk didatangi saat liburan. Meskipun air terjun ini belum terlalu terkenal, bukan berarti tak terlihat indah seperti curug lain di Kendal. Ketingian curug ini sekitar 20 m,  terbagi jadi dua tingkat.

Terdapat sebuah kolam di antara kedua tingkat air terjun ini. Kolam ini memiliki kedalam sekitar 1,5 m dan diameternya sekitar 3 m. Letak air terjun ini berada di Dusun Kaliereng, Desa Cening. Jika datang ke kota Kendal, pastikan untuk mengunjungi tempat wisata ini.

  • Alamat : Cening Kidul, Cening, Singorojo, Kendal
  • HTM : Rp5.000
  • Jam buka: 08.00-17.00 WIB

10. Bukit Selo Arjuno

Bukit Selo Arjuno

* sumber: wartawisata.id

Untuk yang senang berpetualang, salah satu tempat wisata di Kendal yang bernama Bukit Selo Arjuno bisa jadi pilihan destinasi wisata untuk dikunjungi. Dari atas ketinggian, pengunjung dapat melihat panorama alam yang memukau. Suasana yang disajikan akan membuat wisatawan betah berada di sini.

Lokasi tempat wisata ini berada berada di Watulawang, Desa Kedungboto. Tempatnya sangat pas untuk mereka yang hobi fotografi atau yang datang untuk bersantai dan berbaur dengan alam.

  • Alamat: Watulawang, Kedungboto, Kec. Limbangan, Kab. Kendal
  • HTM : Rp5.000
  • Jam buka : 07.00 - 17.30 WIB
  • Telepon: 0822-9891-5163

Kabupaten Kendal diberkahi dengan keindahan alamnya yang luar biasa sehingga tak mengherankan banyak sekali tempat wisata yang bisa dikunjungi. 10 tempat wisata di Kendal yang diulas di atas adalah sebagian dari sekian banyaknya destinasi wisata di daerah ini. Liburan ini bagaimana kalau berkunjung ke Kendal?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram