Yuk, Liburan di 9 Tempat Wisata di Lombok Barat Ini!

Ditulis oleh Riastri Herliana - Diperbaharui 1 Mei 2020

Pulau Lombok memang tidak ada habisnya untuk di-explore. Mulai dari mendaki Gunung Rinjani, jelajah pantai, hingga snorkeling di Gili Air bisa kamu lakukan di sini. Tempat dengan julukan Pulau 1000 Masjid ini menyimpan banyak sekali tempat wisata menarik yang akan membuatmu betah dan enggan untuk kembali ke kota asal.

Jika perjalananmu menuju Lombok dari Pulau Jawa menggunakan kapal laut, maka tempat yang pertama disinggahi adalah Pelabuhan Lembar di Lombok Barat. Setibanya di Lombok, jangan terburu-buru, di sini kamu bisa menikmati tempat wisata yang masih jarang dikunjungi wisatawan. Penasaran? Simak artikel tentang 9 tempat wisata di Lombok Barat ini!

1. Pantai Senggigi

Pantai Senggigi

* sumber: anekatempatwisata.com

Kalau pantai yang satu ini, tentu sudah tidak asing didengar. Pantai Senggigi menjadi salah satu tempat wisata favorit di Pulau Lombok. Bahkan, pantai ini merupakan tempat diadakannya Senggigi Jazz 2019 yang dilaksanakan pada awal bulan November lalu.

Pantai Senggigi dihiasi dengan pasir putih dan laut yang ombaknya cukup besar. Di sini, kamu bisa menyaksikan sunset yang sangat cantik dari Pulau Lombok. Dari kejauhan terlihat gagahnya Gunung Agung Bali yang menambah keindahan pemandangan di Pantai Senggigi. Di sini juga tersedia ragam seafood yang siap memanjakan lidahmu.

  • Alamat : Senggigi, Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp5.000/orang

2. Desert Point Bangko-Bangko

Desert Point Bangko-Bangko

* sumber: www.surfindonesia.com

Kamu penyuka aktivitas surfing? Tak hanya Bali, di Lombok juga terdapat spot terbaik bagi para pecinta surfing. Desert Point Bangko-Bangko namanya. Tempat ini pernah dinobatkan sebagai tempat surfing dengan ombak terganas oleh International Surfing Association. Bahkan, Desert Point Bangko-Bangko masuk ke dalam peringkat enam di dunia.

Tempat ini tak pernah sepi pengunjung terutama bagi para peselancar. Ombak yang tinggi dan tidak pecah ketika sampai di tepi pantai, membuat peselancar sangat menyukai Desert Point Bangko-Bangko. Letaknya yang berada di sebelah barat, tak hanya surfing saja yang bisa dilakukan, kamu pun bisa menyaksikan pesona matahari terbenam yang sempurna.

  • Alamat : Batu Putih, Sekotong Tengah, Kabupaten Lombok Barat
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp10.000/orang

3. Pantai Mekaki

Pantai Mekaki

* sumber: theclassicwanderer.com

Ingin merasakan berada di pantai pribadi? Jangan lupa kunjungi Pantai Mekaki di Sekotong. Pantai ini berjarak 44 km dari Pelabuhan Lembar mengarah ke selatan. Pantai berpasir putih nan lembut, dengan air laut biru yang jernih dan ombaknya tidak terlalu besar, sangat cantik dan memesona.

Pantai Mekaki disebut pantai pribadi karena pantai ini masih sepi dari pengunjung jika dibandingkan dengan pantai lainnya di Lombok, karena letaknya jauh dari kota Mataram. Pantai ini sangat cocok dikunjungi untuk menenangkan pikiran dan sekadar refreshing.

  • Alamat : Jl. Raya Mekaki, Pelangan, Sekotong Tengah, Kabupaten Lombok Barat
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Gratis

4. Pantai Nambung

Pantai Nambung

* sumber: lifestyle.okezone.com

Jika di Pacitan, Jawa Timur, ada Pantai Banyu Tibo, maka di Lombok ada Pantai Nambung. Berbeda dengan pantai lainnya di Lombok, Pantai Nimbung tak hanya dihiasi dengan pasir putih dan dikelilingi bukit besar saja. Di sini terdapat air terjun yang berasal dari air laut.

Besarnya ombak menghantam batu karang, kemudian tercipta percikan yang mengalir dari batu karang hingga terlihat seperti air terjun. Bedanya dengan Pantai Banyu Tibo yang mengalir dari sungai ke tepi pantai, di sini air terjun mengalir dari laut ke laut lagi. Makanya disebut air terjun air asin. Pantai ini juga dikenal dengan nama Tanjung Jagog.

  • Alamat : Dusun Nambung, Desa Buwun Mas, Sekotong Tengah, Kab. Lombok Barat
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp10.000/orang

5. Gili Kedis

Gili Kedis

* sumber: pesona.travel

Lombok memiliki 33 Gili atau pulau kecil yang tersebar di beberapa titik. Selain Gili Trawangan, ada pula Gili Kedis yang terletak di Lombok Barat. Pulau ini masih jarang dikunjungi wisatawan. Padahal, pulau kecil yang letaknya di daerah Sekotong ini memiliki pesona yang tak kalah dengan gili lainnya di Lombok.

Gili Kedis merupakan pulau kecil tak berpenghuni yang dihiasi dengan pasir putih bersih, dan ditumbuhi biota laut yang sangat kaya dan beragam. Perjalanan ke Gili Kedis, bisa melalui Pelabuhan Tawun atau Pelabuhan Lembar. Biasanya, kamu akan diajak untuk singgah di Gili Sudak terlebih dahulu. Di sini, kamu bisa snorkeling dan diving juga, lho.

  • Alamat : Sekotong Barat, Sekotong Tengah, Kabupaten Lombok Barat
  • Operasional : 07.00 – 18.00 WITA
  • Tiket Masuk : Gratis

6. Taman Narmada

Taman Narmada

* sumber: pesona.travel

Penduduk Lombok mayoritas beragama Islam. Meski begitu, pulau ini memiliki jejak pengaruh agama Hindu di masa lampau. Di sini terdapat sebuah tempat yang menyimpan jejak sejarah, yaitu Taman Narmada. Nama Narmada berasal dari kata Narmadanadi yang merupakan anak yang disakralkan oleh penganut agama Hindu, yaitu Sungai Gangga.

Taman Narmada memiliki luas sekitar 2 hektare dan dibangun pada tahun 1727 oleh Raja Mataram, Anak Agung Ngurah Karang Asem. Taman ini dibangun sebagai tempat upacara Pakalem dan peristirahatan keluarga Raja Mataram. Kini, Taman Narmada bisa kamu kunjungi untuk mengenal lebih jauh sejarah agama Hindu di Pulau Lombok.

  • Alamat : Jl. Raya Narmada, Lembuak, Narmada, Kabupaten Lombok Barat
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp50.000/orang

7. Gili Gede

Gili Gede

* sumber: www.pedomanwisata.com

Gili Gede merupakan gili terbesar dari beberapa gili yang ada di Lombok Barat. Gili Gede menjadi tempat dimana masyarakat suku Sasak menangkap ikan untuk disantap. Kamu pun bisa ikut memancing ikan di sini bersama warga lokal. Karena suku Sasak masih menggunakan tradisi lama dalam mendapatkan ikan.

Seperti halnya gili lain yang ada di Lombok, Gili Gede juga memiliki pesona pantai dan laut yang memesona. Di sini kamu bisa menemukan beragam jenis ikan laut yang cantik. Tak hanya itu saja, di sebelah barat Gili Gede terdapat lumpur dan bakau. Meski begitu, pulau ini tetap cantik dan recommended untuk dikunjungi.

  • Alamat : Pelangan, Sekotong Tengah, Kabupaten Lombok Barat
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Gratis

8. Gili Nanggu

Gili Nanggu

* sumber: wisatalombokaja.blogspot.com

Satu lagi pulau kecil nan memesona di Lombok Barat. Gili Nanggu merupakan salah satu dari rangkaian gili yang akan kamu singgahi ketika mengikuti trip Gili Sudak dan Gili Kedis. Berbeda dengan Gili Kedis yang tak berpenghuni, di Gili Sudak kamu akan menemukan satu penginapan. Meski begitu, pulau ini serasa mulau pribadi!

Beragam aktivitas bisa kamu lakukan di Gili Nanggu. Mulai dari camping, memancing, snorkeling, hingga diving. Gili Nanggu hampir tidak berombak, jadi sangat aman untuk berenang dan bermain air. Lautnya yang jernih memudahkan kamu untuk melihat dasar laut bahkan dari atas perahu.

  • Alamat : Medang, Sekotong Barat, Kabupaten Lombok Barat
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Gratis

9. Hutan Lindung Sesaot

Hutan Lindung Sesaot

* sumber: www.lazwardyjournal.com

Lombok memiliki hutan lindung yang menjadi sumber kehidupan bagi masyarakat Lombok. Hutan Lindung Sesaot namanya. Kondisi hutan yang sangat alami, juga terdapat sumber mata air yang berasal dari Gunung Rinjani, membuat hutan lindung ini sangat diminati wisatawan untuk refreshing dan melepas penat.

Hutan Lindung Sesaot memiliki luas 5.999,2 hektare, dimana 5.935 hektare merupakan hutan lindung dan sebagian lannya menjadi hutan wisata. Hutan Lindung Sesaot dibagi menjadi tiga area, yaitu hutan primer, sekunder, serta perkebunan Mahoni dan Agroforestri. Di sini terdapat sungai dengan batu kali yang besar-besar. Sangat menarik untuk dikunjungi.

  • Alamat : Sesaot, Narmada, Kabupaten Lombok Barat
  • Operasional : 08.00 – 18.00 WITA
  • Tiket Masuk : Rp2.000/orang

Tempat wisata di Lombok tidak hanya Gili Trawangan, dan Kuta Mandalika saja. Ada banyak yang bisa dikunjungi, seperti halnya di daerah Lombok Barat yang memiliki banyak destinasi wisata. Sudah siap liburan ke Lombok? Tambah referensimu dengan membaca artikel pantai cantik di Lombok ini.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram