Inilah 10 Tempat Wisata di Nias yang Wajib Dikunjungi

Ditulis oleh Dhini Oktavianti

Nias adalah pulau yang terletak di sebelah barat Pulau Sumatra. Pulau ini ditinggali oleh suku Nias dan termasuk pulau terbesar di antara gugusan pulau di barat Sumatera. Percaya deh, Nias merupakan hidden gem dan salah satu surga tersembunyi di Pulau Sumatra.

Kalau kamu ingin mencari pulau yang dikunjungi, Nias harus menjadi salah satunya. Ada banyak tempat wisata yang bisa bikin kamu jatuh hati dengan pulau yang menjadi bagian dari Sumatra Utara. Sebagai permulaan, ini 10 tempat wisata di Nias yang wajib kamu kunjungi saat bertandang ke sana.

Baca juga: 10 Pakaian Adat Sumatera Utara yang Unik dan Beragam

1. Desa Bawomataluo

  • Alamat: Bawomataluo, Fanayama, Kabupaten Nias Selatan

Saat memutuskan berkunjung ke Nias, pastikan kamu masukan Desa Bawomataluo ke dalam daftar kunjungan. Tentu saja kamu ingat bahwa Nias terkenal dengan lompat batu setinggi dua meter.

Hanya sedikit pemuda terpilih yang sanggup melompati batu tersebut tanpa menyentuh dan mendarat dengan berdiri. 

Warisan budaya tersebut pun sempat dijadikan gambar uang kertas Rp 1000 pada tahun 1990an. Desa Bawomataluo juga masuk ke dalam daftar warisan dunia UNESCO. Dari situ, kamu bisa mengetahui alasan wajib mengunjungi tempat wisata di Nias satu ini.

Di dalam desa ini, terdapat rumah milik kepala suku yang disebut dengan Rumah Raja. Arsitektur megah, ukiran-ukiran menarik, hiasan yang dipahat dan banyak lagi. Tak hanya itu, terdapat peninggalam megalitik berupa dua meja batu berbentuk perahu.

2. Desa Wisata Orahili

Desa Wisata OrahiliSumber: itrip.id
  • Alamat: Orahili, Bawolato, Kabupaten Nias

Selain Desa Bawomataluo, kamu perlu berkunjung ke Desa Orahili. Desa ini merupakan desa adat tertua di Kabupaten Nias Selatan.

Diperkirakan sudah muncul sejak 1500 tahun sebelum masehi. Saat berkunjung ke sini, kamu akan menemukan banyak batu yang ditata dengan tegak, bangunan yang menarik,  sampai patung.

Tak hanya itu, kamu juga akan menemukan banyak tembaga. Hal itu bukan tanpa alasan. Desa Orahili memang memiliki bukti peninggalan zaman megalitikum. Tempat ini akan menjadi tempat yang tepat untuk belajar sejarah lebih mendalam.

3. Pantai Indah Tureloto

  • Alamat: Desa Balefadorotuho, Kecamatan Lahewa, Kabupaten Nias Utara

Pantai Indah Tureleto harus banget kamu kunjungi . Keindahan pantai ini justru didapat dari bencana tsunami pada 2005.

Akibatnya kontur di kawasan tersebut berubah dan menciptakan keadaan yang menarik. Pantai dengan karang tersebar di beberapa titik serta air jernih luar biasa.

Pantai Indah Tureleto pun memiliki kadar garam yang tinggi pada airnya. Tak heran bila tempat wisata di Nias satu ini disebut dengan Laut Mati-nya Indonesia. Saat menyelam orang cenderung terangkat kembali ke permukaan.

Selain keindahan yang luar biasa di daratan, kamu juga bisa melihat pesona bawah laut pantai ini dengan snorkeling dan diving.


Bahkan berdiri saja di bibir pantai pun kamu sudah bisa melihat keindahan laut dengan mata telanjang, saking jernihnya. Menikmati matahari terbenam di sini juga tak boleh kamu lewatkan.

4. Pantai Gawu Soyo

  • Alamat: Ombolata, Kecamatan Afulu, Kabupaten Nias Utara

Tahukah kamu, selain di Labuan Bajo ada juga pantai dengan pasir pink di Nias? Yes, tepatnya di Pantai Gawu Soyo. Keeksotisan pantai ini disokong dengan panorama tumbuhan yang masih asri ditambah air laut yang bening, langit biru, membuatnya kontras cantiknya.

Ada legenda dibalik keindahan Pantai Gawu Soyo, yaitu pemuda bernama Laowomaru yang membunuh naga di pantai ini. Darah naga ini disebut memberikan warna merah pada pasir di sini.

Di sisi lain, secara ilmiah menyebutkan pasir berwarna merah di Pantai Gawu Soyo karena abrasi dari batu karang. Menariknya, merahnya pasir di pantai ini hanya ada di sepanjang 1 kilometer saja.

5. Pantai Indah Sorake

  • Alamat: Jalan Sorake, Lagundri, Kecamatan Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selatan

Pulau Nias sesungguhnya menyajikan banyak hal yang menarik untuk dikunjungi. Apalagi bisa kamu mencari pantai dengan ombak tinggi untuk surfing. Nias harus sekali masuk dalam daftar kunjungan. Pasalnya tempat ini memiliki Pantai Sorake yang akan menjadi magnet para surfer.

Ombak tinggi sampai 30 meter menjadi daya tariknya. Tak sedikit wisatawan mancanegara bahkan berselancar di sini. Kemudian, panorama alam luar biasa menghiasi sekeliling Pantai Sorake.

6. Pantai Lagundri

  • Alamat: Lagundri, Kecamatan Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selatan

Sudah menginjakan kaki di Pantai Sorake, tentu saja kamu perlu ke Pantai Lagundri. Lokasinya berdekatan satu sama lain dan termasuk ke dalam daftar 10 pantai terbaik di dunia.

Hamparan laut biru dengan air jernih serta ombak sampai ketinggian 10 meter menjadi pilihan terbaik untuk para peselancar. Menariknya, pantai ini pernah dijadikan tempat lomba surf tingkat dunia.

7. Pulau Wunga Laguna

Pulau Wunga LagunaSumber: djawanews.com
  • Alamat: Pulau Wunga, Afulu, Nias Utara

Mencari tempat wisata di Nias yang sepi sekaligus indah luar biasa sebenarnya tidak sulit. Tapi kalau memang ingin yang niat, berarti kamu perlu ke Pulau Wunga Laguna.

Pulau ini merupakan pulau terluar dari Nias dan terbentuk karena gempa pada 2005. Luasnya pun hanya 9 kilometer persegi. Ada penduduk yang mendiami Pulau Wunga dengan bermata pencaharian berkebun kopra serta budidaya rumput laut.

Walau berpenduduk, pulau ini hanya memiliki sekitar 20an rumah sehingga serasa berkunjung ke pulau pribadi. Selain itu, suasana tenang, sepi, pemandangan alam yang ditawarkan terasa menyenangkan untuk healing.

Keindahan bawah lautnya tak perlu lagi ditanyakan. Spellbinding! Hanya saja untuk ke sini perlu menempuh jarak yang jauh. Kamu perlu naik kapal dari Pulau Afulu selama kurang lebih dua jam. Namun, waktu yang ditempuh ini terbayar dengan keeksotisan Pulau Wunga Laguna

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram