Kunjungi 10 Destinasi Wisata di Padang Pariaman Ini Yuk!

Ditulis oleh Riastri Herliana

Padang Pariaman merupakan salah satu kabupaten di Sumatera Barat yang berbatasan dengan Kota Padang, Kabupaten Agam, dan mengelilingi Kota Pariaman. Kabupaten Padang Pariaman sempat disebut sebagai wilayah terbesar di Sumatera Barat, sebelum Kota Padang diperluas dengan memasukkan sebagian wilayah Kabupaten Padang Pariaman, serta dimekarkannya Kota Pariaman.

Berada di kaki Gunung Kerinci, Kabupaten Padang Pariaman memiliki banyak destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi seperti air terjun hingga pantai bisa kamu kunjungi di sini. Kali ini, Keluyuran akan mengulas 10 destinasi wisata menarik di Padang Pariaman. Simak ulasannya berikut ini!

1. Air Terjun Nyarai

Air Terjun Nyarai

*

Padang Pariaman memiliki banyak air terjun, salah satunya adalah Air Terjun Nyarai. Air terjun ini menjadi destinasi wisata favorit di Kabupaten Padang Pariaman. Berjarak 20 km dari Kota Padang, air terjun ini masuk ke dalam kawasan Hutan Gamaran di Kecamatan Lubuk Alung. Dari mulut hutan, kamu perlu jalan kaki selama 2 – 3 jam untuk bisa sampai ke Air Terjun Nyarai.

Air Terjun Nyarai mengalir dari ketinggian 8 meter. Saat musim kemarau, debit air tidak terlalu deras yang membuat kolam alami di sekitarnya berwarna kehijauan, sedangkan pada musim hujan kolam alami tersebut akan lebih keruh dan kurang direkomendasikan untuk dikunjungi karena kurang aman.

  • Alamat : Hutan Gamaran, Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket masuk : Rp20.000

2. Lubuak Bonta

Lubuak Bonta

*

Padang Pariaman memiliki destinasi wisata alam berupa pemandian alami yang sudah dikenal sejak lama. Lubuak Bonta namanya. Lubuak Bonta terdiri dari dua kolam utama yang airnya bersumber dari mata air Gunung Tandikat atau dikenal dengan nama Gunung Tandikek.

Mirip seperti kontur pada pasir pantai, kolam alami Lubuak Bonta pada sisi paling depan cukup dangkal dan aman digunakan untuk anak-anak. Semakin ke bagian dalam, maka kolamnya pun semakin dalam. Meski sudah dikenal sejak lama, Lubuak Bonta terbilang sepi dan jarang dikunjungi, sehingga belum dilengkapi dengan fasilitas wisata yang memadai.

  • Alamat : Kapalo Hilalang, 2 x 11 Kayu Tanam, Kabupaten Padang Pariaman
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket masuk : Gratis

3. Air Terjun Lembah Anai

Air Terjun Lembah Anai

*

Jika biasanya air terjun berada di pegunungan dimana pengunjung harus melakukan trekking untuk bisa menikmatinya, berbeda dengan air terjun di Sumatera Barat yang satu ini. Air Terjun Lembah Anai terletak di bahu jalan yang akan kamu lewati ketika hendak menuju Bukittinggi dari Kota Padang, maupun sebaliknya.

Air Terjun Lembah Anai sebenarnya masuk ke dalam wilayah Kabupaten Tanah Datar, tetapi jaraknya yang tidak terlalu jauh dari pusat kota Padang Pariaman, hanya sekitar 27 km saja, air terjun ini wajib dikunjungi ketika sedang keluyuran ke Sumatera Barat, khususnya Kabupaten Padang Pariaman.

Pemandangan Air Terjun Lembah Anai ini terbilang lengkap. Sebab air terjun  yang berada di bahu jalan ini dapat dilihat dari motor, mobil, bus, hingga kereta api. Tak heran jika jalur Padang – Bukittinggi selalu ramai dikunjungi pada saat libur akhir pekan.

  • Alamat : Singgalang, Sepuluh Kuto, Kabupaten Tanah Datar
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket masuk : Gratis

4. Pantai Katapiang

Pantai Katapiang

*

Terletak di pesisir barat Pulau Sumatera, Padang Pariaman memiliki beberapa pantai yang recommended untuk dikunjungi. Salah satunya ada Pantai Katapiang yang jaraknya tidak terlalu jauh dari Bandara Internasional Minangkabau. Hanya berjarak sekitar 9 km dari bandara, kamu bisa menjadikan Pantai Katapiang sebagai destinasi pertama saat tiba di Padang Pariaman.

Pantai Katapiang berada tidak jauh dari pemukiman, tepatnya berada di belakang rumah warga. Apabila kamu datang sebelum jam 12 siang, maka bisa melihat para nelayan lokal yang selesai menjala ikan, dan langsung menjual hasil tangkapannya di tepi Pantai Katapiang. Selain ikan yang masih segar, kamu pun bisa meminta tolong penjaga warung untuk memasaknya.

  • Alamat : Katapiang, Batang Anai, Kabupaten Padang Pariaman
  • Operasional : 08.00 – 18.00 WIB
  • Tiket masuk : Rp10.000

5. Taman Nasional Kerinci Seblat

Taman Nasional Kerinci Seblat

*

Taman Nasional Kerinci Seblat merupakan taman nasional terbesar di Pulau Sumatera. Taman nasional ini masuk ke dalam 4 provinsi, yaitu Jambi, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, dan Bengkulu. Taman Nasional Kerinci Seblat terdiri dari Gunung Kerinci yang merupakan gunung berapi tertinggi di Indonesia, dan Pegunungan Bukit Barisan yang menjadi dataran tertinggi Sumatera.

Taman Nasional Kerinci Seblat memiliki danau kaldera tertinggi di Asia Tenggara, yaitu Danau Gunung Tujuh. Selain itu, taman nasional ini merupakan gabungan dari 17 kelompok hutan dimana seluruhnya adalah bagian dari hutan lindung, cagar alam, serta suaka margasatwa. Jika kamu keluyuran ke Padang Pariaman, jangan lupa sempatkan ke Taman Nasional Kerinci Seblat.

  • Alamat : Lubuk Minturun, Koto Tangah, Kota Padang
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket masuk : Rp5.000

6. Pantai Arta Sungai Limau

Pantai Arta Sungai Limau

Satu lagi pantai di Padang Pariaman. Pantai Arta terletak di Sungai Limau, berjarak 28 km dari pusat kota Padang Pariaman. Pantai berpasir hitam ini memiliki pesona matahari terbenam yang sangat indah. Tak jarang warga Padang Pariaman berkunjung ke sini untuk menikmati sunset.

Di sekitar Pantai Arta sudah dilengkapi dengan rumah makan, café, hingga puskesmas. Pantai ini cenderung sepi terutama pada siang pagi dan siang hari. Meski begitu pantai ini direkomendasikan untuk dikunjungi ketika keluyuran ke Padang Pariaman.

  • Alamat : Kuranji Hilir, Sungai Limau, Kabupaten Padang Pariaman
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket masuk : Gratis

7. Puncak Anai

Puncak Anai

Selain wisata pantai dan air terjun, Padang Pariaman juga memiliki destinasi wisata yang seru untuk rekreasi keluarga. Puncak Anai merupakan salah satu destinasi yang menyediakan fasilitas lengkap. Di sini, kamu bisa melihat air terjun dengan kolam buatan, melihat Padang Pariaman dari ketinggian, hingga camping.

Puncak Anai terletak tak jauh dari Air Terjun Anai, dan masih masuk ke dalam wilayah Kabupaten Padang Pariaman. Tempat ini sering dijadikan sebagai tujuan untuk rekreasi dengan keluarga, hingga outing kantor. Puncak Anai dilengkapi dengan pemandian yang menyegarkan dengan pemandangan yang indah.

  • Alamat : Kayu Tanam, Guguak, 2 x 11 Kayu Tanam, Kabupaten Padang Pariaman
  • Operasional : 08.00 – 18.00 WIB
  • Tiket masuk : Rp10.000 – Rp25.000

8. Masjid Tua Lubuak Bareh

Masjid Tua Lubuak Bareh

*

Masjid Tua Lubuak Bareh merupakan salah satu masjid tertua yang didirikan atas perintah dari Syekh Burhanuddin. Masjid ini sudah berusia lebih dari 280 tahun dan dijadikan sebagai cagar budaya di Sumatera Barat dan masih aktif digunakan sebagai tempat beribadah bagi umat muslim.

Masjid Tua Lubuak Bareh sempat rusak akibat gempa bumi yang terjadi pada tahun 2009, hingga mengalami kerusakan hampir 50% dari bentuk bangunan semula. Kemudian dilakukan pembangunan ulang tanpa mengubah bentuk asli sebelum terguncang gempa. Masjid tua ini diresmikan kembali pada tahun 2011.

  • Alamat : Sungai Sariak, VII Koto Sungai Sariak, Kabupaten Padang Pariaman
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket masuk : Gratis

9. Gunung Tandikat

Gunung Tandikat

Gunung Tandikat merupakan salah satu gunung berapi di Sumatera Barat. Gunung ini masuk ke dalam kawasan Pegunungan Singgalang yang berada di wilayah Kabupaten Tanah Datar. Jarak dari pusat kota Padang Pariaman sekitar 45 km, jadi gunung ini direkomendasikan untuk pendaki gunung yang sedang keluyuran ke Padang Pariaman.

Gunung Tandikat berdampingan dengan Gunung Singgalang. Gunung ini sering juga disebut dengan nama Gunung Tandikek. Puncak tertinggi Gunung Tandikat adalah 2.438 meter di atas permukaan laut. Meski tidak terlalu tinggi, mendaki gunung ini membutuhkan alat serta kemampuan navigasi yang mumpuni. Jalur pendakian bisa melalui Lembah Anai.

  • Alamat : Singgalang, Sepuluh Koto, Kabupaten Tanah Datar
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket masuk : Gratis

10. Paragliding Area Macau Duo

Paragliding Area Macau Duo

Suka dengan aktivitas yang menguji adrenalin? Coba lakukan aktivitas paragliding yang akan memacu adrenalin dan menjadi pengalaman baru untuk menikmati keindahan Sumatera Barat. Di Sumatera Barat, kamu bisa terbang di Puncak Macau Duo. Macau Duo merupakan bukit yang menjadi lokasi take off yang tepat untuk paralayang.

Puncak Macau Duo dapat ditempuh hanya sekitar 15 menit dari tempat penitipan motor. Di sini, kamu bisa melihat pemandangan Sumatera Barat dari ketinggian dan terlihat Danau Singkarak dari kejauhan. Macau Duo masuk ke dalam wilayah Kabupaten Tanah Datar, dan menjadi salah satu tempat yang wajib dikunjungi ketika kamu keluyuran ke Padang Pariaman.

  • Alamat : Kanang Jorong, Guguak Malalo, Batipuh Selatan, Kabupaten Tanah Datar
  • Operasional : 08.00 – 16.00 WIB
  • Tarif Paralayang : Rp200.000
  • Kontak : 0813-1012-3003

Demikian ulasan 10 destinasi wisata menarik di Padang Pariaman yang bisa kamu kunjungi. Keluyuran di Sumatera Barat tidak hanya Kota Padang saja yang bisa dikunjungi, kabupaten lain di sekitarnya pun tak kalah menarik untuk dijadikan sebagai tujuan wisata. Yuk, keluyuran ke Padang Pariaman!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram