10 Tempat Wisata di Langkat dengan Pesona Alam yang Indah

Ditulis oleh Siti Hasanah

Langkat adalah kota kabupaten yang berada di Provinsi Sumatera Utara. Kabupaten ini terkenal akan seni bela dirinya yang bernama Silat Harimau Hijaiyah. Selain terkenal akan bela dirinya, Langkat juga merupakan salah satu tujuan favorit wisatawan lokal ataupun mancanegara untuk berwisata.

Banyak dari mereka yang tertarik untuk berlibur di Langkat. Salah satu alasan mengapa Kabupaten Langkat menjadi pilihan utama destinasi untuk berlibur adalah karena alamnya yang menawan.

Tempat wisata di Langkat cukup beragam, mulai dari kawasan hutan lindung, pemandian mata air, puncak perbukitan, air terjun juga objek wisata keluarga. Selain itu, tempat wisatanya memiliki spot foto yang keren. Ini nih 10 tempat wisata di Langkat untuk liburan.

Baca juga: 10 Tempat Wisata di Sumatera Utara dengan Alam yang Indah

1. Kawasan Wisata Batu Katak

Kawasan Wisata Batu KatakSumber: instagram.com
  • Alamat: Batu Katak, Kec, Jl. Utama, Lau Damak, Kec. Bohorok, Kab. Langkat, Sumatera Utara
  • Jam buka: 06.30 – 21.00              
  • Telepon: 0822-1157-3791
  • HTM: Rp3.000

Tempat wisata di Langkat ini mempunyai panorama alam yang menawan. Ini tak mengherankan karena kawasan wisata Batu Katak berada di area Bukit Barisan Gunung Leuser sehingga air di sini jernih dan segar. Selain itu, tempat ini juga dikelilingi oleh pohon yang rindang.

Kenyamanan yang ditawarkan tempat ini menjadi nilai tambah yang menarik banyak wisatawan untuk berlibur ke sini.

Wisatawan yang datang juga bisa menyaksikan tingkah hewan Siamang yang bergelantungan di pohon. Di tempat wisata ini terdapat pemandian alam dan di sekitarnya ada juga gua-gua yang menarik.

Wisatawan bisa memakai jasa pemandu wisata untuk melakukan tur gua. Kalau hobi rafting ataupun tracking, wisatawan bisa merasakan pengalaman rafting dan tracking di Gunung Kapur.

2. The Yo’s Hill

The Yo’s HillSumber: facebook.com
  • Alamat: Adin Tengah, Salapian, Kab. Langkat, Sumatera Utara
  • Jam buka: 24 jam
  • Telepon: 0821-6587-5114
  • HTM: Rp15.000

Tempat wisata di Langkat selanjutnya yang tak boleh dilewatkan adalah The Yo’s Hill. Keindahan bukitnya membuat tempat ini menjadi salah satu destinasi wisata alam yang sangat terkenal.

Wisatawan bisa menyaksikan keindahan Bukit Barisan dengan warna hijaunya serta penampakan awan berarak di saat pagi hari.

Di tempat wisata alam ini tersedia juga beragam fasilitas dan spot untuk berfoto yang menarik. Menjadi surga wisata alam, membuat tempat wisata ini terkenal di Langkat.

Dari pusat kota, lokasi bukit indah ini cukup jauh sehingga perjalanannya cukup lama. Walaupun demikian, semua kelelahan saat menempuh perjalanan panjang akan terbayar dengan pemandangan perbukitan yang indah.

Karena letaknya jauh dari pusat kota, tempat wisata ini sangat cocok bagi mereka yang ingin menikmati suasana dan nuansa alam.


Tak heran jika banyak wisatawan yang betah berlama-lama di tempat ini. Penyuka aktivitas berfoto akan senang berada di The Yo’s Hill karena banyak spot foto yang menarik.

3. Rumah Pohon Habitat

Rumah Pohon HabitatSumber: correcto.id
  • Alamat: Pamah, Kec. Semilir, Kab. Langkat, Sumatera Utara
  • Jam buka: 24 jam
  • HTM: Rp10.000

Mencari tempat wisata di Langkat yang romantis? Coba kunjungi Rumah Pohon Habitat. Di sini suasananya cukup romantis karena panorama alamnya yang indah berkat pepohonan yang rindang serta udaranya yang sejuk.

Rumah Pohon Habitat di malam hari akan menawarkan pemandangan yang menawan. Di sekitar kawasan ini akan tampak lampu-lampu akan menyala, yang tentunya menambah daya tarik tersendiri. Untuk wisatawan yang hobi berfoto selfie, tempat ini cocok sekali.

4. Air Panas Simolap

Air Panas SimolapSumber: instagram.com
  • Alamat: Kaperas, Kutambaru, Kab. Langkat, Sumatera Utara
  • Jam buka: 24 jam
  • Telepon: 0812-4608-2354
  • HTM: Rp15.000

Tempat Pemandian Air Panas Simolap berada di tengah hutan. Wisatawan akan merasakan pengalaman mandi air panas di antara bawah pepohonan karena tempat ini mengusung konsep alam.

Di pemandian alam ini ada dua jenis air panas, yaitu air yang bersuhu hangat serta yang bersuhu sangat panas. Wisatawan bisa memilih mana yang lebih disukai.

Asal sumber air Pemandian Air Panas Simolap dari mata air pegunungan. Pastinya berendam di sini akan terasa menyegarkan.

Kalau ingin terapi air panas maupun relaksasi tubuh, datanglah ke tempat ini. Tak hanya untuk kesehatan, di sini juga wisatawan akan merasa tenang dan siap kembali untuk beraktivitas.

5. Air Terjun 24 Tingkat

  • Alamat: Sei Musam, Kec. Batang Serangan, Kab. Langkat, Sumatera Utara

Karena lokasi tempat ini berbatasan dengan Taman Nasional Gunung Leuser, membuat Kabupaten Langkat mempunyai beragam keindahan alam yang memesona. Wisata air terjun adalah jenis wisata alam yang mendominasi di Langkat.

Salah satu wisata air terjun di Langkat yang bisa dikunjungi adalah Air Terjun 24 Tingkat. Air terjun ini mendapatkan namanya karena memang objek wisata ini memiliki banyak tingkat. Adapun ketinggian air terjun ini mulai dari 5 meter hingga 30 meter.

6. One Heart Hill

One Heart HillSumber: instagram.com
  • Alamat: Telagah, Sei Bingai, Kab. Langkat, Sumatera Utara
  • Telepon: 0822-7200-5968
  • HTM: Rp25.000

One Heart Hill yang juga disebut sebagai Bukit Satu Hati adalah tempat wisata di Langkat yang berada di perbukitan kecil. Nama tempat ini diambil dari nama bangunan yang berupa jembatan kayu yang memiliki bentuk hati. Jembatan ini letaknya ada di puncak bukit.

Bukit ini menawarkan tempat bersantai yang terletak di ketinggian. Dari atas sini, wisatawan bisa menikmati perbukitan hijau.

Karena tempatnya yang unik, One Heart Hill kerap kali dijadikan tempat untuk lokasi pre-wedding. Perpaduan antara alam yang indah dan desain yang kekinian membuat tempat ini menarik mereka yang senang berfoto.

Jadi, tak mengherankan banyak penyuka fotografi yang datang ke sini. Di sini wisatawan dapat bisa berfoto dengan latar belakang berupa perbukitan hijau yang indah.

7. Wisata Mangrove Lubuk Kertang

Wisata Mangrove Lubuk KertangSumber: instagram.com
  • Alamat: Bar., Lubuk Kertang, Brandan Bar., Kab. Langkat, Sumatera Utara
  • Jam buka: 24 jam
  • HTM: Rp2.000

Mangrove Lubuk Kertang adalah wisata alam di Langkat berikutnya yang tak boleh dilewatkan. Tempat wisata yang satu ini cocok untuk mereka yang suka dengan wisata edukasi juga pemeliharaan alam.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram