10 Tempat Wisata di Kudus yang Penuh Keindahan Alam

Ditulis oleh - Diperbaharui 25 November 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Kudus mungkin lebih terkenal dengan industri rokok kreteknya, tetapi sesungguhnya ada banyak potensi wisata yang dimiliki oleh Kota Kudus. Terutama konsep wisata dengan tema desa wisata dan alam yang saat ini banyak dikembangkan untuk membangun perekonomian desa.

Ingin keluyuran ke Kudus? Berikut ini ulasan beberapa destinasi wisata desa dan alam di Kudus yang menarik untuk kamu kunjungi.

1. Desa Wisata Rahtawu

Desa Wisata Rahtawu

Desa wisata yang satu ini berlokasi di Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus. Desa dengan panorama yang memikat siapa saja yang memandangnya. Asri dan sejuk serta didominasi warna kehijauan yang menenangkan akan kamu dapatkan saat datang berkunjung ke Desa Wisata Rahtawu ini.

Desa yang berada di lereng Gunung Muria ini berada di ketinggian 1.627 mdpl. Kamu bisa menjangkaunya dengan motor atau pun mobil, yang harus diingat adalah jalanannya cukup menanjak. Ada tempat pertapaan dan juga sungai yang mengalir di desa ini yang bisa kamu jelajahi.

  • Alamat : Ds. Rahwatu, Kec. Gebog, Kab. Kudus, Jawa Tengah
  • Jam buka : 24 Jam
  • HTM : Rp5.000

 2. Desa Wisata Colo Dawe

Desa Wisata Colo Dawe

Desa wisata yang berikutnya adalah desa wisata yang terletak di Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus. Desa wisata Colo Dewe berada di ketinggian sekitar 700 mdpl. Desa ini merupakan satu rintisan desa wisata yang dimulai pada tahun 2012. Desa wisata ini mengembangkan wisata religi dan wisata alam.

Kamu bisa menikmati keindahan dan kesegaran serta kesejukan dari Desa Colo ini. Selain itu suara alam dari suara air terjun dan nyanyian burung akan menemanimu selama berwisata di desa ini. Destinasi wisata ini dapat kamu tempuh dengan kendaraan motor atau mobil.

Satu hal yang istimewa dari kawasan Desa Wisata Colo Dawe ini adalah adanya makam Sunan Muria. Kompleks dari pemakaman ini berada di puncak gunung yang memiliki ketinggian 1600 mdpl. Untuk sampai ketempatnya kamu harus menaiki sekitar 430 anak tangga atau naik ojeg jika terlalu lelah.

  • Alamat : Ds. Colo, Kec. Dawe, Kab. Kudus, Jawa Tengah
  • Jam buka : 24 Jam
  • HTM : Rp5.000

3. Seribu Tangga Semliro

Seribu Tangga Semliro

Pemandangan khas pegunungan dengan dominasi pepohonan yang kehijauan menghadirkan susana asri dan sejuk tentunya akan mempesona setiap orang. Begitu pula dengan destinasi wisata yang baru dan hits ini. Kamu dapat merasakan mencicipi kuliner dari Kudus di ketinggian yang mempesona.

Tempat yang satu ini menawarkan tempat untuk berswafoto dengan Gunung Muria sebagai latarnya. Tempat wisata ini dapat kamu tempuh dengan motor dan juga mobil. Satu hal yang harus diingat adalah jalannya yang memiliki turunan dan tanjakan yang ekstrim, sehingga kamu mesti hati-hati ya.

  • Alamat : Ds. Semliro, Kec. Gebog, Kab. Kudus, Jawa Tengah
  • Jam buka : 24 Jam
  • HTM : Rp5.000

4. Desa Wisata Wonosoco

Desa Wisata Wonosoco

Desa wisata lain yang dapat kamu kunjungi di Kudus adalah Desa Wisata Wonosoco. Desa Wisata ini berada di Kecamatan Undaan, kamu dapat menempuhnya dalam waktu 45 menit dari pusat kota. Keindahan yang ditawarkan oleh Desa Wisata ini adalah hamparan sawah dan kars Kendeng.

Banyak wisatawan datang ke desa ini untuk spot fotonya yang unik yaitu hutan jati dan hamparan persawahan hijau yang dapat kamu lihat dari atas bukit. Tetapi selain wisata alam, kamu juga bisa menikmati wisata budaya  yang biasanya dihadirkan setiap tahunnya seperti wayang klitik.

  • Alamat : Ds. Wonosoco, Kec. Undaan, Kab. Kudus, Jawa Tengah
  • Jam buka : 08.00 – 17.00 WIB
  • HTM : –

5. Taman Bunga Celosia

Taman Bunga Celosia

* sumber: seringjalan.com

Taman bunga yang satu ini merupakan tempat yang pastinya digandrungi para milenials untuk berswafoto. Keindahan dari bunga celosia memang memikat orang untuk berswafoto di tempat ini. Taman bunga ini begitu cerah dan ceria dengan warna kuning dan merah yang mendominasi.

Taman bunga ini awalnya dibuka bukan untuk tempat wisata melainkan sebagai pelengkap pasar desa. Taman hanya bagian dari program desa dalam membangun kampung sayur dan pasar desa. Tetapi kini taman bunga celosia ini akhirnya membantu Desa Kebon Jati menjadi lebih terkenal.

  • Alamat : Ds. Jati Kulon RT 01 RW 06, Kec. Jati, Kab. Kudus, Jawa Tengah
  • Jam buka : 07.00 – 17.00 WIB
  • HTM : Rp10.000 (Gratis untuk warga asli Jati Kulon)
  • Parkir : Motor Rp2.000, Mobil Rp3.000

6. Air Tiga Rasa Rejenu

Air Tiga Rasa Rejenu

* sumber: choliqmafa.blogspot.com

Lokasi dari sumber mata air tiga rasa ini berada di kawasan yang masih menjadi satu dengan tempat makam wali Syekh Sadzali. Tempat ini banyak sekali didatangi karena penasaran dengan rasa dari ketiga air itu. Masyarakat percaya ketiga sumber mata air tersebut memiliki rasa yang berbeda-beda.

Pada sendang yang pertama rasanya seperti rasa stroberi yang tawar, sedangkan yang kedua rasanya seperti minuman bersoda, untuk yang ketiga rasanya seperti tuak. Sendang atau sumber mata air ini tidak pernah surut atau pun kering walaupun musim kemarau sedang melanda.

  • Alamat : Ds. Japan, Kec. Dawe, Kab. Kudus, Jawa Tengah
  • Jam buka : 24 Jam
  • HTM : Gratis

7. Puncak 29

Puncak 29

* sumber: jelajahkhatulistiwa.com

Gunung Muria merupakan gunung yang memiliki banyak puncak, satu diantaranya adalah puncak 29 atau disebut juga puncak songolikur. Puncak ini berada di ketinggian 1602 mdpl, dan masuk dalam wilayah Desa Rahtawu. Puncak ini selain digunakan untuk wisata alam digunakan untuk upacara adat.

Puncak 29 dipercaya sebagai tempat pertapaan pada dewa yang memberikan kedamaian di bumi. Puncak 29 ini merupakan puncak yang terkenal untuk para pendaki pemula. Jalurnya terbilang ramah untuk pemula. Selain itu banyak pos di sekitar jalur pendakiannya, sehingga pendakian terasa nyaman.

Jalur yang bisa digunakan untuk mendaki puncak 29 adalah jalur Rahtawu. Terdapat dua jalur untuk mendaki puncak 29, yang pertama jalur Desa Rahtawu Gebog, jalur kedua Desa Tempur, Keling Jepara. Siapkan fisik jika kamu tertarik untuk mendaki puncak 29 ini, dan bawa perbekalan yang cukup.

  • Alamat : Ds. Rahtawu, Kec. Gebog, Kab. Kudus, Jawa Tengah
  • Jam buka : 24 Jam
  • HTM : –
  • Parkir : Rp5.000

8. Desa Wisata Jurang Gebog

Desa Wisata Jurang Gebog

Desa wisata yang satu ini juga menawarkan pesona dari Jurang yang berada di Kecamatan Gebog. Pesona dari desa ini adalah kegiatan yang berhubungan dengan sungai, seperti arung jeram atau susur sungai. Tempat ini cocok untuk orang yang senang petualangan dan kegiatan memacu adrenalin.

Kegiatan ini di kelola oleh Karang Taruna Gelora Mahardika dari Desa Jurang. Jika kamu tertarik biaya yang kamu butuhkan adalah sekitar 50 ribu rupiah untuk satu orangnya. Kegiatan arung jeram ini dibagi 2 sesi pada hari Sabtu pukul 13 dan 15 dan 4 sesi pada hari minggu pukul 8, 10, 13, dan pukul 15.

  • Alamat : Ds. Jurang, Kec. Gebog, Kab. Kudus, Jawa Tengah
  • Jam buka : 24 Jam
  • HTM : –

9. Air Terjun Montel

Air Terjun Montel

Air Terjun Montel merupakan air terjun yang berlokasi di lereng Gunung Muria. Ketinggian dari air terjun ini sekitar 25 meter. Destinasi wisata ini masih satu kawasan dengan tempat pemakaman Sunan Muria. Dari pemakaman kamu hanya butuh waktu 30 menit untuk sampai ke air terjun ini,

Suasana dari air terjun ini masih asri, dan sangat sangat sejuk dan segar. Tempat ini bisa kamu datangi bersama keluarga. Disini kamu dapat bermain air dan mandi dengan airnya yang jernih dan juga segar. Selain itu kamu juga akan ditemani dengan kicauan burung dan juga binatang hutan lainnya.

  • Alamat : Ds. Kanjar, Kec. Dawe, Kab. Kudus, Jawa Tengah
  • Jam buka : 24 Jam
  • HTM : Rp7.500

10. Air terjun Watu Gompeng

Air terjun Watu Gompeng

Air terjun ini berlokasi di Desa Kuwukan, Kecamatan Dawe. Air terjun ini terbilang masih baru, dengan alam yang masih alami dan asri. ketinggian air terjunnya sekitar 25 meter Air terjun Watu Gompeng ini benar-benar alami, Lokasinya yang berada di bawah tebing memerlukan kewaspadaan.

Akses menuju air terjun pun masih agak sulit, belum ada penanda jalan. Tetapi Air terjunnya terasa sejuk dan memiliki air yang jernih serta segar ini. Kamu bisa bermain air atau mandi, tetapi kamu perlu berhati-hati karena di dasar sungainya terdapat bebatuan yang terjal.

  • Alamat : Ds. Kuwukan, Kec. Dawe, Kab. Kudus, Jawa Tengah
  • HTM : Rp2.000

Wisata di Kudus banyak menawarkan keindahan alam, sebagai tempat untuk keluar dari penatnya pekerjaan sehari-hari. Keindahan yang tenang diberikan oleh alam akan memberikan energi baru untuk memulai aktivitas kembali. Saat ini banyak destinasi wisata dengan konsep desa dapat kamu jadikan pilihan untuk berlibur.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *