Keluyuran / Wisata Jawa Timur / 10 Tempat Wisata yang Bisa Kamu Kunjungi Saat di Lamongan

10 Tempat Wisata yang Bisa Kamu Kunjungi Saat di Lamongan

Ditulis oleh - Diperbaharui 25 November 2019

Selain memiliki banyak makanan khas, Lamongan juga punya banyak tempat wisata. Jadi, setelah kamu puas bersantap ria di Lamongan, kamu bisa sekalian piknik ke sejumlah tempat wisata di sana. Tak perlu bingung tempat wisata mana saja yang harus kamu kunjungi, karena kami akan merekomendasikan beberapa di antaranya untukmu. Dan beberapa rekomendasi tersebut adalah sebagai berikut:

1. Wisata Bahari Lamongan (WBL)

Wisata Bahari Lamongan (Copy)

* sumber: explorewisata.com

Tempat wisata pertama yang bisa kamu kunjungi adalah Wisata Bahari Lamongan (WBL). Bisa dibilang kalau ini merupakan tempat wisata ikonik dari Lamongan. Tempat wisata yang sudah ada sejak 2004 silam ini mempunyai banyak wahana yang bisa kamu jajal.

Salah satunya adalah Naik Onta. Di wahana ini, kamu bisa mengelilingi pantai di sekitar WBL dengan menaiki seekor unta. Menarik, bukan? Masih ada banyak wahana lain yang harus kamu coba. Bila berminat, langsung saja datang ke alamat di bawah ini:

  • Alamat : Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur.
  • Jam buka : Setiap hari pukul 08.30 – 16.30.
  • HTM : Rp60 ribu/orang (Senin s.d. Jumat), Rp80 ribu/orang (Sabtu dan Minggu).

2. Tlogo Sadang

Tlogo Sadang (Copy)

* sumber: explorewisata.com

Tempat wisata selanjutnya yang bisa kamu kunjungi adalah Tlogo Sadang. Tempat wisata yang baru dikenal pada 2017 silam ini merupakan bekas tambang yang menjelma menjadi danau yang indah. Keindahan danau satu ini sangat cocok untuk kamu abadikan lewat kamera yang kamu bawa.

Adapun letak keindahan danau ini adalah air danaunya yang kehijauan, serta kehadiran beberapa tebing di sekitarnya. Menurut masyarakat sekitar, air yang berwarna hijau itu berasal dari mata air yang muncul dari dasar danau ini. Tlogo Sadang bisa kamu kunjungi di alamat berikut:

  • Alamat : Tlogosadang, PAciran, Lamongan, Jawa Timur.
  • Jam buka : Setiap hari selama 24 jam.
  • HTM : Kurang lebih Rp5 ribu/orang.

3. Alun-Alun Lamongan

Alun-Alun Lamongan (Copy)

* sumber: wisatadiindonesia.com

Bila ingin tempat wisata yang tak perlu keluar biaya, tempat wisata ini patut kamu kunjungi. Banyak hal menarik yang bisa kamu temukan kala piknik ke tempat wisata ini. Mulai dari taman berisi bunga-bunga yang indah, hingga taman baca dengan koleksi buku yang lengkap.

Kalau ingin ke tempat ini, kami sarankan untuk datang di waktu malam. Pasalnya, kamu bakal melihat pemandangan alun-alun yang indah bertabur hiasan lampu warna-warni di waktu malam. Tertarik ke tempat wisata ini? Yuk, datang ke alamat di bawah ini:

  • Alamat : Jalan Lamongrejo, Tumenggungan, Kecamatan Lamongan, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur.
  • Jam buka : Setiap hari selama 24 jam.

4. Waduk Gondang

Waduk Gondang (Copy)

Selain Tlogo Sandang, masih ada danau lainnya di Lamongan yang patut kamu kunjungi. Danau tersebut adalah Waduk Gondang. Waduk Gondang merupakan danau buatan yang sudah ada di Lamongan sejak 1987 silam.

Banyak kegiatan wisata yang bisa kamu lakukan di danau buatan ini. Mulai dari memandangi indahnya air danau, menjajal wahana bermain anak, mengunjungi kebun binatang mini, serta mengelilingi danau dengan perahu. Kalau nanti tertarik piknik ke danau ini, langsung saja datang ke alamat berikut:

  • Alamat : Desa Gondang Lor, Lamongan, Jawa Timur.
  • Jam buka : Setiap hari selama 24 jam.

5. Pemandian Air Panas Brumbung

Pemandian Air Panas Brumbung (Copy)

* sumber: www.gapuranews.com

Kalau ingin berendam di air yang hangat atau panas, tempat wisata ini patut kamu kunjungi. Konon, tempat pemandian ini dulunya sering dipakai para wali untuk berdiam, termasuk Sunan Derajat. Menurut kepercayaan masyarakat setempat, pemandian ini diyakini dapat menyembuhkan segala macam penyakit.

Lokasi di sekitar area air panas ini masih berupa hutan. Jadi, saat berendam di tempat ini, kamu bakal merasakan hangatnya air pemandian sambil melihat beberapa pohon yang ada di sekitar. KAlau tertarik berendam di sini, langsung saja datang ke alamat di bawah ini:

  • Alamat : Sidodadi, Kranji, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur 62264.
  • Jam buka : Setiap hari selama 24 jam.
  • HTM : Rp3 ribu (parkir motor), Rp10 ribu (parkir mobil).

6. WEGO Lamongan

WEGO Lamongan (Copy)

Untuk yang ingin tempat wisata kaya wahana, tempat wisata ini bisa kamu kunjungi. ada beberapa wahana yang bisa kamu jajal di tempat ini. Mulai dari Kereta Gantung, Panjat Tebing, dan juga Flying Fox.

Terdapat pula beberapa spot swafoto yang sayang untuk dilewatkan. Pesawat WEGO dan Jembatan Cinta WEGO adalah dua di antaranya. Bila ingin menikmati semua wahana dan spot swafoto di tempat ini, sila langsung saja datang ke alamat berikut:

  • Alamat : Jalan Raya Waduk Gondang, Juwet, Deketagung, Sugio, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur 62256.
  • No. Telepon : 0813-3668-5380.
  • Jam buka : Senin s.d. Jumat pukul 08.00 – 17.00, Sabtu dan Minggu pukul 07.30 – 17.00.
  • HTM : Rp10 ribu/orang.

7. Istana Gunung Mas 27

Istana Gunung Mas 27 (Copy)

* sumber: ramahtraveler.com

Tlogo Sandang bukan satu-satunya tempat wisata bekas tambang kapur. Ada satu tempat wisata lainnya yang juga berasal dari bekas tambang kapur. Istana Gunung Mas 27 adalah tempat wisata yang dimaksud.

Tempat wisata ini berbentuk sebuah rumah berwarna merah, dengan tekstur batu kapur di bagian permukaannya. Di sekitaran rumah tersebut, terdapat banyak tulisan yang lucu dan menarik misalnya “Gang Galau”, Kaulah Dambaan Hidupku”, dan “Masuklah ke Pintu Hatiku”. Berminat piknik ke sini? Yuk, datang saja ke alamat di bawah ini:

  • Alamat : Jalan Raya Mantup, Tugu, Mantup, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur 62283.
  • No. Telepon : 0812-2882-2727.
  • Jam buka : Senin s.d. Jumat pukul 08.00 -16.00, Sabtu dan Minggu pukul 07.00 – 17.00.
  • HTM : Rp30 ribu – Rp50 ribu (biaya parkir).

8. Museum Sunan Drajat

Museum Sunan Drajat (Copy)

* sumber: www.trepelin.com

Tempat wisata ini cocok bagi kamu yang hendak berwisata sejarah. Museum ini punya banyak koleksi peninggalan Sunan Drajat. Mulai dari seperangkat gamelan, Batik Drajat, hingga Daun Lontar. Di antara semua koleksi itu, perangkat gamelan merupakan koleksi yang cukup menarik.

Koleksi gamelan pada museum ini dulunya dipakai Sunan Drajat saat mensyiarkan ajaran Islam di Lamongan. Saat itu, seperangkat gamelan itu dimainkan oleh Sunan Drajat bersama dengan para sahabat Sunan Drajat. Museum Sunan Drajat bisa kamu sambangi di alamat berikut:

  • Alamat : Drajat, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur 62264.
  • Jam buka : Setiap hari pukul 09.00 – 18.00.
  • HTM : Gratis.

9. Masjid Agung Lamongan

Masjid Agung Lamongan (Copy)

Kalau ingin berwisata religi di Lamongan, tempat wisata ini patut kamu kunjungi. Tempat wisata ini merupakan sebuah masjid yang didirikan sekitar tahun 1900-an.  Masjid ini memiliki arsitektur khas Jawa.

Bagian atasnya memiliki cungkup susun tiga. Cungkup tersebut melambangkan perlambang Iman, Islam, dan Islam. Kalau kamu mau berwisata ke tempat ini, sila langsung saja ke alamat lengkapnya di bawah ini:

  • Alamat : Jalan Kyai H. Hasyim Ashari No. 16, Tumenggungan, Kecamatan Lamongan, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur 62214.
  • Jam buka : Setiap hari selama 24 jam.

10. Pantai Kutang

Pantai Kutang (Copy)

* sumber: www.superadventure.co.id

Tempat wisata terakhir di Lamongan yang bisa kamu kunjungi adalah Pantai Kutang. Nama pantai yang unik ini diambil dari seringnya ditemukan kutang (bra) di pantai ini pada masa lalu. Pantai ini mempunyai daya tarik berupa pasirnya yang putih dan bercampur dengan lumpur.

Di dekat pasirnya, terdapat sebuah bedahan pasir yang memanjang dan membentuk kali kecil. Bedahan pasir itu lazim sekali dipakai wisatawan untuk bermain ayunan. Adapun caranya adalah dengan mengikat tambang di atas pohon yang ada di pingir bedahan tersebut. Kalau kamu tertarik ke pantai ini, langsung saja datang ke alamat berikut:

  • Alamat : Kentong, Labuhan, Brondong, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur 62263.
  • Jam buka : Setiap hari selama 24 jam.

Selain memiliki sejumlah makanan khas, Lamongan juga punya sejumlah tempat wisata. Sepuluh di antaranya sudah kami rekomendasikan di atas. Semoga rekomendasi kami bermanfaat untukmu yang berminat piknik ke Lamongan. Selamat berwisata!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *