10 Tempat Wisata di Mataram yang Seru dan Mengedukasi

Ditulis oleh Riastri Herliana

Lombok merupakan sebuah pulau dengan julukan “Pulau Seribu Masjid” yang memiliki destinasi wisata kelas dunia. Biasanya, traveler datang ke Lombok untuk mendaki Gunung Rinjani, jelajah gili, jelajah Mandalika, ataupun belajar budaya di Desa Sasak Sade.

Tak banyak orang yang menjadikan Mataram sebagai destinasi, padahal di kota ini terdapat banyak destinasi yang bisa dituju. Mataram adalah Ibu kota Provinsi Nusa Tenggara Barat yang memiliki luas sekitar 61 km2.

Mataram dikenal dengan Islamic Center yang menjadi icon dari Pulau Lombok. Namun, sudah tahu belum kalau Mataram juga menyimpan banyak destinasi wisata? Kali ini, Keluyuran akan menginformasikan 10 tempat wisata di Mataram yang menarik untuk dikunjungi. Simak ulasannya berikut ini yuk!

1. Pantai Gading

Pantai Gading

Lombok memang dikenal dengan deretan pantai indah. Di Mataram terdapat Pantai Gading yang merupakan pantai berpasir hitam dengan pesona matahari terbenam yang sangat indah. Pantai ini selalu ramai dikunjungi saat sore hari, baik itu pada hari libur maupun hari kerja. Di sini, terdapat deretan warung serta jajanan yang siap menemani liburanmu.

Pantai Gading memang tidak secantik pantai lainnya di selatan Pulau Lombok. Namun, karena menghadap ke barat, maka Pantai Gading menjadi tempat yang tepat untuk menikmati pemandangan matahari terbenam yang seolah ditelan laut lepas.

  • Alamat : Jl. Lingkar Selatan, Tanjung Karang, Sekarbela, Kota Mataram
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Gratis

2. Nirwana Waterpark

Nirwana Waterpark

* sumber: www.berbagifun.com

Wahana wisata air selalu menjadi destinasi favorit untuk mengisi akhir pekan. Tak terkecuali di Mataram. Kali ini, bukan wisata air di laut, melainkan waterpark yang pasti disukai anak-anak. Terdapat beragam permainan seru mulai dari waterboom, air terjun, dan masih banyak lagi. Tempat ini bernama Nirwana Waterpark.

Nirwana Waterpark menjadi waterpark ketiga di Lombok setelah Green Garden Waterpark dan Kura-Kura Waterpark. Nirwana Waterpark selalu ramai dikunjungi pada libur akhir pekan. Berbagai permainan seru siap mengisi keseruan di hari liburmu.

  • Alamat : Jl. Jendral Sudirman, Rembiga, Mataram, Kota Mataram
  • Operasional : 08.00 – 18.00 WITA
  • Tiket Masuk : Senin – Jumat Rp30.000, Sabtu – Minggu Rp35.000

3. Taman Sangkareang

 https://dolandolen.com/listing/taman-sangkareang/

* sumber: dolandolen.com

Taman Sangkareang adalah salah satu taman kota di Mataram yang bisa dikunjungi untuk sekadar bersantai dan menikmati akhir pekan di kota Mataram. Taman Sangkareang dihiasi bunga yang berwarna-warni, dilengkapi gemericik air dan udara sejuk dari pepohonan membuat nyaman berlama-lama di sini.

Taman Sangkareang tak hanya dijadikan sebagai tempat bersantai pada akhir pekan, di sini juga menjadi tempat untuk menyalurkan hobi photography. Jika berkunjung ke sini, tak pelu khawatir kelaparan karena Taman Sangkareang dilengkapi dengan jajanan dan makanan lokal khas Mataram serta menjual minuman.

  • Alamat : Jl. Pejanggik, Mataram Baru, Selaparang, Kota Mataram
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Gratis

4. Pantai Ampenan

Pantai Ampenan

Suka dengan wisata kuliner sambil menikmati matahari terbenam? Jika iya, Pantai Ampenan wajib masuk ke dalam list destinasimu di Kota Mataram. Pantai ini menyediakan beragam jenis makanan dan minuman yang dijual di tepi pantai. Kamu bisa menyantap makanan sambil duduk di pinggir pantai sambil menyaksikan sunset.


Pantai Ampenan selalu ramai dikunjungi baik pengunjung dari luar kota maupun lokal. Di sini terkenal dengan sunset dan wisata kulinernya. Terdapat banyak sekali kursi dan meja yang berjajar, serta warung seafood yang bisa kamu coba. Pengunjung biasanya datang ketika sore hingga malam hari. Bahkan semakin malam, Pantai Ampenan semakin ramai.

  • Alamat : Jl. Pabean, Ampenan, Kota Mataram
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Gratis

5. Museum Negeri Nusa Tenggara Barat

Museum Negeri Nusa Tenggara Barat

Ingin mengenal sejarah di Nusa Tenggara Barat? Bagi kamu yang suka dengan wisata sejarah dan jelajah museum, jangan sampai terlewatkan mengunjungi salah satu museum di NTB yang memiliki banyak sekali bukti sejarah. Museum Negeri Nusa Tenggara Barat namanya. Di sini terdapat koleksi yang jumlahnya lebih dari 7.000 benda.

Museum Negeri Nusa Tenggara Barat menyimpan koleksi baju adat pernikahan dari suku Sasak di Lombok, Samawa di Sumbawa, dan Mbojo di Bima. Selain itu, di sini juga terdapat fosil dan koin Spanyol, Portugis, dan Belanda. Tak hanya mengenal sejarah, kamu juga bisa mempelajari perbedaan aksara tradisional berbagai daerah di Indonesia.

  • Alamat : Jl. Panji Tilar Negara No. 6, Taman Sari, Ampenan, Kota Mataram
  • Operasional : Selasa, Rabu, Kamis, Sabtu, dan Minggu 08.00 – 15.00 WITA, Jumat 08.00 – 11.00 WITA, Senin tutup
  • Tiket Masuk : Rp2.000/orang

6. Pantai Meninting

Pantai Meninting

* sumber: caderabdul.wordpress.com

Tak hanya Pantai Gading dan Pantai Ampenan saja, di Mataram juga terdapat pantai yang mungkin belum banyak diketahui orang. Pantai Meninting namanya. Letak pantai ini cukup sulit diakses karena terselip di antara pantai lainnya. Pantai Meninting terbentang sepanjang 1 km dan terdapat Sungai Meninting dekat pantai.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram