Keluyuran / Wisata Korea / 7 Tempat Wisata Menyenangkan Selama Musim Panas di Korea

7 Tempat Wisata Menyenangkan Selama Musim Panas di Korea

Ditulis oleh - Diperbaharui 8 Juni 2019

Musim panas adalah waktunya festival dan acara-acara outdoor di Korea. Bermacam festival, dari festival budaya hingga musik pop diselenggarakan di berbagai kota. Selain menonton festival, para wisatawan juga banyak mengunjungi pantai-pantai terkenal di Korea, seperti Haeundae di Busan.

Jika kamu berencana untuk melancong ke Korea musim panas ini, berikut adalah rekomendasi dari Keluyuran seputar beberapa tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi.

1. Festival Lumpur Boryeong

Boryeong Mud Festival

* sumber: www.sunnysidecircus.com

Salah satu festival yang sering ditunggu dan dihadiri banyak turis asing adalah Boryeong Mud Festival atau Festival Lumpur Boryeong yang diadakan di pantai Daecheon. Festival main lumpur dan kotor-kotoran ini ada di musim panas, cuaca yang cocok untuk mengalahkan panas di musim panas. Festival lumpur di Boryeong ini tak hanya digemari oleh turis lokal, tapi juga turis mancanegara.

Para turis asing tampak menikmati semua acara yang diadakan pada festival tersebut. Banyak kegiatan yang diadakan selama festival, di antaranya gulat lumpur, berenang di pemandian lumpur besar, seluncur lumpur, dan kursus pelatihan lumpur laut.

Tak hanya yang dewasa yang menyenangi acara ini, anak-anak juga. Tentu saja bagi anak-anak bermain di lumpur adalah hal yang menyenangkan. Ditambah dengan adanya Mud Kid’s Land, anak-anak semakin asyik bermain. Untuk mereka yang ingin bersantai ada juga zona pijat lumpur. Jika ingin menikmati malam, bisa menonton pertunjukkan musik dan pesta kempang api di pantai.

Untuk tahu kapan waktu penyelenggaraan festival lumpur Boryeong, cek kalender event yang biasanya tersedia di situs pariwisata pemerintah Korea.

2. Busan

Busan

* sumber: www.tripzilla.com

Kota Busan terkenal sebagai salah satu kota wisata paling banyak dikunjungi turis selama musim panas karena banyak pantainya. Selain itu, Busan juga terkenal karena cagar alam dan pemandangan pinggir lautnya. Pantai yang paling terkenal di Busan adalah Haeundae dan Gwanggalli. Namun, selain dua pantai itu ada juga pantai yang lain, seperti Daedaepo, Songdo, dan Songjeong.

Bukan hanya pemandangan pantainya saja yang menarik para turis untuk datang berbondong-bondong ke Busan, tetapi acara di pantainya juga banyak menyita perhatian pengunjung. Selalu ada acara dan festival kembang api yang di adakan di pantai-pantai tersebut. Satu hal yang harus diketahui jika ingin berlibur di pantai selama musim panas,  yaitu penuh pengunjung.

Saking banyaknya pengunjung sampai terkadang susah mencari spot untuk bersantai. Pantai akan selalu dipadati pengunjung hingga malam hari. Namun, pengunjung yang datang di malam hari tidak akan sebanyak siang. Jadi jika ingin berlibur di pantai di Korea saat musim panas, bersiap-siaplah dengan kepadatan pengunjung.

3. Pantai Naksan

Pantai Naksan

* sumber: www.seoulfulfamily.com

Hanya berjarak 20 menit dari Sokcho dengan menggunakan bus, Naksan adalah salah satu pantai favorit di Korea. Pantainya tenang tak seperti pantai lain yang dipenuhi banyak turis, bahkan di  saat puncak musim panas sekalipun. Pantai Naksan memiliki air biru kehijauan yang bersih dan pasir putih.

Tak jauh dari pantai, tepatnya bersebelahan dengan pantai, terdapat sebuah kuil di sisi tebing yang indah. Kuil Naksansa namanya dengan posisi menghadap ke laut. Di sepanjang garis pantai terdapat banyak restoran dan hotel tempat menginap. Jika kamu memiliki jiwa petualang, mungkin kamu bisa mencoba berkemah di pantai.

Pantai Naksan juga memiliki pemandangan spektakuler di belakang pantainya, yaitu Taman Nasional Seoraksan. Oh iya, kalau tidak salah, pantai ini juga menjadi salah satu lokasi syuting drama yang hits sampai terjual ke 100 negara, Namja Chingu alias Boyfriend yang dibintangi oleh Song Hye Kyo dan Park Bo Gum.

4. Ulleungdo

Ulleungdo

Jika Jeju sudah terlalu mainstream untuk dijadikan tempat liburan musim panas, mengapa tak coba Ulleungdo? Walaupun tak sepopuler Jeju, tidak berarti tempat ini tidak menarik. Justru pulau ini dianggap sebagai pulau yang indah oleh sebagian besar orang Korea. Banyak tujuan wisata yang menarik ada di Ulleungdo.

Pulau ini bagian dari Provinsi Gyeongsan Utara. Kota utama di pulau ini adalah pelabuhan Dodong yang menjadi penghubung antara pulau Ulleungdo dengan daratan utama Korea Selatan. Pulau Ulleungdo diberkati dengan pesona alam serta objek wisata lainnya yang menarik, seperti Museum Dokdo, Songgot-bong, Nari ‘Bunji’ Basin, Puncak Seonginbong, dan Air Terjun Bongnae.

Selain itu, pulau Ulleungdo juga memiliki beragam atraksi untuk wisatawan aktif dan suka tantangan, seperti Haengnam Seaside Walkway yang merupakan jalan setapak sepanjang 2,6 kilometer di sepanjang garis pantai dengan tebing curam berbatu yang dimulai dari kota Dodong sampai desa pelabuhan Jeodong. Ada juga tur pulau dengan menggunakan feri.

5. Boseong Green Tea Festival

Boseong Green Tea Festival

* sumber: ktourstory.com

Festival Teh Hijau Boseong atau Boseong Green Tea Festival adalah acara tahunan yang diselenggarakan pada musim panas untuk penduduk setempat dan masih belum banyak diketahui oleh wisatawan asing. Festival ini diadakan setiap bulan Mei saat daun teh sedang hijau-hijaunya.

Pada perayaan festival teh ini diselenggarakan berbagai acara yang berhubungan dengan teh, seperti ritual untuk Dewa Teh untuk berdoa demi panen yang baik, memetik daun teh, membuat teh, dan upacara minum teh. Untuk tahu tanggal penyelenggaraan festival, bisa dicek di situs pariwisata Korea Selatan.

Perkebunan teh Boseong sendiri sudah beroperasi sejak 1957 dan merupakan satu-satunya perkebunan teh wisata di Korea dan terkenal dengan tehnya yang spektakuler dan ladang teh yang memesona seluas kurang lebih 5.000.000. meter persegi. Perkebunan ini juga terkenal dengan pemandangannya, terutama di awal musim panas saat daun teh benar-benar menghijau.

Selain ladang teh, ada juga restoran-restoran yang menawarkan es krim teh hijau yang menyenangkan serta hidangan kuliner lezat lainnya, seperti jajangmyeon dan bibimbap yang diberi teh hijau. Mirip dengan apa yang akan kamu dapatkan jika berkunjung ke kota Uji yang terkenal akan matcha-nya di Jepang.

Tak lengkap jika tak membeli oleh-oleh saat berkunjung ke perkebunan teh Boseong. Terdapat toko-toko souvenir yang menawarkan suvenir khas perkebunan teh Boseong yang menarik.

6. Petite France

Petite France

* sumber: thisiskoreatours.com

Terletak di kota Chuncheon, Petite France adalah salah satu tempat favorit yang banyak dikunjungi turis. Bagi para penggemar novel Little Prince karya Antoine de Saint Exupery, Petite France adalah tempat yang tidak boleh dilewatkan karena di sini pengunjung bisa melihat hal-hal yang berhubungan dengan Little Prince dari buku karya Exupery.

Ketika sampai di tempat ini, para pengunjung akan disambut karakter ternama dari novel tersebut, yaitu Little Prince alias pangeran kecil. Ada juga sebuah kafe yang diberi nama seperti pohon dalam novel, yaitu baobab. Di sana kamu bisa menikmati es sorbet atau jus buah. Di perkampungan ala Prancis ini terdapat sebuah museum yang didedikasikan untuk Le Petit Prince.

Selain bisa bertemu dengan patung dan lukisan-lukisan tentang Little Prince, para wisatawan bisa menikmati kunjungan ke bangunan-bangunan yang mirip dengan yang ada di Prancis. Banyak spot yang instagramable bagi para penyuka foto. Untuk penyuka drama My love from the Star, mereka bisa berfoto bersama poster drama tersebut yang berhiaskan foto Kim Soo Hyun dan Jun Ji Hyun.

Drama lain yang pernah menjadikan Petite France sebagai lokasi syuting adalah The Beauty Inside, Secret Garden, dan yang terbaru adalah The Fiery Priest. Running Man pun pernah menggunakan perkampungan Prancis ini sebagai lokasi bermainnya.

7. Jeongdong-Simgok Badabuchae-gil Trail

Jeongdong-Simgok Badabuchae-gil Trail

Bagi para penyuka trekking, Badabuchae-gil adalah salah satu tempat di Gangneung yang tak boleh dilewatkan. Tempat ini adalah rute trekking yang jaraknya sekitar tiga kilometer yang terletak di pinggir pantai. Pengunjung dapat menjelajahi teras pantai Timur yang dibentuk oleh diastrofisme lebih dari 2 juta tahun yang lalu.

Teras ini ditetapkan sebagai Monumen Alam Korea 437. Karena bentuk batu besar itu seperti kipas atau ‘buchae’ dalam bahasa Korea, maka rute trekking ini dinamai ‘Badabuchaegil’. Rute trekking ini dimulai dari Jeongdongjin sampai Simgok dan sebaliknya. Di tiap pintu awal masuk, pengunjung akan dikenakan tiket masuk.

Bonus dari jalan-jalan di sini adalah pemandangan lautnya yang berwarna turquoise yang memukau serta mercusuar yang indah yang menjadi lokasi drama terbaru Park Bo Gum dan Song Hye Kyo, Namja Chingu a.k.a Boyfriend.

Nggak mau berkunjung saat musim panas? Kamu bisa berkunjung ke Korea saat musim dingin karena negara ini juga memiliki musim salju. Simak artikel tempat wisata di Korea saat musim dingin berikut ini, yuk!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar