9 Destinasi Wisata Menarik di Palu dan Sekitarnya

Ditulis oleh Riastri Herliana - Diperbaharui 30 Juli 2020

Palu merupakan Ibu kota Provinsi Sulawesi Tengah yang berbatasan dengan Kabupaten Donggala, Kabupaten Sigi, dan Kabupatem Parigi Moutong. Suku asli di Kota Palu adalah Suku Kaili. Asal usul nama Kota Palu berasal dari VOLO dalam bahasa Kaili yang berarti bambu yang erat kaitannya dengan suku Kaili. Di sini bambu berguna bagi kehidupan sehari-hari.

Pada tahun 2018, Kota Palu diguncang gempa 7,4 magnitudo yang disertakan dengan tsunami setinggi 3 meter. Hingga kini, Palu terus berbenah dan siap menyambut traveler dari dalam dan luar Sulawesi. Sebagai kota lima dimensi yang terdiri atas gunung, lautan, teluk, sungai, hingga lembah, ada banyak hal menarik yang bisa di-explore.

Penasaran dengan tempat-tempat wisata di Palu? Simak ulasan 9 destinasi wisata menarik di Palu dan sekitarnya berikut ini ya!

1. Museum Negeri Sulawesi Tengah

Museum Negeri Sulawesi Tengah

Senang wisata sejarah dan tertarik untuk mempelajari sejarah serta budaya di Sulawesi Tengah? Kunjungi Museum Negeri Sulawesi Tengah. Museum yang terletak di Palu Barat ini memiliki koleksi yang lengkap, mulai dari benda arkeologi, geologi, etnografi, biologi, histori, filologi, seni rupa, hingga teknologi modern.

Museum Negeri Sulawesi Tengah menyimpan benda peninggalan dari masa kolonial seperti meriam dan keris. Di sini, kamu juga bisa melihat Al-Qur’an kuno berukuran besar yang berusia ratusan tahun. Selain itu, pengunjung bisa mempelajari sejarah dan budaya yang ada di Sulawesi Tengah.

  • Alamat : Jl. Kemiri No. 23, Kamonji, Palu Barat, Kota Palu Sulawesi Tengah
  • Operasional : 07.30 – 16.00 WITA
  • Tiket masuk : Rp3.000/orang

2. Anjungan Pantai Talise

Anjungan Pantai Talise

Pantai Talise merupakan salah satu pantai di Kota Palu yang letaknya tak jauh dari pusat kota Palu. Pantai Talise disebut juga Pantai Ketapang, karena di sini banyak ditumbuhi pohon ketapang. Dalam bahasa Kaili, Talise berarti Ketapang. Pantai ini sangat cocok dijadikan sebagai tempat untuk menyaksikan pemandangan matahari terbenam.

Pantai Talise memiliki sebuah anjungan yang biasa digunakan sebagai tempat untuk bersantai sambil menunggu matahari terbenam. Di anjungan, terdapat sebuah ikon bertuliskan “Anjungan Nusantara” yang menjadi spot foto menarik di Pantai Talise. Di sini, banyak pedagang makanan dan minuman yang bisa kamu nikmati sambil menyaksikan matahari terbenam.

  • Alamat : Besusu Barat, Palu Timur, Kota Palu, Sulawesi Tengah
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket masuk : Gratis

3. Monumen Nosarara Nosabatutu

Monumen Nosarara Nosabatutu

Monumen Nosarara Nosabatutu merupakan destinasi wisata yang wajib dikunjungi di Kota Palu. Monumen ini disebut juga Monumen Gong Perdamaian. Awal mulanya, di daerah ini sempat terjadi konflik berkepanjangan yang merugikan banyak pihak. Hingga akhirnya, dibangun sebuah monumen sebagai bentuk perdamaian.

Dalam monumen perdamaian ini terdapat gong berdiameter besar yang menjadi ikon dari tempat wisata ini. Selain itu, terdapat tugu yang menjulang tinggi sebagai Tugu Perdamaian Nosarara Nosabatutu. Pada puncak tugu, terdapat patung obor sebagai penyemangat hidup dalam keberagaman.

  • Alamat : Tim, Tondo, Palu Timur, Kota Palu, Sulawesi Tengah
  • Operasional : 08.00 – 22.00 WITA
  • Tiket masuk : Rp7.000/orang

4. Pantai Tanjung Karang, Donggala

Pantai Tanjung Karang, Donggala

Pantai Tanjung Karang terletak di Kabupaten Donggala. Meskipun bukan masuk ke dalam bagian Kota Palu, pesona Pantai Tanjung Karang sangat sayang untuk dilewatkan jika sedang berlibur ke Sulawesi Tengah. Pantai ini bisa diakses dari Kota Palu selama kurang lebih satu jam melalui jalur darat.

Pantai Tanjung Karang memiliki pasir putih bersih yang sangat memesona. Dari tepi pantai, terlihat pegunungan di seberang laut yang sangat indah. Bukan hanya pantainya yang cantik, Pantai Tanjung Karang juga menyimpan pesona alam bawah laut yang sangat cantik. Bagi pencinta aktivitas bawah laut, wajib mencoba snorkeling dan diving di sini.

  • Alamat :  Labuan Bajo, Banawa, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket masuk : Rp2.500/orang

5. Pusat Laut Donggala

Pusat Laut Donggala

Ini dia destinasi wisata unik di Kabupaten Donggala. Di sini terdapat sumur raksasa yang menjadi salah satu objek wisata menarik. Jika biasanya sumur ditemukan di rumah dan dijadikan sebagai penampungan air, lain halnya dengan yang satu ini. Pusentasi atau Pusat Laut namanya. Air yang ada di sini berasal dari laut yang jaraknya sekitar 500 meter dari Pusentasi.

Di dalam Pusat Laut, terdapat lubang yang menghubungkan sumur raksasa dengan laut. Jadi air yang ada di sini adalah air asin yang sangat jernih. Pengunjung dapat berenang dengan cara turun melalui tangga yang sudah disediakan. Di Pusat Laut terdapat ikan-ikan laut kecil yang sangat cantik.

  • Alamat : Towale, Banawa Tengah, Kabupaten Donggala, Sulawesi Selatan
  • Operasional : 08.00 – 20.00 WITA
  • Tiket masuk : Rp5.000/orang

6. Bukit Sibedi

Bukit Sibedi

Bergeser ke sisi selatan Kota Palu, terdapat sebuah bukit di Kabupaten Sigi yang jaraknya hanya 10 km dari Kota Palu. Bukit Sibedi namanya. Bukit ini disebut juga Bukit Bulu Tanda yang terletak di Desa Sibedi. Di sini, kamu dapat melihat hamparan padang rumput hijau dengan lekukan bukit yang sangat cantik.

Puncak Bukit Sibedi terdapat satu pohon yang tumbuh tinggi. Masyarakat menyebutnya “pohon jomblo”, karena itulah bukit ini juga sering disebut Bukit Jomblo. Terdapat satu gazebo yang dapat digunakan untuk istirahat sambil menikmati pemandangan dari puncak Bukit Sibedi.

  • Alamat : Sibedi, Marawola, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket masuk : Gratis

7. Tugu Gerhana Matahari

Tugu Gerhana Matahari

Kota Palu sempat menjadi salah satu kota di Indonesia yang mengalami durasi Gerhana Matahari terlama dengan total kegelapan mencapai 98%. Durasi Gerhana Matahari di Palu saat itu sekitar 2 menit. Hingga akhirnya, Pemerintah Kota Palu menyelenggarakan Festival Gerhana Matahari Total.

Pada tahun 2016, dibangunlah Tugu Gerhana Matahari yang terletak di Teluk Palu sebagai tanda pernah terjadi gerhana dalam waktu yang lama. Tempat ini merupakan lokasi pengamatan Gerhana Matahari Total. Saat  ini, Tugu Gerhana Matahari menjadi salah satu destinasi wisata menarik ketika berlibur ke Kota Palu.

  • Alamat : Besusu Barat, Palu Timur, Kota Palu, Sulawesi Tenggara
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket masuk : Gratis

8. Danau Lindu

Danau Lindu

Satu lagi destinasi wisata di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, yang wajib dikunjungi ketika berlibur ke Kota Palu. Danau Lindu namanya. Danau ini masuk ke dalam kawasan Taman Nasional Lore Lindu. Danau Lindu merupakan salah satu danau terbesar di Pulau Sulawesi dengan luas 34,88 km2.

Danau Lindu merupakan danau tektonik yang letaknya berada di wilayah sesar Palu-Koro, dimana sesar ini membelah Pulau Sulawesi dari Teluk Palu hingga Danau Leboni. Danau Lindu dikelilingi oleh tiga gunung, diantaranya Gunung Lantawungu, Gunung Tumawu, dan Gunung Nokilalaki. Air di Danau Lindu berasal dari aliran 16 sungai di sekitar danau.

  • Alamat : Lindu, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket masuk : Gratis

9. Jembatan Palu IV

Jembatan Palu IV

* sumber: jalanwisata.id

Jembatan Palu merupakan ikon Kota Palu yang menghubungkan Palu Timur dengan Palu Barat. Jembatan ini disebut juga Jembatan Kuning. Jembatan yang membentang di atas Teluk Talise ini menjadi salah satu saksi bisu ganasnya tsunami Palu yang terjadi pad atahun 2018 lalu. Meski sempat hancur, kini Jembatan Kuning sedang dilakukan perbaikan.

Jembatan Palu dimembentang sepanjang 250 meter. Dari jembatan yang dibangun pada tahun 2006 ini, kamu dapat melihat pemandangan Kota Palu mulai dari teluk, kota, hingga pegunungan yang terlihat dari kejauhan. Jika berlibur ke Kota Palu, sempatkan diri untuk berhenti di tepi jembatan dan memotret landscape Kota Palu, ya!

  • Alamat : Jl. Syaikh Muhammad Al-Khidir, Kota Palu, Sulawesi Tengah
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket masuk : Gratis

Sekian ulasan 9 destinasi wisata menarik di Kota Palu, Sigi, dan Donggala. Meskipun sempat terjadi bencana alam yang dahsyat, Palu tidak kehilangan pesona untuk di-explore. Mulai dari pantai, hingga museum bisa kamu kunjungi di sini. Ketika traveling ke Sulawesi, jangan lupa kunjungi Kota Palu, ya!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram