10 Tempat Wisata di Madura yang Wajib Dikunjungi

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 April 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Sedang berada di Surabaya dan sudah puas menjajal berbagai kuliner malam di Surabaya, mengapa tidak untuk melanjutkan liburan Anda ke Madura? Anda bisa menyeberang dari Surabaya ke Madura melalui Jembatan Suramadu. Melalui jembatan ini, Anda hanya perlu menempuh jarak kurang lebih 5 – 6 KM dari gerbang tol Suramadu yang ada di Surabaya.

Lantas, ada tempat wisata apa di Madura? Ada begitu banyak tempat wisata di Madura yang sangat mempesona dan sayang jika tidak Anda kunjungi. Nah, lengkapi perjalanan Anda ke Surabaya dengan melipir sejenak untuk mengunjungi beberapa tempat wisata menarik di Madura yang akan direkomendasikan oleh Keluyuran berikut ini.

10 Tempat Wisata di Madura Terbaik

1. Pantai Sambilangan

Pantai Sambilangan

* sumber: travel.idntimes.com

Madura memang didominasi dengan tempat wisata berupa pantai. Pantai Sambilangan adalah salah satu tempat wisata di Madura yang belum ramai dikunjungi oleh wisatawan. Bahkan, nampaknya pantai ini belum dikelola secara resmi oleh pemerintahan setempat untuk dijadikan sebagai objek wisata.

Pantai yang berada sekitar 7 KM di sebelah selatan Kota Bangkalan ini masih nampak sangat asri. Jika Anda ingin berwisata sembari mencari ketenangan, maka Pantai Sambilangan ini adalah pilihan yang tepat.

2. Gunung Jaddih

Gunung Jaddih Tempat Wisata Di Madura

Akhir-akhir ini Gunung Jaddih menjadi tempat wisata yang Instagrammable. Ya, banyak wisatawan dari Jawa Timur yang berbondong-bondong mengunjungi Gunung Jaddih. Apa keistimewaan dari tempat ini sehingga banyak menarik perhatian wisatawan dari wilayah lain?

Gunung Jaddih adalah lahan tambang batu gamping atau batu kapur. Jadi, di sekitar gunung ini tampak didominasi dengan warna putih yang berasal dari serpihan batu kapur. Tempat yang sangat unik ini sering dijadikan sebagai lokasi hunting bagi para fotografer. Lahan bekas tambang batu kapur ini hanya berjarak 10 KM saja dari pusat Kota Bangkalan.

3. Gili Labak

Gili Labak

Setelah melihat foto dari tempat wisata ini, Anda mungkin mengira bahwa ini berada di Lombok. Bahkan, namanya pun adalah Gili Labak, seperti ciri khas tempat wisata pulau dan pantai di Lombok yang biasa menggunakan nama “Gili” di depannya. Namun, Gili Labak ini berlokasi  di Sumenep, Madura.

Pasir putih yang bersih dan air laut yang jernih membuat keindahan Gili Labak mampu menyaingi pantai-pantai yang ada di Lombok. Banyak wisatawan dari Surabaya, Malang, Madiun, dan wilayah lain di Jawa Timur datang ke Gili Labak untuk berlibur. Pesona keindahan yang ditawarkan Gili Labak juga membuatnya menjadi tempat wisata yang sangat Instagrammable.

4. Air Terjun Toroan

Air Terjun Toroan

Jika pada umumnya air terjun jatuh ke sungai, berbeda dengan Air Terjun Toroan di Desa Ketapang Jaya, Sampang, Madura ini. Air terjun ini jatuh langsung ke laut. Jadi, Anda tentu dapat membayangkan betapa mempesonanya tempat wisata di Madura yang satu ini. Jangan lupa berfoto dengan background air terjun yang sangat luar biasa indah ini.

Air Terjun Toroan sudah dikelola menjadi objek wisata sehingga memudahkan para wisatawan yang datang kemari. Terbukti di sekitar wisata air terjun ini terdapat WC umum, warung, dan tempat parkir. Yuk, refreshing di Air Terjun Toroan yang fenomenal ini!

5. Kota Tua Kalianget

Kota Tua Kalianget

* sumber: direktoriwisatamadura.bpws.go.id

Setiap kota atau wilayah tentu memiliki kawasan kota tua yang memiliki nilai historis yang tinggi. Pun begitu di Madura, Anda dapat menemukan kawasan Kota Tua Kalianget. Kota tua ini dibangun pada masa VOC Belanda. Jadi, ada beberapa bangunan tua yang nampak di kawasan ini.

Spot yang paling banyak dikunjungi wisatawan di Kota Tua Kalianget ini antara lain adalah kolam renang peninggalan zaman kolonial, gedung pembangkit listrik, dan benteng VOC. Apabila Anda mencari tempat wisata yang gratis di Madura, Kota Tua Kalianget yang berada di sebelah timur Kota Sumenep ini bisa menjadi pilihan yang paling ideal karena Anda tidak akan dikenakan biaya karcis masuk.

6. Air Terjun Kokop

Air Terjun Kokop

* sumber: kompaswisata.com

Suka berwisata ekstrem? Anda harus mengunjungi Air Terjun Kokop yang lokasinya sekitar 60 KM dari pusat Kota Bangkalan. Air Terjun Kokop ini masih belum dikelola oleh pemerintah setempat untuk menjadi tempat wisata. Jadi, dapat Anda bayangkan bahwa jalur untuk menuju ke air terjun masih sangat alami dan cukup terjal.

Bagi Anda penyuka kegiatan adventure yang cukup ekstrem, maka Anda bisa mencoba untuk berkunjung ke air terjun ini. Pesona yang ditawarkan Air Terjun Kokop memang sangat menyejukkan mata. Air terjun ini dikelilingi oleh tumbuhan hijau dan bebatuan di sekitar air terjun bisa dipanjat meskipun aktivitas tersebut cukup berbahaya.

7. Pantai Lombang

Pantai Lombang

Eksotisme Pantai Lombang memang membuat banyak orang mengira bahwa ini adalah salah satu pantai yang ada di Bali atau Lombok. Namun, kenyataannya pantai ini berada sejauh 25 KM di sebelah timur Kota Sumenep. Hamparan pasir putih yang cukup bersih membuat Pantai Lombang ini banyak dikunjungi para wisatawan.

Untuk sampai di pantai ini Anda bisa berkendara dari pusat Kota Sumenep. Lokasi Pantai Lombang cukup strategis sehingga mudah ditemukan. Meskipun belum ada hotel nyaman di sekitar pantai ini, wisatawan diperkenankan membawa tenda sendiri jika ingin bermalam di sekitar pantai.

8. Kepulauan Kangean

Kepulauan Kangean

Terdiri dari 60 pulau kecil, Kepulauan Kangean adalah tempat wisata di Madura letaknya di sebelah timur Pulau Madura. Wisata laut di Kepulauan Kangean ini memang sangat menakjubkan. Bahkan, keindahan alam bawah laut di pulau-pulau yang ada di sini tidak kalah dengan Bunaken, lho.

Terumbu karang yang unik dan ikan-ikan dengan warna dan bentuk yang indah dapat Anda lihat ketika melakukan snorkeling di Kepulauan Kangean ini. Wisata bahari tidak perlu jauh-jauh ke Bunaken, masyarakat Jawa Timur dan sekitarnya bisa berkunjung ke Kepulauan Kangean ini.

9. Pantai Slopeng

Pantai Slopeng

Hanya perlu berkendara sejauh 21 KM dari pusat Kota Sumenep untuk dapat sampai ke Pantai Slopeng yang sangat indah ini. Lagi-lagi pantai yang ada di Madura ini tidak kalah indah dan mempesona dibanding pantai di Bali atau Lombok.

Pasir putih terhampar sepanjang 6 KM di bibir pantai. Ditambah lagi air laut yang biru dan jernih membuat Pantai Slopeng menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Madura. Liburan ke pantai yang indah tidak perlu jauh-jauh ke Bali atau Lombok, cukup kunjungi Pantai Slopeng saja.

10. Pantai Nepa

Pantai Nepa

Pantai Nepa adalah tempat wisata pantai di Madura yang tidak terlalu ramai. Bahkan, pantai ini terhubung langsung dengan hutan yang merupakan tempat tinggal bagi kawanan monyet. Jadi, Anda bisa berjemur di pantai dan juga berpetualang di hutan pada satu tempat yang sama.

Lokasi Pantai Nepa ada di Desa Nepa, Kec. Banyuates, Sampang. Pantai Nepa sudah dikelola menjadi tempat wisata oleh pemerintah setempat, sehingga kawasan pantai ini cukup bersih dan terdapat fasilitas-fasilitas yang dibutuhkan wisatawan.

Tempat Wisata di Madura Lainnya

Belum puas dengan 10 tempat wisata di atas? Tenang saja, Keluyuran masih memiliki rekomendasi tempat wisata lainnya yang bisa Anda kunjungi ketika sedang berada di Madura. Berikut daftar lengkapnya:

11. Pantai Rongkang

Pantai Rongkang

* sumber: travel.idntimes.com

Sebuah tempat wisata di Madura yang satu ini letaknya berada sangat dekat dengan Jembatan Suramadu. Ya, di Pantai Rongkang ini kita bisa melihat lampu-lampu di Jembatan Suramadu yang mulai menyala ketika senja menyapa.

Di sekitar pantai terdapat bebatuan besar yang berdiri sangat kokoh. Anda bisa bersantai di tepi pantai atau duduk di atas batu-batuan besar yang letaknya dekat dengan bibir pantai. Eksotisme Pantai Rongkang akan terasa lebih kental jika Anda berkunjung kemari saat malam hari. Dari pantai ini Anda bisa menikmati gemerlap lampu Jembatan Suramadu yang berwarna-warni.

12. Api Abadi

Api Abadi

* sumber: www.wisatamadura.or.id

Ingin lihat api yang tidak pernah padam meskipun disiram air sebanyak mungkin? Datang saja ke Desa Larangan Tokol, Kecamatan Tlanakan, Madura. Pasalnya, di sini terdapat sebuah objek wisata api abadi. Objek wisata ini dikelilingi pagar dan di dalamnya terdapat tanah yang dilingkari api. Menariknya, api ini tidak padam sekalipun sudah diguyur hujan lebat berkali-kali.

Yang membuat api abadi ini unik, apinya hanya mengitari bagian dalam pagar yang membatasinya. Warga sekitar tidak perlu khawatir apinya menjalar hingga ke rumah mereka. Wisatawan yang datang kemari banyak yang memanfaatkan api abadi ini untuk membakar ayam atau jagung yang memang dijual oleh penduduk sekitar. Berminat untuk mencoba?

13. Pantai Jumiang

Pantai Jumiang

Pantai memang merupakan objek wisata yang cukup banyak tersebar di Madura. Kali ini, kita akan membahas tempat wisata di Madura yang berupa pantai, yakni Pantai Jumiang. Usut punya usut, pantai ini adalah pantai yang paling terkenal di Pamekasan, lho.

Jarak pantai ini adalah 12 KM di sebelah tenggara Kota Pamekasan. Meskipun pasir pantainya tidak berwarna putih, tapi kondisi pantai ini sangat bersih dan membuat kita betah berada di sana. Pemandangan tebing-tebing di sekitar pantai menambah eksotisme dari Pantai Jumiang ini. Maklum, Pantai Jumiang memang merupakan pantai yang berada di dataran tinggi.

14. Bukit Kapur Arosbaya

Bukit Kapur Arosbaya

* sumber: dailyvoyagers.com

Bukan hanya Bukit Jaddih saja yang merupakan objek wisata bukit kapur di Madura, ternyata ada juga Bukit Kapur Arosbaya yang tidak kalah terkenal. Sama seperti Bukit Jaddih, tempat ini dulunya adalah penambangan kapur. Jadi, tak heran jika pahatan-pahatan di tebing kapur ini terlihat menarik karena dulunya merupakan bagian dari aktivitas penambangan.

Di tempat ini juga terdapat tangga-tangga yang terbuat dari pahatan kapur. Namun, Anda harus hati-hati ketika ingin menaiki tangga tersebut. Objek wisata di Arosbaya ternyata bukan cuma bukit kapur saja, tapi Anda juga bisa berziarah di pesarean Air Mata Ibu.

15. Wisata Bukit Geger

Wisata Bukit Geger

* sumber: wisatalengkap.com

Setelah puas berkunjung ke sejumlah pantai di Madura, saatnya Anda melipir sejenak ke sebuah tempat wisata alam yang menawarkan pemandangan hijau yang menyegarkan mata, namanya Wisata Bukit Geger. Ini adalah wisata hutan yang masih tampak asri, tetapi ada tebing-tebing besar yang jika dipanjat kita bisa menikmati pemandangan hijau yang menakjubkan dari ketinggian.

Yang membuat Wisata Bukit Geger semakin menarik adalah terdapat kawanan monyet hutan yang habitatnya berada di tempat wisata ini. Selain itu, tempat wisata di Madura ini juga memiliki beberapa gua, yakni Gua Petapan, Gua Potre, Gua Pancong, dan beberapa gua alami lainnya.

Tertarik untuk mengunjungi semua tempat wisata di Madura ini? Segera rencanakan perjalanan Anda ke Madura, Jawa Timur, sekarang juga. Atau jika Anda memiliki saran mengenai tempat wisata lain yang wajib dikunjungi ketika berada di Madura, tulis nama tempat wisata tersebut di kolom komentar.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *