Liburan ke 10 Tempat Wisata Seru di Magetan Ini Yuk!

Ditulis oleh - Diperbaharui 23 Juni 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Magetan merupakan kabupaten di sisi barat Provinsi Jawa Timur yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Ngawi, Kota Madiun, Kabupaten Ponorogo, serta Kabupaten Karang Anyar, Jawa Tengah. Magetan menjadi penghubung antara Surabaya dengan Yogyakarta, dimana kabupaten ini merupakan jalur utama Surabaya – Madiun – Yogyakarta.

Di Magetan terdapat banyak hal yang bisa dieksplor. Bagi kamu yang suka mendaki gunung, maka Magetan bisa menjadi destinasimu berikutnya, karena di sini terdapat Gunung Lawu yang memiliki warung tertinggi di Indonesia. Menarik bukan? Kali ini Keluyuran akan memberikan informasi tentang 10 tempat wisata di Magetan yang seru untuk dikunjungi. Simak ulasannya berikut ini ya!

1. Telaga Sarangan

Telaga Sarangan

Telaga Sarangan merupakan telaga alami di lereng Gunung Lawu dengan ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut, sehingga suhu di sini sangat dingin. Telaga seluas 30 hektare ini memiliki kedalaman 28 meter. Telaga Sarangan telah lama dijadikan destinasi wisata dan selalu ramai dikunjungi terlebih pada saat libur hari raya.

Di sini, kamu bisa mencoba wahana naik kuda yang mengelilingi Telaga Sarangan. Bukan hanya memiliki view yang cantik saja. Ada juga wisata kuliner yang terdapat sekitar Telaga Sarangan, dan salah satu hidangan khas Sarangan adalah sate kelinci yang wajib kamu coba ketika liburan ke sini.

  • Alamat: Sarangan, Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur
  • Operasional: 24 jam
  • Tiket masuk: Rp15.000/orang

2. Air Terjun Pundak Kiwo

Air Terjun Pundak Kiwo

* sumber: heikaku.com

Berada di kaki Gunung Lawu, tentu Magetan memiliki air terjun yang memesona. Air Terjun Pundak Kiwo masih berlokasi di satu kecamatan yang sama dengan Telaga Sarangan, tepatnya terletak di sebelah selatan Sarangan. Kamu bisa menjadikan Air Terjun Pundak Kiwo sebagai alternatif wisata alam di lereng Gunung Lawu.

Air Terjun Pundak Kiwo sangat cantik dengan bebatuan yang berundak dan aliran air yang cukup deras. Jika kamu datang pada musim hujan, aliran airnya akan lebih deras lagi. Air Terjun Pundak Kiwo bisa kamu akses menggunakan sepeda motor. Setibanya di area parkir, kamu perlu berjalan kaki sejauh 500 meter untuk bisa sampai di air terjun ini.

  • Alamat: Kawil, Ngancar, Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur
  • Operasional: 24 jam
  • Tiket masuk: Rp5.000/orang

3. Candi Sadon

Candi Sadon

Kabupaten Magetan tak lepas dari cerita sejarah zaman dahulu. Di sini terdapat Candi Sadon yang berlokasi di Desa Cepoko. Candi Sadon disebut juga sebagai Candi Reog karena di sini terdapat Kalamakara, yaitu arca yang wajahnya mirip dengan kepala Singabarong dalam budaya Reog Ponorogo.

Candi Sadon sempat rusak akibat tangan orang tidak bertanggung jawab. Kemudian pada tahun 1969, dilakukan penataan kembali batu-batu yang ada di Candi Sadon hingga akhirnya, Candi Sadon dijadikan sebagai destinasi wisata sejarah bagi wisatawan.

  • Alamat: Sadon, Pandak, Cepoko, Kabupaten Magetan, Jawa Timur
  • Operasional: 24 jam
  • Tiket masuk: Rp3.000/orang

4. Mojosemi Forest Park

Mojosemi Forest Park

* sumber: pesona.travel

Ingin camping dengan suasana yang berbeda? Di Magetan ada tempat bernama Mojosemi Forest Park. Letaknya tak jauh dari Telaga Sarangan, hanya berkisar 2 kilometer. Hutan Mojosemi terdiri dari pepohonan yang usianya sudah lebih dari ratusan tahun. Di sini, kamu bisa melihat pohon pinus, puspa, jajumu, hingga ekaliptus.

Mojosemi Forest Park tak sekadar hutan dengan pepohonan rimbun saja. Di sini kamu bisa mencoba sensasi glamour camping atau biasa disebut glamping di tengah Hutan Mojosemi. Ada banyak tempat menginap yang bisa dipilih, mulai dari menginap dalam tenda, hingga di rumah kayu sederhana. Di sini sudah disediakan toilet bersih dan tempat ibadah agar liburan semakin nyaman.

  • Alamat: Jl. Raya Sarangan, Cemorosewu, Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur
  • Operasional: 09.00 – 16.00 WIB
  • Tiket masuk: Rp20.000/orang

5. Taman Wisata Genilangit

Taman Wisata Genilangit

Taman Wisata Genilangit menjadi tempat wisata yang selalu diincar oleh masyarakat Magetan dan sekitarnya. Di sini, pengunjung dapat menikmati pemandangan dengan cara-cara yang unik, mulai dari gardu pandang berbentuk perahu, hingga ayunan yang bisa kamu coba. Ada banyak spot untuk menikmati pemandangan di Taman Wisata Genilangit.

Taman Wisata ini berada di sebelah barat daya Magetan. Meski jauh dari pusat kota, Taman Wisata Genilangit mudah diakses menggunakan kendaraan pribadi. Di sini sudah disediakan berbagai fasilitas penunjang wisata, sehingga kamu bisa lebih nyaman untuk berlibur ke sini.

  • Alamat: Genilangit, Poncol, Kabupaten Magetan, Jawa Timur
  • Operasional: 08.00 – 17.00 WIB
  • Tiket masuk: Rp5.000/orang

6. Sumber Sejok

Sumber Sejok

* sumber: wulandesember1412.blogspot.com

Bermain air di sumber air alami tentu mengasyikkan. Hal itu bisa kamu lakukan ketika berlibur ke Magetan. Di bagaian selatan Magetan, ada sebuah sumber air yang diberi nama Sumber Sejok. Di sini, kamu bisa menikmati dumber mata air yang masih alami dan tentunya sejuk.

Sumber Sejok menyuguhkan pemandangan yang masih asri. Kolam alaminya tidak terlalu besar, teteapi memiliki air yang jernih dan segar berasal dari perut bumi. Kamu bisa berenang dan bermain air di Sumber Sejok. Kedalaman airnya hingga 3 meter. Jadi, jika tidak terlalu lancer berenang kamu perlu berhati-hati.

  • Alamat: Ngablak, Krajan, Parang, Kabupaten Magetan, Jawa Timur
  • Operasional: 24 jam
  • Tiket masuk: Gratis

7. Prasasti Sendang Kamal

Prasasti Sendang Kamal

Selain Candi Sadon di Cepoko, ada pula Prasasti Sendang Kamal yang bisa dijadikan sebagai destinasi untuk wisata sejarah. Prasasti Sendang Kamal terdapat empat buah Watu Gilang, dan tiga prasasti yang terletak di bagian selatan sumber air. Prasasti Sendang Kamal dikenal juga dengan Prasasti Kawambang Kulwan.

Prasasti Sendang Kamal berisi informasi ditetapkannya sima di Desa Kawambang Kulwan dan tentang pendirian bangunan suci untuk Dewa Siwa serta ajaran kitab Siwasasana. Di sini kamu bisa melihat langsung prasasti tersebut yang ditulis dalam bahasa Jawa. Namun sebagian prasasti sudah disimpan di Museum Nasional.

  • Alamat: Sumber, Kraton, Maospati, Kabupaten Magetan, Jawa Timur
  • Operasional: 24 jam
  • Tiket masuk: Gratis

8. Telaga Wahyu

Telaga Wahyu

* sumber: pesona.travel

Selain Telaga Sarangan, di lereng Gunung Lawu ada juga Telaga Wahyu. Tempat ini biasa digunakan pengunjung untuk mincing ikan, sehingga tempat ini terbilang masih cukup sepi jika dibandingkan dengan Telaga Sarangan. Padahal, pemandangan di sini tak kalah cantiknya karena dikelilingi bukit serta pepohonan hijau.

Telaga Wahyu disebut juga dengan Telaga Wurung. Dalam bahasa Jawa, “wurung” berarti “tidak jadi”. Nama ini didapatkan dari mitos yang beredar, kalau pasangan yang datang ke Telaga Wahyu maka hubungannya akan berakhir di tengah jalan, sehingga disebut telaga yang tidak jadi. Meski begitu, Telaga Wahyu tetap bisa kamu jadikan sebagai destinasi wisatamu.

  • Alamat: Plaosan III, Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur
  • Operasional: 24 jam
  • Tiket masuk: Rp5.000/orang

9. Kedung Ngancar

Kedung Ngancar

* sumber: alviya.com

Kedung Ngancar adalah salah satu tempat wisata tersembunyi di Magetan yang belum banyak terjamah wisatawan. Di sini terdapat kolam alami dengan nuansa alam yang indah dan masih asri. Kolam alami di Kedung Ngancar cukup dalam. Jadi kamu tetap perlu hati-hati ketika berenang di sini.

Kedung Ngancar memili air yang jernih berwarna kehijauan. Terdapat tebing yang mengelilingi kolam membuat tempat ini memberi kesan private bagi pengunjung. Kamu bisa mengapung di air sambil menikmati suara gemericik air yang menenangkan.

  • Alamat: Ngancar, Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur
  • Operasional: 24 jam
  • Tiket masuk: Gratis

10. Gunung Lawu

Gunung Lawu

* sumber: www.journeyofindonesia.com

Gunung Lawu merupakan salah satu gunung tertinggi di Pulau Jawa yang terletak di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur. Gunung dengan ketinggian 3.265 meter di atas permukaan laut ini menjadi gunung yang disakralkan oleh masyarakat setempat. Uniknya, di puncak Gunung Lawu terdapat warung yang diklaim sebagai warung tertinggi di Indonesia.

Gunung Lawu bisa kamu daki melalui tiga jalur resmi yaitu Candi Cetho, Cemoro Kandang di Karanganyar Jawa Tengah, dan satu-satunya jalur dari Jawa Timur adalah Cemoro Sewu yang terletak di Kabupaten Magetan.

Pendakian Gunung Lawu melalui Cemoro Sewu, Magetan, menjadi jalur terpendek diantara yang lainnya, hanya sekitar 8 jam pendakian, tergantung kondisi fisik pendaki. Tertarik untuk mendaki Gunung Lawu?

  • Alamat: Hutan, Pacalan, Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur
  • Operasional: 24 jam
  • Tiket masuk: Rp20.000/orang

Nah, itu dia 10 tempat wisata di Magetan, Jawa Timur. Ada banyak hal yang bisa kamu eksplor di sisi barat Provinsi Jawa Timur ini. Mulai dari wisata sejarah hingga mendaki gunung bisa kamu lakukan. Sudah siap keluyuran ke Magetan?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *