24 Tempat Wisata Terbaik yang Ada di Lembang Bandung

Ditulis oleh Anggie Warsito

Selain Dago, Lembang adalah daerah di Bandung yang harus dikunjungi. Udaranya yang sejuk dan suasana alamnya yang otentik adalah alasan mengapa kamu harus ke Lembang. Dijamin, kamu tak akan menyesal bila ke daerah ini.

YouTube video

Kalau kamu nanti ke Lembang, jangan sampai lupa mengunjungi tempat-tempat wisata di sana. Lembang sendiri memang kaya tempat wisata yang sayang untuk dilewatkan. Apa saja tempat wisata itu? Bila kamu ingin tahu, langsung saja simak daftar di bawah ini.

1. Floating Market Lembang

YouTube video
  • Alamat: Jl. Grand Hotel No. 33 E, Lembang, Kabupaten Bandung Barat
  • Jam Operasional: Senin-Jumat 09.00-18.00 WIB, Sabtu-Minggu 08.00-19.00 WIB
  • Harga Tiket: Sekitar Rp 30.000 per orang

Review Floating Market Lembang

Bisa dibilang kalau ini adalah salah satu tempat wisata populer di Lembang. Floating Market Lembang sendiri merupakan tempat wisata yang dikonsep ala pasar apung. Di Floating Market, kamu bisa membeli sejumlah makanan dan pakaian yang disajikan oleh pedagang di atas perahu apung.

Selain membeli makanan dan pakaian, ada beberapa kegiatan wisata lain yang bisa kamu lakukan di sini. Di antaranya, menyusuri Rainbow Garden yang berisi bunga-bunga berwarna cerah, bergaya a la orang Jepang dengan kostum tradisional di Kyotoku, serta melihat miniatur kereta api di Taman Miniatur Kereta Api.

2. Kota Mini

YouTube video
  • Alamat: Jl. Grand Hotel No.33E, Lembang, Kabupaten Bandung Barat
  • Jam Operasional: 09.00-18.00 WIB (Senin s.d Jumat), 08.00-19.00 WIB (Sabtu s.d Minggu)
  • Harga Tiket: Rp30.000/orang

Review Kota Mini Lembang

Mau mengajak si kecil mengeksplor tentang profesi yang jadi cita-citanya kelak? Coba kunjungi Kota Mini Lembang. Ya, di sini, anak-anak dapat memerankan tugasnya untuk beberapa profesi seperti pemadam kebakaran, perawat bayi, ilmuwan dan masih banyak lagi.

Selain itu, si kecil juga bisa belajar memasak, membuat kue, berkebun, menjadi barista di cafe hingga menjadi hair stylist. Tenang, di Kota Mini Lembang juga ada wahana yang suitable untuk orang dewasa, kok. Kayak Rumah Gempa, misalnya. Tarif untuk satu wahananya dimulai dari Rp25.000 sampai dengan Rp50.000.

Oh iya, di sini, kamu bisa foto-foto pakai kostum ala Eropa juga. Seru banget, ya? Apalagi, tempatnya Instagram-able, meski tidak begitu luas. Kota Mini Lembang ini berada satu lokasi dengan Floating Market Lembang. Jadi, kamu harus membeli tiket masuk Floating Market Lembang juga.

3. Farm House Susu Lembang

YouTube video
  • Alamat: Jl. Raya Lembang No. 108, Gudangkahuripan, Lembang, Kabupaten Bandung Barat
  • Jam Operasional: 09.00-18.00 WIB (Senin s.d Jumat), 08.00-19.00 (Sabtu s.d Minggu & Libur Nasional)
  • Harga Tiket: Rp30.000/orang

Review Farm House Susu Lembang

Seperti halnya De Ranch, tempat wisata ini juga berbentuk peternakan. Hanya saja, Farm House Susu Lembang dibuat dengan konsep ala Eropa zaman dahulu. Konsep tersebut sangat terlihat dari banyaknya bangunan bergaya Eropa di sini.

Salah satu kegiatan wisata di sini adalah berfoto ria. Di sini, kamu bisa berfoto di depan bangunan bergaya Eropa dengan mengenakan kostum khas Belanda. Kostumnya sendiri sudah disediakan pihak pengelola. Kamu hanya perlu membayar sejumlah harga sewa kepada mereka.

Masih ada beberapa kegiatan wisata yang bisa kamu lakukan, kayak mengunjungi Rumah Hobbit dan bermain dengan hewan-hewan lucu di Mini Zoo. Untuk melakukannya, kamu tinggal datang langsung ke alamat lengkap Farm House yang ada di bawah ini:


4. Orchid Forest Cikole

YouTube video
  • Alamat: Genteng, Cikole, Lembang, Kabupaten Bandung Barat
  • Jam Operasional: Setiap hari, 09.00 – 18.00 WIB
  • Harga Tiket: Mulai dari Rp40.000

Review Orchid Forest Cikole

Satu dari sekian banyak tempat wisata di Lembang yang tersohor adalah Orchid Forest Cikole. Tempat wisata yang sering digunakan untuk venue konser kelas dunia ini dikelilingi dengan pohon pinus dan suasananya pun masih amat sangat asri.

Di sini, kamu bisa menemukan banyak spot foto Instagram-able. Dua di antaranya adalah Wood Bridge dan Garden of Lights. Kalau kamu penasaran sama ragam jenis bunga anggrek, kamu bisa melihatnya di Orchid House.

Orchid Forest Cikole ini juga cocok untuk wisata keluarga, karena selain ada spot foto yang berjumlah banyak, pengunjung yang membawa anak atau keponakan pun bisa memanjakan si kecil dengan ragam jenis wahana seperti Orchid Castle dan Rabbit Forest.

Tempat wisata satu ini pas buat dijadikan tempat melepas penat kala liburan, lho. Lokasinya nggak jauh dari pintu masuk Wisata Tangkuban Perahu. Tertarik untuk berkunjung?

5. Gunung Tangkuban Perahu

  • Alamat: Jl. Tangkuban Parahu No. 282, Cikole Lembang, Kab. Bandung Barat
  • Jam Operasional: Setiap hari, 07.00-17.00 WIB
  • Harga Tiket:
    • Rp20.000 (hari biasa), Rp30.000 (hari libur)
    • Turis Mancanegara: Rp200.000 (hari biasa), Rp300.000 (hari libur)

Review Gunung Tangkuban Perahu

Objek wisata yang sekaligus kekayaan alam di kawasan Lembang ini sudah lama menjadi bagian dari masyarakat Jawa Barat. Bukan hanya karena menyuguhkan pemandangan gunung yang megah, tapi legenda Gunung Tangkuban Perahu juga selalu mengisi telinga masyarakat dari generasi ke generasi. Inilah mengapa Gunung Tangkuban Perahu sangat dicintai masyarakat Jawa Barat.

Yang menjadi daya tarik Gunung Tangkuban Perahu adalah kawah-kawahnya. Setidaknya ada tiga kawah yang memiliki daya tarik masing-masing. Misalnya Kawah Domas yang menyuguhkan sensasi lumpur belerang serta air panas yang aman bagi pengunjung, hingga kawah yang hanya bisa dilihat dari kejauhan saja karena kandungan belerangnya bisa berpotensi racun yaitu Kawah Upas.

Selain menyaksikan pemandangan kawah dari gunung, di sini juga sudah banyak terdapat restoran khas sunda untuk beristirahat semisal kamu kelelahan setelah menelusuri Gunung Tangkuban Perahu. Udara yang dingin dan sejuk juga akan membuatmu lupa dengan hiruk-pikuk perkotaan.

6. The Great Asia Africa

YouTube video
  • Alamat: Jl. Raya Lembang - Bandung No.71, Gudangkahuripan, Lembang, Kabupaten Bandung Barat
  • Jam Operasional: 09.00 – 18.00 (Senin s.d Jumat), 08.00 – 19. 00 (Sabtu s.d Minggu dan Libur Nasional)
  • Harga Tiket: Rp50.000/orang (weekdays), Rp65.000/orang (weekend)

Destinasi wisata di Lembang lainnya adalah The Great Asia Africa. Sesuai dengan  namanya, tempat ini menyuguhkan spot-spot foto bertemakan tujuh negara di dua benua, yakni Benua Asia dan juga Benua Africa.

Di area Asia sendiri terdapat beberapa negara yang bisa dikunjungi. Ada India, Jepang, Korea, Thailand, Indonesia dan juga Timur Tengah. Nah, kalau di area Africa hanya satu wilayah saja. Semua spot negaranya punya ciri khas masing-masing, lho. India, misalnya, punya bangunan dengan nuansa pink ala Kota Jaipur.

1 234»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram