Keluyuran / Malaysia / Inilah 8 Tempat Wisata di Melaka yang Wajib Kamu Kunjungi!

Inilah 8 Tempat Wisata di Melaka yang Wajib Kamu Kunjungi!

Ditulis oleh - Diperbaharui 8 Juni 2019

Melaka adalah salah satu negara bagian di Malaysia yang tergolong bersejarah. Dulu, Melaka pernah diduduki oleh bangsa Portugis selama beberapa waktu. Dan menariknya, Kota Melaka merupakan kembaran dari beberapa kota di Indonesia seperti Sawahlunto dan juga Padang Panjang.

Ternyata, kota ini juga punya banyak tempat wisata menarik, lho. Nah, pada kesempatan kali ini, Keluyuran akan membahas mengenai 8 tempat wisata di Melaka yang populer dan tentunya wajib untuk kamu kunjungi kala berlibur ke sana. Simak ulasan berikut untuk mengetahui tempat wisata dan wahana Populer di Melaka.

1. Windmill Dutch Square

windmill dutch square tempat wisata di melaka

Windmill Dutch Square adalah kawasan alun-alun yang terkenal banyak dikunjungi para wisatawan, baik domestik maupun wisatawan dari mancanegara. Dari namanya sudah bisa ditebak bahwa Windmill Dutch Square ini adalah tempat yang kental dengan nuansa Belanda. Ya, ada bangunan gereja dan satu bangunan menara jam yang dicat dengan warna merah. Serta ada kincir angin kecil di sana.

Kalau kamu mengunjungi Kota Melaka, tidak ada salahnya untuk menyempatkan diri menyambangi alun-alun ini. Kamu bisa bersantai di sini setelah berkeliling kota, lho. Oh iya, pemandangan di sini akan lebih menakjubkan pada saat sore hingga malam hari. For your information, di sini ada kendaraan menyerupai becak yang ditarik secara manual alias langsung menggunakan tenaga manusia yang dihiasi dengan aneka dekorasi unik.

Kamu tertarik untuk mengunjungi Windmill Dutch Square? Kalau berkunjung di siang hari, jangan lupa untuk membawa minuman, ya. Karena cuacanya tergolong panas. Windmill Dutch Square buka selama 24 jam. Gimana, mau mencoba jalan-jalan di tempat yang satu ini?

  • Alamat: Bandar Hilir, 75200 Kota Melaka, Malaka, Malaysia
  • Jam Operasional: Buka 24 Jam

2. Melaka Sultanate Palace Museum

Melaka Sultanate Museum

Kalau Kuching punya Museum Kuching dan Museum Serawak, Melaka punya Melaka Sultanate Palace Museum atau Museum Kesultanan Melaka. Di museum yang dibangun pada tahun 80-an ini, kamu bisa mempelajari sejarah dari Kesultanan Melaka sejak awal kesultanan tersebut berdiri.

Tempat ini bisa dibilang merupakan miniatur dari Istana Kesultanan Melaka, lho. Di sini, kamu bisa melihat benda-benda bersejarah dari Kesultanan Melaka. Kamu dapat melihat berbagai macam senjata, pakaian adat hingga rupa kamar tidur Sang Sultan di museum yang punya arsitektur indah ini.

Gimana, kamu tertarik untuk mengunjungi Melaka Sultanate Palace Museum? Jangan khawatir, untuk harga tiketnya cukup terjangkau, kok. Wisatawan asing diharuskan merogoh kocek senilai RM 5 atau sekitar Rp. 17.000,- per orang.

  • Alamat: Jalan Kota, Bandar Hilir, 75000 Melaka, Malaysia
  • Nomor Telepon: +60 6-282 6526
  • Jam Operasional: Selasa-Minggu, 09.00 – 17.00
  • Harga Tiket Masuk: RM 5 atau setara dengan Rp17.000,- per orang

3. Melaka Botanical Garden

Melaka Botanical Garden

Kamu merasa lelah dan ingin rehat sejenak dari hiruk pikuk kota? Nah, kala berkunjung ke Kota Melaka, jangan lupa untuk bertandang ke Melaka Botanical Garden yang terletak di kawasan Ayer Keroh. Di tempat ini, kamu bisa menikmati pemandangan hijau yang indah, cantik dan tentunya memanjakan mata. Udara tempat ini juga sejuk karena tempat ini dikelilingi pepohonan rindang.

Selain cocok untuk jalan-jalan, kamu juga bisa bersepeda santai di tempat yang satu ini. Oh ya, di sini juga ada Museum Kehutanan Melaka, lho. Selain bisa berkunjung ke sana, kamu juga dapat berkunjung ke Taman Prasejarah, di mana ada patung-patung hewan prasejarah yang bisa kamu lihat di sana. Selain itu, kamu juga bisa mengunjungi Deer Park atau Taman Rusa.

For your info, kamu tidak memerlukan tiket masuk untuk bisa menyambangi kawasan wisata ini. Hanya saja, untuk menyewa sepeda ada biaya tambahan yang harus kamu keluarkan.

  • Alamat: Lebuh Ayer Keroh, 75450 Melaka, Malaysia
  • Nomor Telepon+60 6-231 4343
  • Jam Operasional: Buka mulai pukul 09.00-17.00 (Kecuali hari libur)

4. Kuil Cheng Hoon Teng

cheng hoon teng temple

Untuk kamu yang menganut agama Buddha atau Konghuchu, tidak ada salahnya jika kamu menyempatkan waktu ke Kuil Cheng Hoon Teng. Kuil yang telah ada sejak abad ke-17 ini memiliki arsitektur bangunan ala Tiongkok yang sangat kentara. Uniknya, kuil ini mempraktikkan tiga doktrin yang berbeda yakni taoisme, konghuchu dan juga buddhisme. Nah, gimana, kamu berminat untuk mengunjungi kuil yang indah ini?

  • Alamat: 25, Jalan Tokong, Kampung Dua, 75200 Melaka, Malaysia
  • Nomor Telepon+60 6-282 9343
  • Jam Operasional: 07.00-19.00

5. Baba-Nyonya Heritage Museum

baba nyonya museum

Selain Melaka Sultanate Palace Museum, kamu juga bisa mengunjungi Baba-Nyonya Heritage Museum atau Museum Warisan Baba-Nyonya. Ya, kalau kamu ingin mengetahui sejarah mengenai asal mula peranakan Tionghoa di Melaka, museum yang dibangun di abad ke-17 ini wajib untuk kamu kunjungi.

Selain dapat mempelajari sejarah tentang keturunan atau peranakan Melayu-Tionghoa di Melaka, kamu juga bisa melihat banyak barang peninggalan unik berupa mahjong kayu hingga gramofon jadul. Museum ini pada awalnya merupakan rumah tinggal yang akhirnya oleh pihak keluarga disulap menjadi bangunan yang menyimpan cerita serta tempat bersejarah. Kamu perlu merogoh kocek sekitar RM 16 atau setara Rp55.000,- per orang untuk bisa mengelilingi museum ini.

  • Alamat: 48-50, Jalan Tun Tan Cheng Lock, 75200 Melaka, Malaysia
  • Nomor Telepon: +60 6-282 1273
  • Jam Operasional: 10.00 – 13.00 (Senin – Kamis), 14.00 – 17.00 (Jumat – Minggu)
  • Harga Tiket Masuk: Sekitar RM 16 atau Rp55.000,- per orang

6. Menara Taming Sari

menara taming sari

Kalau berkunjung ke Melaka, jangan lupa untuk kunjungi Menara Taming Sari, ya. Nah, kalau kamu mau melihat kecantikan Kota Melaka dari ketinggian, maka Menara Taming Sari adalah pilihan yang tepat. Kamu juga dapat berfoto ria di kawasan menara yang cantik ini, lho.

Oh ya, di kawasan Menara Taming Sari ini banyak pedagang yang menjajakan aneka makanan lezat, jadi kamu tidak perlu khawatir akan kelaparan saat berkunjung kemari untuk sekadar berfoto atau melihat indahnya pemandangan Kota Melaka dari ketinggian. Satu orang turis asing diharuskan membayar antara RM 23 hingga RM 35 atau setara dengan Rp79.000.- hingga sekitar Rp120.000,- per orang. Yuk, berkunjung ke Menara Taming Sari!

  • Alamat: Jalan Merdeka, Bandar Hilir, 75000 Melaka, Malaysia
  • Nomor Telepon: +60 6-288 1100
  • Jam Operasional: 10.00 -23.00 WIB
  • Harga Tiket Masuk: RM 23 hingga RM 35 atau mulai dari Rp. 79.000,- per orang

7. A Famosa

a famosa

A Famosa merupakan benteng bersejarah yang dibangun Portugis di Melaka pada tahun 1511 dan telah diruntuhkan di tahun 1807. Meski kini yang tersisa dari benteng ini hanyalah gerbang utama dan reruntuhannya saja, A Famosa masih banyak dikunjungi oleh para wisatawan baik domestik maupun internasional, lho.

Tempat bersejarah ini kini digunakan untuk spot foto. Nah, kabarnya, kamu dapat melihat pemandangan Kota Melaka dan juga Menara Taming Sari dari kawasan reruntuhan benteng A Famosa ini. Kamu tertarik untuk mengunjungi situs bersejarah A Famosa?

  • Alamat: Jalan Parameswara, Bandar Hilir, 78000 Alor Gajah, Melaka, Malaysia
  • Nomor Telepon: +60 6-231 4343

8. Melaka River Cruise

melaka river cruise

Mau menikmati pemandangan indah khas Kota Melaka dari atas perahu? Kamu bisa mencoba wahana wisata Melaka River Cruise. Ya, dengan merogoh kocek sekitar RM 30 atau Rp103.000,- dan untuk anak, kamu perlu membayar sebesar RM 25 atau setara Rp85.000,-. Waktu terbaik yang disarankan untuk menjelajah pinggiran kota dengan perahu ini adalah antara sore hingga malam hari. Gimana, mau mencoba?

  • Alamat: (PPSPM) Aras 9, Bangunan Graha Maju, Jalan Graha Maju, 75300 Melaka
  • Nomor Telepon:  +606-281 4322/23
  • Jam Operasional: 09.00 – 23.30
  • Harga Tiket: RM 25 – RM 30 atau Rp85.000,- s/d Rp103.000,- per orang

Nah, itulah kedelapan tempat wisata di Melaka yang menarik, populer dan tentunya wajib untuk kamu kunjungi saat bertandang ke Kota Melaka yang indah dan bersejarah.

Adakah satu di antara delapan tempat juga wahana di atas yang sudah kamu kunjungi dan sudah kamu coba? Jika iya, tidak ada salahnya untuk berbagi pengalamanmu bersama para pembaca Keluyuran melalui kolom komentar yang tersedia.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar