10 Tempat Wisata di Merauke yang Asyik untuk di Jelajahi

Ditulis oleh Siti Hasanah

Kabupaten Merauke memiliki banyak potensi wisata alam untuk dikembangkan sebagai destinasi wisata alam. Keindahan yang ditawarkan oleh tempat terluar dari Indonesia yang berbatasan langsung dengan negara Papua Nugini tempat ini cukup menarik.

Selain itu, pengunjung juga dapat belajar sejarah yang terdapat di setiap tempatnya. Tempat-tempat yang dapat kamu kunjungi di sini juga cukup menarik, dari patung Yesus yang terdapat disebut pulau, hingga wisata pantai dan danau.

Berikut ini adalah beberapa tempat wisata yang direkomendasikan untuk dikunjungi di Merauke agar dapat lebih mengenal alam Papua dengan segala keindahannya.

Baca juga: 10 Pantai Terindah di Papua yang Cocok untuk Liburan

1. Monumen Kapsul Waktu

Monumen Kapsul WaktuSumber: instagram.com
  • Alamat: Alun-laun, Klp Lima, Kel. Merauke, Kec. Merauke, Kab. Merauke, Papua
  • Jam Operasional: 08.00 – 22.00
  • HTM: Rp20.000

Monumen Kapsul waktu merupakan sebuah monumen yang berisikan tujuh mimpi dari anak-anak bangsa dari 34 Provinsi di Indonesia. Monumen ini menjadi satu monumen yang sangat hits karena bentuk bangunannya yang menyerupai logo dari Avengers.

Sehingga banyak orang yang menyebutnya sebagai markas Avengers. Monumennya sendiri diresmikan pada tahun 2018. Tujuh mimpi dari anak-anak bangsa Indonesia tersebut nantinya akan dibuka pada tahun 2085 oleh penerus bangsa ini.

Monumen ini memiliki desain arsitektur yang menarik karena ukuran dari monumen tersebut melambangkan tahun kemerdekaan Indonesia yaitu lebar 17 meter, tinggi 8 meter, dan panjangnya 45 meter. Lima pintu masuknya melambangkan lima suku yang ada di Merauke.

2. Pantai Lampu Satu

  • Alamat: Jl. Menara Lampu Satu, Samkai, Kel. Merauke, Kec. Merauke, Kab. Merauke, Papua
  • Jam Operasional: 24 Jam
  • HTM: Gratis

Pantai Lampu Satu merupakan pantai yang cukup unik karena pasir pantainya bercampur dengan lumpur dan air lautnyanya pun terkesan keruh. Pada saat surut, jarak air pantai dengan bibir pantainya akan menjadi sangat jauh, sehingga pengujung harus berjalan ratusan meter untuk sampai ke bibir air lautnya.

Walaupun begitu, pantai ini memiliki panorama sunset yang amat memesona dengan meninggalkan warna jingga di angkasa.

Pemandangan sore merupakan panorama yang banyak diburu oleh kaula mudanya, sehingga suasana pada sore hari akan terasa lebih ramai. Sayangnya fasilitas pendukung pantai ini belum terlalu lengkap sehingga pengunjung harus membawa bekal sendiri.

3. Taman Nasional Wasur

Taman Nasional WasurSumber: instagram.com
  • Alamat: Jl. Garuda Lepro Seri No. 3, Kec. Sota, Kab. Merauke, Papua
  • Jam Operasional: Sabtu- Minggu 09.00 – 14.00
  • Telepon: +62 971 324532
  • HTM:Rp5.000

Taman Nasional Wasur memiliki beberapa spot yang dapat kamu kunjungi. Taman nasional ini terletak di tiga distrik, yaitu distrik Sota, Naunkenjarai, dan Merauke.

Taman Nasional Wasur merupakan rumah bagi vegetasi yang dibagi ke dalam 10 kelas hutan. Selain itu juga rumah bagi hewan-hewan endemik dan juga dilindungi, serta rumah bagi hewan besar seperti kanguru.


Taman Nasional Wasur juga merupakan tempat persinggahan dari binatang yang melakukan migrasi. Tempatnya merupakan kawasan hutan sabana basah yang luas di seluruh Asia.

Hal ini lah yang menjadikan taman nasional ini kaya akan keanekaragaman hayati dari flora maupun faunanya. Kamu dapat berkemah di taman nasional ini sambil mengamati flora dan fauna yang ada di sana.

4. Lotus Garden

Lotus GardenSumber: instagram.com
  • Alamat: Jl. Poros Semangga 3, Muram Sari, Kec. Semangga, Kab. Merauke, Papua
  • Jam Operasional: Sabtu-Minggu, 08.00 – 17.00
  • HTM:Rp20.000

Lotus Garden atau taman teratai merupakan tempat yang sangat pas untuk pengunjung yang sedang mencari tempat untuk menyepi dan menenangkan diri.

Tempatnya sangat nyaman digunakan sebagai tempat bersantai dengan beristirahat di gazebo yang terdapat disebuah kolam yang ditumbuhi dengan teratai. Tempatnya juga terasa asri dan juga sejuk karena dikelilingi oleh hutan.

Tempatnya cocok untuk jadi destinasi liburan bersama dengan keluarga karena pengunjung juga dapat mengajak si kecil untuk bermain di kolam yang terdapat dikawasan ini.

Bagi pengunjung yang ingin berkemah, pengelola juga menyediakan areal yang dapat digunakan sebagai tempat berkemah. Berswafoto di jembatan kayu yang ada di dalam hutannya adalah kegiatan lainnya di taman ini.

5. Pantai Payum

Pantai PayumSumber: instagram.com
  • Alamat: Jl. Poros Semangga 3, Muram Sari, Kec. Semangga, Kab. Merauke, Papua
  • Jam Operasional: 24 Jam
  • HTM: Gratis

Pantai Payum masih dalam satu bentangan dengan Pantai Lampu satu. Karakter pantainya pun tidak jauh berbeda. Tempatnya yang hening sangat cocok untuk menyepi.

Jika ingin bermain air di pantainya pengunjung harus tahu kapan waktu pasang dan surut air lautnya. Pada saat air lautnya surut pantainya menjadi sangat luas dan bibir air lautnya menjadi sangat jauh untuk kamu tempuh.

Sama seperti halnya Pantai Lampu Satu, waktu yang tepat untuk menikmati pantai ini adalah pada saat matahari terbenam. Pemandangan indah saat matahari terbenam menjadi incaran para pemburu senja.

Pantai Payum belum dikelola sebagai destinasi wisata sehingga fasilitas pendukungnya pun masih terbilang minim. Dengan sedikit sentuhan akan membuatnya nyaman dikunjungi.

6. Taman Satwa Yamai Atib

  • Alamat: Jl. Marid, Kel. Maro, Kec. Merauke, Kab. Merauke, Papua
  • Jam Operasional: Setiap hari 07.30 – 17.00
  • HTM: Gratis

Selain berwisata alam, di Merauke, pengunjung dapat berkunjung ke sebuah kebun binatang. Di tempat ini pengunjung bisa melihat hewan endemik dari Merauke, yaitu Walabi. Walabi merupakan hewan sejenis kanguru, hanya saja ukurannya jauh lebih kecil.

Kamu tidak perlu pergi ke hutan untuk dapat melihat hewan ini. Cukup datang saja ke taman satwa karena di tempat ini kamu dapat berinteraksi langsung dengan hewan tersebut.

Taman satwa ini memiliki tujuan sebagai sarana untuk melestarian hewan-hewan yang berasal dari Merauke yang terancam kepunahan karena perburuan.

Taman ini berdiri di sebuah lahan yang memiliki luas sekitar 25 x 100 meter dan telah memiliki fasilitas pendukung yang menunjang kenyamanan berwisata di Taman Satwa Yamai Atib ini.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram