10 Tempat Wisata di Nepal yang Jadi Favorit Para Wisatawan

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 20 November 2021

Nepal merupakan negara kecil yang unik dan bergunung-gunung. Negara ini mempunyai beragam atraksi wisata yang menakjubkan yang bisa dinikmati beragam orang, mulai dari pecinta alam, pencari dunia spiritual dan penyuka sejarah. Nepal merupakan rumah untuk Pegunungan Himalaya. Seperti diketahui pegunungan itu merupakan surga untuk para pendaki dan pencinta alam.

Salah satu yang menjadi tempat wisata di Nepal adalah Gunung Everest. Namun selain itu negara ini juga memiliki kota-kota kecil dan terpencil yang tersebar di seluruh negeri. Ketika mengunjungi tempat-tempat tersebut, wisatawan akan dibawa kembali ke masa kerajaan dahulu. Kalau sudah tidak sabar ingin tahu tempat wisata yang ada di Nepal, jangan lewatkan ulasan berikut ini.

Baca juga: 10 Tempat Wisata Ekstrem Dunia yang Bikin Jantung Berdebar

1. Kuil Pashupati Nath

Kuil Pashupati Nath
  • Alamat: Pashupati Nath Road 44621, Kathmandu, Nepal
  • Jam buka: 09.00 -23.00
  • HTM: NPR 1.000 per hari per entri
  • Telepon: +977 1-4470340

Kuil Pashupati Nath merupakan salah satu kuil tertua dan suci di Nepal. Pashupati merupakan kuil yang paling terkenal dan lokasinya berada di pinggiran Kathmandu, ibu kota Nepal. Di dekat kuil ini mengalir Sungai Bagmati. Kuilnya sendiri didedikasikan untuk dewa Nepal yang dihormati, yaitu Dewa Pashupatinath. Dewa ini dikenal juga sebagai Dewa Siwa.

Pengikut agama Hindu banyak yang mengunjungi salah satu tempat wisata di Nepal yang paling ikonik ini untuk mendapatkan berkah dari para dewa. Kuil ini masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO dan sudah ada dalam daftar sejak 1979. Pada dasarnya kuil di Nepal ini merupakan kumpulan beragam kuil, ashram juga prasasti yang sudah ada di sana sejak lama.

Pada perayaan festival Maha Shivaratri, kuil ini setiap tahunnya dikunjungi oleh lebih dari satu juta orang yang datang dari seluruh dunia.

2. Danau Phewa

Danau Phewa
  • Alamat: 33700, Pokhara, Nepal
  • Jam buka: 24 jam

Danau Phewa merupakan salah satu tempat wisata di Nepal yang menarik banyak wisatawan untuk datang. Letaknya berada di di tepi danau Pokhara, yaitu sebuah kota yang terletak di Nepal tengah. Kota ini merupakan resor kerajaan yang terkenal di Nepal. Yang menjadi latar belakang untuk Danau Phewa adalah Puncak Annapurna yang megah.

Di tepi selatan danau terletak istana kerajaan. Pusat dari seluruh area pemandangan di tempat wisata ini adalah area tepi tengah danau dan tempat perkemahan. Jalan utama yang berada di tepi danau dipenuhi dengan hotel, restoran, dan perbelanjaan.

Pemandangan Danau Phewa saat senja hari sangat disukai oleh para fotografer. Untuk menikmati danau dan pemandangannya, wisatawan bisa menyewa perahu layar kecil yang berwarna cerah.

3. Museum Patan

Museum Patan
  • Alamat: Lalitpur 44700, Nepal
  • Jam buka: 10.30-17.30
  • HTM: NPR 1.000
  • Telepon: +977 1-5521492

Museum Patan berada di istana kerajaan yang sudah tua di daerah Patan Durbar Square. Sebagai informasi, museum ini terpilih sebagai salah satu museum terbaik di wilayah Asia Selatan. Pengunjung akan tahu jawabannya mengapa museum ini jadi meseum terbaik saat masuk ke dalamnya.

Berkat bantuan dana dari Austria, interior museum ini sudah berhasil dipugar sehingga menjadi indah. Selain itu, hal menarik lainnya di museum ini adalah pajangan mengenai warisan Hindu dan Buddha di Lembah Kathmandu.

4. Bhaktapur Durbar Square

Bhaktapur Durbar Square
  • Alamat: Durbar square, Bhaktapur 44800, Nepal
  • Jam buka: 24 jam

Bhaktapur Durbar Square berada di pusat Bhaktapur, yaitu di tenggara Kathmandu. Di zaman dahulu, Bhaktapur disebut sebagai Bhadgaon, yang dalam bahasa Nepal artinya "Kota Beras" atau "Kota Orang Saleh.” Tempat wisata di Nepal ini dikenal sebagai tempat untuk menyaksikan kehidupan kota di Nepal abad pertengahan.

Dikatakan kalau pada masa kejayaannya di Bhaktapur terdapat 172 kuil. Situs bersejarah Bhaktapur terkonsentrasi khususnya di tiga alun-alun dan salah satu alun-alun yang paling indah dan terkenal adalah Alun-Alun Durbar.

Tempat ini dikelilingi oleh beragam pagoda dan kuil, yang dikenal sebagai "museum terbuka". Sayangnya saat terjadi gempa pada tahun 2015, bangunan-bangunan tersebut banyak yang mengalami rusak parah.

5. Taman Nasional Chitwan

Taman Nasional Chitwan
  • Alamat: GFM2+JXW, Sonepur 44200, Nepal
  • Jam buka: 06.00-18.00
  • HTM: NR. 1.000 per orang per entry
  • Telepon: +977 981-4380807

Selain berkunjung ke tempat-tempat bersejarah, wisatawan juga bisa berkunjung ke alam liar yang ada di negara ini, tepatnya ke Taman Nasional Chitwan. Taman nasional ini merupakan tempat yang indah untuk menyaksikan satwa liar dan merasakan suasana safari. Beberapa area dari taman nasional ini memiliki ketinggian hanya sekitar 100 meter.

Ini jauh lebih rendah dibandingkan dengan Kathmandu yang memiliki ketinggian sekitar 1.400 meter. Iklim di Chitwan yaitu iklim muson tropis. Ini berbeda sekali dengan kebanyakan iklim di Nepal. Taman nasional ini merupakan tempat tinggal badak, macan tutul, harimau Bengal, gaur (kerbau), rusa, beruang sloth dan masih banyak hewan-hewan lainnya.

Sungai-sungai di taman nasional ini dihuni oleh lumba-lumba air tawar (gangetic) juga buaya, tetapi mereka jarang terlihat. Untuk tur mengelilingi taman nasional, wisatawan bisa berjalan kaki, tapi kebanyakan memilih menaiki gajah. Chitwan masuk dalam daftar situs warisan budaya dunia UNESCO.

6. Lumbini

Lumbini
  • Alamat: Lumbini, Nepal
  • HTM: 500 rupee

Lumbini merupakan sebuah kota kecil yang berada di Terai Barat, di dataran yang berbatasan dengan India. Menurut bukti arkeologis, Lumbini merupakan tempat kelahiran Buddha yang lahir pada tahun 623 SM.

Kini, Lumbini menjadi rumah untuk vihara dan pusat agama Buddha yang dibangun oleh berbagai negara yang memiliki tradisi agama Buddha yang kuat. Oleh karena itu ketika mengunjungi tempat wisata di Nepal ini seperti sedang mengikuti tur tradisi Buddha dari seluruh dunia.

7. Kumari Ghar

Kumari Ghar
  • Alamat: Layaku Marg, Kathmandu 44600, Nepal
  • Jam buka: 24 jam

Kumari Ghar yang juga disebut sebagai bernama the Temple of Living Goddess berada di Durbar Square, Kathmandu. Bangunan ini merupakan bangunan kuil Buddha yang terdiri dari tiga lantai. Walaupun bangunannya tidak indah, tapi bangunan ini berhasil menarik banyak perhatian karena di sini ada Dewi Kumari yang hidup.

Di Nepal, "Kumari" artinya "Perawan" dan juga disebut Dewi yang Hidup. Kumari dipilih dengan teliti dari gadis-gadis biasa yang ada di Nepal. Gadis muda yang terpilih sebagai "Kumari" akan dikirim ke kuil untuk beribadah pada usia tiga atau empat tahun sampai dia remaja.

Setiap hari pada waktu yang sama, Dewi Kumari akan muncul di jendela kamar kerjanya supaya pengunjung bisa melihat dirinya sekilas. Selama ratusan tahun, Dewi Kumari selalu berasal dari keluarga sipil dan dia akan kembali ke masyarakat setelah berhenti.

8. Nagarkot

Nagarkot
  • Alamat: 32 km NE dari Kathmandu di pinggiran utara Lembah Kathmandu
  • HTM: 340 rupee

Nagarkot lokasinya berdekatan dengan Lembah Kathmandu. Ini merupakan salah satu tempat wisata Nepal yang terkenal karena di tempat ini wisatawan bisa menyaksikan pemandangan Himalaya yang memesona termasuk Gunung Everest yang berada di sisi Timur Laut.

Para wisatawan senang berkunjung ke tempat ini pada sore hari untuk menikmati indahnya pemandangan matahari terbenam. Ini Jarak tempuh menuju tempat ini hanya 4 jam berkendara dari Kota Kathmandu.

9. Lembah Pokhara

Lembah Pokhara
  • Alamat: bagian barat Nepal

Lembah Pokhara yang menjadi permata dari pariwisata Nepal ini berada di tengah Pegunungan Himalaya Annapurna. Pokhara merupakan lembah terbesar kedua dan tentunya salah satu tempat wisata di Nepal terbaik untuk dikunjungi. Lembah Pokhara mengundang banyak wisatawan karena memiliki keajaiban alam.

Pada dasarnya lembah ini berlokasi di antara bagian barat negara itu. Di lembah tersebut terdapat dua kota, yaitu Lekhnath dan Pokhara. Daerah ini jaraknya sekitar 203 kilometer dari lembah Kathmandu dan berada di zona Gandaki. Kota Pokhara dipercaya sebagai salah satu kota besar di Nepal.

Fakta lain tentang Lembah Pokhara yaitu lembah ini sangat rentan terhadap gempa seperti halnya Lembah Kathmandu. Pada umumnya orang-orang mengunjungi lembah ini supaya mereka bisa melihat dengan jelas barisan pegunungan Himalaya.

Pokhara ini juga sangat populer dengan aktivitas-aktivitas wisata, berperahu, arung jeram, trekking di Nepal, dan olahraga ekstrim lainnya.

10. Stupa Boudhanath

Stupa Boudhanath
  • Alamat: Stupa, Boudhanath Sadak, Kathmandu 44600, Nepal
  • Jam buka: 24 jam
  • HTM: NPR 400
  • Telepon: +977 986-3319626

Berada di jalan perdagangan kuno antara Tibet dan Nepal, Stupa Boudha merupakan stupa bundar terbesar di dunia dan salah satu warisan budaya dunia. Stupa ini pertama kali dibangun pada masa Songtsen Gampo.

Pagoda yang berbentuk mangkuk tertutup berwarna putih ini mempunyai mata Buddha yang besar di semua sisinya. Ini berarti bahwa Dharma tidak terbatas dan ada di mana-mana. Kubah, menara, menara persegi dan kanopi masing-masing melambangkan lima bagian dunia, yaitu bumi, api, air, udara dan aether. 13 langkah di menara melambangkan 13 tahap menuju Nirwana.

Setelah Tibet, Nepal merupakan negara lainnya yang berada dekat dengan salah satu pegunungan tertinggi di dunia, yaitu Pegunungan Everest. Karena itulah tempat wisata di Nepal selalu menarik perhatian para pelancong, selain tentu karena keunikan budayanya.

Jika Tibet banyak memiliki peninggalan agama Buddha, maka di Nepal banyak ditemui bangunan-bangunan yang berhubungan dengan agama Hindu. Apakah tertarik untuk bertemu dengan Kumari Ghar, perwujudan dewi yang hidup di Nepal? Atau kamu tertarik mengunjungi tempat wisata lain di Nepal?

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram