9 Tempat Wisata di Kupang yang Akan Membuatmu Terpesona

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 April 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Pesona Indonesia Timur memang tiada habisnya untuk di-explore. Mulai dari budaya, pantai, gunung, hingga pesona bawah lautnya bisa menghipnotis siapa saja yang mengunjunginya. Salah satunya, di Provinsi Nusa Tenggara Timur yang memiliki berjuta keindahan. Mulai terkenal dengan Pulau Komodo di Labuan Bajo, pariwisata di NTT kini semakin banyak dikenal wisatawan.

Beranjak ke selatan Pulau Flores, ada salah satu pulau yang menjadi letak Ibukota Provinsi Nusa Tenggara Timur, yaitu Kupang. Kebanyakan orang mengenal Kupang lewat sajian kuliner khasnya yang sedang populer yaitu se’i sapi. Namun, tidak banyak yang mengetahui bahwa Kupang juga memiliki tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Jadi, kali ini Keluyuran mau menginformasikan 9 tempat wisata di Kupang yang akan membuatmu terpesona. Simak yuk!

1. Pantai Tablolong

Pantai Tablolong (Copy)

* sumber: www.indonesiakaya.com

Pantai berpasir putih bersih ini merupakan jalur migrasi ikan dari Laut Timor menuju ke Laut Sawu. Pantai Tablolong ini biasa digunakan para nelayan untuk memancing. Bukan hanya kekayaan ikannya yang melimpah, Pantai Tablolong ini juga menjadi penghasil rumput laut terbesar di NTT.

Di sini terdapat rawa yang digunakan oleh nelayan sebagai tempat pembibitan ikan. Sekitar Pantai Tablolong ditumbuhi Pohon Centigi, yang sering diburu karena keunikannya. Di Pantai Tablolong ini, kamu bisa bermain air, snorkeling, atau sekadar bersantai di gazebo yang telah disediakan. Pantai ini juga disediakan fasilitas toilet dan kamar bilas.

  • Alamat : Tablolong, Kupang Barat, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp2.000/orang

2. Bukit Cinta

Bukit Cinta (Copy)

*

Tak hanya di Labuan Bajo, Kupang juga memiliki Bukit Cinta yang menjadi tempat favorit anak muda di Kupang untuk menikmati senja. Lokasinya yang tidak jauh dari Bandara El Tari Kupang, kamu bisa menjadikan Bukit Cinta sebagai destinasi yang pertama dikunjungi di Kupang. Terlebih jika penerbanganmu tiba di Kupang pada sore hari menjelang sunset.

Pada musim penghujan tiba, rerumputan di Bukit Cinta berwana hijau. Cantik dan menyegarkan mata. Tak hanya itu, di sini juga terdapat goa peninggalan Belanda yang konon pernah digunakan sebagai tempat persembunyian. Bukit Cinta terletak di perbatasan Kota dan Kabupaten Kupang, letaknya yang berada di pinggir jalan, sangat mudah diakses.

  • Alamat : Jl. Prof. Dr. Herman Johanes, Penfui, Kupang Tengah, Kupang, NTT
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Gratis

3. Pantai Ketapang Satu

Pantai Ketapang Satu (Copy)

* sumber: www.tripadvisor.co.id

Pantai Ketapang Satu merupakan salah satu pantai di Kupang yang memiliki keunikan. Penamaannya berasal dari adanya sebatang pohon Ketapang tumbuh di atas karang besar yang memberikan suasana teduh di sekitar pantai. Menurut masyarakat, pohon Ketapang lainnya tumbuh di tempat lain namun masih dekat dengan lokasi pantai.

Pantai Ketapang Satu setiap harinya selalu ramai dikunjungi anak-anak muda untuk sekadar bersantai di pinggir pantai. Di sini, kamu juga bisa melihat pesona matahari terbenam di sore hari. Letaknya yang tidak jauh dari pusat Kota Kupang, kamu takkan kesulitan untuk mencapai pantai yang satu ini.

  • Alamat : Jl. Sumatera, Todekisar, Kota Lama, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Gratis

4. Air Terjun Oenesu

Air Terjun Oenesu (Copy)

* sumber: www.kopisenja.com

Dikenal sebagai kotanya yang panas, Kupang juga memiliki tempat untuk ‘kabur’ dari hawa panas. Terdapat Air Terjun Oenesu, yang dapat menyegarkan pikiranmu. Lokasi air terjun ini tidak terlalu jauh dari pusat kota, hanya sekitar 20 km saja dari Kupang. Jadi mudah untuk kamu sampai di tempat ini.

Air Terjun Oenesu ini terdiri dari undakan dengan jumlah empat tingkat, serta memiliki debit air yang deras pada musim hujan. Namun, ketika kemarau tiba, debit air tidak terlalu deras. Meski begitu, kamu tetap bisa menikmati suasana yang segar dan alami.

  • Alamat : Oenesu, Kupang Barat, Kupang, Nusa Tenggara Timur
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp2.000/orang

5. Goa Kristal

Goa Kristal (Copy)

* sumber: www.archipelagos.id

Satu lagi tempat yang bisa menyegarkanmu dari Kupang yang panas. Bukan air terjun, ini adalah Goa Kristal. Tak jauh dari Pelabuhan Tenau Kupang, ada sebuah goa yang di dalamnya, terdapat air sebening kristal. Air dalam goa ini memiliki rasa payau, namun sangat menyegarkan jika kamu berenang di sini.

Jarak dari Kota Kupang ke Goa Kristal, kurang lebih 20 km, jika menggunakan motor kamu hanya perlu menempuh 30 menit saja. Waktu terbaik untuk berkunjung ke sini adalah mulai jam 11.00 WITA. Karena pada waktu tersebut, sinar matahari akan menembus celah goa. Meski begitu, kamu tetap perlu membawa senter atau headlamp karena tidak banyak cahaya yang masuk.

  • Alamat : Bolok, Kupang Barat, Kupang, Nusa Tenggara Timur
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Gratis

6. Air Terjun Tesbatan

Air Terjun Tesbatan (Copy)

* sumber: www.tempatwisata.pro

Selain Air Terjun Oenesu, ada pula Air Terjun Tesbatan yang menjadi salah satu primadona di Kupang. Air terjun terbilang rendah jika dibandingkan dengan air terjun lainnya. Namun, aliran airnya jernih dan berwarna hijau kebiruan setelah jatuh ke kolam alami yang membuat air terjun ini menjadi tempat favorit untuk berlibur.

Air Terjun Tesbatan bisa dibilang masih terpencil. Kamu perlu aktif bertanya pada penduduk sekitar tentang keberadaan air terjun ini. Lelah di perjalanan, akan terbayarkan ketika kamu telah sampai di sini. Kamu bisa berenang atau sekadar duduk santai sambil menikmati air terjun.

  • Alamat : Tesbatan, Amarasi, Kupang, Nusa Tenggara Timur
  • Operasional : 08.00 – 18.00 WITA
  • Tiket Masuk : Gratis

7. Pantai Kolbano

Pantai Kolbano (Copy)

* sumber: limakaki.com

Kalau mendengar Kupang, pasti sudah tidak asing dengan pantai yang satu ini. Meski sudah bukan merupakan bagian dari Kupang, namun Pantai Kolbano tetap menjadi list destinasi yang wajib dikunjungi ketika kamu berlibur ke Kupang. Berjarak 150 km dari Kota Kupang, Pantai Kolbano masuk ke wilayah Timur Tengah Selatan.

Berbeda dengan pantai lain yang memiliki hamparan pasir di tepi pantainya, tepi Pantai Kolbano bukan berbentuk pasir, melainkan kerikil berwarna warni. Di sini terdapat Batu Fatu Un yang menjadi landmark Pantai Kolbano. Kamu bisa memanjat batu ini dan menikmati pesona Pantai Kolbano dari ketinggian.

  • Alamat : Kolbano, Timur Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp2.000/orang

8. Pantai Oetune

Pantai Oetune (Copy)

* sumber: www.goodnewsfromindonesia.id

Semakin dikenalnya tempat wisata di Pulau Timor, ada salah satu pantai yang sedang menjadi primadona para pegiat wisata. Pantai Oetune namanya. Terletak di Timur Tengah Selatan, pantai ini menjadi salah satu destinasi wisata wajib bagi kamu yang hendak berlibur ke Kupang. Karena pantai ini menyajikan keindahan yang berbeda dengan pantai lain.

Pantai Oetune dikenal dengan hamparan lautan padang pasir yang nampak seperti gurun pasir. Selain itu juga Pantai ini memiliki pasir putih yang bersih di tepi pantainya. Jika kamu lelah setelah menempuh perjalanan dari Kupang, di sini tersedia Lopo-Lopo atau rumah khas Pulau Timor yang bisa kamu jadikan sebagai tempat untuk beristirahat.

  • Alamat : Tuafanu, Kualin, Timur Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp3.000

9. Pantai Liman

Pantai Liman (Copy)

* sumber: www.skyscanner.co.id

Liburan ke Pantai Liman, kamu akan merasakan pemandangan seperti di Kepulauan Komodo, Flores. Hamparan pasir putih yang panjang dan terdapat bukit kecil di sisi sebelah kiri, membuatmu nostalgia dengan keindahan Pulau Flores. Pantai ini terletak di Pulau Semau, pulau kecil di seberang Kupang.

Menuju ke Pulau Semau, kamu perlu menggunakan kapal motor dengan biaya Rp20.000/orang untuk satu kali jalan. Jika menggunakan motor, dikenakan tarif Rp50.000/motor dan sudah termasuk pengendara. Waktu tempuhnya kurang lebih 20 – 25 menit. Sesampainya di Pulau Semau, ada banyak pantai yang bisa kamu singgahi, salah satunya Pantai Liman.

  • Alamat : Uitiuhtuan, Semau Selatan, Kupang, Nusa Tenggara Timur
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Gratis

Nah, banyak kan, tempat wisata di Kupang? Ayo liburan ke Nusa Tenggara Timur, dan jangan lupa singgahi destinasi wisata di Kupang. Jadi, kamu paling suka destinasi yang mana?

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *