10 Rekomendasi Tempat Wisata di Myanmar yang Paling Populer

Ditulis oleh - Diperbaharui 24 April 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Myanmar atau Burma adalah salah satu anggota ASEAN yang popularitasnya bisa dikatakan berada di bawah negara ASEAN lainnya. Salah satu penyebabnya adalah pemerintahan junta militer yang telah menguasai negara beribu kota Naypyidaw ini selama puluhan tahun. Hal itu membuat negara ini cukup tertutup dari dunia luar.

Kurang stabilnya perpolitikan di Myanmar berimbas pada banyak hal, termasuk lambatnya perkembangan pariwisata. Namun setelah junta memindahkan kekuasaan ke pemerintah sipil, kunjungan turis internasional ke Myanmar mengalami kenaikan pada tahun 2012 dengan lebih dari satu juta kunjungan.

Sebagai negara terluas kedua di Asia Tenggara setelah Indonesia, Myanmar sebenarnya memiliki potensi wisata yang besar. Nah, berikut ini adalah beberapa tempat wisata populer di Myanmar yang direkomendasikan beberapa situs wisata internasional.

1. Bagan

Bagan Myanmar

* sumber: pixabay.com

Jika Indonesia punya Borobudur yang sudah sangat terkenal di seluruh dunia, maka Myanmar punya Bagan. Bedanya dengan Borobudur yang merupakan situs candi Buddha tunggal terbesar di dunia, Pagan merupakan sebuah situs kota bersejarah yang memiliki ribuan candi, pagoda, dan stupa.

Di masa lampau, tepatnya pada abad ke-9 hingga abad ke-13 Masehi, Bagan merupakan ibu kota Kekaisaran Burma Pertama yang pernah digambarkan oleh Marco Polo sebagai “kota berlapis emas”. Hingga saat ini ribuan situs di kota tersebut masih bisa disaksikan, termasuk kuil Ananda yang terkenal dengan menara emasnya yang berkilau.

2. Pagoda Golden Rock

Pagoda Golden Rock

* sumber: upload.wikimedia.org

Pagoda Golden Rock adalah sebuah situs keagamaan yang menjadi tempat berziarah umat Buddha Myanmar. Hal yang membuat tempat ini unik dan banyak dikunjungi turis adalah pagoda yang terletak di atas batu yang menonjol di sebuah gunung. Jika dilihat dari kejauhan, pagoda tersebut seolah-olah akan jatuh dari tepi tebing.

Masyarakat setempat percaya bahwa ada keajaiban dibalik batu dan pagoda tersebut, sehingga misteri yang menyelimutinya mengundang rasa ingin tahu banyak wisatawan. Pagoda Golden Rock berjarak sekitar lima jam perjalanan dari Yangon, dan untuk masuk ke kawasannya harus ditempuh dengan berjalan kaki.

3. Pagoda Shwedagon

Pagoda Shwedagon

* sumber: pixabay.com

Ini adalah salah satu situs keagamaan paling sakral bagi umat Buddha di Myanmar. Hal itu karena pagoda tersebut disebutkan mengandung sehelai rambut Buddha dan peninggalan keagamaan lainnya. Keunikan bangunan pagoda yang satu ini membuatnya populer di mata wisatawan asing.

Pagoda yang berusia 2.500 tahun ini terletak di Singuttara Hill di Yangon. Pagoda yang memiliki ketinggian 99 meter ini terlihat megah karena berlapiskan emas. Bahkan stupanya disebutkan dilapisi ribuan berlian. Pengunjung pagoda diharapkan mengikuti aturan berpakaian yang berlaku dan masuk ke dalamnya tanpa alas kaki.

4. Mrauk U

Mrauk U

* sumber: commons.wikimedia.org

Mrauk U merupakan kompleks candi terbesar ke-2 yang ada di Myanmar. Di sana terdapat ratusan pagoda dan kuil dari batu bata yang telah berusia ratusan tahun. Pada awalnya tempat ini dianggap sebagai benteng karena memiliki dinding tebal. Namun, rupanya dinding tersebut dibangun bukan untuk melindungi kuil dari serbuan, melainkan dari angin kencang.

Jika ingin mengunjungi tempat ini berarti harus siap dengan petualangan. Itu karena letak Mrauk U cukup terpencil dan harus digapai dengan naik perahu selama empat hingga tujuh jam. Meskipun perjalanan ke tempat tersembunyi ini cukup menguras tenaga, namun hal itu bisa terbayar lunas dengan pemandangan indah di sepanjang perjalanan dan area wisata.

5. Danau Inle

Danau Inle

* sumber: pixabay.com

Seperti di Indonesia, danau juga menjadi salah satu objek wisata yang banyak dikunjungi di Myanmar. Jika Indonesia punya Danau Toba di Sumatera Utara, maka Myanmar punya Danau Inle yang merupakan danau terbesar di negara itu. Ini adalah pilihan yang bagus bagi para pecinta alam dan petualangan.

Selain keindahan alam, Danau Inle juga menawarkan keindahan budaya lokal. Di sana pengunjung bisa naik perahu menjelajahi danau termasuk mengunjungi pasar terapung yang ada di sana serta menyaksikan keunikan penduduk setempat yang mendayung dengan cara unik, yaitu hanya menggunakan satu kaki

6. Taung Kalat

Taung Kalat

* sumber: www.flickr.com

Taung Kalat adalah objek wisata populer lainnya di Myanmar. Ini adalah adalah kompleks biara dan kuil Buddha yang dibangun di atas gunung berapi yang sudah tidak aktif. Jika dilihat dari jauh, Taung Kalat terlihat menakjubkan karena menawarkan keindahan alam yang keren.

Untuk mencapai tempat ini bukanlah perkara yang mudah. Pengunjung harus menaiki ratusan anak tangga untuk sampai ke situs. Meskipun sangat melelahkan, namun pengunjung bisa menyaksikan pemandangan yang indah dari puncak, termasuk hamparan kota kuno Bagan dan puncak kerucut soliter sebuah gunung berapi.

7. Ngapali

Ngapali

* sumber: upload.wikimedia.org

Pantai bukanlah hal yang aneh bagi masyarakat Indonesia. Itu karena kita memiliki banyak pantai yang menakjubkan yang tersebar hampir di seluruh pulau. Nah, di Myanmar juga terdapat wisata pantai, salah satu yang paling terkenal adalah Ngapali yang terletak di Negara Bagian Rakhine.

Ngapali disebut-sebut sebagai salah satu pantai tropis paling indah di Teluk Benggala. Jika Anda pecinta wisata pantai, tidak ada salahnya mengunjungi Ngapali ketika sedang berlibur di Myanmar. Tidak beda jauh dengan pantai-pantai tropis lainnya, suguhan utama Ngapali adalah hamparan pasir putih tak yang dan barisan pohon palem di sepanjang garis pantai.

8. Shwenandaw Monastery

Shwenandaw Monastery

* sumber: commons.wikimedia.org

Berjarak kurang dari satu jam dari Bagan, Shwenandaw Monastery adalah tempat wisata populer lainnya yang ada di Myanmar. Ini adalah biara Buddha bersejarah yang ada di dekat Bukit Mandalay, Wilayah Mandalay. Sebagai informasi, Mandalay merupakan bekas ibu kota pada masa Myanmar Kuno.

Disebutkan kalau Shwenandaw Monastery pada awalnya merupakan bagian dari kompleks Istana Mandalay yang berfungsi sebagai tempat tinggal kerajaan. Namun karena suatu alasan, tempat ini dipindahkan ke luar istana. Kini Shwenandaw Monastery menjadi salah satu tempat wisata yang ramai di Mandalay.

9. Irrawaddy River Cruise

Irrawaddy River Cruise

* sumber: www.flickr.com

Irrawaddy adalah sungai terpanjang dan terpenting di Myanmar. Keberadaan sungai ini sangat penting bagi perekonomian masyarakat setempat. Nah, salah satu kegiatan wisata populer di sungai yang mengalir dari utara ke selatan melalui negara Myanmar ini adalah naik kapal pesiar.

Terdapat sejumlah operator kapal pesiar yang siap membawa Anda menjelajahi bentang alam yang indah dan beragam di sepanjang Sungai Irrawaddy. Beberapa operator akan membawa Anda ke perkebunan jati yang subur di sekitar Prome, mengunjungi desa-desa dan kota-kota kecil, dan lain sebagainya.

10. Pagoda Shwemawdaw

Pagoda Shwemawdaw

* sumber: www.flickr.com

Pagoda Shwemawdaw atau Golden God Temple merupakan pagoda tertinggi di Myanmar dengan ketinggian mencapai 115 meter. Pagoda ini terletak di Bago yang berjarak sekitar 80 kilometer dari Yangon.

Pagoda ini terkenal karena emas berkilauan yang menutupinya yang bahkan terlihat dari jarak beberapa kilometer. Selain itu, bagian atasnya juga bertatahkan berlian yang terlihat berkilauan.

Nah, itulah beberapa tempat wisata di Myanmar yang populer di mata wisatawan lokal maupun mancanegara. Sebelum berkunjung ke sana, alangkah baiknya untuk menjelajahi tempat wisata di negeri sendiri karena Indonesia adalah salah satu surga tempat wisata di dunia.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *