keluyuran web banner

Selain Pulau Komodo, Ini 9 Tempat Wisata Lain di Labuan Bajo

Ditulis oleh Riastri Herliana - Diperbaharui 14 April 2020

Labuan Bajo terkenal dengan Taman Nasional Komodo. Habitat Komodo terakhir di dunia ini, kini menjadi salah satu pusat pariwisata di Indonesia. Ternyata, tidak hanya dikenal sebagai habitat Komodo, di kabupaten paling barat Pulau Flores ini menyimpan banyak tempat wisata yang tidak kalah indahnya dengan Taman Nasional Komodo.

Terletak di pintu barat Nusa Tenggara Timur, Labuan Bajo identik dengan pantai yang cantik dan bukit-bukit indah yang sering direkomendasikan sebagai tempat menikmati matahari terbenam. Di kabupaten ini pula, terdapat gua sebagai bukti bahwa Labuan Bajo pernah berada di bawah laut. Seru kan? Keluyuran sudah merangkum 9 tempat wisata yang bisa kamu kunjungi di Labuan Bajo. Yuk, disimak informasinya!

1. Goa Cermin

Goa Cermin

* sumber: kataomed.com

Berwisata alam sambil mengenal sejarah, akan jadi pengalaman seru untuk liburan kamu. Goa Cermin merupakan tempat yang menjadi bukti, bahwa Labuan Bajo pernah berada di dalam laut. Karena Goa Cermin awal mulanya ada di dalam laut, namun akibat gempa, goa terangkat ke daratan.

Jika ingin mengeksplor goa, pengunjung perlu didampingi guide agar bisa diceritakan sejarah tentang Goa Cermin dengan lengkap. Di sini, kamu akan dipinjamkan helm untuk menjaga keamanan, karena Goa Cermin terdiri dari batuan stalaktit yang cukup rendah dan sempit. Kamu juga akan disuguhkan dengan pemandangan sinar matahari yang masuk dari sela baru. Menarik!

Lokasi : Batu Cermin, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Flores, NTT

Tiket Masuk : Rp 20.000/orang untuk domestik dan Rp 50.000/orang untuk mancanegara

Waktu Operasional : Setiap hari, 24 jam

2. Pantai Pede

Pantai Pede

* sumber: c.mi.com

Punya waktu santai di Labuan Bajo? Kunjungi saja tempat ini. Pantai Pede merupakan salah satu pantai yang jaraknya tidak terlalu jauh dari Jalan Soekarno Hatta, Labuan Bajo. Pantai dengan pasir putih, dan terdapat banyak pepohonan di pinggir pantai, membuat suasana lebih teduh. Bersantai sambil melihat kapal-kapal sailing bisa kamu lakukan di sini.

Di sini, kamu juga bisa bermain air karena arusnya cukup tenang. Pantai Pede bisa kamu pilih sebagai destinasi sebelum melakukan sailing Komodo atau setelah sailing. Karena lokasinya yang dekat dengan pusat keramaian di Labuan Bajo, Pantai Pede sangat mudah dijangkau wisatawan.

Lokasi : Jalan Pantai Pede, Gorontalo, Komodo, Kabupaten Manggarai, Flores, NTT

Tiket Masuk : Gratis

Waktu Operasional : Setiap hari, 24 jam

3. Bukit Cinta

Bukit Cinta

Ingin lihat cantiknya matahari terbenam di atas bukit tanpa perlu lelah mendaki? Kamu perlu kunjungi Bukit Cinta di Labuan Bajo. Lokasinya sekitar 5 km dari Pelabuhan Labuan Bajo dan Bandara Komodo. Kamu bisa datang ke sini dengan menggunakan motor sewaan, karena jarang angkutan umum yang melintasi daerah ini.

Bukit Cinta sangat strategis dan mudah dijangkau. Kamu bisa langsung melihat pemandangan bukit sejak tiba di tempat parkir kendaraan. Di sini, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan laut biru, bukit-bukit, dan kapal sailing Komodo. Bukit Cinta sangat terkenal dengan matahari terbenam yang eksotis.

Lokasi : Bukit Cinta, Labuan Bajo, Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Flores, NTT

Waktu Operasional : Setiap hari, 24 jam

Tiket Masuk : Gratis

4. Goa Rangko

Goa Rangko

* sumber: www.pegipegi.com

Selain Goa Cermin, Labuan Bajo juga terkenal dengan Goa Rangko. Goa ini cukup unik, karena di dalamnya terdapat kolam kecil yang airnya bersumber dari laut. Goa Rangko memiliki rongga-rongga yang menghubungkan kolam dengan laut lepas. Kamu yang ingin datang ke sini, perlu menyeberang dari Desa Rangko selama 15 – 20 menit menggunakan kapal motor.

Goa Rangko terdiri dari batu stalaktit dengan beragam bentuk. Di sini tidak ada kelelawar, seperti di goa-goa pada umumnya. Sehingga, kamu akan merasakan suasana yang sunyi ketika datang ke sini. Jika datang saat musim hujan tiba, perlu ekstra hati-hati karena tanah dan bebatuannya cukup licin ketika dipijak.

Lokasi : Desa Rangko, Tanjung Boleng, Kabupaten Manggarai Barat, Flores, NTT

Waktu Operasional : Setiap hari, 24 jam

Tiket Masuk : Rp20.000/orang

Penyeberangan : Rp 100.000/orang pulang-pergi

5. Pantai Waecicu

Pantai Waecicu

* sumber: baccaratindo.com

Suka dengan pantai berpasir putih? Berkunjung ke pantai ini, kamu tidak perlu melakukan penyeberangan seperti ke Pulau Komodo. Pantai Waecicu terletak dekat dengan Bukit Amelia dan Bukit Cinta. Pantai berpasir putih yang bersih, dengan pemandangan bukit di sampingnya, sangat cantik dan memesona.

Bagi kamu yang suka menikmati matahari terbenam, Pantai Waecicu juga termasuk tempat yang menjadi daya tarik bagi wisatawan, karena pemandangan matahari terbenam di laut lepas di sini sangat indah. Selain itu, kamu juga bisa berenang di sini bersama ikan-ikan yang cantik dengan aneka warna.

Lokasi : Pantai Waecicu, Labuan Bajo, Komodo, Kabupaten Manggarat Barat, Flores, NTT

Waktu Operasional : Setiap hari, 24 jam

Tiket Masuk : Gratis

6. Bukit Amelia

Youtube

*Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=dKPXHd4crdQ

Labuan Bajo dikelilingi laut dan perbukitan. Buat kamu yang ingin melihat pemandangan gundukan bukit-bukit beserta gradasi laut lepas, datang saja ke Bukit Amelia. Karena lokasinya yang berdekatan, kamu bisa kunjungi Pantai Waecicu, Bukit Cinta, dan Bukit Amelia pada satu hari yang sama.

Bukit Amelia bisa kamu raih puncaknya dengan hiking. Bukit ini tidak terlalu tinggi, jadi lebih muda untuk didaki. Lelahnya mendaki bukit, akan tergantikan oleh pemandangan yang indah. Kalau kamu ingin melihat pemandangan matahari terbenam maupun matahari terbit, Bukit Amelia bisa jadi pilihan.

Lokasi : Bukit Amelia, Labuan Bajo, Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Flores, NTT

Waktu Operasional : Setiap hari, 24 jam

Tiket Masuk : Gratis

7. Cunca Rami

Cunca Rami

Sudah tahu belum, kalau di Labuan Bajo ada air terjun? Destinasi yang satu ini, masih belum banyak diketahui orang. Bahkan, jalur menuju ke sana belum resmi, dan masih dibantu oleh masyarakat sekitar untuk mendampingi. Artinya, ini salah satu hidden paradise di Labuan Bajo. Namanya, Cunca Rami.

Berjarak sekitar 40 km dari Labuan Bajo, Cunca Rami merupakan salah satu air terjun yang tersembunyi di Flores. Kamu perlu melintasi Trans Flores, kemudian masuk ke jalan pedesaan, dan setelah tiba di Desa Wae Lolos, kamu akan didampingi warga untuk sampai di Cunca Rami. Berjalan kaki selama 45 menit, akan terbayarkan dengan segarnya air terjun. Tertarik ke sini?

Lokasi : Desa Wae Lolos, Golo Ndaring, Sano Nggoang, Kabupaten Manggarai Barat, NTT

Waktu Operasional : Setiap hari, 07.00 – 16.00 WITA

Tiket Masuk : Gratis. Guide Rp50.000 – Rp100.000/grup

8. Cunca Wulang

Cunca Wulang

* sumber: ksmtour.com

Setelah Cunca Rami, ada pula Cunca Wulang. Air terjun ini juga masih terbilang sepi. Namun, lebih banyak dikenal jika dibandingkan dengan Cunca Rami. Jaraknya hampir sama, sekitar 40km dari Labuan Bajo. Akses menuju Cunca Wulang pun sama, masuk pedesaan dengan jalan yang kurang baik. Sesampainya di sana, kamu akan didampingi oleh guide.

Cunca Wulang diapit oleh tebing yang besar dan cukup tinggi. Kamu bisa berenang di sini, namun perlu berhati-hati jika ingin melompat dari atas tebing, karena meskipun memiliki arus yang tenang, namun kolam air terjunnya cukup dalam. Untuk sampai di sini, kamu perlu jalan kaki kurang lebih satu jam dengan melewati hutan.

Lokasi : Pota Wangka, Boleng, Kabupaten Manggarai Barat, Flores, NTT

Waktu Operasional : 06.00 – 17.00 WITA

Tiket Masuk : Gratis. Guide : Rp100.000/grup

9. Pantai Kampung Ujung

Pantai Kampung Ujung

* sumber: wisata-alam.kampung-media.com

Pantai yang satu ini, terkenal sebagai pusat kuliner di Labuan Bajo. Pantai Kampung Ujung, terletak di ujung barat, cukup dekat dengan Pelabuhan Labuan Bajo. Bagi kamu penyuka seafood, wajib coba makan di sini karena lengkap dengan berbagai jenis seafood dengan ukuran besar yang cocok dimakan bersama rombongan. Di sini kamu juga bisa membeli ikan kering sebagai oleh-oleh.

Pantai Kampung Ujung tak pernah sepi dikunjungi wisatawan, baik lokal maupun asing. Karena lokasinya yang strategis dan merupakan pusat kuliner, tempat ini selalu jadi incaran pengunjung. Lebih seru lagi, jika kamu datang saat jelang sunset, makan malammu akan ditemani dengan golden sunset Labuan Bajo. Epic!

Lokasi : Jalan Soekarno Hatta, Kampung Ujung, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Flores, NTT

Waktu Operasional : 06.30 – 24.00 WITA

Tiket Masuk : Gratis

Demikian informasi mengenai tempat wisata lain di Labuan Bajo selain Pulau Komodo. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk kamu yang ingin berpelesir di Labuan Bajo. Kunjungi juga artikel tips backpacker ke Labuan Bajo berikut ini, ya!

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram