Keluyuran / Wisata Korea / 5 Tempat Wisata Menarik untuk Liburan Musim Dingin di Korea

5 Tempat Wisata Menarik untuk Liburan Musim Dingin di Korea

Ditulis oleh - Diperbaharui 18 November 2019

Musim dingin adalah musim liburan yang tepat untuk menikmati salju bagi sebagian penduduk yang tinggal di Asia Timur seperti Jepang dan Korea. Bagi penduduk yang tinggal di negara dengan dua musim seperti Indonesia, Korea bisa menjadi negara tujuan wisata pilihan agar bisa menikmati dinginnya salju.

Bagi yang berencana untuk berlibur ke Korea Selatan musim dingin ini, berikut adalah beberapa rekomendasi lokasi wisata dari Keluyuran yang pas untuk dikunjungi selama liburan musim dingin di sana.

1. Pemandian Air Panas Onyang

Pemandian Air Panas Onyang

* sumber: travelstorykorea.com

Korea memiliki banyak sumber air panas, begitu juga dengan spa. Tempat-tempat ini menjadi sangat populer untuk dikunjungi selama musim dingin karena pengunjung bisa menikmati kehangatan sekaligus meremajakan kulit. Namun, jika tak memiliki banyak waktu untuk mengunjungi tempat-tempat tersebut, cukup datang ke tempat satu ini saja, yaitu Onyang Hot Spring.

Onyang Hot Spring terletak di kota Asan sekitar 90 menit perjalanan dengan kereta ke arah utara Seoul. Pemandian air panas ini merupakan pemandian air panas tertua di Korea. Didirikan sekitar 1.300 tahun yang lalu. Tempat ini terkenal sebagai tempat pengobatan yang cukup efektif untuk radang sendi, neuralgia, penyakit hati, darah tinggi, masalah kulit, juga bermacam penyakit geriatri.

Pemandian air panas Onyang sudah beroperasi sekitar 600 tahun. Selama periode Joseon, banyak raja-raja, termasuk Raja Sejong, yang datang ke pemandian ini untuk beristirahat atau melakukan pengobatan. Temperatur air di pemandian air panas Onyang sekitar 57oC sehingga dikatakan sebagai pemandian air panas terpanas di antara tempat pemandian air panas lainnya.

Kombinasi antara kualitas air dan akomodasi yang terkenal di sekitar pemandian membuat tempat ini menjadi tujuan para turis. Terdapat banyak hotel dan motel di sekitar area pemandian. Ada juga kolam renang yang menggunakan air panas dari sumber air panas. Selama musim dingin, Onyang adalah tempat yang patut dikunjungi untuk bersantai, menikmati air hangat dan terapi.

2. Vivaldi Park

Vivaldi Park

* sumber: www.klook.com

Vivaldi Park, atau disebut juga Daemyung resort, terletak di Provinsi Gangwon. Dari kota Seoul memakan waktu perjalanan sekitar 1 ½ jam. Taman ini adalah tempat  liburan ski yang nyaman yang merupakan sebuah resor terbesar di Korea. Dibuka sepanjang tahun, Taman Vivaldi menawarkan berbagai fasilitas rekreasi di lokasinya di Ski World, yaitu Ocean World, Equestrian Club dan klub golf.

Resor ski ini merupakan tujuan wisata yang sangat populer selama musim dingin di Korea terutama di kalangan turis dari Asia Tenggara. Selain letaknya yang tidak jauh dari kota Seoul, juga harganya terjangkau oleh para turis asing dan merupakan tempat yang cocok untuk para pemula dalam bermain ski.

Selama hampir delapan tahun, Vivaldi Park menjadi resor ski yang paling banyak dikunjungi di Korea Selatan.  Kapasitas maksimumnya mencapai 20.000 orang per hari. Bagi para pemula, jangan khawatir jika ingin mencoba bermain ski. Tempat ini menawarkan berbagai program instruksional yang aman dan sistematis bagi pemula untuk hadir sebelum mencoba langsung bermain ski.

3. Festival Es Hwacheon Sancheoneo

Festival Es Hwacheon Sancheoneo

* sumber: blog.bnbhero.com

Kabupaten Hwacheon terletak di utara provinsi Gangwon. Lokasinya sejajar dengan Zona Demiliterisasi Korea di perbatasan utara,  Hwacheon merupakan area pertama di Korea Selatan yang membeku di tiap musim dingin setiap tahunnya. Kota kabupaten ini sebagian besar terdiri dari pegunungan dan sungai.

Para pengunjung dapat menemukan pemandangan alam yang relatif tak tersentuh di sini sehingga membuat Hwacheon ideal untuk liburan musim dingin sambil menikmati banyaknya salju dan es. Festival Es Hwacheon Sancheoneo sudah diadakan sejak 2003 dan diselenggarakan tiap tahun di sepanjang sungai kecil Hwacheon yang membeku.

Tak hanya dikalangan penduduk lokal, pengunjung asing pun banyak yang mengenal festival es di Hwacheon ini sehingga CNN menyebutnya sebagai salah satu dari Tujuh Keajaiban Musim Dingin Dunia. Di tempat ini selain bisa bermain salju, pengunjung juga bisa memancing salmon Masou yang dikenal secara lokal sebagai sancheoneo di arus beku.

Bagi penyuka petualangan, ada kolam berisi air es dingin yang dibangun di samping sungai untuk mencoba memancing dengan tangan kosong. Selain itu, para turis juga dapat menikmati olahraga musim dingin seperti sepak bola es, hoki es, dan banyak lagi. Untuk mengetahui tanggal penyelenggaraan festival es di Hwacheon, cek kalender event di situs pariwisata pemerintah Korea.

4. The Garden of the Morning Calm

The Garden of the Morning Calm

* sumber: doctrapho.blogspot.com

The Garden of the Morning Calm adalah sebuah taman pribadi tertua di Korea Selatan. Taman ini terletak di Provinsi Gyeonggi, di kota Gapyeong. Luas taman ini sekitar 30.000 meter persegi. Taman ini dibuka setahun penuh dan saat musim dingin diselenggarakan festival cahaya. Taman Morning Calm dikonsep oleh Profesor Hang Sang Kyung dari Universitas Sahmyook.

Taman ini adalah ruang artistik yang  menarik sekitar 600.000 pengunjung setiap tahunnya. Terdapat jalan setapak yang cantik, rumput-rumput indah yang terawat, dan hamparan bunga menghubungkan 20 bagian tema taman yang berbeda. Ada sekitar 5.000 jenis tanaman, termasuk 300 varietas asli Gunung Baekdusan, yang dikenal sebagai gunung spiritual bagi rakyat Korea.

Kebun utama Taman Morning Calm adalah Hakyung Garden, Bonsai Garden, Moonlight Garden, Sky Path, Hometown House Garden, dan Garden of Eden, dengan lampu warna-warni menghiasi pepohonan. Saat cuaca buruk, lampu akan dimatikan untuk keselamatan.

Perayaan festival cahaya atau Lighting Festival di Taman Morning Calm adalah festival cahaya terbesar di Korea Selatan.  Sekitar 100 ribu area diterangi oleh 30.000 lampu. Kilauan lampu-lampu tersebut menambah meriah taman ini selama musim dingin.

5. High 1 Sky Resort

High 1 Sky Resort

* sumber: www.govoyagin.com

Banyak orang mengenal Provinsi Gangwon karena provinsi ini memiliki Gunung Seoraksan dan Odae dengan jalur skinya. Kedua objek wisata ini berhasil menarik banyak wisatawan nasional untuk datang berkunjung. Baik gunung Seoraksan maupun Odae terletak di taman nasional di Pegunungan Taebaek. Di pegunungan ini terdapat lokasi ski yang bernama High 1 Resort.

Resor ski ini memiliki lereng beragam, ada lereng pemula, menengah dan lanjutan untuk dinikmati semua orang. Berbeda dengan Vivaldi Park, di sini bukan resor yang menggabungkan berbagai fasilitas seperti ski, golf dan water park. High 1 khusus bukit untuk ski dengan jalur ski yang tepat untuk bermain ski.  High 1 Resort sangat cocok untuk mereka yang suka melakukan freestyle.

Bagi penyuka ski dan snowboarding, High 1 Resort memiliki catatan salju yang turun alami terbaik di Korea. Yang juga menarik dari resor ini adalah penawaran diskon sebanyak 40% bagi turis asing. Menarik, bukan? Pengunjung dari luar negeri cukup membawa paspor yang nantinya akan digunakan untuk mendapatkan kartu resor dari Customer Service Center.

Selain itu resor ini juga menawarkan akomodasi yang luar biasa dan akses ke hot tub outdoor, di musim dingin. Pengunjung dapat bersantai di luar di hot tub sambil menikmati cuaca musim dingin. Bagi yang tidak suka bermain ski, menikmati hot tub bisa menjadi pilihan untuk menikmati musim dingin di High 1 Resort.

Bagaimana? Menyenangkan bukan berlibur di musim dingin? Agar menjaga tubuhmu tetap hangat dan liburanmu menyenangkan, jangan lupa untuk membawa perlengkapan musim dingin yang komplit, ya!

Nah, mampir juga ke artikel tempat wisata romantis di Korea ini jika ingin liburan romantis bersama pasangan.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *