10 Tempat Wisata Bagus di Magelang Selain Candi Borobudur

Ditulis oleh Linda

Selama ini, tempat wisata yang paling terkenal di Magelang adalah Candi Borobudur. Candi Budha yang dibangun pada tahun 750 M ini memang sangat terkenal hingga ke mancanegara. Bahkan, aktor Hollywood kawakan, Richard Gere, juga pernah berkunjung ke Candi Borobudur. Nah, sebagai rakyat Indonesia tentu saja kita merasa bangga bila tempat wisata di negara kita dikenal hingga ke mancanegara, bukan?

Namun, berada di Magelang bukan harus selalu singgah ke Candi Borobudur. Setelah menginap di hotel yang berada dekat di Candi Borobudur, Anda bisa melanjutkan perjalanan liburan untuk mengunjungi beberapa tempat wisata di Magelang yang direkomendasikan oleh Keluyuran berikut ini.

10 Tempat Wisata Di Magelang

1. Taman Kyai Langgeng

Taman Kyai Langgeng

* sumber: wisatane.com

Taman seluas 28 hektar ini merupakan tempat wisata di Magelang favorit para keluarga. Mengapa? Hal tersebut disebabkan karena taman yang sangat luas ini menawarkan suasana yang asri dan beragam hiburan yang menarik. Di Taman Kyai Langgeng, kita bisa melihat tumbuhan langka, patung dinosaurus dengan ukuran yang sangat besar, dan prototipe pesawat terbang.

Tak hanya sampai di situ, di taman ini ada tempat bermain anak dengan wahana seperti jet coaster, kolam renang, dan masih banyak lainnya. Lapar saat berada di sini? Tenang saja banyak kuliner lezat yang dijajakan di kawasan Taman Kyai Langgeng.

2. Ketep Pass

Ketep Pass Tempat Wisata Di Magelang

Ingin tahu tempat wisata yang sedang hits di Magelang? Datang saja ke Ketep Pass. Ini adalah dataran tinggi yang berada Desa Ketep, Kec. Sawangan, Magelang, tepatnya di Jalur Solo Selo Borobudur. Dari Ketep Pass, wisatawan bisa melihat pemandangan pegunungan, bukit, dan hamparan sawah yang luas. Bahkan, dari tempat ini Anda bisa melihat awan panas Gunung Merapi.

Untuk melihat pemandangan secara lebih jelas, Anda bisa membayar untuk melihat dengan teropong yang ada di Gardu Pandang dan Pelataran Pancar Arga. Selain itu, di sini juga terdapat bioskop mini dan museum vulkanologi.

3. Candi Ngawen

Candi Ngawen

Selain Candi Borobudur, ada pula tempat wisata berupa Candi Budha lainnya di Magelang, yakni Candi Ngawen. Candi ini berada di Kecamatan Muntilan, tepatnya berada dekat dengan Pasar Muntilan. Sebenarnya, Candi Ngawen ini terdiri dari 5 buah candi, tetapi hanya 1 candi saja yang masih nampak terlihat utuh.

Ada sebuah patung Budha dengan posisi duduk di salah satu candi, tetapi bagian kepala patung tersebut sudah hilang. Di sekitar candi terdapat sebuah taman yang bersih dan terawat. Anda bisa singgah ke Candi Ngawen untuk sekedar berfoto-foto karena lokasinya sendiri cukup asri.

4. Kawasan Wisata Kopeng

Kawasan Wisata Kopeng

Kopeng adalah jalur penghubung antara Kota Magelang dengan Salatiga. Jarak antara pusat Kota Magelang menuju ke Kopeng hanya 28 KM atau hanya perlu berkendara selama kurang lebih satu jam saja. Tempat wisata di Magelang ini memang selalu menjadi destinasi favorit para wisatawan, terutama di hari libur dan akhir pekan.

Kawasan Wisata Kopeng menawarkan berbagai hiburan yang menarik, Umbul Songo, Kalipancur, Gardu Pandang Kopeng, dan Pondok Harap di Dusun Cuntel. Secara keseluruhan, suasana di Kawasan Wisata Kopeng ini memang sangat menarik untuk dikunjungi.


5. Alun-Alun Kota Magelang

Alun-Alun Kota Magelang

* sumber: liburmulu.com

Tidak semua orang senang berwisata dengan menempuh perjalanan jauh. Jika Anda sedang berada di Kota Magelang dan bermaksud untuk berwisata di dalam kota saja, maka datanglah ke Alun-Alun Kota Magelang pada saat malam hari. Alun-alun ini berada di tempat ibadah Islam, Kristen, Katholik, dan Konghucu.

Tempat yang satu ini selalu ramai dan dipadati pengunjung saat malam hari. Di alun-alun ini terdapat menara air peninggalan zaman kolonial, tetapi masih berfungsi dengan baik hingga sekarang. Lengkapi saat santai Anda di Alun-Alun Kota Magelang ini dengan mencicipi kuliner yang dijajakan di sekitar kawasan alun-alun ini.

6. Candi Mendut

Candi Mendut

Sekitar 5 KM dari Candi Ngawen, terdapat Candi Mendut yang popularitasnya lebih besar dibanding Candi Ngawen. Bagian dalam candi ini berisi ruangan yang berisi altar tempat 3 arca Budha berdiri. Keunikan dari Candi Mendut ini terlihat jelas pada relief yang ada di dinding candi.

Walaupun tidak menempati taman yang asri seperti Candi Ngawen, tapi Candi Mendut tetap menjadi idola bagi masyarakat. Bahkan, jumlah pengunjung Candi Mendut saat ini juga sangat banyak. Apakah Anda juga berencana untuk berkunjung ke candi yang sangat bersejarah ini? Yuk, segera rencana kan perjalanan Anda ke Magelang!

7. Air Terjun Sekar Langit

Air Terjun Sekar Langit

Pernahkah Anda mendengar cerita rakyat tentang Jaka Tarub yang mencuri selendang seorang bidadari yang sedang mandi di sungai? Bagaimana jika kali ini Keluyuran mengajak Anda untuk mengunjungi sungai tersebut? Air Terjun Sekar Langit berada di Desa Telogorejo. Kec. Grabag, Magelan.

Di sungai yang berada di bawah air terjun setinggi 25 meter inilah konon seorang bidadari bernama Nawangmulan dan 6 bidadari lainnya turun dari kahyangan untuk mandi. Air yang mengalir di sungai di bawah air terjun memang tampak jernih dan terasa segar. Selain itu, air terjun ini juga sudah menjadi tempat wisata favorit bagi para wisatawan.

8. Gereja Ayam

Gereja Ayam

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram