10 Tempat Wisata di Laos yang Populer dan Menarik Dikunjungi

Ditulis oleh Muhamad Dikdik

Laos adalah sebuah negara di Asia Tenggara yang terkurung daratan alias tidak memiliki laut. Meskipun belum begitu populer di mata turis internasional, negara ini tetap menawarkan sejumlah tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Wisata alam dan budaya merupakan andalan dari negara yang beribukota Vientiane ini.

Karena Laos adalah anggota ASEAN, maka masyarakat Indonesia tidak memerlukan Visa jika ingin liburan ke sana. Hanya saja saat ini belum ada penerbangan langsung dari Indonesia ke Laos. Jadi, Anda harus transit dulu di negara lainnnya seperti Thailand jika ingin terbang ke Laos.

Jika Laos sudah ada dalam rencana liburan Anda tahun ini, sebaiknya ketahui dulu beberapa tempat wisata populer yang ada di sana berikut ini.

1. Luang Prabang

Kota Luang Prabang

* sumber: pixabay.com

Bisa dibilang kalau Luang Prabang merupakan destinasi wisata yang paling populer di Laos saat ini. Ini adalah sebuah kota bersejarah yang dulunya pernah menjadi ibu kota Kerajaan Laos. Luang Prabang tidak hanya menawarkan wisata budaya dan sejarah saja, namun juga wisata alam yang menakjubkan.

Anda bisa melakukan banyak hal saat berada di Luang Prabang, termasuk berkeliling kota yang memiliki banyak kuil dan biara Buddha, menikmati keindahan alam di sekitar kota (ada beberapa air terjun di dekat Luang Prabang), belanja oleh-oleh di pasar malam kota, dan lain sebagainya.

2. Vientiane

Patuxai di Vientiane

* sumber: pixabay.com

Kurang lengkap rasanya jika berkunjung ke sebuah negara tidak menjelajahi ibu kotanya. Vientiane, ibu kota Laos, adalah sebuah kota yang terletak di Lembah Sungai Mekong yang dekat dengan perbatasan Thailand. Karena kota ini dulunya adalah pos perdagangan Prancis, maka Anda bisa menemukan sejumlah jejak negara Eropa tersebut di sana.

Beberapa objek wisata yang populer di Vientiane adalah stupa Buddha Pha That Luang setinggi 49 meter yang berasal dari tahun 1586, kuil Wat Si Muang dibangun di atas reruntuhan kuil Hindu Khymer, Patuxai yang merupakan Arc de Triomphe versi Laos, pasar lokal untuk membeli oleh-oleh, dan lain-lain.

3. Vang Vieng

Vang Vieng Laos

* sumber: commons.wikimedia.org

Vang Vieng adalah sebuah desa wisata yang terletak di antara Vientiane dan Luang Prabang. Desa ini juga populer di kalangan turis mancanegara (khususnya backpacker), sehingga menarik untuk Anda kunjungi jika sedang liburan di Laos. Apa yang ditawarkan oleh desa kecil ini adalah pemandangan alam yang sangat menakjubkan.

Hal yang bisa dilakukan di Vang Vieng antara lain seperti bermain kayak, tubing, hiking di bukit yang hijau dan indah, menjelajah gua-gua, menikmati pemandangan hutan yang rimbun, dan kegiatan wisata lainnya yang berhubungan dengan alam. Vang Vieng dapat Anda raih dengan berkendara sekitar empat jam dari Vientiane.

4. Phonsavan

Dataran Guci di Phonsavan

*Sumber: https://www.flickr.com/photos/96862558@N03/

Phonsavan adalah sebuah kawasaan pedesaan yang menawarkan pemandangan indah. Salah satu hal yang membuat tempat ini populer adalah budaya koboinya. Di sana Anda bisa langsung menyaksikan kehidupan nyata para koboi khas Laos yang berpakaian Stetson dan memelihara ternak di dataran subur di sekitar Phonsavan.


Hal lain yang membuat Phonsavan banyak dikunjungi wisatawan adalah sebuah tempat yang bernama Dataran Guci. Situs megalitikum tersebut menampilkan banyak struktur yang menyerupai guci.

5. Kepulauan Si Phan Don

Kepulauan Si Phan Don

*Sumber: https://www.flickr.com/photos/kevincure/

Bukankah Laos tidak memiliki laut? Tapi mengapa di sana ada kepulauan? Benar, Laos adalah negara yang terkurung daratan, namun negara tersebut dialiri oleh salah satu sungai terbesar di Asia Tenggara, yaitu Sungai Mekong. Nah, di Sungai Mekong bagian Laos ini ada sebuah tempat yang bernama Si Phan Don yang berarti "Kepulauan Empat Ribu" dalam bahasa setempat.

Pulau-pulau di tempat ini memiliki ukuran yang bervariasi. Beberapa pulau yang ukurannya cukup besar, seperti Don Khon dan Don Det memiliki sejumlah pilihan akomodasi sederhana yang dikelola keluarga. Bahkan pulau-pulau itu juga menawarkan sedikit kehidupan malam yang cukup ramai. Sepeda dan kayak juga bisa disewa di sini.

6. Luang Namtha

Desa di Luang Namtha

Desa di Luang Namtha
*Sumber: https://www.flickr.com/photos/96862558@N03/

Tiongkok adalah salah satu negara yang berbatasan dengan Laos. Di dekat perbatasan terdapat sebuah kota yang populer sebagai tempat perhentian orang-orang yang bepergian antara Laos dan Tiongkok. Kota tersebut adalah Luang Namtha yang merupakan kota terbesar di barat laut Laos.

Luang Namtha menawarkan sejumlah tempat wisata alam yang memukau, sehingga menjadi tujuan yang populer di kalangan backapacker. Di sana Anda bisa melakukan trekking, berkunjung dan menjelajah desa-desa dan air terjun yang indah, dan lain sebagainya. Menyewa sepeda gunung atau sepeda motor adalah cara yang baik untuk menjelajah tempat-tempat tersebut.

7. Tham Kong Lo

Gua Tham Kong Lo

* sumber: commons.wikimedia.org

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram