Keluyuran / Sulawesi Barat / Explore Sulawesi, Kunjungi 9 Tempat Wisata di Mamuju Ini!

Explore Sulawesi, Kunjungi 9 Tempat Wisata di Mamuju Ini!

Ditulis oleh - Diperbaharui 8 Agustus 2019

Sulawesi terkenal dengan wisata budaya di Tana Toraja dan wisata bahari di Wakatobi. Padahal masih banyak tempat wisata tersembunyi yang bisa dikunjungi. Salah satunya, di Mamuju, Sulawesi Barat. Berjarak sekitar 448 km dari Makassar, dan 237 km dari Tana Toraja, kamu akan mudah mengakses salah satu kabupaten di Sulawesi Barat ini.

Tempat wisata di Mamuju terbilang lengkap. Kamu bisa menjelajahi pantai, kampung nelayan, hingga pulau kecil di seberang Kabupaten Mamuju. Nah, daripada penasaran, langsung saja simak informasi tentang 9 tempat wisata di Mamuju yang bisa kamu kunjungi saat liburan ke Sulawesi dari Keluyuran!

1. Tanjung Ngalo Mamuju

Tanjung Ngalo Mamuju

* sumber: kompadansamandar.blogspot.com

Tanjung Ngalo merupakan salah satu primadona bagi pariwisata di Kabupaten Mamuju. Terletak di sebelah barat daya Mamuju, pantai yang berpasir putih dan hamparan hutan mangrove ini sangat memikat perhatian wisatawan. Tak heran, Tanjung Ngalo sangat ramai pada saat akhir pekan, maupun hari libur.

Jarak dari Kota Mamuju ke Tanjung Ngalo kurang lebih 155 km. Bisa kamu tempuh selama kurang lebih 3 jam perjalanan. Lalu dilanjutkan dengan berjalan kaki selama 20 menit. Sesampainya di sini, kamu akan disuguhkan pemandangan yang indah dan jika kamu datang pada waktu sore hari, dapat menyaksikan sunset dari Selat Makassar.

  • Alamat : Batoeng, Dungkait, Selat, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat
  • Waktu Operasional : 07.30 – 18.00 WITA
  • Tiket Masuk : Rp3.000

2. Mercusuar Sumare

Mercusuar Sumare

*

Kamu suka lihat pemandangan laut dari atas? Cocok nih, datang ke Mercusuar Sumare di Kabupaten Mamuju. Tempat ini biasanya dijadikan sebagai lokasi untuk melihat hilal jelang bulan Ramadhan dan bulan Syawal, atau penentuan hari raya Idul Fitri di Sulawesi Barat.

Di atas mercusuar ini, kamu bisa melihat pemandangan Pantai Sumare dan laut lepas dari bagian barat. Jadi, tempat ini sangat cocok buat kamu yang ingin melihat matahari terbenam. Sebelum ke sini, kamu perlu memastikan apakah tempat ini buka untuk umum atau tidak. Karena Mercusuar Sumare tidak stiap saat dibuka untuk umum.

  • Alamat : Sumare, Simboro Dan Kepulauan, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat
  • Waktu Operasional : 08.00 – 18.00 WITA
  • Tiket Masuk : Rp10.000

3. Pantai Manakarra

Pantai Manakarra

* sumber: www.nativeindonesia.com

Pantai Manakarra bisa disebut sebagai ikon Kabupaten Mamuju. Letaknya berada di pusat kabupaten. Pantai ini berseberangan langsung dengan Pulau Karampuang dan masuk ke dalam bagian dari Teluk Mamuju yang merupakan sentra perhubungan antara Kabupaten Mamuju sebagai Pelabuhan Batu.

Jika dilihat sekilas, Pantai Manakarra mirip dengan Pantai Losari di Makassar. Terdapat tulisan “Pantai Manakarra” yang biasa dijadikan sebagai tempat berfoto bagi wisatawan dan warga lokal, dan memiliki pemandangan yang sangat indah terutama pada waktu matahari terbenam. Belum lengkap rasanya jika jalan-jalan ke Mamuju tidak berkunjung ke Manakarra.

  • Alamat : Jl. Yos Sudarso, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat
  • Waktu Operasional : Setiap hari, 24 jam
  • Tiket Masuk : Gratis

 4. Air Terjun Tammasapi

Air Terjun Tammasapi

*

Berada di barat Pulau Sulawesi, bukan berarti Mamuju tidak memiliki air terjun. Di sini, ada salah satu air terjun yang indah. Namanya, Air Terjun Tammasapi. Tempatnya boleh dibilang masih sangat asri. Menuju ke sini, kamu bisa menggunakan kendaraan roda dua, kemudian dititipkan ke rumah warga. Dari rumah warga, kamu perlu jalan kaki selama 30 menit.

Air Terjun Tammasapi memiliki ketinggian 75 meter dengan debit air yang deras. Jika kamu bisa berenang, kamu boleh berenang di kolam alami tempat penampungan air terjun. Namun, jika tidak bisa berenang, kamu tetap bisa menikmati air terjun dengan duduk di bebatuan yang ada di sini. Cocok untuk melepas penat!

  • Alamat : Mamunyu, Mamuju, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat
  • Waktu Operasional : Setiap hari, 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp5.000

5. Pantai Palippis

Pantai Palippis

* sumber: ksmtour.com

Pantai Palippis, secara administratif masuk ke kawasan Kabupaten Polewali Mandar dan berada di sebelah selatan Kabupaten Mamuju. Berjarak sekitar 317 km dari Kabupaten Mamuju, kamu perlu menempuh perjalanan kurang lebih 7 hingga 8 jam menggunakan mobil. Meski terbilang jauh, Pantai Palippis sayang kamu lewatkan jika traveling ke Sulawesi Barat.

Boleh dibilang Pantai Palippis adalah surga bagi pecinta pantai. Pasir putih membentang luas, air laut biru yang jernih, dan terumbu karang yang masih terjaga. Asyik untuk dikunjungi bagi kamu yang suka dengan aktivitas snorkeling. Air lautnya pun tenang, jadi kalau kamu tidak bisa berenang pun tetap aman bermain air di sini.

  • Alamat : Bala, Balanipa, Kabupaten Polewali Mandar, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat
  • Waktu Operasional : Setiap hari, 24 jam
  • Tiket Masuk : Gratis

6. Kampung Nelayan

Kampung Nelayan

Ingin lebih dekat dengan warga lokal di Mamuju? Karena rata-rata pekerjaan masyarakat Mamuju adalah sebagai nelayan. Nah, di sini kamu bisa datang ke Kampung Nelayan dan live a life being a local. Jadi, traveling-mu tak hanya senang-senang, berfoto, lalu pulang saja. namun, kamu bisa merasakan kehidupan masyarakat Mamuju dengan keaneka ragaman yang ada.

Buat kamu yang suka bertemu dengan orang baru, mengenal budaya yang berbeda, dan memahami adat istiadat di suatu daerah, tak perlu ragu lagi. Datang ke sini, kamu akan disambut dengan hangat oleh warga lokal. Selain itu, kamu juga bisa snorkeling untuk menikmati kekayaan bahari yang luar biasa. Tertarik?

  • Alamat : Kampung Nelayan, Simkep, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat
  • Waktu Operasional : Setiap hari, 24 jam
  • Tiket Masuk : Gratis

7. Wisata Pantai Mangrove Ampallas

Wisata Pantai Mangrove Ampallas

* sumber: wisatalengkap.com

Hutan rimbun yang berada di pinggir pantai, dengan ciri khas terdapat jembatan kayu yang menghubungkan hutan dengan view laut. Apa lagi kalau bukan Pantai Mangrove? Pantai yang terdapat hutan mangrove di Mamuju ini, jadi tempat wisata favorit bagi turis maupun warga lokal.

Wisata Pantai Mangrove Ampallas letaknya dekat dengan pusat kota kabupaten. Hanya membutuhkan waktu 15 menit saja, kamu sudah sampai di sini. Jadi sangat disayangkan jika kamu melewatkan waktu untuk berwisata ke Pantai Mangrove ini. Di sini, kamu bisa juga lho, mengedukasi anak dengan menjadi sahabat alam.

  • Alamat : Saluleang, Bebanga, Kalukku, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat
  • Waktu Operasional : Setiap hari, 09.00 – 18.00 WITA
  • Tiket Masuk : Rp5.000

8. Puncak Mamuju City

Puncak Mamuju City

Puncak Mamuju City, dikenal juga dengan Kelapa Tujuh ataupun Anjoro Pitu. Salah satu icon Kabupaten Mamuju yang memberikan pengalaman melihat Mamuju, Pulau Karampuang, serta Selat Sulawesi dari ketinggian.  Di puncaknya, terdapat tulisan “MAMUJU” yang bisa kamu gunakan untuk berfoto.

Menuju ke sini tidak sulit. Kamu bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Sepanjang jalan kamu akan disuguhkan pemandangan pepohonan di kiri dan kanan, serta perkebunan dari kejauhan. Traveling ke Mamuju, wajib datang ke sini!

  • Alamat : Rimuku, Mamuju, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat
  • Waktu Operasional : Setiap hari, 24 jam
  • Tiket Masuk : Gratis

9. Pulau Karampuang

Pulau Karampuang

* sumber: phinemo.com

Suka dengan aktivitas jelajah pulau? Di Mamuju, ada Pulau Karampuang yang letaknya tepat di seberang Kabupaten Mamuju. Jarak dari Mamuju ke Pulau Karampuang sekitar 3 km saja. Kamu bisa mengakses pulau ini dengan menyewa kapal motor dari tempat pelelangan ikan di Kasawi. Harga sewa kapal sangat murah, hanya Rp15.000 – Rp20.000 saja untuk pulang pergi.

Pulau Karampuang memiliki luas sekitar 6,37 km2 dengan kekayaan bahari yang sangat kaya. Setelah sampai di sini, kamu akan masuk ke area pulau melewati dermaga kayu yang panjang, dan di sini kamu sudah bisa melihat pemandangan bawah laut dari atas dermaga. Air lautnya yang jernih, membuatmu tak sabar untuk snorkeling ataupun diving di sini!

  • Alamat : Pulau Karampuang, Mamuju, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat
  • Waktu Operasional : Setiap hari, 24 jam
  • Tiket Masuk : Gratis

Meskipun Mamuju tidak seterkenal tempat lainnya di Sulawesi, namun tetap menyimpan wisata menarik yang bisa dijadikan sebagai tujuan traveling-mu selanjutnya. Sudah ada rencana menjelajah Mamuju di Sulawesi Barat?

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar