Keluyuran / Wisata Korea / 7 Spot Liburan Musim Gugur yang Paling Indah di Korea

7 Spot Liburan Musim Gugur yang Paling Indah di Korea

Ditulis oleh - Diperbaharui 8 Juni 2019

Musim gugur menyajikan pemandangan menakjubkan. Daun-daun bermacam warna menjadi pemandangan yang banyak dicari oleh turis-turis asing. Begitu pula yang terjadi di Korea Selatan. Sebagai negara yang memiliki empat musim, Korea Selatan merupakan salah satu destinasi wisata favorit turis yang ingin menikmati keindahan pemandangan musim gugur.

Banyak tempat yang bisa dikunjungi saat berlibur ke Korea Selatan di musim gugur. Jika kamu sedang bingung mencari tempat yang asyik untuk menghabiskan liburan musim gugurmu, berikut ini Keluyuran sudah merangkum daftar spot wisata yang bisa kamu datangi untuk berlibur juga foto-foto tentunya.

1. Jalan Pohon Ginkgo di Kota Asan

Ginkgo Asan Road

* sumber: www.theflybird.com

Tak seperti kota Seoul atau Busan, mungkin nama Asan agak kurang terdengar gaungnya di telinga para turis asing, terutama bagi mereka yang pertama kali datang ke Korea Selatan. Terletak di Provinsi Chungcheongnam, kota Asan,  yang berjarak sekitar 86 kilometer dari Seoul, menyimpan rahasia keindahan musim gugur. Salah satu spot terkenal di sana adalah Jalan Pohon Ginkgo.

Ginkgo Asan Road atau dalam bahasa Koreanya disebut “Asan Eunhaengnamugil” adalah sebuah jalan yang panjang yang kiri kanannya dipagari dengan pohon-pohon Ginkgo yang menjulang tinggi. Saat musim gugur, daun pohon ini akan berubah menjadi kuning keemasan yang indah. Jalan yang beralas bata ini nampak seperti ditutupi kanopi berwarna kuning.

Tak hanya menempel di deretan pohon tinggi, dedaunan berwarna kuning juga melapisi jalan tepi sungai layaknya sebuah karpet panjang berwarna kuning.  Tentu bagi kamu penyuka fotografi, ini adalah spot yang pas. Bagi yang penyuka selfie atau wifie juga jalan ini cocok untuk dipakai sebagai latar foto.

Jika kamu ingin bebas berfoto tanpa terganggu dengan kehadiran banyak orang, cobalah untuk berkunjung lebih awal, atau kamu bisa bermalam di Asan, agar kunjunganmu bebas dari kerumunan orang banyak. Jangan ragu untuk berjalan di jalan tersebut atau sekedar bermain-main dengan daun-daun, toh keesokan hari daun-daun baru akan hadir melapisi jalan.

2. Ladang Borinara Hagwon, di Gochang

Borinara Hagwon Farm

* sumber: koreandramaland.com

Gochang? Nama apa itu? Tapi kalau Goblin, pasti tahu, kan? Nah, yang ini pasti penggemar drakor langsung hapal. Lalu apa hubungan Gochang dengan Goblin? Jadi, di wilayah, setingkat kabupaten jika di Indonesia, ini ada tempat bernama Borinara Hagwon, ladang tanaman soba ternama.

Masih tanya hubungannya dengan Goblin? Coba tonton episode 6, saat Kim Shin mendatangi Eun Tak untuk minta dicabut pedangnya. Nah, lokasi adegan itu ada di Borinara Hagwon Farm di Gochang. Kota kabupaten ini terletak di provinsi Jeollabuk, satu provinsi dengan kota Jeonju. Lama perjalanan dari kota Seoul sekitar 4 jam 29 menit dengan kereta dan 50 menit dengan pesawat.

Di ladang ini, para pengunjung dapat menikmati pemandangan yang menakjubkan sepanjang tahunnya. Di musim semi ladang dipenuhi tumbuhan jelai berwarna hijau. Di musim panas dipenuhi warna kuning bunga matahari dan di musim gugur dipenuhi bunga tanaman soba alias gandum kuda atau buckwheat.

Ladang ini sudah menjadi tempat wisata sejak tahun 1994. Di musim semi tempat ini terkenal dengan festival Gochang Green Barley-nya.

3. Pulau Nami

Pulau Nami

* sumber: blog.bnbhero.com

Selain kota Seoul dan Busan, tempat wisata yang paling terkenal di kalangan para turis adalah Pulau Nami. Pulau ini juga merupakan salah satu lokasi syuting drama jadul yang banyak digandrungi penggemar drakor, Winter Sonata. Pulau ini terletak di Provinsi Gangwon, dekat dengan kota Chuncheon. Jarak tempuhnya dari Seoul sekitar kurang lebih 1,5 jam.

Apa yang bisa kamu nikmati di Pulau Nami saat musim gugur?

Sama seperti pemandangan di kota Asan, kamu bisa menikmati pohon-pohon tinggi dengan daun berwarna kuning.  Ada juga daun yang berwarna merah tua. Nami juga terkenal akan berbagai kegiatan dan festival. Bagaimana cara menikmati musim gugur di sini? Tak ada lagi kecuali dengan berjalan kaki mengelilingi pulau ini dan tentunya berfoto.

Karena terletak di pulau yang terpisah, kamu harus menaiki feri menuju Nami. Tiketnya 7.000 – 13.000 won pulang pergi.

4. Jirisan di Kota Sancheong

Jirisan di Kota Sancheong

* sumber: klimbingkoreanmountains.wordpress.com

Terletak di kota kabupaten Sancheong, Provinsi  Gyeongsangnam, Gunung Jiri atau Jirisan. Gunung tertinggi kedua, sekitar 6.283 kaki, setelah Hallasan ini sangat memukau saat musim gugur.  Jirisan menyajikan pemandangan warna yang indah dari  merah tua hingga kuning sehingga terlihat lebih cerah.

Selama musim pergantian warna daun, yang puncaknya di akhir Oktober, lereng dan lanskap Gunung Jiri akan berubah menjadi kobaran warna merah yang cerah. Selain pemandangan gunungnya saat musim gugur, Jirisan juga merupakan daerah pendakian yang banyak disukai  dan terkenal di Korea.

Ditambah lagi, Jirisan merupakan rumah bagi sejumlah besar karya seni batu, harta nasional, dan kuil-kuil Buddha, seperti Hwaeomsa. Hampir lupa! Di daerah ini juga terdapat festival musim gugur yang terkenal yaitu Crimson Leaves Festival yang diselenggarakan di Lembah Piagol pada puncak musim gugur.

5. Pink Muhly Field di Gyeongju

Pink Muhly Field

* sumber: hanachrisantyjioe.blogspot.com

Jika biasanya musim gugur dihiasi oleh warna-warna merah tua atau kuning cerah, Gyeongju punya warna lain, yaitu pink. Kalau kamu cek Instagram feeds orang-orang yang berlibur saat musim gugur di Korea, kamu akan menemukan postingan tentang Pink Muhly. Apa sih Pink Muhly? Jadi, itu adalah nama sejenis rumput Cina.

Di bulan Oktober hingga awal bulan November, rumput ini akan berubah warna menjadi warna pink saat bunganya yang kecil itu mekar. Kamu bisa menikmati pemandangan rumput pink ini di daerah sekitar Cheomseongdae, observatorium astronomi kuno, yang terletak di kota Gyeongju. Tempat ini menjadi lokasi favorit turis untuk piknik.

7. Gwanghalluwon di Namwon

Gwanghalluwon

* sumber: thetravelintern.com

Siapa yang nonton drama Crowned Clown yang di bintangi Yeo Jin Goo? Kalau kamu perhatikan episode 2 saat Ha Sun diberikan penjelasan oleh Kasim Jo, keduanya saat berjalan menyeberangi sebuah jembatan. Jembatan yang menjadi lokasi syuting itu bernama Jembatan Ojak yang terletak di Taman Gwanghallu.

Atau … kamu nonton Moonlight Drawn by Clouds yang dibintangi Park Bo Gum dan Kim You Jung? Jika kamu nonton episode 5, saat itu Hong Ra On jatuh ke danau dan ditolong oleh Pangeran Hyomyeong. Nah, lokasi adegan tersebut tepatnya berada di Taman Gwanghallu ini.

Taman yang juga dikenal sebagai tempat bertemunya sepasang kekasih dari cerita rakyat di Korea, Yi Mong Ryong dan Chunhyang ini, terlihat memukau di musim gugur dengan daun-daun yang berwarna-warni. Pemandangan menjadi lebih lengkap dengan adanya kolam dan bangunan istana yang bisa kamu jelajahi. Tentu saja taman ini sangat cantik jika dijadikan objek foto.

Taman Gwanghallu letaknya di kota Namwon, di Provinsi Jeollabuk.  Kamu bisa naik bus dan kereta menuju Namwon dari Seoul.  Jarak tempuh sekitar 2,5 – 3 jam.

7. Universitas Ewha

Universitas Ewha

* sumber: fallinginlight.blogspot.com

Jika kamu berada di Seoul saat musim gugur dan ingin menikmati pemandangan daun-daun berwarna-warni di salah satu kampus terkenal di Seoul, datanglah ke Ewha. Kampus perempuan pertama di Korea ini tak kalah cantik dari tempat-tempat lain di saat musim gugur. Kampus ini juga terkenal sering masuk acara variety show di Korea.

Kampus yang dirancang oleh arsitek Prancis, Dominique Perrault, dan dianggap sebagai salah satu kampus dengan fasilitas yang indah di Korea. Selain itu, Ewha dikelilingi oleh pemandangan alam yang cantik dengan tambahan pohon berwarna-warni. Sayang sekali jika kamu melewatkan tempat seindah ini, dan yang pasti tempat ini gratis.

Banyak turis yang mengunjungi kampus ini untuk mengambil foto atau sekedar menikmati bangunan juga pemandangannya. Kalau kamu lapar, tak usah khawatir. Kampus ini dekat dengan tempat-tempat makan yang murah.

Jika kamu ingin berkunjung ke Korea pada musim semi, kamu jangan khawatir mengenai tempat-tempat wisatanya. Baca artikel tempat wisata musim semi di Korea ini untuk menambah referensimu!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar