Keluyuran / Wisata Bali / 8 Tempat Wisata di Kintamani yang Menarik untuk Dikunjungi

8 Tempat Wisata di Kintamani yang Menarik untuk Dikunjungi

Ditulis oleh - Diperbaharui 10 Juni 2019

Kintamani adalah salah satu wilayah di Pulau Dewata yang terkenal sebagai penghasil biji kopi terbaik. Tahukah kamu, bahwa Kintamani juga punya banyak tempat wisata yang menarik dan wajib untuk dikunjungi. Nah, kali ini Keluyuran akan memberikan rekomendasi 8 tempat wisata di Kintamani yang tak boleh kamu lewatkan. Untuk mengetahui tempat wisata mana saja yang akan kami bahas kali ini, simak langsung saja ulasan berikut, ya.

1. Pura Ulun Danu Batur

tempat wisata di kintamani pura ulun danu batur

Bali dikenal punya banyak tempat wisata religi. Nah, di Kintamani ada Pura Ulun Danu Batur yang juga merupakan salah satu tempat wisata religi yang terkenal di kalangan wisatawan. Baik domestik maupun wisatawan dari luar negeri.

Pura Ulun Danu Batur yang pernah menghiasi uang pecahan Rp. 50.000,- beberapa tahun silam ini merupakan tempat peribadatan umat Hindu. Pura yang indah ini didirikan di tahun 1926 dan merupakan kompleks dari sembilan pura. Ada ratusan paviliun candi yang dibangun untuk menghormati para dewa dewi.

Keindahan pura ini bukan hanya terletak pada kemegahan arsitekturnya sendiri, melainkan juga pemandangan sekitarnya. Ya, kala berkunjung kemari, kamu akan disuguhi pemandangan danau dan Gunung Batur yang berdiri kokoh.

Untuk bisa masuk ke dalam kompleks pura, setiap orang dikenakan biaya sekitar Rp. 30.000,- hingga Rp. 35.000,-. Terdapat penyewaan kain sarung juga, lho. Biaya sewa dan belinya berkisar antara Rp. 50.000,- hingga Rp. 100.000,-. Tertarik untuk mengunjungi Pura Ulun Danu Batur?

  • Alamat: Jl. Raya Kintamani, Batur Sel, Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali
  • Harga Tiket Masuk: Rp 30.000,- (Domestik), Rp. 50.000,- (Asing)

2. Pinggan Village

tempat wisata di kintamani pinggan village

Di Kintamani, ada sebuah desa yang banyak dikunjungi wisatawan karena keindahan pemandangan alam yang ditawarkan. Desa Pinggan atau dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Pinggan Village, berlokasi di sebelah timur Kabupaten Kintamani. Desa ini seringkali dikunjungi para wisatawan yang ingin berfoto atau sekadar menikmati keindahan matahari terbit di pagi hari.

Ya, banyak orang yang berbondong-bondong mengunjungi Bukit Pinggan untuk berfoto dengan latar belakang desa ini. Pinggan Village juga sering dijadikan lokasi untuk foto pre-wedding.

Selain bisa menyaksikan matahari terbit dan terbenam, kamu juga bisa melihat indahnya pemandangan Gunung Agung, Gunung Batur dan Gunung Abang dari sini. Oh ya, Desa Pinggan ini juga seringkali menjadi lokasi para camper untuk berkemah. Untuk sampai ke wilayah Pinggan, kamu harus menempuh perjalanan darat kurang lebih selama 2 jam. Mau mencoba berkunjung kemari?

  • Alamat: Gg. Kunti, Pinggan, Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali

3. Danau Batur

danau batur

Siapa yang tidak kenal dengan Danau Batur? Danau dengan luas 16 kilometer persegi ini adalah salah satu destinasi wisata tersohor yang ada di Pulau Dewata. Kalau kamu berkunjung ke danau yang ada di kaki Gunung Batur ini, kamu akan disuguhi pemandangan alam yang indah dan tiada duanya. Selain itu, udara di kawasan ini juga sejuk. Dijamin, suasananya bakal bikin kamu betah dan nyaman.

Nah, kalau kamu ingin rehat sejenak dari suasana perkotaan selama di Bali, kamu bisa mengunjungi danau dengan air yang jernih ini. Kamu bisa menempuh perjalanan darat dari kota kabupaten selama kurang lebih tiga puluh menit untuk sampai kemari.

  • Alamat: Songan B, Kabupaten Bangli, Bali

4. Museum Geopark Batur

museum geopark batur

Kalau kamu ingin mengetahui lebih jauh sejarah dari Gunung dan Danau Batur di Kintamani, kamu bisa berkunjung ke Museum Geopark Batur. Di sini kamu akan mendapatkan informasi tentang terbentuknya gunung api sekaligus Pulau Bali itu sendiri dari diorama yang ditampilkan.

Selain itu, kamu juga bisa melihat batuan hasil letusan dari Gunung Batur, lho. Oh ya, di museum ini, kamu juga bisa menambah wawasan tentang budaya Bali. For your info, pengunjung tidak dikenakan biaya masuk ketika berkunjung ke museum ini. Yep, kamu bisa masuk secara gratis!

  • Alamat: Jl. Raya Penelokan, Batur Sel., Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali
  • Jam Operasional: Senin-Jumat, 08.00-16.00, Sabtu-Minggu 08.00-14.00

5.Toya Devasya Hot Spring Wellness Resort

toya devasya kintamani

Kamu ingin berendam di kolam air hangat sambil melihat indahnya pemandangan Gunung Batur dan Danau Batur? Datang saja ke Toya Devasya Hot Spring Resort di Kintamani. Tempat ini punya lebih dari 5 kolam renang yang bisa digunakan.

Selain kolam air hangat, ada juga kolam khusus olahraga renang dan kolam dengan suhu air normal. Sayangnya, tak ada kolam untuk anak atau balita. Untuk bisa menikmati fasilitas di sini, kamu harus menyiapkan dana sekitar Rp, 100.000,- untuk tiket masuknya. Jika kamu ingin menyewa loker, kamu harus merogoh kocek Rp. 20.000,-. Sementara untuk sewa handuk dikenakan biaya Rp. 10.000,- saja.

  • Alamat: Batur Tengah, Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali
  • Nomor Telepon: (0366) 51204
  • Jam Operasional: Buka setiap hari, 07.00-19.00 WITA
  • Harga Tiket Masuk: Rp. 100.000.- per orang.

6. Glagahlinggah

Glagahlinggah kintamani

Buat kamu yang hobi motret, spot foto Glagahlinggah yang ada di Kintamani wajib banget kamu kunjungi. Spot foto ini berupa jalan desa yang dikelilingi pohon pinus nan tinggi. Suasana di sekitarnya sangat nyaman. Udaranya juga masih sejuk dan segar.

Tak sedikit orang yang datang kemari untuk mendapatkan foto terbaik mereka. Tempat ini juga kerap kali dijadikan lokasi foto pre-wedding oleh para calon pengantin. Terlebih, memang ada fasilitas untuk berfoto yang disediakan di tempat ini. Jadi, kalau berlibur di Kabupaten Bangli, tepatnya di Kintamani, jangan lupa untuk berkunjung kemari, ya.

  • Alamat: Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali

7. Gunung Batur

gunung batur

Liburan tentu bukan cuma soal menghabiskan waktu di pantai ataupun asyik berfoto di spot foto yang instagram-able. Kamu juga bisa melakukan pendakian gunung untuk menikmati masa liburanmu. Nah, kalau kamu berlibur ke Kintamani dan ingin merasakan pengalaman mendaki gunung yang menakjubkan, kamu bisa melakukan pendakian di Gunung Batur.

Memang, melakukan pendakian gunung tidaklah mudah. Apalagi bila kamu sebelumnya belum pernah melakukan pendakian. Namun tentu rasa lelah yang mendera akan terbayar kala kamu melihat indahnya pemandangan alam yang disuguhkan.

Kalau kamu tertarik untuk mendaki gunung, termasuk Gunung Batur, sebaiknya ajak teman, saudara atau kenalanmu yang telah berpengalaman dalam hal menaklukkan puncak gunung. Jangan lupa siapkan fisik dan mentalmu juga, ya.

  • Alamat: Batur Sel., Kabupaten Bangli, Bali

8. Pemandian Air Panas Tirta Usadha

pemandian air panas tirta usadha

Tidak hanya Toya Devasya, di Kintamani juga ada pemandian air panas Tirta Usadha yang bisa kamu sambangi. Di sini, kamu bisa berendam dan bersantai seraya melepas penat. Terlebih bila kamu habis beraktivitas selama seharian.

Nah, bila kamu ingin menikmati sensasi dan kenyamanan berendam di pemandian air panas dengan suasana yang nyaman tanpa harus merogoh kocek yang terlalu dalam, maka kamu bisa mengunjungi pemandian air panas yang satu ini.

  • Alamat: Jl. Pendakian Gn. Batur, Batur Tengah, Kintamani, Batur Tengah, Bangli, Kabupaten Bangli, Bali
  • Harga Tiket Masuk: Di bawah Rp. 50.000,-

Nah, itulah kedelapan tempat wisata di Kintamani yang tentunya menarik dan tak boleh kamu lewatkan untuk dikunjungi saat berlibur ke Pulau Dewata, Bali. Dari delapan tempat wisata yang masuk dalam daftar di atas, tempat wisata manakah yang ingin kamu kunjungi?

Kalau kamu punya pengalaman seputar liburan di Bali, khususnya di Kintamani, tidak ada salahnya untuk berbagi bersama pembaca lainnya melalui kolom komentar yang tersedia. Tapi, kalau kamu mau cari tempat yang paling hits di Bali, coba cari tahu di artikel 6 Tempat Hits di Bali ini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar