10 Tempat Wisata di Korea Selatan yang Wajib Dikunjungi

Ditulis oleh - Diperbaharui 13 April 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Demam Korea di Indonesia memang sudah mewabah sejak 10 tahun terakhir. Banyak masyarakat Indonesia yang mengidolakan boyband dan girlband Korea. Bahkan, ada pula yang mengikuti serial drama Korea. Tak hanya entertainment dari Korea saja yang mewabah di Indonesia, makanan maupun kosmetik dari Korea juga mulai dipasarkan di tanah air.

Demam Korea ini membuat banyak wisatawan asal Indonesia yang tertarik untuk melihat langsung pesona negeri gingseng tersebut. Alhasil, beberapa tahun terakhir ini cukup banyak wisatawan asal Indonesia yang berpelesir ke Korea Selatan. Nah, apakah Anda juga berminat untuk berkunjung ke negeri gingseng ini? Yuk, catat tempat wisata di Korea Selatan yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan asal Indonesia berikut ini.

1. Nami Island

Nami-Island-Winter

Jauh sebelum K-Pop mulai digandrungi di Indonesia, sebuah stasiun televisi swasta sempat menanyangkan salah satu drama Korea berjudul Winter Sonata pada tahun 2002. Drama ini mengambil setting di sebuah tempat wisata di Korea Selatan, yakni Nami Island.

Pulau berbentuk setengah bulan ini biasa dikunjungi saat musim dingin. Karena jalur pohon yang tertutup salju akan membuat Anda merasa seperti berada di setting drama Winter Sonata. Namun, tak ada salahnya jika Anda ingin berkunjung ke Pulau Nami pada saat musim semi, karena pemandangan pulau ini saat musim semi juga tak kalah menarik dengan musim dingin.

2. Pulau Jeju

Pulau Jeju tempat wisata di korea selatan

Berikutnya, ada Pulau Jeju, yang merupakan sebuah pulau yang juga sering dipakai sebagai lokasi pengambil gambar K-Drama. Pemandangan di Pulau Jeju memang sangat indah dan mempesona.

Waktu yang tepat untuk mengunjungi Pulau Jeju adalah pada saat musim semi atau musim panas. Karena Anda bisa melihat aneka jenis bunga dengan berbagai warna yang bermekaran dengan sangat indah di Kebon Raya Yeomiji yang ada di Pulau Jeju ini. Selain itu, di musim panas Anda bisa lebih merasakan suasana berlibur dengan panorama laut biru yang berpadu dengan warna turquoise yang menyejukkan mata.

Jangan lewatkan juga untuk menyambangi 9 destinasi wisata pulau Jeju yang indah dan memesona ini.

3. Bomun Pavilion

Bomun Pavilion

Saat berlibur ke Korea, sempatkan diri untuk mampir ke Gyeongju, sebuah ibu kota kuno dari Dinasti Shilla yang memiliki julukan Museum Tanpa Dinding. Di Gyeongju, ada sebuah kolam yang di atasnya terdapat sebuah gazebo berukuran kecil.

Sekilas tempat yang memiliki nama Bomun Pavilion ini memang nampak biasa saja, tapi coba kunjungi tempat ini saat musim semi. Anda akan takjub menyaksikan pohon-pohon di sekitar kolam yang dihiasi oleh bunga-bunga sakura yang sedang bermekaran. Tak hanya di Jepang, di Korea Selatan pun Anda bisa menyaksikan keindahan bunga sakura yang mekar pada saat musim semi.

4. Istana Changdeok

Istana Changdeok

Sebelum menjadi negara kesatuan seperti saat ini, dahulu Korea Selatan merupakan negara kerajaan. Changdeokgung atau yang lebih dikenal dengan nama Istana Changdeok adalah salah satu istana besar di Seoul, Korea Selatan. Di tempat wisata di Korea Selatan yang satu ini wisatawan bisa bernostalgia sembari menikmati keindahan arsitektur kuno khas Korea.

Spot favorit yang ada di Istana Changdeok ini adalah Secret Garden atau Taman Rahasia. Dinamakan seperti ini karena dahulu hanya keluarga kerajaan saja yang boleh memasuki taman tersebut. Kini, Secret Garden di Istana Changdeok ini sudah sangat sering dipakai untuk lokasi shooting.

5. Istana Gyeongbok

gyeongbokgung

Seperti yang sudah kami katakan sebelumnya, dahulu Korea Selatan adalah negara kerajaan, jadi jangan heran jika di negara ini terdapat istana-istana besar yang dahulu pernah menjadi saksi kejayaan dari sebuah kerajaan.

Selain Istana Changdeok, ada pula Istana Gyeongbok di Seoul yang merupakan istana dari Dinasti Joseon dan didirikan pada tahun 1395. Di dalam istana ini terdapat Museum Nasional Rakyat Korea. Nah, ketika berkunjung ke Istana Gyeongbok atau yang lebih dikenal dengan sebutan Gyeongbokgung, jangan lupa untuk menyewa baju tradisional Korea, Hanbok, untuk berfoto-foto.

6. Bukchon Hanok Village

hanok-village

Desa yang satu ini bukan sebuah desa yang biasa, lho. Karena saat berada di Bukchon Hanok Village, wisatawan bisa turut merasakan suasana kehidupan masyarakat Korea Selatan di masa lalu. Pasalnya, rumah penduduk di Bukchon  Hanok Village masih sangat tradisional.

Ketika berjalan di desa ini, Anda bisa mengagumi bangunan-bangunan tua di sisi kanan dan kiri Anda. Walaupun sudah banyak dikunjungi oleh wisatawan, Bukchon Hanok Village tetap menawarkan suasana yang tenang khas pedesaan. Pemandangan yang akan Anda temui di Bukchon Hanok Village ini sangat kontras dengan pemandangan modern dan serba mewah yang biasa Anda lihat di Seoul.

7. Taman Nasional Bukhansan

Taman Nasional Bukhansan

Ingin berkunjung ke objek wisata alam yang terkenal di Korea Selatan? Anda bisa singgah di Taman Nasional Bukhansan. Bukhansan artinya adalah Gunung Han Utara. Dinamakan seperti ini karena letak dari gunung ini berada di sebelah utara Sungai Han. Di tempat ini, Anda bisa menyaksikan ngarai, puncah granit, dan sungai yang sangat jernih.

Ini adalah tempat hiking paling favorit yang ada di Korea Selatan. Pasalnya, sesampainya di puncak Anda bisa menyaksikan pemandangan alam yang sangat menakjubkan. Selain itu, di Taman Nasional Bukhansan juga terdapat lebih dari 1.300 spesies flora dan fauna. Anda bisa berkunjung ke Taman Nasional Bukhansan pada saat musim semi atau panas.

8. Olympic Park

Olympic Park

Bisa dibilang bahwa Olympic Park ini adalah pusat berkumpulnya anak-anak muda Korea yang ingin berolahraga secara beramai-ramai. Kompleks olahraga yang cukup terkenal ini berada di distrik Songpa, Seoul.

Pada zaman Dinasti Joseon, tempat ini dijadikan sebagai peternakan ulat sutra. Salah satu ikon menarik yang ada di Olympic Park ini adalah Pintu Gerbang Perdamaian (Peace Gate). Anda bisa menyewa sepeda untuk mengelilingi Olympic Park ini.

9. Haeundae Beach

Hauendae Beach

Terletak di kota Busan, jangan lupa untuk mengunjungi Haeundae Beach pada saat musim panas, karena pantai ini akan banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara pada musim tersebut. Tepi pantai ini akan dipenuhi dengan ribuan payung pantai beraneka warna, sehingga jika dilihat dari ketinggian, maka payung-payung tersebut akan nampak lucu dan menarik.

Cahaya matahari di Haeundae Beach akan sangat cerah pada saat musim panas. Oleh karena itu, hal tersebut akan sangat dimanfaatkan oleh para wisatawan yang ingin berjemur atau sekedar berenang di pantai. Selain Haeundae Beach, masih banyak lagi tempat wisata menarik di kota Busan yang bisa Anda kunjungi. Maka, ada baiknya jika Anda menghabiskan beberapa hari khusus untuk berlibur di kota ini.

10. Stasiun Kyeong-Wha

Stasiun-Kyeong-Wha-Jinhae

* sumber: www.liawisata.com

Berwisata kok ke stasiun? Jangan salah, Stasiun Kyeong-Wha ini akan berubah menjadi tempat wisata di Korea Selatan yang banyak diminati oleh para wisatawan saat musim semi.

Ketika musim semi, pohon-pohon sakura di sekitar stasiun akan bermekaran sehingga menciptakan pemandangan yang sangat menakjubkan. Pada saat musim semi, tempat ini sering dijadikan sebagai tempat hunting bagi para pecinta fotografi.

Nah, inilah sepuluh tempat wisata di Korea Selatan yang wajib dikunjungi. Kesepuluh tempat wisata ini merupakan spot yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan. Apakah Anda memiliki rekomendasi tempat wisata lainnya yang ada di Korea Selatan?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *