Keluyuran / Malaysia / 7 Tempat Wisata di Kuching yang Populer dan Wajib Dikunjungi

7 Tempat Wisata di Kuching yang Populer dan Wajib Dikunjungi

Ditulis oleh - Diperbaharui 8 Juni 2019

Kuching adalah salah satu kota di Negeri Jiran Malaysia yang sangat menarik untuk dikunjungi. Kota yang berdiri pada tahun 1827 ini memang memiliki daya tariknya tersendiri.

Kuching ternyata juga punya banyak tempat wisata yang menarik dan wajib untuk dikunjungi. Nah, pada kesempatan kali ini, keluyuran akan membahas mengenai 7 tempat wisata di Kuching yang sangat populer. Ingin tahu, tempat wisata apa saja yang masuk dalam daftar rekomendasi kami? Simak langsung saja ulasannya di bawah ini.

1. Museum Kucing

museum kucing tempat wisata di kuching

Museum Kucing adalah salah satu tempat wisata di Kuching yang wajib kamu kunjungi, khususnya bila kamu adalah pecinta dari hewan berkaki empat yang lucu ini. Di museum ini kamu bisa mempelajari sejarah Kota Kuching sekaligus sejarah mengenai kucing-kucing yang ada di seluruh dunia, lho.

Nggak cuma belajar sejarah saja, kamu juga bisa berbelanja aneka souvenir yang tentunya dapat kamu jadikan buah tangan untuk keluarga dan teman-teman tercinta di Tanah Air. Tertarik untuk mengunjungi Museum Kuching? Kamu akan dikenakan biaya masuk sebesar 3 RM atau sekitar Rp. 10.000,- dan untuk anak-anak, dikenakan biaya sebesar RM 2 atau sekitar Rp. 7.000.- saja.

  • Alamat: Bangunan DBKU, Jalan Semariang, Petra Jaya, 93050 Kuching, Sarawak, Malaysia
  • Nomor Telepon+60 82-446 688
  • Jam Operasional: 09.00 – 17.00
  • Harga Tiket Masuk: RM 2 – RM 3 per orang

2. Taman Nasional Kubah

kubah national park

Kalau kamu berkunjung ke Kuching, jangan lupa untuk mengunjungi Taman Nasional Kubah atau Kubah National Park. Di taman nasional ini, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan indah khas pegunungan. Udara di tempat wisata yang satu ini juga sejuk banget, lho.

Oh ya, kamu juga bisa melihat air terjun yang cantik di Taman Nasional Kubah ini. Tempat wisata yang dipenuhi pepohonan rindang ini cocok untuk dijadikan tempat jalan santai bareng keluarga atau teman-teman tercinta ketika berkunjung ke Kuching, Malaysia. Di Taman Nasional Kubah, ada pula Taman Margasatwa Matang yang bisa kamu kunjungi. Di taman ini, kamu bisa bertemu dengan orang utan dan berbagai spesies hewan lainnya, lho.

Untuk dapat menikmati keindahan alam di Taman Nasional Kubah, kamu perlu membayar sebesar RM 10 atau setara dengan Rp 34.000,-. Untuk anak-anak biasanya dikenakan tarif sebesar RM 5 atau setara dengan Rp 17.000,- per orang.

  • Alamat: 93050 Kuching, Serawak, Malaysia
  • Jam Operasional: 08.00 -17.00
  • Harga Tiket Masuk: Sekitar RM 5 – RM 10, sekitar Rp 17.000,- sampai Rp 34.000,- per orang

3. Museum Serawak

museum serawak

Nah, kalau kamu ingin tahu lebih banyak mengenai sejarah Kota Kuching, kamu bisa mengunjungi Museum Serawak. Museum yang sudah ada sejak tahun 1888 ini dibuka untuk umum dan kamu tidak akan dikenakan biaya masuk (kecuali hari libur).

Di sini, kamu bisa melihat berbagai benda yang punya nilai sejarah tinggi. Nah, gimana, kamu tertarik untuk mengunjungi Museum Serawak? Sepertinya kamu harus bersabar dulu, karena bangunan utama dari Museum Serawak masih dalam proses renovasi. Namun, kamu masih bisa mengunjungi pameran yang diselenggarakan di sana.

  • Alamat: Jalan Tun Abang Haji Openg, Taman Budaya, 93400 Kuching, Sarawak, Malaysia
  • Nomor Telepon: +60 82-244 232
  • Jam Operasional: 09.00-16.45
  • Harga Tiket Masuk: Gratis (Kecuali hari libur)

4. Orchid Park

orchid park kuching

Berkunjung ke Kuching rasanya kurang afdhal kalau tidak menyambangi Orchid Park. Ya, taman tempat bunga-bunga anggrek yang cantik ini juga wajib untuk kamu kunjungi. Di Orchid Park, kamu dapat melihat banyak sekali bunga anggrek yang indah. Tidak hanya satu jenis bunga, melainkan ada berbagai macam jenis bunga anggrek di Orchid Park yang letaknya tak jauh dari gedung Astana, Kuching.

Menariknya lagi, tempat ini cocok untuk dipakai berfoto selfie, lho. Kamu juga tidak akan dikenakan biaya masuk saat berkunjung kemari. Asyik, bukan? Nah, jadi, ajaklah keluarga dan teman tercinta untuk jalan santai sambil melihat bunga anggrek yang indah di Orchid Park, ya. Oh ya, kamu tidak usah khawatir akan kelaparan saat mengelilingi tempat ini, karena ada fasilitas berupa snack bar yang tersedia

  • Alamat: Kampung Istana, 93050 Kuching, Serawak, Malaysia
  • Nomor Telepon: +60 82-446 688
  • Jam Operasional: Selasa – Minggu pukul 09.30 – 18.00
  • Harga Tiket Masuk: Gratis

5. Taman Nasional Bako

taman nasional bako

Bukan cuma Taman Nasional Kubah saja, di Kuching, kamu juga bisa mengunjungi Taman Nasional Bako atau Bako National Park. Di sini, kamu dapat melihat hewan-hewan seperti monyet bekantan, lemur hingga kepiting biola. Ada juga berbagai spesies hewan yang bisa kamu temui di taman nasional yang satu ini. Tidak cuma bisa melihat hewan, kamu juga akan disuguhi pemandangan pantai yang indah.

Oh ya, untuk sampai kemari, kamu harus menaiki perahu, lho. Untuk wisatawan dikenakan tarif sebesar RM 40 atau sekitar Rp. 137.000,- per orang. Sementara harga tiket masuk taman nasionalnya sebesar RM 20 atau setara dengan Rp. 69.000,- per orang. Tertarik untuk mengunjungi Taman Nasional Bako?

  • Alamat: Sarawak, Malaysia
  • Jam Operasional: –

6. Sarawak Cultural Village

sarawak cultural village

Kalau Jakarta punya Taman Mini Indonesia Indah, kalau Kuching punya Sarawak Cultural Village. Di sini, kamu bisa mengetahui sejarah tentang asal usul suku yang mendiami wilayah Serawak. Selain itu, kamu dapat menyaksikan pertunjukan seni tradisional dan melihat rumah-rumah adat.

Oh ya, kamu harus merogoh kocek sebesar RM 60 atau sekitar Rp. 206.000,- untuk bisa masuk ke Sarawak Cultural Village. Relatif mahal, memang. Namun, kamu tentu bisa menambah banyak pengetahuan di tempat ini. Oh ya, di sini juga kamu bisa menikmati hidangan tradisional yang disajikan di resto-resto yang ada. Jadi, nggak usah takut kelaparan pas jalan-jalan, ya.

  • Alamat: 2, Jalan Gelugor, Pudu, 55200 Kuala Lumpur, Wilayah Persekutuan Kuala Lumpur, Malaysia
  • Jam Operasional: 10.00 – 20.00 WIB

7. Kuching Waterfront

kuching waterfront

Mau menyaksikan pertunjukan air mancur yang cantik nan memanjakan mata di malam hari? Berkunjunglah ke Kuching Waterfront. Ya, selain bisa menyaksikan indahnya pertunjukan air mancur yang dihiasi gemerlap cahaya lampu, kamu juga bisa berswafoto ria dan bersantai bareng teman atau keluargamu.

Di tempat ini, kamu juga bisa menikmati aneka jajanan yang lezat sampai berbelanja buah tangan. Tempat yang banyak dikunjungi wisatawan ini buka selama 24 jam. Nah, pertunjukan air mancurnya sendiri dimulai pada pukul 19.30 hingga pukul 22.00. Gimana, kamu mau berkunjung ke Kuching Waterfront? Jangan lupa ajak keluarga dan teman-teman tercinta, ya!

  • Alamat:  Jalan Main Bazaar, 93000 Kuching, Sarawak, Malaysia
  • Nomor Telepon+60 82-446 644
  • Jam Operasional: Buka 24 jam

Itulah ketujuh tempat wisata di Kuching yang wajib untuk kamu kunjungi kala berlibur ke Negeri Jiran, Malaysia. Oh ya, adakah di antara kamu yang sudah pernah berkunjung ke salah satu atau bahkan ke semua tempat yang masuk dalam daftar di atas?

Atau, kamu punya rekomendasi tempat wisata menarik lainnya yang bisa dikunjungi? Jika, iya, tidak ada salahnya untuk berbagi pengalaman bersama para pembaca Keluyuran lewat kolom komentar yang tersedia. Oh ya, buat yang mau berlibur ke Kuching, jangan lupa ajak orang-orang tercinta, plus beli oleh-oleh buat keluarga lainnya di rumah, ya!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar