Keluyuran / Makassar / Traveling ke Kota Daeng, Ini 10 Tempat Wisata di Makassar

Traveling ke Kota Daeng, Ini 10 Tempat Wisata di Makassar

Ditulis oleh - Diperbaharui 18 November 2019

Makassar Kota Daeng! Kalau bicara soal kota ini, apa yang ada di pikiranmu? Coto Makassar, Sop Konro, atau Pantai Losari? Ketiga hal tersebut memang identik dengan Kota Makassar yang merupakan salah satu kota terbesar di Indonesia. Tak hanya terkenal dengan perantau dan kulinernya yang dikenal masyarakat, Makassar juga menyimpan banyak objek wisata yang sayang untuk dilewatkan.

Salah satu tempat wisata yang paling banyak dikenal orang adalah Pantai Losari. Selain itu, masih ada banyak lagi destinasi yang bisa kamu kunjungi di Kota Daeng ini. Meski termasuk kota besar, Makassar juga memiliki bangunan bersejarah lho. Daripada penasaran, langsung saja simak 10 tempat wisata di Makassar yang menarik untuk dikunjungi!

1. Pantai Losari

Pantai Losari (Copy)

* sumber: backpackerjakarta.com

Ini nih, pantai paling terkenal di Sulawesi Selatan. Menjadi icon Kota Makassar, Pantai Losari selalu ramai dikunjungi. Baik oleh wisatawan dari luar daerah, maupun pengunjung dari dalam kota. Pantai ini identik dengan tulisan “PANTAI LOSARI” yang sering dijadikan sebagai tempat untuk berfoto.

Waktu terbaik mengunjungi Pantai Losari adalah saat jelang matahari terbenam. Posisinya yang berada di sebelah barat, membuat pantai ini menyajikan panorama sunset yang sangat cantik. Tak heran, banyak pengunjung datang ke sini pada saat matahari terbenam. Hingga malam hari, Pantai Losari tak pernah kehabisan pengunjung.

  • Alamat : Jl. Metro Tanjung Bunga, Maloku, Ujung Pandang, Kota Makassar
  • Waktu Operasional : Setiap hari, 24 jam
  • Tiket Masuk : Gratis

2. Fort Rotterdam

Fort Rotterdam (Copy)

* sumber: makassar.terkini.id

Fort Rotterdam dibangun pada tahun 1545 oleh Raja Gowa X, dan merupakan peninggalan bersejarah dari Kesultanan Gowa yang berjaya pada abad ke-17. Benteng Fort Rotterdam adalah benteng paling besar di antara 17 benteng yang mengitari Makassar. Benteng terbesar di Makassar ini ketebalan dindingnya mencapai 2 meter. Kuat dan kokoh!

Berada di daerah Ujung Pandang, tempat ini dikenal juga dengan nama Benteng Ujung Pandang. Awal mulanya, tempat ini dijadikan sebagai pusat perdagangan dan gudang hasil bumi, serta pusat pemerintahan Belanda di Timur Indonesia. Kini, Fort Rotterdam difungsikan sebagai Pusat Kebudayaan Makassar. Sehingga tetap bersih dan terawat.

  • Alamat : Jl. Ujung Pandang, Bulo Gading, Ujung Pandang, Kota Makassar
  • Waktu Operasional : Setiap hari, 06.00 – 18.00 WITA
  • Tiket Masuk : Gratis

3. Bugis Waterpark

Bugis Waterpark (Copy)

Water park selalu dijadikan sebagai tujuan wisata yang menyenangkan dan disukai anak-anak. Sama seperti kota besar lain di Indonesia, Makassar juga memiliki water park yang namanya disesuaikan dengan suku asli Kota Daeng ini. Bugis Waterpark namanya. Waterpark ini memiliki wahana air yang bervariasi dan dilengkapi fasilitas penunjang wisata yang sayang untuk dilewatkan.

Wahana yang terdapat di sini, diantaranya; Aquatube, Freefall, Lazy River, Kids Pool, Rafting Slide, Body Slide, Multi Slide, Whirl Pool, dan Main Pool. Beberapa fasilitas bisa kamu nikmati di sini, seperti gazebo untuk beristirahat yang disewakan mulai dari Rp1.000.000 untuk 5 unit gazebo, 1 kamar bilas, 1 toilet, dan 5 loker. Cocok untuk digunakan bersama keluarga.

  • Alamat : Jl. Bukit Baruga Raya, Antang, Mangala, Kota Makassar
  • Waktu Operasional : Senin – Jumat, 09.00 – 18.00 WITA
  • Tiket Masuk : Senin – Jumat Rp150.000, Sabtu Rp180.000, Minggu Rp200.000

4. Trans Studio Makassar

Trans Studio Makassar (Copy)

Trans Studio Makassar merupakan taman hiburan indoor terbesar ke-2 di Indonesia setelah Trans Studio Bandung, yang dibangun di lahan seluas 2,7 hektar dan didirikan pada tahun 2009. Hingga kini, Trans Studio masih menjadi tempat wisata favorit bagi semua kalangan di Kota Makassar!

Diengkapi dengan 22 wahana permainan yang siap untuk memacu adrenalinmu, di sini juga kamu bisa mengajak anak belajar hal baru di Science Center. Tak hanya seru namun juga menambah wawasan. Pada waktu tertentu, Trans Studio mengadakan promo yang akan menambah keseruan liburanmu.

  • Alamat : Jl. Metro Tanjung Bunga, Maccini Sombala, Tamalate Kota Makassar
  • Waktu Operasional : Setiap hari, 09.00 – 20.00 WITA
  • Tiket Masuk : Senin – Jumat Rp150.000, Sabtu & Minggu Rp200.000

5. Pulau Kayangan

Pulau Kayangan (Copy)

* sumber: backpackerjakarta.com

Ingin bersantai di tengah padatnya Kota Makassar? Kamu bisa menyeberang ke Pulau Kayangan yang berjarak kurang lebih 1 km dari Kota Makassar. Menuju ke sini, kamu perlu menggunakan perahu dari pelabuhan dekat Benteng Fort Rotterdam dengan harga Rp15.000 saja untuk menempuh waktu 15 menit.

Di pulau ini, kamu bisa berkeliling pulau yang memiliki luas sekitar 2 hektar, bermain di tepi pantai, snorkeling, hingga membangun tenda. Di sini juga disediakan resort untuk beristirahat sejenak dari hiruk pikuk kota.

  • Alamat : Lae-Lae, Ujung Pandang, Kota Makassar
  • Waktu Operasional : Setiap hari, 24 jam
  • Tiket Masuk : Gratis
  • Tarif perahu : Rp40.000 pulang pergi.

6. Pelabuhan Paotere

Pelabuhan Paotere (Copy)

Kamu tahu kapal phinisi yang besar, mewah, dan sering digunakan untuk sailing di Labuan Bajo? Kapal tersebut berasal dari Makassar lho. Jika kamu ingin melihat kapal phinisi yang beragam, kamu bisa datang ke Pelabuhan Paotere. Pelabuhan ini merupakan salah satu aset dari Kerajaan Gowa Tallo pada abad ke-14.

Masyarakat Bugis dikenal sebagai pelaut ulung. Maka tak heran, di pelabuhan ini bisa kamu temui beragam jenis kapal phinisi yang siap dikirimkan ke pulau-pulau lain di Indonesia. Kapal-kapal yang tersedia di sana juga dijadikan sebagai mata pencaharian masyarakat sekitar yang rata-rata bekerja sebagai nelayan. Di sini, kamu bisa mengenal jenis kapal dan nelayan!

  • Alamat : Pelabuhan Paotere, Gusung, Kota Makassar
  • Waktu Operasional : Setiap hari, 05.00 – 17.00 WiTA
  • Tiket Masuk : Rp7.500/orang

7. Danau Mawang

Danau Mawang (Copy)

* sumber: www.kompasiana.com

Jika di Sumatera Utara ada Danau Toba, Makassar memiliki Danau Mawang yang memiliki arti Danau “Terapung”. Tempat ini merupakan salah satu destinasi wisata menarik di Sulawesi Selatan. Secara administratif, Danau Mawang masuk ke dalam wilayah Kabupaten Gowa dan berjarak kurang lebih 16 km dari Kota Makassar.

Danau Mawang memiliki luas sekitar 50 hektar dengan panjang 1,4 km dari barat ke timur. Di sisi selatan, terdapat tanggul yang biasanya menjadi tempat strategis untuk melihat sunset dan sunrise. Jika kamu suka memancing, sangat tepat kalau berlibur ke sini karena Danau Mawang merupakan salah satu tempat budidaya ikan air tawar di Kabupaten Gowa.

  • Alamat : Mawang, Somba Opu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan
  • Waktu Operasional : Setiap hari, 24 jam
  • Tiket Masuk : Gratis

8. Taman Maccini Sombala

Taman Maccini Sombala (Copy)

*

Suka jalan-jalan ke taman? Di Makassar ada Taman Maccini Sombala yang menjadi tempat rekreasi bagi masyarakat Makassar pada libur akhir pekan. Taman seluas 4 hektar yang merupakan ruang terbuka hijau di tengah Kota Makassar ini di dalamnya terdapat jogging track, cycling track, jalur pedestrian, lavatory, gazebo, dan bangku taman.

Biasanya, masyarakat sekitar datang ke sini untuk berolahraga atau sekadar rekreasi bersama keluarga. Meski begitu, Taman Maccini Sombala terbilang masih sepi dibandingkan dengan taman lainnya di Kota Makassar dan recommended untuk dikunjungi.

  • Alamat : Maccini Sombala, Tamalate, Kota Makassar
  • Waktu Operasional : Setiap hari, 06.00 – 20.00 WITA
  • Tiket Masuk : Gratis

9. Museum Balla Lompoa

Museum Balla Lompoa (Copy)

* sumber: harmonitour.wordpress.com

Museum Balla Lompoa merupakan bekas istana raja-raja Gowa yang dibangun pada tahun 1936. Di sini menyimpan benda-benda bersejarah peninggalan Kerajaan Gowa. Salah satunya adalah Mahkota Gowa atau Salokoa. Mahkota tersebut terbuat dari emas murni, dibuat pada abad ke-14 dan pertama kali dipakai oleh Raja Gowa.

Secara administratif, Museum Balla Lompoa terletak di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Dari Kota Makassar, kamu perlu menempuh 10 km untuk menuju ke sini. Di museum ini juga tersedia benda bersejarah lain. Jika kamu suka wisata sejarah, jangan lewatkan untuk datang ke Museum Balla Lompoa, ya.

  • Alamat : Jl. KH. Wahid Hasyim No. 39. Sungguminasa, Somba Opu, Kabupaten Gowa
  • Waktu Operasional : Setiap hari, 08.00 – 16.00 WITA
  • Tiket Masuk : Gratis

 10. Baruga Somba Opu

Baruga Somba Opu (Copy)

* sumber: explorationsulsel.blogspot.com

Sulawesi Selatan tak lepas dari wisata budaya. Setelah Fort Rotterdam, ada pula Baruga Somba Opu yang terdapat benteng peninggalan Kerajaan Gowa. Secara administratif, Baruga Somba Opu terletak di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Tak jauh dari Kota Makassar, hanya sekitar 8 km saja kamu bisa sampai di sini.

Baruga Somba Opu merupakan rumah adat Sulawesi Selatan yang masuk ke dalam bagian dari Benteng Somba Opu. Kalau kamu suka wisata budaya, tepat sekali datang ke sini. Di dalam komplek Benteng Somba Opu, terdapat Baruga dan museum. Di sini sering diadakan berbagai upacara adat juga lho!

  • Alamat : Benteng Somba Opu, Barombong, Kabupaten Gowa
  • Waktu Operasional : Setiap hari, 08.00 – 18.00 WITA
  • Tiket Masuk : Rp10.000

Demikian informasi tentang 10 tempat wisata di Makassar yang bisa kamu kunjungi ketika libur akhir pekan ataupun libur panjang. Selain tempat yang disebutkan di atas, masih banyak lagi tempat wisata di Makassar yang bisa kamu kunjungi. Jadi, sudah ada rencana ke Makassar?

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *