10 Tempat Wisata di Maldives, Sepotong Surga di Bumi

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 7 Desember 2021

Maladewa atau Maldives terkenal sebagai salah satu adalah kepulauan yang mempesona. Negara ini terdiri dari ribuan pulau dengan pemandangan yang luar biasa indahnya. Maldives yang dikenal memiliki pantai berpasir putih yang mengkilap serta air laut yang berwarna biru ini terletak di Samudra Hindia dan tidak terlalu jauh letaknya dari pantai barat India.

Umumnya pariwisata di Maldives berhubungan dengan bulan madu. Sepertinya tempat wisata di Maldives dibuat khusus untuk liburan romantis. Namun sekarang, negara ini juga mulai diminati oleh mereka yang datang untuk berlibur bersama keluarga. Terdapat sekitar 200 pulau berpenghuni di negara ini. Apa sajakah objek wisata yang menarik di Maldives? Cek daftarnya berikut ini.

Baca juga: 10 Tips Liburan Ke Maldives Hemat ala Backpacker

1. Banana Reef

Banana Reef
  • Alamat: 6GMM+GGW, Malé, Maladewa

Salah satu terumbu tertua yang ada di Maldives bernama Banana Reef. Terumbu karang ini dihiasi dengan tebing megah, gua-gua yang menakjubkan, pertumbuhan karang yang indah serta overhang yang kuat. Makhluk yang menghuni Banana Reef di antaranya barakuda, hiu, dan kerapu sehingga spot satu ini menjadi salah satu spot menyelam paling populer di dunia.

Para penyelam pemula dan mereka yang masih belajar akan cocok belajar di sini karena arusnya yang tenang dan bersahabat ditambah dengan visibilitas yang luar biasa. Namun demikian, tempat ini juga merupakan pilihan yang cukup nyaman untuk para penyelam yang sudah ahli dan berpengalaman karena mereka bisa menyelam lebih dalam lagi dan menjelajah dengan lebih baik.

Jangkauan penyelaman di Banana Reef cukup luas dimulai dari 5 meter di bawah air hingga mencapai kedalaman 30 meter di bawah air. Bahkan di kedalaman 30 meter pun jarak pandang tetap bersih. Selain itu, airnya hangat dan nyaman yang berkisar antara 24 derajat Celcius hingga 29 derajat Celcius. Pengunjung bisa melakukan scuba diving juga mencoba snorkeling.

2. Pulau Baros

Pulau Baros
  • Alamat: Atol Male Utara, 08120 Male, Maladewa
  • Jam operasional: 09:00- 19:00
  • HTM: Gratis

Tempat wisata di Maldives memang tak pernah sepi dari kunjungan para pelancong, tapi kalau ingin tempat yang agak sepi, ini merupakan tempat yang ideal. Baros merupakan pulau dengan peringkat tertinggi dan populer di Maldives.

Pulau yang memiliki pantai-pantai yang disinari matahari dan resort yang mewah ini terkenal dengan keanggunan alamnya serta terumbu karangnya yang indah.

Baros mempunyai beberapa vila di atas air dan resort pulau yang memberikan fasilitas mewah disertai dengan beberapa restoran serta bar. Di Baros, pengunjung bisa mencelupkan kakinya ke dalam air biru kehijauan dan mengendurkan otot-otot mereka di spa. Ada juga beberapa olahraga air untuk mereka yang memiliki jiwa petualang.

3. Tulusdhoo

Tulusdhoo
  • Lokasi: terletak hanya 28 km di utara Male

Umumnya Thulusdhoo dikenal sebagai pulau industri tempat pembuatan bodu beru (drum besar), gudang ikan asin serta pabrik Coca-Cola. Yang uniknya pabrik Coca-Cola di Thulusdhoo merupakan satu-satunya di dunia yang dibuat menggunakan air desalinasi.

Akan tetapi beberapa tahun terakhir pariwisata di pulau ini mulai booming sehingga muncul sekitar 30 wisman di sini. Rencananya akan dibuat lagi 20 wisman. Terdapat beberapa bentangan pantai yang indah, seperti Pantai Bikini serta jembatan penghubung ke pulau kecil.

Thulusdhoo mudah untuk dijangkau dari Male. Terdapat speedboat regular dari Male's Fishing Harbour dan Bandara Internasional Velana. Pilihan lainnya yaitu dengan menaiki feri umum dari Male's New Harbour yang beroperasi tiap hari.

4. Grand Friday Mosque

Grand Friday Mosque
  • Lokasi: Orchid Magu, Male, Maldives
  • Jam operasional: 09.00-17.00
  • Telepon: +960302020200

Masjid ini sudah menjadi semacam simbol kota dengan kubah emasnya yang mengesankan dan mendominasi langit Male. Dibangun dengan bantuan dari negara-negara Teluk, Pakistan, Malaysia dan Brunei, masjid ini dibuka pada tahun 1984. Masjid ini dibangun menggunakan marmer putih dan hampir tidak diberi dekorasi.

Terletak di belakang alun-alun utama, Jumhooree Maidan, Grand Friday Mosque merupakan masjid terbesar di negara ini. Selain menjadi tempat ibadah, masjid ini juga merupakan salah satu tempat wisata di Maldives.

Untuk bisa masuk ke masjid ini wisatawan hanya bisa berkunjung antara pukul 9 pagi sampai 5 sore, dan di luar waktu sholat. 15 menit sebelum sholat, masjid ditutup untuk semua non-Muslim. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah sebelum tengah hari dan antara pukul 14:00 dan 15:00. Untuk bisa masuk masjid wisatawan dianjurkan untuk berpakaian yang sopan.

Laki-laki harus memakai celana panjang dan perempuan harus mengenakan rok atau gaun panjang. Ruang sholat utama masjid ini bisa menampung sampai 5000 jamaah dan mempunyai panel samping dan pintu kayu dengan ukiran yang indah, karpet tenunan khusus serta lampu gantung yang cantik.

5. Male

Male
  • Lokasi: terletak di Male Atoll

Male merupakan ibukota dari Maldives, salah satu negara terkecil di dunia. Pulau ini memiliki objek wisata berupa masjid kuno dan bangunan berwarna-warni. Tempat ini berkembang menjadi salah satu tempat yang paling banyak dikunjungi di Maldives berkat keindahan dan kemajuannya.


Tempat ini merupakan kota yang cukup santai serta kota terbaik untuk berjalan-jalan spontan tanpa rencana perjalanan. Male merupakan tempat yang wajib dikunjungi karena di sini bisa ditemukan bangunan warisan bersejarah, pepohonan dan perairan dengan nuansa yang indah.

Male juga merupakan denyut nadi perdagangan negara ini yang mempunyai banyak hal untuk ditawarkan kepada para wisatawan. Untuk merasakan pengalaman Maldives yang paling otentik, Male ada tujuan yang tepat.

Dikelilingi oleh perairan berwarna hijau toska, male merupakan penggerak seluruh kepulauan ini. Wisatawan akan menyukai tiap momen yang mereka habiskan di Male, mulai dari berjalan-jalan di jalanan yang penuh dengan pertokoan dan pasar yang ramai sampai belajar mengenai sejarah Maladewa.

6. Pantai Buatan (Artificial Beach)

Pantai Buatan (Artificial Beach)
  • Lokasi: terletak di pesisir timur Pulau Male

Artificial Beach atau Pantai Buatan berlokasi di Pulau Male. Tempat wisata di Maldives ini merupakan salah satu pantai buatan manusia yang paling indah dan satu-satunya di negara. Pantai yang berbentuk seperti bulan sabit ini memberikan pemandangan yang menakjubkan serta iklim yang menyenangkan.

Sepintas, pantai ini tak terlihat seperti pantai buatan sama sekali. Faktanya, walaupun airnya tidak sedalam di pantai yang alami, pantai ini merupakan tempat berenang yang populer di kalangan penduduk setempat dan wisatawan asing.

Pantai Buatan ini menarik karena memiliki sejumlah besar area bersantai, kafe, serta barbekyu untuk para pecinta makanan, dan sejumlah besar fasilitas olahraga air untuk para petualang.

Selain itu, pantai buatan ini merupakan pusat kegiatan budaya yang menyenangkan di antaranya aktivitas karnaval warna-warni, konser musik live serta parade. Artificial Beach juga merupakan surga untuk pecinta kuliner dan pantai. Di sini pasangan atau individu bisa menghabiskan malam yang indah dan tenang.

Adalah suatu keharusan untuk menghabiskan waktu berjalan-jalan di pantai ini sambil menikmati keindahan matahari yang terbenam.

7. Galeri Seni Nasional Maldives

Galeri Seni Nasional Maldives
  • Lokasi: Henveiru, Male 20131, Maladewa
  • Telepon: +960 334-3832

Galeri Nasional Maldives yang didirikan pada tahun 1999 ini berada di Male. Tempat ini merupakan platform untuk memamerkan karya seni lokal dan internasional. Dari karya konseptual sampai lukisan, galeri ini menjadi tempat diadakannya pameran rutin dan acara promosi bagi orang-orang yang mempunyai kemampuan artistik.

Bangunan galeri ini juga mempunyai koleksi barang-barang Islami yang menakjubkan, barang-barang milik penduduk setempat serta pakaian kerajaan dan tradisional Maldives. Di sini juga terdapat karya seniman internasional. Galeri ini tidak mempunyai pameran permanen, yang artinya jika tidak ada pameran yang ditampilkan, tidak ada yang bisa disaksikan.

8. Sultan Park

Sultan Park
  • Lokasi: 5GH6+2C2, Male, Maladewa
  • Jam operasional: 04.00-09.30
  • Telepon: +960 334-4050

Sultan Park yang berada di Male, ibukota Maldives, dibangun di samping Istana Kerajaan yang dihancurkan. Tempat wisata di Maldives ini juga dikenal sebagai Rasrani Bageecha. Sultan Park merupakan taman umum yang dibangun sesudah mengubah taman kerajaan istana. Di pintu masuk taman terdapat gerbang besi raksasa merupakan satu-satunya bukti kejayaan istana sebelumnya.

Oase hijau di Male ini memiliki kolam yang dikelilingi bunga lili putih yang menambah keindahannya. Meski terletak di pusat kota, Sultan Park berhasil menciptakan suasana yang damai dan menenangkan. Ketenangannya begitu besar sehingga burung-burung yang bernyanyi di atas dahan-dahan pohon bisa terdengar.

9. Pulau Veligandu

Pulau Veligandu
  • Lokasi: berada di North Ari Atoll

Pulau Veligandu merupakan tempat wisata di Maldives lainnya yang sangat indah. Tempat ini sudah lama dijagokan sebagai salah satu destinasi utama untuk pasangan. Pasangan yang berbulan madu dan pengantin baru merupakan pemandangan yang umum dilihat di pulau yang memanjang di tepi barat North Ari Atoll ini.

Di pulau ini banyak terdapat villa dan suite tepi laut yang mewah. Pemandangan matahari terbenam dengan warna merah dan kuning di atas perairan Samudera Hindia, resort mewah, pantai pirus serta ombak sebening kristal yang bergulung lembut adalah alasan mengapa banyak pasangan yang datang untuk berbulan madu di pulau ini.

10. Utheemu Ganduvaru

Utheemu Ganduvaru
  • Lokasi: terletak di Utheemu
  • Jam operasional: 09.00- 18.00
  • HTM: Rf25

Dahulu museum ini adalah sebuah istana kecil. Bangunan ini merupakan rumah masa kecil pahlawan nasional Maldives, Mohammed Thakurufaanu. Dia bersama dengan saudara-saudaranya berhasil menggulingkan kekuasaan Portugis pada tahun 1573.

Pengunjung yang datang berkunjung ke tempat ini akan dipandu oleh anggota staf museum untuk mengelilingi kompleks dan menyaksikan interior kayu yang menakjubkan yang berumur 500 tahun. Salah satunya adalah tempat tidur ayun. Tempat tidur ini digunakan agar tetap adem saat cuaca panas.

Selain itu pengunjung juga bisa menyaksikan lampu yang dinyalakan menggunakan minyak kelapa serta ukiran kayu yang rumit. Ada juga pondok beratap jerami yang difungsikan sebagai kamar tidur untuk para tamu.

Maldives memang terkenal sebagai salah satu tempat wisata yang banyak diburu oleh pasangan yang akan melakukan bulan madu. Keindahan pantai-pantai dan pulaunya merupakan alasan utama mereka datang ke salah satu negeri terkecil di dunia ini.

Namun, tempat wisata di Maldives tak melulu pantai dan pulau. Negara kecil ini juga menawarkan tempat wisata lainnya, seperti museum, masjid dan galeri. Sudah punya rencana berbulan madu ke Maldives?

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram