Yuk, Liburan ke 10 Tempat Wisata di Maluku Utara Ini

Maluku Utara, salah satu provinsi di Indonesia ini merupakan pemekaran dari Provinsi Maluku. Terbentuk sejak 4 Oktober 1999, Maluku Utara memiliki sekitar 400 pulau, baik yang berpenghuni maupun tidak berpenghuni. Meskipun Maluku Utara menjadi provinsi sendiri, banyak orang yang tidak bisa membedakan antara Maluku dengan Maluku Utara.

Berada di sebelah timur Sulawesi dan di sebelah barat Papua, Maluku Utara menyimpan banyak keindahan alam dan cerita sejarah. Salah satunya adalah tentang Kesultanan Ternate dan Tidore. Apa saja sih tempat wisata yang seru di Maluku Utara? Kali ini, Keluyuran akan menginformasikan, 10 tempat wisata menarik di Maluku Utara.

1. Pulau Dodola

Youtube

*Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=T31QBt0_SuM

Pulau Dodola merupakan bagian dari Pulau Morotai, yang merupakan salah satu pulau terluar Republik Indonesia. Pulau ini memiliki pemandangan yang sangat cantik, hingga layak disebut sebagai Mutiara di bibir pasifik. Tidak hanya memiliki pantai yang menawan, keindahan bawah laut Pulau Dodola juga memesona. Pulau ini bisa diakses melalui Kota Tobelo, Maluku Utara.

Pulau Dodola terdiri atas dua pulau, Dodola Besar dan Dodola Kecil. Uniknya, kedua pulau ini akan berpisah jika air laut surut, dan menyatu ketika air laut mulai pasang. Rentang waktu air laut surut cukup lama, mulai jam 10.30 – 19.00 waktu setempat. Jadi, kamu bisa puas bermain di kedua Pulau Dodola Kecil dan Besar, yang berjarak 500 meter.

  • Lokasi : Pulau Dodola, Kolorai, Morotai Selatan, Maluku Utara
  • Waktu Operasional : Setiap hari, 07.00 – 18.00 WIT
  • Tiket Masuk : Gratis
  • Transportasi : Rp 100.000/orang, atau sewa speedboat Rp 800.000 – Rp 1.000.000/boat
  • Kontak sewa boat : +62 8122-0445-968 (Bapak Andre)

2. Kedaton Kesultanan Tidore

Kedaton Kesultanan Tidore

* sumber: www.siteadvisor.com

Suka dengan wisata sejarah? Maluku Utara tidak lepas dari sejarah tentang Kesultanan Tidore. Kamu yang ingin traveling sambil belajar sejarah di Maluku Utara, wajib kunjungi Kedaton Kesultanan Tidore. Terletak di sebelah selatan Ternate, kedaton ini menyimpan banyak cerita sejarah Kerajaan Tidore.

Diketahui, Raja Tidore pertama adalah Muhammad Naqil, yang naik tahta pada tahun 1081. Kerajaan Tidore menguasai Halmahera Selatan, Pulau Seram, Pulau Buru, dan beberapa pulau di pesisir Papua Barat pada abad ke-16. Kerajaan Tidore merupakan salah satu kerajaan paling merdeka di wilayah Maluku.

  • Lokasi : Sao Sio, Tidore, Kota Kepulauan Tidore, Maluku Utara
  • Waktu Operasional : Setiap hari, 24 jam
  • Tiket Masuk : Gratis, sumbangan seikhlasnya
  • Kontak : +62 813-5452-2303

3. Benteng Tolukko

Benteng Tolukko

* sumber: ulinulin.com

Ternate memiliki bangunan bersejarah yang masih terawat rapi, dan merupakan salah satu saksi sejarah. Meskipun sudah tidak berfungsi seperti yang semula didirikan, namun Benteng Tolukko tetap menyimpan sejarah perjalanan Ternate. Awal mulanya, bentng ini merupakan bangunan buatan Portugis yang menguasai hampir seluruh perdagangan rempah pada abad ke-16.

Sebelum menggunakan nama Tolukko, benteng ini diberi nama Benteng Santo Lucas, hingga akhirnya Belanda datang dan diganti nama menjadi Benteng Hollandia, dan menjadi salah satu pertahanan Belanda. Pada tahun 1692, Sultan Kaicil Tolukko memerintah, dan benteng peninggalan kolonialisme ini berganti nama menjadi Benteng Tolukko.

  • Lokasi : Sangaji Utara, Ternate Utara, Kota Ternate, Maluku Utara
  • Waktu Operasional : 08.00 – 17.00 WIT
  • Tiket Masuk : Gratis, sumbangan seikhlasnya

4. Teluk Jailolo

Teluk Jailolo

* sumber: www.tajuktimur.com

Teluk Jailolo merupakan salah satu destinasi yang menyajikan keindahan alam bawah lautnya. Disebut sebagai Mutiara di Maluku Utara, ketika diving di sini kamu bisa bertemu dengan hewan laut seperti kura-kura, hiu, gurita, kerapi, ikan hias, terumbu karang, hingga kerang langka. Dari pinggir teluk, kamu disuguhkan pemandangan Gunung Gamalama yang cantik.

Teluk Jailolo juga merupakan destinasi digital baru, setiap tahunnya diadakan Festival Teluk Jailolo yang dilaksanakan antara bulan Mei – Juli. Waktu terbaik mengunjungi Teluk Jailolo adalah saat festival diselenggarakan. Kamu dapat melihat aneka perlombaan, pagelaran seni budaya suku asli Halmahera Barat, explore destinasi wisata, hingga kuliner.

  • Lokasi : Jailolo, Jalan Baru, Halmahera Barat, Maluku Utara
  • Waktu Operasional : Setiap hari, 24 jam
  • Tiket Masuk : Gratis
  • Kontak : +62 853-4004-6724

5. Danau Laguna

Danau Laguna

* sumber: www.idntimes.com

Danau Laguna merupakan tempat wisata yang menarik karena letak danau ini berbatasan langsung dengan laut. Di sini disediakan tempat yang tinggi untuk melihat pemandangan. Dari atas danau ini, kamu bisa melihat pemandangan Pulau Maitara dan Pulau Tidore, dan batas antara danau dengan laut.

Danau Laguna dikelola dengan baik oleh warga sekitar. Tidak hanya danaunya saja, namun juga ikan-ikan yan disajikan dan dibudidayakan di atas keramba, di atas danau. Sambil menikmati pemandangan, kamu bisa mencoba kuliner yang disediakan di atas restoran terapung. Untuk menuju ke sini kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun bus.

  • Lokasi : Desa Ngade, Fitu, Kota Ternate Selatan, Ternate, Maluku utara
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Waktu Operasional : Setiap hari, 24 jam

6. Pantai Sulamadaha

Pantai Sulamadaha

* sumber: ksmtour.com

Ternate memiliki spot snorkeling yang terkenal dengan air sebening kaca. Pantai Sulamadaha namanya. Pantai dengan pasir hitam yang bersih, deburan ombak, laut biru dan suasana alam yang masih ari, menjadi daya tarik bagi wisatawan. Tak heran, pantai ini terkenal dan menjadi incaran wisatawan yang berlibur ke Ternate.

Bagi kamu yang tidak suka berenang, dapat menikmati keindahan dari pinggir pantai dengan air yang bening. Selain snorkeling, kamu bisa mencoba kegiatan seru dengan menyeberang menggunakan kano ke Pulau Hiri, yang letaknya berada di seberang Pantai Sulamadaha. Sambil berkano, kamu bisa menikmati keindahan beningnya air laut di sini.

  • Lokasi : Sulamadaha, Kota Ternate, Maluku Utara
  • Tiket Masuk : Gratis. Sewa Kano : Rp 20.000
  • Waktu Operasional : Setiap hari, 24 jam

7. Danau Galela

Danau Galela

* sumber: satkerhibahmcc.bappenas.go.id

Halmahera merupakan pulau terbesar di Maluku Utara yang memiliki berjuta pesona. Di sini terdapat Danau Galela, yang merupakan danau terbesar di Halmahera. Lokasinya sekitar 25km dari Kota Tobelo. Danau Galela memiliki peran penting bagi kehidupan warga di sekitar danau sebagai mata pencaharian mereka sehari-hari.

Air danau di sini jernih dan tenang, sehingga jika kamu berkunjung ke sini, banyak anak-anak yang berenang dan melompat dari dermaga kayu. Kamu juga bisa mengelilingi danau menggunakan perahu nelayan sambil menikmati pemandangan Gunung Mamuya dan udara sejuk Danau Galela.

  • Lokasi : Danau Galela, Galela Barat, Halmahera Utara, Maluku Utara
  • Tiket Masuk : Gratis
  • Waktu Operasional : Setiap hari, 24 jam

8. Gunung Gamalama

Gunung Gamalama

* sumber: travel.kompas.id

Gunung Gamalama merupakan gunung berapi dengan ketinggian 1.715 meter di atas permukaan laut, dengan hutan hijau lebat mencapai ketinggian 1.500 meter. Gunung berbentuk kerucut di Ternate ini, merupakan puncak dari Pulau Ternate. Nama Gamalama berarti “Negeri yang Besar”, dan menjadi simbol kebesaran bangsa Pulau Ternate.

Gunung ini tidak dapat dipisahkan dari sejarah penduduk Ternate. Gunung Gamalama masih aktif, dan sudah lebih dari 60 kali mengalami letusan. Meskipun aktif dan tidak berhenti bergejolak, gunung ini tetap didaki oleh banyak pendaki, karena merupakan Gunung yang menantang dan memiliki keindahan alam yang menakjubkan.

  • Lokasi : Gunung Gamalama, Kota Ternate, Maluku Utara
  • Tiket Masuk : Gratis
  • Waktu Operasional : Setiap hari, 24 jam

9. Landmark Ternate

Landmark Ternate

* sumber: kieraha.com

Ternate merupakan Ibukota Provinsi Maluku Utara. Terkenal dengan pesona Gunung Gamalama, Ternate juga menyimpan banyak keindahan di setiap sudut kota. Jika kamu berkunjung ke Ternate, jangan lewatkan Landmark Ternate sebagai destinasi. Terletak di KM. 0 Kota Ternate, kamu bisa melihat laut lepas karena letaknya tepat di tepi laut.

Landmark Ternate dilengkapi dengan beragam fasilitas seperti masjid dan taman kota yang dihiasi air mancur menari dengan berbagai warna yang bisa kamu nikmati selepas matahari terbenam. Tempat ini cocok kamu kunjungi ketika baru tiba di Ternate. Menikmati sunset dan suasana Kota Ternate, akan memberikan pengalaman baru.

  • Lokasi : Jalan Pahlawan Revolusi KM.0, Muhajirin, Ternate Tengah, Kota Ternate, Maluku Utara
  • Tiket Masuk : Gratis
  • Waktu Operasional : Setiap hari, 24 jam
  • Kontak : +62 813-4967-8786

10. Pulau Widi

Pulau Widi

* sumber: www.suaramu.co

Pulau Widi, salah satu surga di Halmahera Selatan. Terdiri dari 99 pulau kecil yang berjajar dengan hamparan pasir putih yang membalut, Pulau Widi terlihat sangat cantik dan memesona. Berkunjung ke sini, kamu tidak hanya akan terpukau dengan keindahan alamnya, namun juga disuguhkan dengan kicauan burung yang menambah suasana alami dan menenangkan.

Pulau Widi dijuluki sebagai “Maldives-nya Indonesia” karena pemandangannya yang memuakau. Bagi pecinta bawah laut, kamu perlu mencoba snorkelling, diving, ataupun sekedar berenang di pulau ini. Air lautnya yang biru dan cantiknya pesona bawah laut, menjadikan Pulau Widi sebagai surga dunia.

  • Lokasi : Pulau Widi, Halmahera Selatan, Maluku Utara
  • Tiket Masuk : Gratis
  • Waktu Operasional : Setiap hari, 24 jam

Maluku Utara tidak ada habisnya untuk dijelajahi. Di atas merupakan sebagian kecil destinasi yang bisa kamu kunjungi. Jika kamu ke sana, akan lebih banyak lagi destinasi yang menarik. Diantara 10 tempat wisata yang sudah Keluyuran rekomendasikan, tempat mana yang akan kamu kunjungi? Baca juga artikel tempat wisata di Maluku Utara ini, ya!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram