Yuk, Pelesir Ke 10 Tempat Wisata di NTB yang Terbaik Ini!

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 April 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Siapa yang tak tergoda untuk berkunjung ke tempat wisata di Lombok? Pulau Lombok memang menawarkan beberapa pantai yang sangat mempesona. Nah, setelah mengunjungi beberapa tempat wisata favorit yang ada di Lombok tak ada salahnya jika Anda melanjutkan wisata Anda dengan berpelesir ke Nusa Tenggara Barat (NTB), yang merupakan provinsi yang menaungi Pulau Lombok.

Ada apa saja di NTB? Adakah tempat wisata di NTB yang tidak kalah menarik dengan yang ditawarkan di Pulau Lombok? Tentu saja ada. Anda bisa mengecek daftar tempat wisata terbaik di NTB yang sudah dirangkum oleh Keluyuran berikut ini.

10 Tempat Wisata Terbaik di NTB

1. Poto Jarum

Poto Jarum Tempat Wisata Di NTB

Poto Jarum adalah kawasan hutan lindung yang berada di Pulau Moyo, Sumbawa, NTB. Namun, yang membuat hutan lindung ini nampak sangat unik adalah keberadaan garis pantai dengan pasir yang putih nan bersih serta air laut yang tampak sangat jernih.

Santai di tepi pantai di Poto Jarum ini akan terasa lebih sejuk karena ada pohon-pohon rimbun di kawasan hutan lindung tersebut. Selain itu, ombak di laut di sekitar tempat wisata di NTB yang mengagumkan ini sangat tenang, sehingga pengunjung bisa berenang di air laut yang jernih ini.

2. Pantai Tanjung Pasir

Pantai Tanjung Pasir Tempat Wisata Di NTB

Masih membahas pantai yang ada di sekitar Pulau Moyo, kini kami hendak mengajak Anda untuk mengunjungi pantai yang sangat terkenal di kalangan wisatawan, yakni Pantai Tanjung Pasir. Pantai yang berada di sebelah selatan Pulau Moyo ini memiliki ombak yang tenang, serta pasir putih yang bersih.

Tak hanya itu saja, air laut berwarna biru di sekitar pantai juga sangat jernih, sehingga banyak traveler yang berkunjung kemari untuk snorkeling. Terumbu karang di sekitar Pantai Tanjung Pasir juga masih sangat terjaga. Ingin snorkeling di Pantai Tanjung Pasir? Kunjungi pantai ini yang lokasinya berada di Desa Ai Bari.

3. Pantai Ai Manis

Pantai Ai Manis

Berada tak jauh dari Pantai Tanjung Pasir, Pantai Ai Manis juga merupakan destinasi wisata di NTB yang wajib Anda kunjungi. Untuk sampai di pantai ini Anda hanya perlu menempuh perjalanan darat selama 20 menit saja dari Pantai Tanjung Pasir.

Sekilas pantai ini memang nampak sama dengan Pantai Tanjung Pasir. Anda bisa bersantai di pantai yang menawarkan suasana tenang ini di atas pasir putih yang bersih. Pemandangan air laut berwarna biru kehijauan ini bisa Anda nikmati ketika berada di Pantai Ai Manis. Di sekitar pantai juga terdapat hutan tropis yang masih dihuni oleh beberapa spesies binatang liar.

4. Air Terjun Mata Jitu

Air Terjun Mata Jitu

Bosan dengan suasana pantai dan lebih memilih berwisata ke air terjun? Anda bisa mendatangi Air Terjun Mata Jitu yang lokasinya juga masih di sekitar Pulau Moyo ini. Air terjun dengan air yang sangat jernih ini berada di tengah-tengah hutan. Berbeda dengan air terjun lainnya, di sekitar Air Terjun Mata Jitu ini terdapat stalaktit dan stalagmit.

Untuk sampai kemari Anda harus trekking terlebih dahulu. Akan tetapi, jalur yang dilewati tidak terlalu terjal dan curam seperti di pegunungan. Walaupun air terjun ini sangat jernih, tetapi pengunjung tidak diperbolehkan mandi di tempat wisata di NTB ini. Kabarnya, ada kolam khusus yang sudah disediakan untuk pengunjung yang ingin berenang.

5. Brang Sedo

Brang Sedo

Tidak semua orang senang berwisata ke tempat yang ramai. Terkadang tempat wisata yang jauh dari hiruk pikuk bisa membuat kita menjadi lebih santai dan tenang. Jika Anda menginginkan tempat wisata yang seperti itu, maka Anda bisa menuju ke Brang Sedo yang ada di Pulau Moyo.

Tempat wisata di NTB ini sudah cukup terkenal di kalangan wisatawan. Apabila sebelumnya Anda mengunjungi Pantai Tanjung Pasir terlebih dahulu, maka Anda bisa langsung menuju ke Brang Sedo ini dengan mudah. Sewalah perahu motor untuk mengantar Anda dari Pantai Tanjung Pasir ke Brang Sedo. Hanya dalam waktu 1 jam saja, Anda sudah sampai di pantai yang tak kalah cantik dengan pantai-pantai lainnya ini.

6. Pantai Tanjung Aan

Pantai Tanjung Aan

* sumber: id.lombokindonesia.org

Pantai Tanjung Aan bisa dicapai dengan menempuh perjalanan sejauh 75 KM atau selama kurang lebih 1,5 jam dari Kota Mataram. Pantai ini masih masuk dalam wilayah Lombok karena letaknya tidak jauh dari Pantai Kuta Lombok.

Seperti karakteristik pantai-pantai di Lombok yang lain, Pantai Tanjung Aan juga memiliki air laut yang biru dan sangat jernih, serta pasir putih yang halus dan bersih. Banyak wisatawan yang datang kemari untuk snorkeling atau berenang karena ombak di laut ini tidak terlalu besar.

7. Hutan Sesaot

Hutan Sesaot

Wisata alam tidak harus selalu mengunjungi pantai. Jika Anda ingin lebih menyatu dengan alam, maka Anda bisa mengunjungi Hutan Sesaot. Hutan lindung dengan luas 5.000 hektar ini berada Desa Sesaot, sekitar 5 KM di sebelah utara Suranadi, Kec. Narmada, Lombok Barat, NTB.

Spot terkenal di Hutan Sesaot ini adalah Sungai Aiq Nyet dengan jajaran batu kali yang cukup besar dan arus sungai yang tidak terlalu deras. Air di sungai ini sangat jernih sehingga Anda bisa berenang di sini. Di sekitar Hutan Sesaot juga terdapat warung-warung kaki lima yang menjual makanan khas Lombok.

8. Bukit Malimbu

Bukit Malimbu

Ingin melihat sunset terindah di Nusa Tenggara Barat? Datang saja ke Bukit Malimbu. Bukit yang berada sekitar 24 KM dari Kota Mataram ini adalah tempat terbaik untuk melihat matahari terbenam. Jika Anda berangkat dari Pantai Senggigi, Anda hanya perlu menempuh jarak 10 KM saja.

Tidak hanya melihat pemandangan matahari terbenam saja, di Bukit Malimbu Anda bisa melihat panorama Gili Trawangan dan Gili Meno dari kejauhan. Bukit Malimbu sering dijadikan sebagai tempat berkumpul bagi komunitas-komunitas, seperti pecinta motor besar dan masih banyak lagi.

9. Air Terjun Diwu Mbai

Air Terjun Diwu Mbai

Satu lagi air terjun di Pulau Moyo yang menarik perhatian wisatawan. Adalah Air Terjun Diwu Mbai yang terletak di Dusun Brang Rea, Sumbawa, NTB. Air terjun ini berada sangat dekat dengan Labuan Aji, nama sebuah desa yang juga menjadi pintu masuk wisatawan yang datang dari Pulau Sumbawa.

Keberadaan air terjun yang di tengah-tengah hutan membuat suasana di sekitarnya sangat sejuk. Belum lagi air berwarna kehijauan yang sangat jernih membuat siapa saja ingin berenang di tempat ini.

10. Desa Poto

Desa Poto

Desa Poto adalah dewasa wisata di Sumbawa yang merupakan pusat kain tenun khas Sumbawa. Di sini, Anda bisa membeli kain tenun langsung dari para penenunnya. Tak cukup sampai di situ, masyarakat desa ini masih menjunjung tinggi adat dan budaya setempat.

Jika beruntung, saat berkunjung ke Desa Poto Anda bisa melihat permainan rakyat, seperti pacuan kuda dan karapan kerbau. Selain kain tenun, Anda juga dapat membeli kerajinan gerabah dari Desa Poto.

11. Takat Segele

Takat Segele

* sumber: benyaminlakitan.com

Bagi Anda yang suka snorkeling, Anda harus mengunjungi tempat wisata di NTB yang satu ini, namanya Takat Segele. Meskipun tampak seperti sebuah pulau, Takut Segele ini terbentuk dari koral, terumbu karang yang mati, dan pasir. Gundukan karang ini akan tampak sangat jelas ketika air laut sedang surut.

Keindahan alam bawah laut di sekitar Takat Segele ini begitu mempesona setiap mata yang melihatnya. Apalagi air laut di sekitarnya juga begitu jernih. Suasana tenang di sekitar Takat Segele juga membuat kita merasa rileks, apalagi jika kita duduk santai sambil menikmati pemandangan sunset.

12. Pantai Tanjung Bloam

Pantai Tanjung Bloam

* sumber: inkesdalombok.blogspot.co.id

Tempat wisata di NTB yang satu ini mendapat julukan sebagai hidden paradise. Pasalnya, masih banyak orang yang belum mengetahui tentang Pantai Tanjung Bloam ini. Akses untuk menuju ke pantai ini juga terbilang sulit karena jalannya belum diaspal. Jalanan yang gersang dan tandus akan menjadi perantara Anda untuk bisa sampai ke pantai ini.

Sesampainya di sini, Anda akan dibuat kagum dengan keindahan Pantai Tanjung Bloam. Pantai yang dikelilingi tebing ini masih sangat asri. Air lautnya pun terlihat sangat bening dan menggoda siapa saja untuk berenang. Rasa lelah Anda usai melakukan perjalanan jadi terbayar lunas setelah sampai di pantai eksotis ini.

13. Pulau Paserang

Pulau Paserang

* sumber: travelingyuk.com

Liburan Anda di NTB belum lengkap jika tidak berkunjung ke Pulau Paserang. Pulau yang berada di Selat Alas, selat yang memisahkan Lombok dengan Sumbawa, ini memang menakjubkan. Anda bisa memperoleh pemandangan laut sekaligus padang rumput hijau.

Rumah-rumah adat yang berdiri rapi di padang rumput membuat pemandangan Pulau Paserang ini nampak semakin mempesona. Anda bisa berfoto-foto dengan latar belakang panorama keren yang ditawarkan pulau ini. Keindahan alam bawah laut di sekitar pulau juga sangat sayang untuk dilewatkan.

14. Pulau Kenawa

Pulau Kenawa

* sumber: www.wisataterindah.net

Sebuah pulau kecil di NTB ini juga bisa menjadi destinasi wisata yang anti-mainstream. Ya, Pulau Kenawa masih belum banyak dikunjungi oleh wisatawan, sehingga Anda bisa berlibur di pulau ini tanpa perlu khawatir berdesak-desakan dengan wisatawan lain. Maklum saja, pulau ini sangat kecil sehingga Anda pun bisa mengelilingi pulau ini hanya dengan berjalan kaki.

Pulau Kenawa sendiri adalah pulau yang tidak berpenghuni. Anda bisa merasakan sensasi berada di private island ketika berlibur kemari. Selain itu, ada sebuah pondok kecil yang memang disewakan untuk pengunjung yang berminat menginap di pulau ini.

15. Pantai Yoyo

Pantai Yoyo

* sumber: www.wonderfullomboksumbawa.com

Pantai Yoyo merupakan tempat wisata di NTB yang menawarkan pantai dengan ombak yang besar. Ombak di pantai ini sangat cocok bagi Anda yang ingin melakukan olahraga surfing. Jika beruntung, Anda juga bisa melihat penyu-penyu bertelur di area pantai ini.

Suasana di pantai ini memang sangat sunyi dan tenang. Namun, bukan berarti pantai ini tidak berpenghuni. Pantai Yoyo juga menyediakan homestay bagi wisatawan yang ingin menginap. Tertarik untuk honeymoon di Pantai Yoyo?

Nah, itulah 10 tempat wisata di NTB yang harus Anda kunjungi. Beberapa tempat wisata di atas memang masih berada dekat dengan Lombok. Jadi, jika Anda ingin berwisata ke Lombok, jangan lupa untuk turut mengunjungi tempat wisata NTB yang kami review di atas.

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *