10 Tempat Wisata untuk Keluarga dan Petualang di Labura

Ditulis oleh Siti Hasanah

Labuhanbatu merupakan sebuah kabupaten di Provinsi Sumatera Utara. Terdapat tiga Labuhanbatu, yaitu Labuhanbatu Selatan, Labuhanbatu Induk, dan Labuhanbatu Utara yang sering disingkat oleh penduduknya menjadi Labura.

Labuhanbatu Utara merupakan salah satu daerah yang sangat subur. Semenjak pemekaran daerah pada 21 Juli 2008, Labura berkembang dengan luar biasa.

Perkembangan yang luar biasa terjadi di sektor pertanian sehingga daerah ini jadi pemasok beras yang utama di Sumatera. Selain pertanian, wisata di daerah ini juga ikut berkembang. Tempat wisata di Labura menjadi populer di kalangan wisatawan. Untuk kamu yang penasaran dengan daerah Labura, ini daftar tempat wisata di daerah ini.

1. Bukit Pamingke

Bukit PamingkeSumber: instagram.com
  • Alamat: Aek Pamingke, Kec. Aek Natas, Kab. Labuhanbatu Utara
  • HTM: Rp 10.000

Tempat wisata di Labura ini berupa bukit yang bernama Bukit Pamingke. Bukit ini menawarkan panorama alam yang luar biasa. Perbukitan ini memiliki suasana yang sejuk juga damai membuat wisatawan betah berada di sini.

Dari puncaknya, wisatawan bisa menyaksikan beragam hal yang menarik, seperti hamparan hijau pepohonan yang menutupi hampir seluruh daerah ini seperti permadani. Di sore hari, suasana di bukit ini juga sangat romantis, yaitu saat matahari hendak kembali ke peraduannya. Pemandangannya sangat memesona.

Di bukit ini banyak ditemui para kawula muda yang menghabiskan waktu sore hari mereka. Tak hanya melihat pemandangan, wisatawan juga bisa berburu foto karena di sini terdapat latar berupa pemandangan alam yang indah.

Bukit ini juga memiliki julukan lain, yaitu bukit telekom. Ini karena di sini terdapat tiang telekomunikasi yang berdiri dengan kokoh. Tiang ini jadi spot berfoto yang menarik.

2. Puncak Manalese

Puncak ManaleseSumber: instagram.com
  • Alamat: Batu Tunggal, Kec. NA IX-X, Kab. Labuhanbatu Utara
  • HTM: Gratis

Dataran tinggi di Sumatera utara selalu sukses menawarkan keindahan alamnya. Walaupun untuk bisa sampai di puncaknya perlu usaha keras, pesona alamnya membuat semua kelelahan itu terbayar lunas. Salah satunya adalah Puncak Manalese. Tempat wisata di Labura ini berupa bukit yang memperlihatkan hamparan panorama yang indah.

Puncak Manalese terletak di Dsn. Rimbaya, Ds. Batu Tunggal, Kec. NA IX-X, Kab. Labuhanbatu Utara, Sumatera Utara. Lokasi puncak ini berada di tiga desa, yakni Desa Batu Tunggal, Sibargot, dan Aek Buru.

Saat tiba di puncak, tampak pemandangan yang indah sekali. Meski jalannya tidak terjal seperti bukit yang lain, untuk pemula track-nya tidak bisa dianggap mudah.


Untuk bisa sampai ke puncak bukitnya perlu tenaga yang prima. Karena penampilannya yang terlihat eksotis, Puncak Manalese semakin populer. Ketika berada di tempat ini seperti sedang berada di negeri atas awan.

Selain menyaksikan keindahan pemandangan di bawah, tempat ini bisa juga jadi lokasi untuk berkemah. Untuk yang ingin berkemah atau hanya berkunjung, jangan lupa membawa perbekalan karena tempat ini belum memiliki fasilitas yang memadai. Untuk menikmati keindahan tempat ini tak harus membayar tiket masuk.

3. Pulau Bisky

Pulau BiskySumber: facebook.com
  • Alamat: Jl. Simonis, Simonis, Kec. Aek Natas, Kab. Labuhanbatu Utara, Sumatera Utara
  • Jam buka: 07.00 – 18.00
  • Telepon: 0813-7555-6227

Pulo Bisky atau disebut juga Pulo Wisky adalah sebuah pemandian alam yang populer pada tahun 1990an. Masyarakat banyak yang berlibur ke tempat ini. Mereka datang untuk acara keluarga, acara perpisahan sekolah atau acara lainnya.

Air di pemandian ini sangat jernih dan dihiasi oleh bebatuan besar serta udara di tempat ini masih segar. Inilah beberapa alasan mengapa orang tertarik untuk datang ke sini. Lokasi pemandian ini berada di Ds. Simonis, Kec. Aek Natas. Tempat ini sangat asyik untuk makan bareng, jadi jangan lupa bawa perbekalan dari rumah.

Tempat wisata di Labura ini juga cocok untuk jadi destinasi wisata liburan keluarga. Wisatawan bisa berpiknik di bawah pohon yang rindang sambil menikmati perbekalan yang dibawa.

4. Pantai Monyet

Pantai MonyetSumber: instagram.com
  • Alamat : Desa Padang Mahondang, Silumajang, Kec. Na IX-X, Kab. Labuhanbatu Utara, Sumatera Utara
  • Jam buka: 09.00 – 17.00

Wisata Pantai Monyet merupakan tempat wisata di Labura lainnya. Meski nama objek wisata ini pantai yang umumnya memiliki pasir putih, ombak yang bergulung dan berada di pinggiran laut, tempat ini merupakan pinggiran sungai.

Tempat wisata ini adalah pinggiran sungai yang terletak di tengah-tengah hutan. Asal usul pemberian nama Pantai Monyet tidak diketahui sampai sekarang.

Wisatawan yang datang berkunjung ke tempat ini akan terpikat dengan keindahan alam hutannya yang sangat menawan. Terkadang tampak beberapa monyet yang sedang bermain sambil bergelantungan di pohon.

5. Tebing Batu Napponol

Tebing Batu NapponolSumber: instagram.com
  • Alamat : Ds. Kuala Beringin, Kab. Aek Kanopan, Kab. Labuhanbatu Utara, Sumatera Utara

Untuk para petualang yang hobi menantang adrenalin atau senang dengan aktivitas ekstrem, coba datang ke Desa Kuala Beringin yang berada di Kecamatan Aek Kanopan. Kecamatan ini termasuk ke dalam Kabupaten Labuhanbatu Utara.

Di sini terdapat objek wisata alam Tebing Batu Napponol. Tempat ini cocok untuk kamu yang suka petualangan karena medannya cukup menantang.

Di sini wisatawan bisa berpetualangan di hutan dengan tebing–tebing tinggi. Objek wisata ini bisa digunakan untuk olahraga panjat tebing. Karena medannya ekstrem, kamu harus menyiapkan fisikmu.

Untuk yang ingin berenang, harus ditahan dulu niatnya karena tempat ini belum diketahui kedalamannya sehingga menurut beberapa sumber dilarang untuk berenang di sini.

6. Goa Kaca

Goa KacaSumber: instagram.com
  • Alamat: Meranti Omas, Na IX-X, Kab. Labuhanbatu Utara, Sumatra Utara
  • Jam buka: 08.00 – 18.00
  • Telepon: 0812-6322-0013

Tempat wisata di Labura ini disebut dengan nama Goa Kaca karena memberikan nuansa seperti ada kaca di guanya. Di dalam gua terdapat air terjun yang indah sekali dengan airnya yang sebening kaca sehingga gua ini disebut Goa Kaca.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram