Yuk, Kunjungi 10 Tempat Wisata Seru di Majalengka Ini!

Ditulis oleh - Diperbaharui 1 Maret 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Selain punya ragam makanan khas yang lezat, Kabupaten Majalengka juga terkenal memiliki banyak tempat wisata yang menarik dan wajib untuk Anda kunjungi.

Pada kesempatan kali ini, Keluyuran akan membahas mengenai 10 tempat wisata di Majalengka yang populer dan tentu saja cocok untuk dijadikan tempat berfoto ria maupun untuk sekadar melepas lelah. Bagaimana, Anda penasaran? Eits, kalau berlibur ke Majalengka, jangan cuma mengunjungi tempat wisatanya saja. Anda juga wajib untuk mencicipi makanan khasnya. Jika Anda penasaran dan ingin mengetahui makanan enak apa saja yang ada di Kota Angin, simak artikel Keluyuran yang membahas 10 Makanan Khas Majalengka ini.

10 Tempat Wisata di Majalengka

1. Telaga Herang

telaga herang

* sumber: ngabolangngabolang.blogspot.com

Telaga Herang atau Talaga Herang adalah salah satu tempat wisata di Majalengka yang wajib untuk Anda kunjungi. Talaga Herang adalah sebuah danau kecil yang lokasinya berada di distrik Sindangwangi, Majalengka.

For your information, air danau ini berasal dari Gunung Ceremai yang terletak di dua wilayah, yakni Kabupaten Majalengka dan Kabupaten Kuningan. Air danau ini sangat jernih, sehingga bebatuan terjal yang ada di danau maupun ikan-ikan yang ada di sana dapat terlihat dengan jelas. Karena airnya yang jernih itulah, danau dengan pemandangan indah ini dinamakan Telaga Herang yang berarti danau yang memiliki air jernih.

Pengunjung kawasan wisata ini tidak hanya datang dari wilayah kabupaten Majalengka saja, melainkan datang dari berbagai daerah lainnya. Anda tertarik untuk mengunjungi Telaga Herang ini?

2. Lembah Panyaweuyan

lembah panyaweuyan

* sumber: blog.reservasi.com

Selain kawasan wisata Telaga Herang yang cantik, Kabupaten Majalengka juga punya Lembah Panyaweuyan yang merupakan kawasan wisata terasering di Argapura, Majalengka. Kawasan wisata Lembah Panyaweuyan ini sering dikunjungi para pelancong dan photographer. Biasanya mereka datang untuk memotret karena keindahan pemandangan yang ditawarkan oleh kawasan wisata ini.

Reservasi juga menuturkan, Lembah Panyaweuyan ini berjarak sejauh 20 sampai 22 km saja dari pusat kota. Nah, katanya, jika perjalanan lancar, tidak macet dan tidak ada hambatan, waktu tempuhnya hanya 60 menit saja.

Lembah Panyaweuyan ini cocok untuk Anda kunjungi di pagi maupun sore hari saat matahari terbit dan terbenam. Anda yang ingin berlibur sembari melepas lelah bisa datang ke tempat ini bersama teman, keluarga dan kekasih tercinta.

3. Kebun Teh Cipasung

kebun teh cipasung

* sumber: piknikasik.com

Bukan cuma kawasan Lembang dan Pangalengan saja yang terkenal dengan wisata kebun tehnya. Kabupaten Majalengka juga punya Kebun Teh Cipasung yang menawarkan pemandangan yang tidak kalah indah.

Kawasan wisata kebun teh ini berada di Desa Lemahsugih, Cipasung, Kabupaten Majalengka. Tepatnya berjarak sekitar kurang lebih sejauh 59 km dari pusat kota dengan waktu tempuh selama 1,5 hingga 2 jam. Ihategreenjello juga menuturkan, kawasan wisata Kebun Teh Cipasung ini berbatasan langsung dengan Kabupaten Ciamis serta Tasikmalaya.

Bukan cuma kawasan wisata Telaga Herang saja yang dikunjungi banyak wisatawan, Kebun Teh Cipasung juga menjadi destinasi favorit banyak orang saat berkunjung ke Kota Angin, Majalengka. Nah, kalau Anda ingin berfoto ria di kebun teh atau sekadar menikmati pemandangan indah dari hamparan daun teh berwarna hijau yang cantik, Anda dapat berkunjung kemari.

4. Cadas Gantung

cadas gantung

* sumber: blog.reservasi.com

Kalau Bandung punya Tebing Keraton, Kota Angin Majalengka punya tempat wisata tandingan yang dinamakan Cadas Gantung. Tebing Cadas Gantung yang berada di Desa Mirat, Leuwimunding, Majalengka ini juga adalah salah satu tempat wisata favorit yang banyak dikunjungi para wisatawan.

Sayangnya, untuk sampai di kawasan wisata Cadas Gantung ini tidaklah mudah. Anda harus melewati jalanan yang curam, menanjak dan berkelok-kelok. Pendek kata, akses ke tempat wisata ini tidak semudah ke tempat wisata lainnya yang ada di Majalengka.

Anda tertarik untuk mengunjungi Tebing Cadas Gantung ini? Tenang, meskipun jalan yang dilewati kurang mulus dan mungkin menimbulkan rasa lelah, semuanya akan terbayar dengan pemandangan indah yang ada di sana.

5. Curug Muara Jaya

curug muara jaya

* sumber: www.libmagz.com

Selanjutnya, ada kawasan wisata Curug Muara Jaya atau air terjun Muara Jaya. Tempat wisata ini berada tak jauh dari kawasan wisata Lembah Panyaweuyan dan berjarak sekitar 21 kilometer jauhnya dari pusat kota Kabupaten Majalengka.

Curug Muara Jaya ini merupakan salah satu wisata air terjun paling populer di Majalengka. Air terjun ini juga adalah air terjun tertinggi yang ada di Kota Angin.

Banyak wisatawan yang berkunjung ke sini untuk sekadar berfoto atau menikmati keindahan curug yang menurut infomajalengka, punya tiga undakan dengan undakan paling tinggi sekitar 73 meter. Bagaimana. Anda tertarik untuk mengunjungi kawasan wisata air terjun Muara Jaya ini? Jangan lupa siapkan kamera untuk berfoto, ya. Eits, tapi, utamakan juga keselamatan Anda saat berkunjung ke air terjun ini.

6. Petilasan Prabu Siliwangi

petilasan prabu siliwangi

* sumber: ulinulin.com

Selanjutnya, ada petilasan Prabu Siliwangi yang diyakini masyarakat sebagai tempat terakhir sang Pangeran menghilang. Petilasan Prabu Siliwangi berada di Kampung Pejajar, Kecamatan Rajagaluh, Kabupaten Majalengka. Tempat wisata ini memiliki dua telaga yang cantik. Telaga-telaga tersebut dinamakan Telaga Emas dan Telaga Pancuran.

Oleh masyarakat sekitar, air dari kedua telaga tadi dianggap suci, lho. Oh ya, di kawasan wisata ini juga kabarnya terdapat pohon yang ditanam oleh Presiden pertama Republik Indonesia, Soekarno.

Masih menurut ulinulin, di tempat ini ada area khusus untuk outbond hingga kolam renang, lho. Bagaimana, Anda tertarik untuk mengunjungi petilasan Prabu Siliwangi ini?

7. Curug Cipeuteuy

curug cipeuteuy

* sumber: cireboncinnamon.com

Kabupaten Majalengka terkenal memiliki banyak air terjun atau dalam bahasa Sunda disebut dengan curug. Selain Curug Muara Jaya yang merupakan air terjun tertinggi di Majalengka, Kota Angin juga punya Curug Cipeuteuy atau air terjun Cipeuteuy dengan pemandangan yang tidak kalah indah dari curug-curug lainnya yang ada di sana.

Curug ini dinamakan “Cipeuteuy” karena kabarnya, dulu di kawasan ini terdapat pohon petai atau dalam bahasa Sunda disebut Peuteuy. Pohon petai tersebut bukanlah pohon petai biasa, melainkan pohon petai yang sangat besar.

Kini, kawasan wisata air terjun ini dikunjungi banyak wisatawan dan menjadi destinasi favorit untuk melepas lelah kala berlibur di Kota Angin. Anda ingin berkunjung kemari?

8. Wisata Paralayang Gunung Panten

tempat wisata di majalengka paralayang

* sumber: uncleseronok.blogspot.com

Majalengka juga punya wisata paralayang di Gunung Panten yang telah mendapatkan penghargaan tingkat nasional Pesona Indonesia 2018 sebagai kawasan obyek wisata yang masuk dalam kategori Wisata Olah Raga Petualangan Terpopuler.

Obyek wisata ini berada di Blok Gunung Panten, Desa Sidamukti, Kecamatan Majalengka, Kabupaten Majalengka. Pikiran Rakyat juga menyebutkan, tempat ini berada tak jauh dari pusat Kota Kabupaten yang dijuluki Kota Angin tersebut.

Wisata paralayang di Gunung Panten dibangun oleh salah seorang tokoh di Majalengka sekitar sepuluh tahun silam. Objek wisata ini tidak hanya menawarkan wisata paralayang saja, melainkan ada outbond hingga flying fox. Anda tertarik?

9. Situ Cikuda

Tempat Wisata Situ Cikuda di Majalengka

* sumber: majalengka-go.blogspot.com

Selain Talaga Herang, Majalengka juga punya Situ Cikuda. Situ Cikuda adalah objek wisata yang terletak di Desa Padaherang, Kecamatan Sindangwangi, Kabupaten Majalengka. Kawasan wisata ini berada sekitar 25 kilometer jauhnya dari pusat kota.

Situ Cikuda adalah danau dengan air berwarna kehijauan yang memiliki luas sekitar 2 hektar. Infomajalengka juga menuturkan, Situ Cikuda cocok untuk Anda yang hobi memancing maupun hobi fotografi karena memiliki pemandangan yang sangat indah.

10. Jembar Waterpark

jembar waterpark

* sumber: tempatwisataunik.com

Nah, kalau Anda berlibur ke Kabupaten Majalengka sambil membawa si kecil, Anda dapat mengunjungi Jembar Waterpark. Jembar Waterpark yang cocok untuk anak-anak ini merupakan objek wisata berkonsep dinosaurus yang tentunya menarik bagi si kecil. Di Jembar Waterpark terdapat kolam renang khusus anak-anak maupun dewasa. Ada juga wahana waterboom dan perosotan yang tentunya asyik untuk dicoba.

Jembar Waterpark juga memiliki fasilitas lengkap, seperti mushola, kamar ganti, kamar bilas, gazebo dan toilet. Anda juga dapat menyewa baju renang di sini. Jadi, jika Anda tidak membawa baju renang sendiri, Anda tidak perlu khawatir. Kalau tertarik ke tempat ini, bisa datangi Ranji Wetan, Kasokandel, Majalengka.

Nah, itulah 10 tempat wisata di Majalengka yang wajib untuk Anda kunjungi. Jika Anda tertarik untuk berkunjung, jangan lupa ajak sanak saudara, teman Anda untuk jalan-jalan bersama, ya.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *