Lepaskan Penatmu di 10 Tempat Wisata di Nusa Dua Bali Ini!

Ditulis oleh - Diperbaharui 15 Juni 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Pulau Bali terkenal dengan budayanya yang hingga kini masih terus dilestarikan. Meskipun Bali banyak dikunjungi turis mancanegara, tetap tak mengubah kultur Bali yang sudah ada sejak lama. Banyak sekali hal menarik yang bisa dieksplor dari pulau yang dijuluki Pulau Dewata ini, dimulai dari Taman Nasional Bali Barat hingga Kintamani, dan dari Uluwatu hingga Singaraja banyak hal menarik yang bisa dikunjungi.

Di Pulau Bali bagian tenggara, ada daerah bernama Nusa Dua. Nusa Dua menjadi salah satu destinasi favorit karena memiliki pantai yang eksotis dan terdapat wahana water sport yang menyenangkan. Kali ini, Keluyuran akan memberikan rekomendasi 10 tempat wisata menarik di Nusa Dua yang mesti kamu kunjungi. Simak ulasan berikut, ya!

1. Pantai Nusa Dua

Pantai Nusa Dua

Pertama yang perlu kamu kunjungi, tentu Pantai Nusa Dua. Pantai ini dapat dikatakan sebagai pantai terbersih di Bali. Dihiasi dengan pasir butih bersih, air laut yang tenang, serta ombak yang tidak terlalu besar. Di sini, kamu bisa bersantai di tepi pantai, bisa juga berenang karena arus lautnya yang tenang, Pantai Nusa Dua aman untuk bermain air.

Pantai Nusa Dua terbilang cukup sepi jika dibandingkan dengan pantai lainnya di Bali. Lokasi Pantai Nusa Dua sangat strategis. Mudah diakses baik dari Bandara Ngurah Rai, maupun dari Pelabuhan Benoa. Di sini juga sudah banyak tersedia fasilitas penginapan dan resto.

  • Alamat: Nusa Dua, Benoa, Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali
  • Operasional: 24 jam
  • Tiket Masuk: Gratis

2. Pantai Segara Samuh

Pantai Segara Samuh

Pantai Segara Samuh merupakan pantai yang wajib dimasukkan ke dalam list destinasi ketika berlibur ke Bali. Pantai ini mudah diakses dari Pelabuhan Benoa dan Tol Bali Mandara. Pantai yang menghadap ke timur ini sangat cocok dijadikan sebagai tempat untuk menyaksikan pesona matahari terbit.

Pantai Segara Samuh dikenal dengan pesona bawah laut yang sangat cantik. Pantai ini dijadikan sebagai Bali Underwater Cultural Park. Di sini terdapat banyak jenis terumbu karang berbentuk patung yang merupakan hasil karya perpaduan antara seni dan aneka terumbu karang sehingga memberikan kesan seni yang luar biasa.

  • Alamat: Benoa, Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali
  • Operasional: 24 jam
  • Tiket Masuk: Gratis

3. Pantai Sawangan

Pantai Sawangan

Pantai Sawangan merupakan salah satu pantai unik di Pulau Bali. Tak hanya menyuguhkan pantai yang cantik, bersih, dan ombak yang menenangkan saja, Pantai Sawangan memiliki wahana yang berbeda dengan pantai lainnya. Di sini, kamu bisa menikmati pemandangan sambil menaiki unta. Unik bukan?

Pantai Sawangan menyediakan jasa naik unta yang durasinya mulai 30 menit hingga 1 jam tergantung paket yang dipilih. Kamu bisa mengitari pantai dengan unta yang dipandu oleh pawang unta. Jadi tak perlu khawatir, karena wahana naik unta sangat aman dan dipandu dengan yang professional.

  • Alamat: Jl. Gunung Payung I, Benoa, Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali
  • Operasional: 24 jam
  • Tiket Masuk: Gratis. Naik unta mulai Rp266.000/orang

4. Pantai Geger

Pantai Geger

Pantai Geger merupakan salah satu destinasi yang masuk ke dalam Kawasan ITDC Nusa Dua Bali dan mendapat julukan The Hidden Paradise of Bali. Pantai ini masih asing di kalangan wisatawan Bali. Karena pengunjung cenderung ke Kuta, Jimbaran, dan Uluwatu. Tak heran kalau Pantai Geger disebut sebagai hidden paradise.

Pantai Geger dihiasi pasir putih nan halus yang membentang sepanjang 1 km. Bagian utara pantai, terdapat kursi-kursi untuk berjemur, serta tempat penyewaan water sports. Di sini, kamu bisa snorkeling, scuba diving, hingga surf board. Bagian selatan pantai, terbilang lebih sepi dengan sundeck dan payung yang difasilitasi resort setempat.

  • Alamat: Jl. Raya Nusa Dua Selatan, Benoa, Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali
  • Operasional: 07.00 – 22.00 WITA
  • Tiket Masuk: Rp3.000/orang

5. Pantai Gunung Payung

Pantai Gunung Payung

Selain Pantai Geger, ada pula Pantai Gunung Payung yang menjadi destinasi wisata tersembunyi di Nusa Dua. Untuk bisa sampai di Pantai Gunung Payung, kamu perlu menuruni anak tangga yang banyak jumlahnya. Pantai ini masih sepi pengunjung. Jadi, cocok untuk kamu yang liburan untuk menenangkan pikiran dan menjauhkan diri dari keramaian.

Seperti halnya pantai lain di Nusa Dua, Pantai Gunung Payung memiliki bentangan pasir putih yang cantik dan laut biru yang jernih. Terdapat bukit karang yang semakin menambah cantiknya Pantai Geger. Selain turun ke area pantai, kamu bisa menikmati pemandangan dengan cara lain, menggunakan paralayang dan menikmati Pantai Geger dari ketinggian.

  • Alamat: Kutuh, Kuta Selatan, Kabupaten Badung
  • Operasional: 24 jam
  • Tiket Masuk: Rp5000/orang

6. Pantai Mengiat

Pantai Mengiat

Jika Pantai Uluwatu dikenal dengan sunset yang cantik, maka Pantai Mengiat di Nusa Dua memiliki pemandangan sunsrise yang memesona. Pantai Mengiat ombaknya sangat tenang, sehingga aman untuk bermain air dan menikmati pantai lebih lama.

Pantai Mengiat dengan pasir putih dan kontur pantai yang landai, kebersihannya sangat dijaga. Di sekitar Pantai Mengiat terdapat hotel berbintang seperti Ayodya Resort Bali dan Grand Hyatt Bali. Sebagian besar pengunjung Pantai Mengiat adalah wisatawan asing. Di tepi pantai terdapat kursi-kursi yang dapat digunakan untuk berjemur.

  • Alamat: Kawasan ITDC Nusa Dua, Benoa, Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali
  • Operasional: 24 jam
  • Tiket Masuk: Gratis

7. Pantai Tanjung Benoa

Pantai Tanjung Benoa

Di ujung sisi tenggara Pulau Bali, terdapat pantai yang terbilang lengkap. Di sini, dikenal dengan water sports kelas dunia yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri. Buat kamu yang ingin mencoba water sports di Bali, maka Pantai Tanjung Benoa lah tempatnya.

Pantai Tanjung Benoa terletak di kawasan semenanjung, jadi memiliki dua sisi, yaitu sisi barat dan sisi timur. Ombak di Pantai Tanjung Benoa terbilang tenang, dan kedalamannya rata-rata 6 meter, sehingga sangat cocok untuk mencoba water sports. Pantai Tanjung Benoa sangat mudah diakses karena letaknya dekat dengan Pelabuhan Benoa, Bali.

  • Alamat: Tanjung benoa, Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali
  • Operasional: 07.00 – 23.00 WITA
  • Tiket Masuk: Gratis

8. Water Blow

Water Blow

Ingin menikmati pantai dengan cara yang berbeda? Pantai Water Blow, Nusa Dua, berbeda dengan pantai lainnya di Pulau Bali. Di sini, terdapat sebuah batu karang besar di tepi pantai yang ketika dihantam ombak akan menciptakan gelombang raksasa.

Gelombang besar yang menjadi daya tarik di Pantai Water Blow karena gelombang air laut dari Samudera Hindia bertabrakan dengan batu karang yang besar. Banyak hal yang perlu kamu perhatikan ketika mengunjungi Water Blow. Diantaranya, tentunya pengunjung dilarang berenang karena ombaknya tinggi, berbahaya, dengan tebing karang yang licin dan curam.

  • Alamat: Benoa, Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali
  • Operasional: 24 jam
  • Tiket Masuk: Rp15.000/orang

9. Pulau Peninsula

Pulau Peninsula

Pulau Bali memiliki pulau kecil yang masih masuk ke dalam kawasan ITBC Nusa Dua, dan berada di kawasan hotel berbintang. Pulau Peninsula merupakan pulau yang letaknya persis di antara Hotel Melia dan Grand Hyatt. Meskipun berada di kawasan elite, Pulau Peninsula tetap dibuak untuk umum.

Di Pulau Peninsula, ada banyak hal yang bisa kamu lakukan. Sekadar berjalan santai di taman, menikmati pemandangan pantai dengan pasir putih, melihat ombak ganas di Water Blow, hingga menghabiskan malam di Nusa Dua Light Festival.

  • Alamat: Pulau Peninsula, Nusa Dua, Benoa, Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali
  • Operasional: 06.00 – 22.00 WITA
  • Tiket Masuk: Gratis

10. Museum Pasifika Bali

Museum Pasifika Bali

Sudah puas wisata pantai di Nusa Dua, Bali, kini saatnya wisata budaya. Masih di kawasan Nusa Dua, terdapat Museum Pasifika yang menampilkan karya seni warga lokal yang disajikan dengan indah. Museum Pasifika terbilang masih baru, akan tetapi sudah dengan koleksi seni yang dimiliki, sudah dapat penghargaan oleh MENPAREKRAF pada tahun 2011.

Di Museum Pasifika Nusa Dua, kamu dapat melihat hasil karya seni dari Asia Pasifik, dan tentunya karya seni Bali. Kamu dapat mengenal karya seni dari para seniman ternama sesuai dengan negaranya. Tempat ini cocok untuk wisata edukasi terutama bagi pencinta karya seni.

  • Alamat: Kawasan BTDC, Benoa, Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali
  • Operasional: 10.00 – 18.00 WITA
  • Tiket Masuk: Rp70.000/orang

Demikian rekomendasi 10 tempat wisata di Nusa Dua yang bisa kamu kunjungi untuk melepas penatmu. Tentu sudah tak sabar untuk kembali traveling, kan? Jadi, jangan lupa masukkan Nusa Dua sebagai salah satu destinasi traveling-mu, ya!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *