10 Tempat Wisata di Maluku yang Bikin Susah Move On

Ditulis oleh - Diperbaharui 20 Juni 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Maluku merupakan pulau yang memiliki gugusan pulau-pulau kecil di Indonesia bagian Timur. Sebanyak lebih dari 50 gugusan pulau yang tersebar dari sebelah timur Pulau Flores dan Timor Leste, sampai sebelah barat dan selatan Papua, menyimpan ragam kekayaan alam yang sangat indah. Pesona bawah laut, pantai pasir putih, hingga tempat pengasingan Bung Hatta akan didapatkan di sini.

Meskipun pariwisatanya tidak sepopuler Bali, Yogyakarta, dan Pulau Komodo, Maluku wajib masuk ke dalam wishlist traveling-mu. Terutama bagi kamu pecinta laut. Kali ini, Keluyuran akan memberi tahu 15 tempat wisata di Kepulauan Maluku yang keindahannya bisa bikin susah move on. Eitss… Maksudnya, susah move on dari keindahan alamnya! Apa saja, sih?

1. Pantai Liang

Pantai Liang

* sumber: faktualnews.co

Sebagai daerah kepulauan, Maluku dikelilingi pantai yang sangat cantik. Salah satunya Pantai Liang. Pasir putih yang lembut, air laut sebening kristal, dan gradasi tosca hingga biru tua yang sangat cantik. Pantai Liang cukup sepi pengunjung. Tempat yang nyaman bagi kamu yang ingin menyepi dan menikmati indahnya pemandangan.

Berada di Jalan Propinsi, Liang, Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku. Pantai Liang merupakan salah satu wisata yang wajib dikunjungi bagi kamu pecinta pantai yang suka dengan ketenangan.

2. Pantai Lubang Buaya Morella

Pantai Lubang Buaya Morella

* sumber: telukambon.wordpress.com

Kamu suka snorkelling ataupun diving? Pantai Lubang Buaya Morella ini merupakan salah satu spot snorkeling dan diving terbaik di Maluku. Pantainya tidak terlalu besar, lautnya pun tidak terlalu dalam, ditambah airnya tenang dan sangat jernih, salah satu tempat terbaik untuk menikmati keindahan bawah laut Pulau Maluku.

Terletak di Morela, Leihitu, Maluku Tengah, Maluku. Pantai Lubang Buaya khas dengan air lautnya yang berwarna hijau dan kebiruan. Tidak hanya lautnya yang menawan, di sini kamu bisa mengenal budaya pukul sapu yang biasa dilakukan saat libur Idul Fitri.

3. Pantai Pasir Panjang

Pantai Pasir Panjang

* sumber: ohelterskelter.com

Pantai ini memiliki dua keunikan. Pertama, Pantai Pasir Panjang merupakan pantai dengan garis terpanjang, yaitu membentang sejauh 5km. Kedua, Pantai Pasir Panjang diklaim sebagai pantai yang memiliki pasir paling halus di dunia. Soal keindahan, tak perlu diragukan lagi, karena pantai ini memiliki air yang berwarna biru dan sangat bening.

Pantai Pasir Panjang berada di Ngurbloat, Tua, Kabupaten Maluku Tenggara, Maluku. Sebenarnya pantai ini diberi nama Pantai Ngurbloat, namun karena khas garis pantai yang sangat Panjang, akhirnya disebut sebagai Pantai Pasir Panjang oleh warga sekitar.

4. Banteng Belgica

Banteng Belgica

* sumber: idwanderlust.com

Banteng Belgica merupakan banteng yang dibuat oleh bangsa Portugis pada abad 16 di Pulau Neira, Maluku. Salah satu benteng bersejarah di Indonesia ini dibangun dengan tujuan untuk menghadapi perlawanan masyarakat Banda yang menentang monopoli perdagangan pala oleh VOC. Dibangun seperti pentagon, Benteng Belgica biasa disebut The Indonesian Pentagon.

Terletak di Banda Neira, Nusantara, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku. Kamu bisa melihat pemandangan yang indah di sini. Benteng yang berdiri dengan gagah dan jika kamu ke puncak Menara, akan disuguhkan pemandangan birunya air laut, Gunung Api Banda, pohon-pohon hutan di sekitar Pulau Nara, hingga sunset yang cantik.

5. Istana Mini

Istana Mini

* sumber: situsbudaya.id

Istana Mini merupakan bangunan yang dibangun pada tahun 1622. Disebut Istana Mini, karena bangunan ini mirip seperti Istana Presiden di Bogor, Jawa Barat, namun dengan ukuran yang lebih kecil. Istana Mini pernah dijadikan tempat tinggal Jan Pieter Coen ketika menjabat sebagai Gubernur Jenderal VOC.

Terletak di Desa Dwiwarna, Banda Neira, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku. Istana Mini yang sekarang ada merupakan replika, karena yang asli berada di dalam Benteng Nassau dan sudah hancur akibat diguncang gempa. Meski begitu, tempat ini tetap direkomendasikan untuk wisata sejarah. Bangunan yang ada persis seperti bangunan yang asli.

6. Rumah Pengasingan Bung Hatta

Rumah Pengasingan Bung Hatta

* sumber: telusuri.id

Mohammad Hatta atau biasa disebut Bung Hatta, pernah diasingkan di Kepulauan Maluku, tepatnya di Pulau Naira. Rumah Pengasingan Bung Hatta pernah hancur akibat bom pada tahun 1944, dan dilakukan pemugaran pada 1981 – 1983. Rumah ini memiliki nuansa khas Eropa, dan bagian dalam rumahnya masih tertata rapi seperti saat Bung Hatta diasingkan di sini.

Rumah Pengasingan Bung Hatta berlokasi di Nusantara, Banda, Maluku Tengah, atau berada di Banda Neira. Kamu bisa berkunjung ke sini setiap hari dan melihat ke dalam rumah, cocok bagi kamu yang suka berwisata sejarah.

7. Gunung Banda Api

Gunung Banda Api

* sumber: backpackerjakarta.com

Apabila kamu sudah sampai di Banda Naira, kamu akan melihat gunung yang gagah. Itu merupakan Gunung Banda Api. Berada di ketinggian 656 meter di atas permukaan laut. Gunung ini merupakan gunung berapi yang masih aktif di Indonesia. Meski masih aktif, kamu tetap bisa mendaki Gunung Banda Api. Namun harus tetap waspada, ya!

Secara administratif, Gunung Banda Api masuk ke dalam bagian kecamatan Banda, Maluku Tengah. Dari atas puncak sini, kamu bisa melihat landscape Kepulauan Banda Naira yang cantik, laut biru, dan pemukiman penduduk. Sungguh indah dan sangat cantik.

8. Pantai Ora

Pantai Ora

* sumber: www.pemburuombak.com

Siapa yang tidak mengenal Pantai Ora? Salah satu destinasi wisata yang mirip dengan Maldives ini sangat terkenal di Kepulauan Maluku. Tidak heran Pantai Ora terkenal dan banyak disukai traveler. Pulau yang cantik dengan laut bergradasi tosca, biru muda, hingga biru tua, dan underwater yang keindahannya sudah diakui dunia.

Pantai Ora berada di Jalan Kabupaten, Seram Utara, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku. Kamu yang punya rencana liburan ke Maluku, jangan sampai melewatkan pantai ini. Apalagi, di sini terdapat resort yang bisa kamu gunakan untuk menginap. Liburanmu akan semakin berkesan. Bisa juga lho, jadi tujuan bulan madu.

9. Pulau Bair

Pulau Bair

* sumber: blog.reservasi.com

Disebut-sebut sebagai Raja Ampatnya Maluku, Pulau Bair memiliki pemandangan yang sangat cantik. Air lautnya berwarna hijau tosca dan sangat jernih, dijamin membuatmu betah berlama-lama di sini. Kamu bisa juga menikmati pemandangan dari atas bukit, pandanganmu akan sangat dimanjakan dengan pemandangan yang indah.

Pulau Bair berada di Kota Tual, Maluku Tenggara. Jika lihat di peta, lokasinya berada di sebelah selatan Papua Barat, dekat dengan Pulau Kei. Di sini, kamu bisa menikmati pulau dengan berkeliling menggunakan perahu. Untuk sampai di sini, kamu perlu menyeberang selama 1 jam dari Kei Kecil menggunakan speed boat.

10. Pulau Kasa

Pulau Kasa

Satu lagi tempat yang cocok dikunjungi bagi para pecinta alam bawah laut. Pulau Kasa merupakan salah satu tempat dengan kekayaan alam bawah laut yang memesona. Di sini, kamu bisa melakukan snorkelling maupun diving. air lautnya yang bening akan membuat kamu betah menikmati laut.

Pulau Kasa berada di Kaibobu, Seram Barat, Maluku. Pulau ini merupakan pulau kecil tak berpenghuni dengan pasir putih yang bersih. Jika liburan ke Maluku, jangan lewatkan untuk berkunjung ke sini untuk menikmati keindahan laut maupun pinggir pantai.

11. Pulau Hatta

Pulau Hatta

* sumber: dyahpamelablog.wordpress.com

Nama asli pulau ini adalah Pulau Rozengain. Namun, untuk menghormati salah satu Proklamator Bangsa, namanya diubah menjadi Pulau Hatta. Di sini terdapat dua Kawasan pemukiman penduduk yang terbilang masih tertinggal karena minim fasilitas umum serta air bersih. Meski begitu, pulau ini menyimpan banyak keindahan.

Secara administratif, Pulau Hatta masih bagian dari Kepulauan Banda Naira. Jadi, bagi kamu yang berencana liburan ke Banda Naira, sempatkan pula ke Pulau Hatta. Pemandangan khas bawah laut di sini adalah, Pulau Hatta terdapat tebing di bawah laut. Kamu bisa berenang di laut yang dangkal, namun perlu hati-hati karena ada tebing yang sangat dalam.

12. Gunung Binaiya

Gunung Binaiya

* sumber: dyahpamelablog.wordpress.com

Salah satu seven summits Indonesia, ada di Maluku lho. Gunung Binaiya memiliki ketinggian 3.027 meter di atas permukaan laut. Memang tidak terlalu tinggi jika dibandingkan seven summits lainnya, namun karena jalurnya yang terjal dan menantang gunung ini disebut sebagai bagian dari gunung tertinggi di Indonesia.

Gunung Binaiya terletak di Pulau Seram, Maluku. Bagi kamu yang suka dengan kegiatan mendaki gunung dan menguji adrenalin, perlu mendaki salah satu gunung tertinggi di Indonesia ini. Kamu perlu menyiapkan fisik dan mental, ya. Karena pendakian akan memakan waktu kurang lebih 20 jam. Meski begitu, lelahmu akan terbayar saat sampai di puncak!

13. Pantai Ngurtafur

Pantai Ngurtafur

* sumber: daisyjuliaaa.blogspot.com

Maluku memiliki beragam keindahan alam terutama pantai dan laut. Salah satunya, Pantai Ngurtafur, memiliki ciri khas pasir timbul yang Panjang membentang dengan air laut di kiri dan kanan yang berwarna tosca hingga biru tua, terlihat unik dan sangat cantik.

Pantai Ngurtafur terletak di Warbal, Kei Kecil Barat, Maluku Tenggara. Apabila beruntung, di pantai dengan Panjang pasir timbul sekitar 2km, kamu dapat menemukan Burung Pelican yang singgah sewaktu migrasi dari habitatnya di Australia dan Papua Nugini.

14. Air Terjun Hoko

Air Terjun Hoko

* sumber: www.portraitnusantara.com

Keindahan alam di Pulau Kei sangat kaya dan tidak ada habisnya. Hingga berhasil dinobatkan sebagai nominasi Surga Tersembunyi Paling Populer dalam Anugerah Pesona Indonesia. Salah satu keindahannya adalah Air Terjun Hoko. Debit airnya tidak terlalu deras, namun airnya bersih dan jernih jatuh dari batu berbentuk cembung hingga menjadi sebuah kolam.

Air Terjun Hoko berada di Hollat, Kei Besar, Maluku Tenggara, Maluku. Kolam di air terjun ini tak lebih dari 2 meter, tak heran tempat ini menjadi destinasi favorit bagi pengunjung yang suka wisata air dan berenang di air terjun.

15. Taman Nasional Manusela

Taman Nasional Manusela

* sumber: dingfamille.over-blog.com

Taman Nasional Manusela merupakan satu-satunya taman nasional yang ada di Maluku. Taman ini merupakan gabungan dari dua cagar alam, yaitu Wae Nua dan Wae Mual. Di sini memiliki kontur yang beragam, mulai dari perbukitan, pegunungan, hutan tropis, pesisir hutan bakau, hingga lautan dengan terumbu karang yang sangat indah.

Taman Nasional Manusela secara administratif berada di Wahai, Pulau Seram, Maluku Tengah, Maluku. Ini merupakan Kawasan wisata Gunung Binaiya. Jadi, jika kamu mendaki Gunung Binaiya, kamu bisa juga menjelajah Taman Nasional Manusela. Selain itu, di sini juga terdapat ekosistem laut yang siap menyapa bagi pecinta snorkeling.

Indonesia Timur memang tidak akan ada habisnya untuk di explore. Begitu banyaknya tempat wisata yang indah, sampai tidak bisa semua ditulis di sini. Meski begitu, 15 tempat wisata ini Keluyuran rekomendasikan untuk kamu yang suka mengeksplor hal baru. Tempat mana yang akan kamu kunjungi pada liburan tahun ini?

Jangan lupa untuk turut membaca artikel air terjun cantik di Maluku ini sebagai tambahan referensi wisata.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *