10 Tempat Wisata di Manado yang Harus Dikunjungi

Ditulis oleh Linda - Diperbaharui 14 April 2020

Pernah mendengar sebuah kalimat berbunyi, “Torang samua basudara”? Ini adalah semboyan yang berasal dari Manado, artinya adalah “Kita semua bersaudara” Nah, melihat semboyannya saja kita sudah bisa menebak bahwa masyarakat Manado terkenal dengan keramahannya. Mereka tak segan mengganggap para wisatawan sebagai saudaranya sendiri.

Keramahan dari masyarakat Manado ini membuat Keluyuran ingin merilis beberapa tempat wisata di Manado yang wajib dikunjungi bila Anda sedang berada di ibu kota Provinsi Sulawesi Utara tersebut. Apa saja tempat wisata populer di Manado? Simak ulasannya berikut ini, yuk.

10 Tempat Wisata Di Manado

1. Taman Laut Bunaken

tempat wisata di manado Taman Laut Bunaken

Anda tentu sudah pernah mendengar nama tempat wisata yang pertama ini. Ya, Taman Laut Bunaken memang sangat terkenal. Bahkan, kepopuleran taman laut ini sampai ke mancanegara. Ini membuat UNESCO menetapkan Taman Laut Bunaken sebagai situs warisan dunia pada tahun 2005.

Ada banyak jenis biota laut yang menakjubkan di sini. Ikan berbagai jenis dan terumbu karang dalam berbagai bentuk serta warna menjadi daya tarik kuat yang dimiliki Taman Laut Bunaken. Untuk menyaksikan keindahan alam bawah laut di sini, Anda harus melakukan diving atau snorkeling.

Selain itu, taman laut ini juga menyediakan kapal selam khusus bagi pengunjung yang ingin melihat keindahan bawah laut tanpa harus berenang. Untuk sampai ke Taman Laut Bunaken, Anda harus menempuh perjalanan laut selama 35 menit dengan menggunakan speedboat dari Pelabuhan Manado.

2. Pantai Malalayang

Pantai Malalayang

Pantai yang satu ini mungkin tidak memiliki pasir putih yang cantik layaknya pantai di Pulau Lihaga. Pasalnya, Pantai Malalayang memiliki tampilan seperti pantai yang ada di Ancol, yakni pantai yang tepinya diisi oleh pasir hitam dan bebatuan.

Meskipun demikian, Pantai Malalayang memiliki daya tarik tersendiri, yakni keindahan alam bawah laut yang tidak kalah dengan Bunaken. Di samping itu, laut di Pantai Malalayang ini memiliki ombak stabil yang tidak terlalu besar. Jadi, para wisatawan dapat menyelam atau melakukan water sport dengan aman.

Konon, pemandangan sunset di sini tidak kalah dengan sunset di pantai-pantai yang ada di Bali, lho. Jika ingin ke Pantai Malalayang, Anda hanya harus menempuh perjalanan darat sejauh 4 Km saja dari pusat Kota Manado.

3. Pulau Lihaga

Pulau Lihaga

Apakah Anda percaya terhadap surga yang ada di dunia? Mungkin Anda akan langsung percaya ketika Anda tiba di Pulau Lihaga. Pantai dengan hamparan pasir putih yang bersih di pulau ini memang sangat menakjubkan. Warna air laut dengan gradasi biru dan turquoise membuat setiap orang yang mengunjungi Pulau Lihaga ini merasa takjub dan ingin kembali lagi.

Secara keseluruhan, pemandangan yang ditawarkan oleh Pulau Lihaga ini membuat kita merasa seperti sedang berada di surga. Tertarik untuk coba merasakan “surga” dunia di Pulau Lihaga? Berkunjunglah ke pulau yang terletak di Kecamatan Likupan – Kabupaten Minahasa Utara ini.

4. Pulau Siladen

Pulau Siladen

* sumber: www.manadobaswara.com

Sudah puas mengunjungi Taman Laut Bunaken? Lanjutkan perjalanan wisata Anda menuju ke Pulau Siladen. Pulau ini berada di sebelah timur Pulau Bunaken. Jika Anda ingin menuju kemari, Anda bisa menumpangi perahu motor selama kurang lebih 45 menit dari Bunaken.

Air laut yang sangat jernih di Pulau Siladen memungkinkan kita untuk bisa melihat terumbu karat yang ada di dasat laut. Di samping itu, Pulau Siladen memang dikelola sebagai salah satu tempat wisata, karena di sini Anda bisa menemukan penginapan dengan berbagai tarif dan fasilitas. Jadi, pertimbangkan wisata laut Anda dari Bunaken untuk tetap lanjut ke Pulau Siladen ini.

5. Arung Jeram Timbukar

Arung Jeram Timbukar

Ingin menguji seberapa besar adrenalin Anda? Cobalah untuk berarung jeram di Timbukar. Meskipun arus sungai di sini cukup deras, tetapi Arung Jeram Timbukar ini cukup aman untuk pemula. Arung Jeram Timbukar ini berbeda dari arung jeram lainnya. Mengapa? Karena pada saat berarung jeram, wisatawan juga dapat menyaksikan pemandangan gunung yang ada di sekitar jalur arung jeram.

Jalur arung jeram sepanjang 9 Km ini berawal dari Desa Timbukar dan finish di Desa Tangkunei. Dengan melakukan rafting di Timbukar, Anda akan merasakan pengalaman arung jeram yang menarik dan tak terlupakan di salah satu tempat wisata di Manado ini.

6. Monumen Yesus Memberkati

Monumen Yesus Memberkati

Salah satu monumen kebanggan masyarakat Manado adalah Monumen Yesus Memberkati. Wisatawan yang datang kemari bukan hanya berasal dari umat kristiani saja. Pasalnya, monumen ini diklaim sebagai replika yang menyerupai Patung Kristus Penebus yang ada di Rio de Janeiro, Brasil.

Walaupun bentuk dan ukurannya tidak sama, kedua patung ini memiliki kesamaan yang tidak dapat disangkal, yakni keduanya sama-sama berada di atas kawasan perbukitan yang tinggi. Waktu yang tepat untuk berkunjung ke monumen setinggi 50 meter ini adalah saat pagi hari, di mana sinar matahari akan langsung memantulkan cahaya ke patung tersebut. Bahkan, dari monumen ini Anda bisa melihat siluet Gunung Klabat dari kejauhan.

7. Danau Tondano

Danau Tondano

Danau Toba adalah danau terbesar di Indonesia. Nah, kalau Danau Tondano ini merupakan danau terbesar kedua yang ada di Indonesia. Kedua danau tersebut memiliki kesamaan yakni merupakan danau vulkanik yang terbentuk akibat letusan gunung berapi. Kesamaan antara Danau Toba dan Danau Tondano juga terletak pada sebuah pulau kecil yang berada di tengah-tengah danau.

Cuaca di sekitar danau terasa sejuk dan menenangkan. Pasalnya, Danau Tondano ini diapit oleh Gunung Kawaeng, Gunung Masarang, serta Gunung Tampusu. Aktivitas yang bisa Anda lakukan di danau ini adalah menyewa perahu motor untuk mengantar Anda berkeliling danau yang indah ini.

8. Kota Bunga Tomohon

Kota Bunga Tomohon

Setelah asyik bersantai di pantai dan menguji adrenalin di arung jeram, kini tiba saatnya kita untuk berileksasi sejenak sembari melihat pemandangan bunga yang cantik dan berwarna-warni. Kota Tomohon yang jaraknya sekitar 22 Km dari pusat Kota Manado mendapat julukan sebagai Kota Bunga. Pasalnya, di wilayah ini terdapat budidaya dari beragam jenis bunga.

Masyarakat yang tinggal di Tomohon sendiri umumnya memiliki kebun bunga kecil-kecilan yang ditanami dengan aneka bunga yang menawan. Jika ingin melihat parade bunga, berkunjunglah ke Tomohon pada bulan Juni hingga Agustus.

9. Taman Wisata Tandurusa

Taman Wisata Tandurusa

Tarsius adalah seekor monyet kecil yang ukuran tubuhnya tidak lebih dari 15 cm. Spesies yang cukup langka ini menjadi ikon dari Kota Manado. Di Taman Wisata Tandurusa inilah Anda bisa menemukan monyet lucu dengan mata yang sangat besar.

Jika dilihat sekilas, Tarsius ini nampak mirip dengan koala dan burung hantu. Binatang ini gemar sekali memeluk tumbuhan dan dahan pohon. Nah, di taman wisata ini Anda bisa berinteraksi langsung dengan Tarsius. Tak hanya Tarsius saja, di Taman Wisata Tandurusa Anda pun bisa berjumpa dengan babirusa dan aneka jenis burung yang cantik.

10. Manado Tua

Manado Tua

* sumber: ksmtour.com

Tidak banyak orang yang mengetahui tempat wisata di Manado yang satu ini. Manado Tua bukanlah sebuah kawasan kota tua yang ditempati oleh berbagai bangunan lama peninggalan Belanda. Akan tetapi, Manado Tua adalah sebuah pulau indah yang masih terbilang sangat “perawan” alias belum banyak tersentuh oleh tangan-tangan manusia.

Hamparan pasir putih yang bersih di pulau ini terlihat semakin sempurna dengan air laut jernih yang bergradasi hingga 3 warna. Manado Tua berjarak sekitar 10 mil dari Kota Manado. Panorama alam bawah laut yang disuguhkan Manado Tua ini tidak kalah dengan yang Anda lihat di Bunaken atau Pulau Siladen.

11. Bukit Kasih

Bukit Kasih

* sumber: www.hipwee.com

Berada sekitar 55 KM dari pusat Kota Manado, Bukit Kasih adalah tempat wisata di Manado yang sangat patut untuk dikunjungi. Wisata yang berlokasi di Desa Kanonang ini memiliki lima tempat ibadah dari agama berbeda yang berdiri saling berdampingan.

Masing-masing tempat ibadah dihubungkan dengan tangga. Jadi, mengingat Anda banyak berjalan kaki di sini sebaiknya Anda memakai alas kaki yang nyaman.

Di tempat ini juga terdapat tugu toleransi yang berbentuk segi lima. Di setiap sisi terdapat simbol masing-masing agam dan ayat suci dari setiap kitabnya. Pokoknya berada di Bukit Kasih membuat kita semakin menghargai toleransi antar umat beragama.

12. Pulau Lembeh

Pulau Lembeh

* sumber: www.manadobaswara.com

Keindahan tempat wisata di Manado dapat terlihat semakin jelas ketika Anda berkunjung ke Pulau Lembeh. Ini adalah tempat snorkeling keren yang tidak kalah dengan Bunaken. Air lautnya biru kehijauan dan terlihat sangat jernih sehingga membuat kita bisa melihat biota laut dengan jelas.

Berenang bersama ikan-ikan di laut menjadi aktivitas yang sangat wajib dilakukan ketika Anda berkunjung ke Pulau  Lembeh. Kalau tidak ingin berenang, Anda bisa menyewa perahu untuk mengitari pulau sambil menikmati pemandangan yang eksotis.

13. Taman Laut Tumbak

Taman Laut Tumbak

* sumber: www.seputarsulut.com

Popularitas Taman Laut Tumbak mungkin kalah jika dibandingkan dengan Bunaken. Akan tetapi, kalau sudah menginjakkan kaki di sana, Anda pasti semakin betah. Berbeda dengan Bunaken yang sudah ramai dikunjungi oleh wisatawan, Taman Laut Tumbak ini masih belum terlalu ramai sehingga lebih lega.

Terdapat 20 spot snorkeling dan diving di sini, di antaranya adalah Pintu Samudra, Bohaga Kecil, Bohaga Mangrove, Napo Kipas, dan Taman Karang. Air laut yang biru dan jernih membuat kita bisa melihat terumbu karang dan ikan-ikan yang berenang di sekitarnya dengan sangat jelas.

14. Air Terjun Kima Atas

Air Terjun Kima Atas

Tempat wisata di Manado tidak hanya didominasi dengan pantai dan laut kok. Ada juga destinasi wisata alam air terjun yang jaraknya hanya 15 KM dari pusat Kota Manado. Ya, Air Terjun Kima Atas adalah tempat terbaik untuk refreshing karena alam di sekitar air terjun ini masih sangat asri.

Air terjun tiga tingkat ini memiliki aliran air yang tidak terlalu deras. Pengunjung yang datang bisa berenang dengan aman karena aliran sungai di bawah air terjun ini cukup tenang. Bersantai di Air Terjun Kima Atas bisa membuat badan dan pikiran jadi lebih segar.

15. Waruga Sawangan

Waruga Sawangan

* sumber: minahasapalakat.blogspot.co.id

Selain menawarkan tempat wisata berupa pantai dan keindahan alam bawah laut, Manado juga memiliki situs peninggalan sejarah, yaitu Waruga Sawangan. Ini merupakan pemakaman yang mengikuti tradisi Suku Minahasa di mana jenazah dimakamkan ke dalam wadah bernama waruga.

Sekilas batu-batu di pemakaman ini nampak seperti prasasti. Namun, batu-batu di Waruga Sawangan ini merupakan kubur bagi jenazah-jenazah yang berada di dalamnya. Namun, jika Anda berniat kemari untuk mengenal sejarah, maka Waruga Sawangan ini tidak seseram yang Anda bayangkan.

Tempat wisata di Manado yang dibahas oleh Keluyuran ini hanya sebagian besar saja, lho. Masih banyak tempat wisata lainnya yang harus dikunjungi ketika Anda sedang berada di Manado. Jika Anda memiliki rekomendasi tempat menarik lainnya, silahkan bagikan dengan kami di kolom komentar.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram