15 Tempat Wisata di Lampung Favorit Para Wisatawan

Ketika Anda ingin berlibur di luar Pulau Jawa maupun Bali, Anda bisa memilih sebuah provinsi yang letaknya di sebelah selatan Pulau Sumatera, yaitu Lampung. Wisata bisa dimulai dengan mengunjungi sejumlah tempat nongkrong di Bandar Lampung, ibu kota Provinsi Lampung, lalu dilanjutkan dengan mengunjungi beragam tempat wisata yang ada di Lampung dan sekitarnya.

Keluyuran akan memberikan informasi mengenai beberapa tempat wisata di Lampung yang menjadi favorit bagi para wisatawan. Bahkan, tempat-tempat wisata ini juga tidak kalah menarik dengan tempat wisata yang ada di wilayah lain di Indonesia, lho. Mari simak ulasan selengkapnya mengenai objek wisata menarik di Lampung berikut.

1. Taman Nasional Way Kambas

Taman Nasional Way Kambas

* sumber: www.kupastuntas.co

Walaupun Anda belum pernah berkunjung ke tempat wisata di Lampung ini, tetapi Anda pasti sudah pernah mendengar namanya, bukan? Ya, Taman Nasional Way Kambas adalah taman nasional yang tertua di Indonesia. Di sini merupakan tempat perlindungan dan pelatihan bagi gajah.

Namun, ketika berkunjung kemari Anda tidak hanya bisa melihat puluhan ekor gajah, tetapi ada juga satwa yang dilindungi karena spesiesnya hampir punah, seperti Harimau Sumatera dan Badak Sumatera. Untuk sampai ke Taman Nasional Way Kambas, Anda hanya perlu berkendara dari pusat Kota Bandar Lampung selama 2 jam.

2. Pantai Pasir Putih

Pantai Pasir Putih Tempat Wisata Di Lampung

Setiap orang tentu mendambakan berlibur di sebuah pantai berpasir putih dengan air laut yang berwarna biru kehijauan. Anda bisa menemukan tempat wisata dengan kriteria tersebut ketika berada di Lampung. Pantai Pasir Putih adalah objek wisata favorit wisatawan yang letaknya hanya 20 KM dari pusat Kota Bandar Lampung.

Pasir di pantai ini memang berwarna putih dan sangat bersih. Sebagian besar wisatawan melakukan aktivitas seperti berjemur, berenang, atau sekedar bermain pasir di pantai ini. Jangan lewatkan pemandangan matahari terbenam yang sangat eksotis dari Pantai Pasir Putih ini.

3. Teluk Kiluan

Teluk Kiluan

Jika di Bali ada Pantai Lovina yang menawarkan wisata untuk melihat lumba-lumba langsung di tengah laut, di Lampung Anda bisa mendapatkan wisata serupa ketika berkunjung ke Teluk Kiluan. Di tempat ini, Anda bisa merasakan sensasi melihat lumba-lumba langsung di habitatnya. Atraksi dari lumba-lumba di tengah laut menjadi hiburan tersendiri bagi para wisatawan.

Tak cukup sampai di situ, Teluk Kiluan juga memiliki air laut yang jernih dan pantai dengan pasir yang berwarna putih dan bersih. Teluk Kiluan yang berada di Desa Kiluan Negeri ini dianggap surga yang indah bagi para wisatawan.

4. Pantai Gigi Hiu

Pantai Gigi Hiu

Tempat wisata di Lampung ini dinamakan sebagai Pantai Gigi Hiu karena di tepi pantai terdapat bebatuan karang yang berdiri tegak menjulang dan tampak runcing di bagian atasnya. Sekilas bentuk bebatuan karang ini memang nampak seperti deretan gigi tajam ikan hiu.

Pesona dari Pantai Gigi Hiu ini memang sangat menakjubkan. Tak jarang Anda menemukan wisatawan yang berfoto-foto di pantai ini. Akan tetapi, perlu Anda waspadai karena Anda tidak diperkenankan turun ke pantai mengingat ombak di pantai ini sangat besar. Anda bisa mengagumi jajaran batu karang ini dari atas batu karang saja.

5. Pulau Pahawang

Pulau Pahawang

* sumber: www.nativeindonesia.com

Yang satu ini juga merupakan objek wisatawan wajib bagi para wisatawan. Pulau Pahawang yang letaknya di Lampung Selatan ini tidak kalah menarik dibanding tempat-tempat yang ada di Bali dan Lombok. Air laut di sekitar pulau berwarna biru kehijauan dan sangat jernih. Karena jernih dan bersih, Anda bisa melihat ikan-ikan dengan berbagai warna dan terumbu karang yang terletak di dasar laut.

Ombak di laut sekitar Pulau Pahawang juga tergolong tenang, sehingga banyak wisatawan yang berenang atau snorkeling di sini. Pulau yang eksotis satu ini akan membuat Anda merasa seperti sedang berada di sebuah gili yang ada di Lombok. Jika ingin mengetahui lebih dalam mengenai pulau ini, silakan simak ulasan kami di artikel ini.

6. Cagar Alam Krakatau

Cagar Alam Krakatau

* sumber: pelepaspenat.blogspot.co.id

Gunung Krakatau adalah gunung berapi aktif yang berada di Selat Sunda, yaitu di antara Pulau Sumatera dan Jawa. Meskipun Gunung Krakatau-nya sendiri sudah tiada karena letusan yang terjadi pada tahun 1883, kini ada “anak” Krakatau yang berdiri tegap menggantikan gunung utama yang hilang tersebut.

Anda bisa mengunjungi Cagar Alam Krakatau ini untuk naik hingga ke puncak “anak” Krakatau. Pemandangan yang Anda dapat di sana memang benar-benar mempesona. Namun, hati-hati saat melakukan pendakian karena trek yang Anda lalui adalah jalan berpasir yang mudah terjal.

7. Pulau Sebuku

Pulau Sebuku

Selain Pulau Pahawang, Lampung juga memiliki kawasan wisata bahari lainnya, yaitu Pulau Sebuku. Pulau Sebuku merupakan pulau terbesar di Selat Sunda. Pulau Sebuku juga merupakan kawasan wisata yang masuk ke dalam wilayah Lampung Selatan.

Ketika sampai di pulau ini, Anda akan disambut dengan pasir putih yang bersih dan air laut yang sangat jernih. Karena kejernihan air laut di pulau ini, maka banyak wisatawan yang diving atau snorkeling. Dari Pulau Sebuku, Anda juga bisa melihat pemandangan anak Gunung Krakatau yang juga berada di Selat Sunda.

8. Pantai Tanjung Setia

Pantai Tanjung Setia

Suka dengan surfing? Mungkin Anda harus mencoba berkunjung ke Pantai Tanjung Setia yang berada di Lampung Barat. Jarak pantai ini cukup jauh, yakni sekitar 270 KM dari Kota Bandar Lampung. Pantai ini terkenal dengan ombaknya yang sangat bagus untuk berselancar.

Bahkan, bukan hanya wisatawan lokal saja yang datang ke pantai ini. Akan tetapi, Anda bisa menemukan wisatawan mancanegara yang ingin mencoba surfing di Pantai Tanjung Setia. Di kawasan Pantai Tanjung Setia juga terdapat penginapan, sehingga Anda bisa bermalam di dekat pantai ini setelah menempuh perjalanan jauh dari Kota Bandar Lampung.

9. Menara Siger

Menara Siger

Jangan lewatkan tempat wisata di Lampung yang juga menjadi landmark bagi provinsi ini. Menara Siger adalah titik nol Sumatera di bagian selatan. Bangunan ini memiliki atap berwarna kuning dengan bentuk yang runcing. Lokasi tempat wisata ini ada di Bukit Gamping, Kec. Bakauheni, Lampung Selatan.

Menara Siger mengusung arsitektur khas Lampung, sehingga bangunan ini menjadi kebanggaan bagi masyarakat di Provinsi Lampung ini. Untuk berjalan-jalan di sekitar menara ini, Anda bisa membayar karcis masuk yang harganya pun sangat murah.

10. Water Park Citra Garden

Water Park Citra Garden

Ingin mengajak anak-anak untuk berwisata di Kota Bandar Lampung? Anda dapat mengajak anak berkunjung ke Water Park Citra Garden. Taman bermain air ini berada di kota Bandar Lampung sehingga Anda tidak perlu berkendara terlalu jauh dari pusat kota.

Seperti waterpark pada umumnya, di sini ada beberapa macam wahana yang sangat seru dan menyenangkan. Adapun tempat ini sudah dilengkapi dengan cafetaria, sehingga Anda bisa makan dan minum tanpa harus keluar tempat wisata. Water Park Citra Garden bertempat di Jalan Dr. Setiabudi No. 170, Negeri Olok Gading, Bandar Lampung.

11. Pantai Dewi Mandapa

Pantai Dewi Mandapa

* sumber: kesiniaja.com

Pesona Pantai Dewi Mandapa ini langsung membuatnya jadi salah satu tempat wisata di Lampung yang lagi hits banget saat ini. Ini adalah pantai yang menawarkan keindahan alami hutan mangrove. Di tempat ini juga ada jembatan kayu yang biasa dijadikan sebagai spot foto bagi para pengunjung yang datang kemari.

Di pantai ini juga ada Dermaga Cinta, di mana dermaga ini memang berbentuk hati. Di seberang pantai juga terdapat Pulau Cinta yang di mana pulaunya berbentuk hati jika dilihat dari atas. Suasana romantis di Pantai Dewi Mandapa ini membuatnya cocok dijadikan sebagai destinasi wisata bersama pasangan.

12. Curup Gangsa

Curup Gangsa

* sumber: travelingyuk.com

Wisata air terjun Curup Gangsa merupakan surga tersembunyi tidak tidak banyak diketahui oleh wisatawan. Untuk sampai di air terjun ini memang dibutuhkan perjuangan dengan melalui medan yang ekstrem dan jauh. Rasa lelah Anda karena perjalanan jauh akan terbayar lunas ketika melihat keindahan Curup Gangsa.

Ini adalah air terjun setinggi 70 meter dengan lebar 20 meter. Selain air terjun utama yang sangat besar, ada juga beberapa air terjun kecil di sekitarnya yang menambah asri suasana. Hawa pegunungan yang sejuk juga bisa Anda rasakan kala berada di tempat wisata ini.

13. Bukit BLT

Bukit BLT

* sumber: medium.com

Bukit BLT di Desa Blitarejo, Pringsewu ini adalah tempat wisata di Lampung yang lagi kekinian banget. Belum gaul rasanya jika belum datang ke tempat wisata ini. Di sini terdapat beberapa gardu pandang yang bentuknya dibuat seunik mungkin agar bisa menjadi spot foto yang menarik.

Pemandangan perbukitan dan area sawah bisa terlihat jelas dari gardu pandang yang tersedia di Bukit BLT. Menariknya, untuk sampai kemari Anda tidak perlu melakukan perjalanan jauh dari Bandar Lampung. Pasalnya, perjalanan bisa ditempuh hanya dalam waktu 45 menit saja dari Bandar Lampung.

14. Danau Ranau

Danau Ranau

Sebuah danau juga bisa menjadi tempat wisata yang menarik saat Anda berada di Lampung. Danau Ranau menawarkan panorama keindahan danau yang bersih dengan latar belakang Gunung Seminung. Mengingat lokasinya dekat dengan gunung, maka udara di sini sangat sejuk.

Aktivitas yang bisa Anda lakukan di Danau Ranau ini adalah berkeliling danau dengan menyewa perahu. Anda juga bisa menuju ke Pulau Marisa yang letaknya berada di tengah danau. Selain hemat biaya, berwisata di Danau Ranau ini juga bisa menjadi solusi bagi Anda yang ingin refreshing dari hiruk pikuk perkotaan.

15. Pulau Mengkudu

Pulau Mengkudu

* sumber: www.lihat.co.id

Surga bahari di Lampung Selatan ini merupakan tempat wisata di Lampung yang sedang sangat populer. Pulau Mengkudu digadang-gadang mirip dengan Tanah Lot Bali. Pasalnya, terdapat sebuah pulau kecil yang letaknya berdekatan dengan pulau utama. Kedua pulau ini dihubungkan oleh pasir putih yang nampak ketika air mulai surut.

Pantai berpasir putih dan batu karang adalah hal yang bisa Anda temukan ketika berada di sini. Pulau Mengkudu sendiri bukan tempat wisata yang terlalu ramai, sehingga kita pun lebih leluasa untuk berlibur di sini tanpa terganggu wisatawan lain.

Itulah pesona dari 10 tempat wisata di Lampung yang tidak boleh Anda lewatkan begitu saja. Ajak teman, keluarga, atau pasangan untuk mengunjungi tempat-tempat wisata di atas, yuk!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram