9 Tempat Wisata Menarik di Kendari yang Mesti Dikunjungi

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Juli 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Kendari merupakan sebuah kota di tenggara Pulau Sulawesi, sekaligus menjadi Ibukota dari Provinsi Sulawesi Tenggara. Kendari dikenal sebagai pintu bagi pengunjung yang hendak menuju ke Pulau Labengki dan Wakatobi melalui jalur laut.

Sayangnya, tak banyak yang mengetahui tempat wisata apa saja yang bisa dikunjungi di Kendari. Kali ini, Keluyuran akan menginformasikan 9 tempat wisata di Kendari yang bisa kamu kunjungi ketika berlibur di Kendari, atau sedang transit sebelum menyeberang ke Wakatobi. Yuk, simak ulasannya berikut ini!

1. Pantai Nambo

Pantai Nambo

Pantai Nambo merupakan salah satu pantai yang menjadi primadona di Kota Kendari. Pantai dengan pasir putih bersih yang terbentang sepanjang 300 meter ini memiliki air laut biru jernih dan ombak yang tenang. Pantai cantik ini bisa kamu tempuh selama kurang lebih 30 menit dari pusat Kota Kendari.

Jalur menuju Pantai Nambo kamu harus melalui jalanan berkelok dengan tebing dan jurang di kiri-kanan. Sesampainya di Pantai Nambo, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan yang amat cantik, dan dari kejauhan terlihat pemukiman nelayan Suku Bajo. Di sini, kamu bisa bersantai di gazebo sambil menikmati pemandangan Pantai Nambo.

  • Alamat: Nambo, Abeli, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara
  • Operasional: 24 jam
  • Tiket Masuk: Rp2.000/orang

2. Hutan Mangrove Bungkutoko

Hutan Mangrove Bungkutoko

* sumber: wisatasulawesitenggara.wordpress.com

Tak hanya pantai, di Kendari kamu juga bisa bermain di Hutan Mangrove. Rasanya tak lengkap jika kamu tidak mengunjungi Hutan Mangrove Bungkutoko ketika liburan di Kendari. Tempat wisata ini terbilang masih baru, karena peresmiannya baru dilakukan pada Januari 2016 lalu.

Hutan Mangrove Bungkutoko memiliki panjang 500 meter dengan jalur yang memutar dan dilengkapi dengan jembatan yang berwarna-warni. Jika lelah, kamu bisa menyewa gazebo untuk beristirahat dengan biaya Rp50.000 saja. Selain itu, hal menarik yang bisa kamu temukan di sini adalah adanya gardu pandang setinggi 15 meter, sehingga kamu bisa melihat keadaan hutan secara keseluruhan. Menarik bukan?

  • Alamat: Bungkutoko, Abeli, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara
  • Operasional: 09.00 – 18.00 WITA
  • Tiket Masuk: Rp10.000/orang

3. Taman Teratai

Taman Teratai

* sumber: www.denianggoleta.com

Bermain di Pantai Kendari, jangan lupa mampir ke Taman Teratai. Taman ini terletak di samping jalan utama dan masih masuk dalam kawasan Pantai Kendari. Tempat ini merupakan pusat keramaian Kota Kendari yang selalu ramai dikunjungi terutama pada malam hari, karena kamu akan menemukan banyak penjual makanan dan minuman.

Taman Teratai merupakan ruang publik yang menyediakan tempat duduk untuk sekadar bersantai. Tak perlu khawatir panas karena tempat duduk dilengkapi dengan atap yang akan melindungi kamu dari sengatan matahari. Selain itu, Taman Teratai juga ditumbungi beragam tanaman dan pepohonan yang rindang.

  • Alamat: Jl. Edy Sabara, Punggaloba, Kendari Barat, Kota Kendari
  • Operasional: 24 jam
  • Tiket Masuk: Gratis

4. Kebun Raya Kendari

Kebun Raya Kendari

Tak hanya Bogor, kini Kota Kendari juga memiliki kebun raya yang baru saja diresmikan pada Oktober 2019 lalu. Kebun Raya Kendari menjadi satu-satunya kebun raya yang ada di Sulawesi Tenggara. Kebun raya ini dikategorikan sebagai ruang terbuka hijau yang nyaman, sejuk, dan asri.

Kebun Raya Kendari bukan hanya digunakan untuk tempat rekreasi saja, tetapi juga tempat untuk mengedukasi. Terdapat 18 hektar hutan lindung dan 78 hektar hutan produksi tetap dengan beragam koleksi tanaman. Kebun Raya Kendari juga menyediakan camping ground untuk kamu yang senang camping di alam bebas.

  • Alamat: Jl. Kebun Raya Nanga-Nanga, Anduonohu, Poasia, Kota Kendari
  • Operasional: 07.00 – 17.00 WITA
  • Tiket Masuk: Gratis

5. Puncak Saiful Tamburaka

Puncak Saiful Tamburaka

* sumber: sultrademo.co

Menikmati pemandangan dari ketinggian tentu sangat menyenangkan. Biasanya, kita bisa melakukannya ketika berada di dataran tinggi seperti Dieng, Bandung, Bogor, dan Batu. Namun, tak hanya di tempat tersebut saja, di Kendari juga kamu bisa menikmati pemandangan dari ketinggian.

Puncak Saiful Tamburaka namanya, atau biasa dikenal dengan Puncak ST. Tempat ini terletak di perbatasan antara Kota Kendari dengan Kabupaten Konawe Selatan. tempat wisata ini dibangun oleh Saiful Tamburaka selaku guru di SMAN 1 Kendari. Ia membangun fasilitas untuk penunjang wisata yang akhirnya menjadi salah satu tempat wisata favorit di Kendari.

  • Alamat: Abeli Dalam, Puuwatu, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara
  • Operasional: 24 jam
  • Tiket Masuk: Rp10.000/orang

6. Taman Kota Kendari

Taman Kota Kendari

* sumber: www.cendananews.com

Kamu suka main ke taman? Di Kendari, ada Taman Kota Kendari yang selalu ramai dikunjungi terutama pada hari minggu. Biasanya, pengunjung datang untuk sekadar bersantai ataupun berolahraga di sekitar taman. Di sini terdapat jogging track dan lapangan kecil yang biasa digunakan untuk bermain futsal.

Taman seluas 30.000 m2 ini terletak di tengah Kota Kendari dan mudah dijangkau oleh kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Tak hanya olah raga, Taman Kota Kendari biasa digunakan untuk belajar kelompok dan rekreasi bersama keluarga. Dilengkapi pula dengan beragam jajanan yang bisa menemani waktu santaimu.

  • Alamat: Mandonga, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara
  • Operasional: 24 jam
  • Tiket Masuk: Gratis

7. Pulau Hari

Pulau Hari

Liburan di Kendari, kamu tak perlu buru-buru ke Pulau Labengki ataupun Wakatobi karena di Kendari pun ada pulau kecil yang sangat memesona bernama Pulau Hari. Pulau yang jauh dari keramaian kota ini menjadi salah satu yang wajib kamu kunjungi ketika sedang berada di Kendari. Di sini terdapat banyak sekali keunikan yang bisa kamu explore.

Pulau Hari bisa kamu jangkau menggunakan speed boat dari Pelabuhan Beringin, Kendari. Kamu perlu menyebrang kurang lebih 2 jam. Sesampainya di Pulau Hari, kamu akan menemukan Rumah Adat Kendari yang berdiri kokoh di tepi pantai. Buat kamu yang suka snorkeling, wajib mencoba snorkeling di Pulau Hari dan menikmati keindahan alam bawah laut yang masih sangat terjaga.

  • Alamat: Pulau Hari, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara
  • Operasional: 24 jam
  • Tiket Masuk: Gratis

8. Pegunungan Nipa-Nipa

Pegunungan Nipa-Nipa

* sumber: www.superadventure.co.id

Kendari bukan hanya memiliki pantai saja, terdapat pula sebuah pegunungan yang dinamakan Pegunungan Nipa-Nipa. Kamu perlu menempuh waktu 45 menit dari Kota Kendari untuk bisa sampai di pegunungan ini menggunakan mobil ataupun motor.

Kendaraanmu bisa dititipkan di masyarakat sekitar sebelum akhirnya melanjutkan perjalanan ke Pegunungan Nipa-Nipa. Dari pemukiman warga, kamu perlu jalan kaki selama kurang lebih satu jam untuk bisa sampai di Kawasan Konservasi Taman Hutan Raya Nipa-Nipa. Setibanya di puncak pegunungan, lelahmu akan terbayar dengan indahnya pemandangan laut lepas dan Kota Kendari dari ketinggian.

  • Alamat: Nipa-Nipa, Lalonggasumeeto, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara
  • Operasional: 24 jam
  • Tiket Masuk: Gratis

9. Waterpark Citraland

Waterpark Citraland

* sumber: www.citralandkendari.com

Bermain air selalu jadi hal menyenangkan terutama bagi anak-anak. Kendari memiliki waterpark terbesar di Sulawesi Tenggara. Waterpark Citraland namanya. Diresmikan pada tahun 2013, Waterpark Citraland Kendari menjadi salah satu tempat wisata dan rekreasi yang memanjakan setiap pengunjungnya.

Waterpark yang satu ini mengangkat tema “The Caribbean Adventures” yang menceritakan tentang petualangan bajak laut yang menyenangkan. Terdapat banyak wahana yang bisa kamu coba bersama anak maupun keponakan. Dilengkapi dengan kolam dewasa dan anak yang akan menambah keseruan.

  • Alamat: Anduonohu, Poasia, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara
  • Operasional: Senin – Jumat: 13.00 – 18.00 WITA, Sabtu & Minggu 09.00 – 18.00 WITA
  • Tiket Masuk: (Weekdays) Rp35.000, (Weekend) Rp50.000

Jadi sudah tahu kan, apa saja sih tempat wisata di Kota Kendari? Liburan ke Sulawesi Tenggara memang lebih mudah jika mengambil penerbangan ke Kendari, jadi jangan lewatkan untuk mengunjungi tempat wisata di Kendari, ya!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *