10 Tempat Wisata di Malang yang Menarik untuk Dikunjungi

Ditulis oleh - Diperbaharui 1 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Selama ini, wisatawan menganggap bahwa tempat wisata di Batu lebih seru dan variatif ketimbang tempat wisata yang berada di Malang. Batu dan Malang adalah dua kota yang berbeda tapi memang berdampingan. Jadi, wajar jika wisatawan kerap membedakan tempat wisata di kedua kota ini.

Malang identik dengan kota yang cukup berkembang, sedangkan Batu lebih identik dengan suasana pegunungan dengan tempat-tempat wisata yang variatif. Namun, tahukah kamu bahwa Malang sebenarnya juga memiliki beberapa pilihan tempat wisata yang menarik dan juga menyenangkan? Keluyuran akan membahas tuntas mengenai tempat wisata yang wajib kamu kunjungi ketika berada di Malang.

1. Mata Air Sumber Sirah

Mata Air Sumber Sirah

* sumber: www.dakatour.com

Berenang di kolam renang mungkin sudah biasa, tapi kamu pasti belum pernah mencoba berenang langsung di mata air yang sangat jernih. Adalah Mata Air Sumber Sirah yang menawarkan sumber air yang sangat jernih. Saking jernihnya, kamu bisa mengambil foto di dalam air, lho. Tentu saja hal ini membuatnya jadi tempat wisata yang hits di kalangan muda-mudi.

Keistimewaan mata air ini terletak pada ganggang hijau di dalam air yang membuat suasana jadi lebih segar. Pengunjung bebas berenang dan snorkeling di dalam sumber air yang cukup luas ini. Kalau tidak bisa berenang, tempat ini juga menyewakan ban renang dengan harga Rp 5.000/ban.

  • Alamat: Jalan Sunan Kalijaga I RT.05/RW.02, Putuk Utara, Putukrejo, Gondanglegi, Malang
  • Telepon: 0856-0890-3100
  • Jam Operasional: Setiap hari pukul 07:00 – 17:00
  • Harga Tiket: Rp 1.000/orang

2. Candi Singosari

Candi Singosari

* sumber: www.alamasedy.com

Malang juga memiliki tempat wisata sejarah, salah satunya adalah Candi Singosari. Candi peninggalan Hindu-Buddha ini berlokasi di lembah yang berada di antara Pegunungan Tengger dan Gunung Arjuna. Jadi, dapat dipastikan bahwa pemandangan di sekitar candi ini memang terlihat sangat indah dan menyejukkan mata.

Walaupun candinya tidak terlalu besar dan kompleknya pun tidak terlalu luas, tetapi Candi Singosari bisa menjadi tempat wisata yang Instagramable, lho. Terbukti sudah banyak para fotografer yang hunting foto di sini atau justru menggelar sesi pemotretan pre-wedding di candi ini.

  • Alamat: Jl. Kertanegara No.148, Candirenggo, Kec. Singosari, Malang
  • Jam Operasional: Setiap hari pukul 08:00 – 17:00
  • Harga Tiket: Gratis (bisa memberi seikhlasnya)

3. Pantai Ngliyep

Pantai Ngliyep

* sumber: wisataid.com

Malang memang terkenal dengan pantai-pantainya yang eksotis dan belum banyak terjamah oleh tangan manusia. Salah satu pantai terkenal di Malang adalah Pantai Ngliyep. Pantai ini berbatasan langsung dengan Samudera Hindia sehingga ombaknya cukup besar dan wisatawan yang berkunjung kemari tidak disarankan untuk berenang di sini.

Keindahan Pantai Ngliyep tidak berasal dari lautnya saja, tetapi juga dari pasir putihnya yang bersih, tebing-tebing tinggi yang nampak berdiri dengan kokoh, dan hamparan hutan tropis di sekitarnya. Pantai ini sendiri sudah mulai ramai dikunjungi, tetapi pengunjungnya tidak terlalu banyak sehingga kamu masih bisa memperoleh ketenangan ketika bersantai di Pantai Ngliyep.

  • Alamat: Desa Kedungsalam, Donomulyo, Malang (62km dari Kota Malang)
  • Jam Operasional: Setiap hari pukul 08:00 – 18:00
  • Harga Tiket: Rp 15.000/orang

4. Hawai Waterpark

Hawai Waterpark

* sumber: malangvoice.com

Ingin mengajak anak berlibur di Malang? Tenang saja, Malang juga memiliki tempat wisata yang ‘ramah’ untuk anak-anak kok, yakni Hawai Waterpark. Taman bermain air yang dipenuhi berbagai wahana permainan menarik ini sudah tentu akan disukai oleh anak-anak.

Waterpark pertama yang ada di Malang ini menyuguhkan wahana permainan berkonsep Hawai, mulai dari Hawai Water House, Waikiki Beach, Ekolu Slide, Akaolu Pool, dan masih banyak lagi. Kamu bisa menghabiskan waktu seharian penuh untuk mencoba berbagai wahana yang ada di sini.

  • Alamat: Jl. Graha Kencana Raya, Banjararum, Singosari, Malang
  • Telepon: (0341) 4351797
  • Jam Operasional: Setiap hari pukul 09:00 – 16:30
  • Harga Tiket: Rp 75.000/orang (Senin-Jumat) & Rp 100.000/orang (Sabtu, Minggu, dan Hari Libur Nasional)

5. Brawijaya Edupark

Brawijaya Edupark

* sumber: www.photomalang.com

Sebelum dikenal dengan nama Brawijaya Edupark, tempat wisata yang berada di pusat kota ini bernama Taman Rekreasi Senaputra. Meskipun bukan tempat wisata baru, Brawijaya Edupark tidak pernah sepi pengunjung. Banyaknya pilihan hiburan dan harga tiket masuknya yang cukup murah membuat tempat ini menjadi tempat wisata favorit.

Di dalam Brawijaya Edupark terdapat kolam renang, wahana permainan, dan panggung hiburan yang di waktu-waktu tertentu akan diisi oleh musisi atau seniman lokal. Brawijaya Edupark tidak hanya cocok dikunjungi dengan membawa anak-anak, orang dewasa yang ingin refreshing di sini juga bisa, lho.

  • Alamat: Jl. Kahuripan No.1, Klojen, Kec. Klojen, Malang
  • Telepon: (0341) 368111
  • Jam Operasional: Setiap hari pukul 08:00 – 16:00
  • Harga Tiket: Rp 15.000/orang (Senin-Jumat) & Rp 18.000 (Sabtu, Minggu, dan Hari Libur Nasional)

6. Banyu Anjlok

Banyu Anjlok

*Sumber: https://www.instagram.com/rindang_abadi/

Ingin menikmati wisata air terjun dan pantai di tempat yang sama? Datang saja ke Banyu Anjlok. Air terjun berukuran mini ini berada di tepi pantai. Jika kamu merupakan pecinta tempat wisata yang hits, kamu wajib banget berkunjung ke air terjun yang memang sedang hype ini.

Keunikan tempat wisata ini terdapat pada air terjunnya yang menghadap ke Pantai Lenggoksono. Airnya pun langsung mengalir ke laut. Karena air terjun ini tidak terlalu tinggi, wisatawan bisa naik ke atasnya untuk menyaksikan langsung kolam yang menjadi sumber dari air terjun ini.

  • Alamat: Lenggoksono, Purwodadi, Tirto Yudo, Malang
  • Telepon: 0813-9109-0391
  • Jam Operasional: Setiap hari pukul 07:00 – 17:00
  • Harga Tiket: Rp 5.000/orang

7. Alun-alun Kota Malang

Alun-alun Kota Malang

* sumber: www.satuwisata.com

Kunjunganmu ke Malang terasa belum lengkap jika tidak mampir ke alun-alun kebanggaan warga Kota Malang. Ya, Alun-alun Kota Malang adalah tempat wisata yang gratis dan tidak hanya dikunjungi oleh warga lokal saja. Wisatawan yang berasal dari luar Malang pun tertarik untuk berkunjung kemari.

Di alun-alun ini banyak spot foto menarik yang bisa membuat feed Instagram-mu jadi terlihat cantik. Air mancur yang berada di tengah alun-alun juga menambah kesan sejuk. Yang menarik, di alun-alun ini juga terdapat free hotspot WiFi. Wah, bisa makin betah di sini, ya!

  • Alamat: Jl. Merdeka Selatan, Kiduldalem, Kec. Klojen, Malang
  • Telepon: (0341) 352712
  • Jam Operasional: Setiap hari 24 jam
  • Harga Tiket: Gratis

8. Kebun Teh Wonosari

Kebun Teh Wonosari

*Sumber: https://www.instagram.com/anafsaa_/

Wisata sambil refreshing menghirup udara segar bisa kamu peroleh ketika mengunjungi Kebun Teh Wonosari. Kebun teh di Malang ini menawarkan hamparan tanaman teh yang berwarna hijau dan udara khas pegunungan yang bebas polusi. Tempat ini benar-benar cocok untuk kamu yang ingin melepas penat dari hiruk pikuk kehidupan kota.

Di sekitar kebun teh terdapat penginapan yang bisa kamu singgahi. Beberapa penginapan menawarkan wahana permainan untuk anak, kolam renang, dan outbound. Kalau tidak ingin menginap, kamu bisa berjalan-jalan saja di kebun teh sambil berfoto-foto.

  • Alamat: Toyomarto Lawang, Bodean Putuk, Toyomarto, Kec. Singosari, Malang
  • Telepon: 0811-3637-198
  • Jam Operasiona: Setiap hari pukul 07:00 – 17:00
  • Harga Tiket: Rp 15.000/orang (Senin-Jumat) & Rp 20.000 (Sabtu, Minggu, dan Hari Libur Nasional)

9. Pantai Tiga Warna

Pantai Tiga Warna

* sumber: www.hoteldanwisata.com

Salah satu pantai paling indah di Malang adalah Pantai Tiga Warna. Pantai yang berlokasi di kawasan Sendang Biru ini memiliki air yang terdiri dari tiga warna berbeda, yakni biru, hijau, dan bening. Perbedaan warna ini disebabkan karena perbedaan kedalaman yang cukup mencolok.

Pasir pantainya yang berwarna putih bersih membuat kita betah bersantai di sini. Apabila kamu berkunjung kemari, kamu wajib membawa pulang sampah yang kamu bawa. Pasalnya, meninggalkan sampah di area pantai yang masih ‘perawan’ ini bisa dikenai denda, lho.

Oh ya, kamu juga harus melakukan reservasi terlebih dahulu jika ingin berkunjung kemari. Jumlah pengunjung Pantai Tiga Warna dibatasi hanya 100 orang saja per harinya.

  • Alamat: Sendang Biru, Area Sawah/Kebun, Tambakrejo, Sumbermanjing, Malang
  • Telepon: 0812-3333-9889 (Telepon) & 0821-3267-7713 (SMS)
  • Harga Tiket: Rp 5.000/orang

10. Pantai Goa Cina

Pantai Goa Cina

* sumber: ksmtour.com

Pantai Goa Cina merupakan satu dari sekian banyak pantai terkenal di Malang Selatan. Popularitas pantai ini terletak pada pasir pantainya yang putih bersih dan air lautnya yang berwarna biru jernih. Dinamakan Goa Cina karena konon dulu ada seorang pemuda keturunan Tionghoa yang bersemedi di goa dekat pantai sampai akhir hayatnya.

Pantai ini juga dikenal sebagai salah satu tempat camping seru yang berada di Malang. Banyak wisatawan yang datang kemari untuk berkemah atau sekadar bersantai di tepi pantai. Kamu pun bisa melakukan olahraga pantai seperti voli atau sepak bola di pantainya yang memang luas ini.

  • Alamat: Dusun Tumpak Awu, Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Malang
  • Harga Tiket: Rp 5.000/orang

Tertarik untuk mengunjungi tempat-tempat wisata di Malang? Segera rencanakan liburanmu di Malang dan pilih salah satu atau lebih dari tempat-tempat yang kami rekomendasikan di atas. Kunjungi juga artikel wisata air di Malang ini untuk menambah referensimu.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *