10 Tempat Wisata di Papua yang Bikin Kamu Berdecak Kagum

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 April 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Berbagai wilayah di Indonesia timur memiliki sejumlah tempat wisata yang masih sangat asri. Sebut saja tempat wisata di Flores yang tampil mempesona dengan adanya Labuan Bajo dan Taman Nasional Komodo. Sejumlah tempat wisata di Indonesia timur memang terbilang masih “perawan” alias belum banyak terjamah oleh manusia.

Biaya yang dibutuhkan untuk berwisata ke Indonesia timur memang tidak sedikit. Namun, hal tersebut cukup sebanding dengan panorama yang akan Anda nikmati. Keluyuran akan mengajak Anda ke pulau yang berada di timur Indonesia, yakni Papua. Selain budaya dan tradisi yang unik, sejumlah tempat wisata di Papua yang akan dibahas di sini pasti akan membuat Anda berdecak kagum.

10 Tempat Wisata di Papua yang Sangat Indah

1. Raja Ampat

Raja Ampat Tempat Wisata di Papua

* sumber: www.vebma.com

Secara geografis, letak Raja Ampat ini berada di sebelah barat kepala burung Pulau Papua. Gugusan pulau ini berada di bawah Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat.

Tempat wisata di Papua yang satu ini memang tidak kalah indah dengan Maldives. Raja Ampat bahkan sudah menjadi primadona bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Bila Anda naik ke salah satu bukit, Anda bisa melihat gugusan pulau besar dan kecil yang berada di tengah laut biru tosca yang sangat mempesona.

Dengan pemandangan yang luar biasa mempesona, tak heran jika Raja Ampat menjadi situs warisan dunia yang menawarkan panorama yang begitu indah. Apalagi keindahan alam bawah laut di Raja Ampat ini masih sangat murni sehingga Anda bisa melakukan aktivitas diving atau snorkeling di sini.

2. Danau Sentani

Danau Sentani

* sumber: www.kompasiana.com

Tempat wisata berupa danau mungkin sudah biasa bagi Anda, tapi tunggu dulu sampai Anda mengunjungi Danau Sentani. Di danau seluas 9.360 hektar ini terdapat pulau-pulau kecil yang ditumbuhi rerumputan hijau sehingga tampak seperti bukit. Udara di sekitar danau terasa sejuk karena danau ini berada di ketinggian 75 meter di atas permukaan laut.

Aktivitas yang bisa dilakukan di Danau Sentani adalah kuliner mencicipi makanan yang dijual oleh warung-warung makan sekitar danau, berenang, atau menyewa perahu untuk mengelilingi danau. Pemandangan rumah-rumah panggung khas Papua juga bisa Anda lihat di 24 desa yang berada di sekitar danau ini.

3. Taman Nasional Teluk Cendrawasih

Taman Nasional Teluk Cenderawasih

* sumber: www.indonesiatravelingguide.com

Tak hanya Raja Ampat saja, taman nasional perairan laut terluas di Indonesia ini juga menjadi destinasi wisata wajib bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Ada 196 jenis moluskan dan 209 jenis ikan yang berada di perairan ini. Terumbu karang di Taman Nasional Teluk Cendrawasih juga masih sangat asri.

Wisatawan yang datang kemari tentu tidak akan melewatkan aktivitas snorkeling untuk melihat biota laut yang sangat beragam di sini. Pulau-pulau yang ada di sekitar taman nasional ini juga patut untuk dikunjungi karena salah satu pulau, yakni Pulau Mioswaar memiliki sumber air panas belerang yang sangat cocok untuk berendam melepas lelah selama liburan.

4. Pantai Bosnik

Pantai Bosnik

* sumber: gotravelly.com

Tempat wisata di Papua yang satu ini pasti langsung membuat Anda jatuh hati dan tak ingin ke mana-mana lagi. Adalah Pantai Bosnik yang merupakan pantai wisata dengan pasir laut yang putih dan air laut biru dengan gradasi hijau tosca.

Jajaran pohon kelapa yang berada di tepi pantai membuat suasana di Pantai Bosnik ini jadi kian menarik. Anda bisa duduk seharian sambil berjemur di pantai atau berenang di air laut yang tenang dan jernih. Saking jernihnya, Anda sampai bisa melihat bagian dasar laut yang berada dekat dengan tepi pantai.

5. Air Terjun Wafsarak

Air Terjun Wafsarak

Bukan cuma laut di Papua saja yang memiliki air berwarna biru kehijauan dan sangat jernih, bahkan air terjun yang berada di Papua juga masih sangat jernih. Jika ingin berwisata ke air terjun saat berada di Papua, datang saja ke Air Terjun Wafsarak.

Air terjun setinggi 10 meter ini bisa ditempuh dalam waktu 2 jam dari pusat Kota Biak. Pemandangan air terjun yang sangat asri membuat kita betah berlama-lama di sini. Apalagi kawasan Air Terjun Wafsarak ini menawarkan suasana yang tenang dan udara yang sangat sejuk.

6. Lembah Baliem

Lembah Baliem

* sumber: nationalgeographic.co.id

Lembah Baliem berada di Pegunungan Jayawijaya dan dihuni oleh suku asli Papua, yakni suku Lani, Dani, dan Yali. Suku asli Papua di tempat ini sangat welcome dengan wisatawan. Akan tetapi, Anda harus menggunakan pakaian adat mereka, yakni koteka dan rumbai.

Lembah Baliem ramai dikunjungi wisatawan setiap Bulan Agustus karena pada bulan tersebut terdapat festival adat yang diadakan selama 3 hari. Pemandangan Lembah Baliem yang diambil dari udara sungguh menajubkan! Sekilas panorama Lembah Baliem mirip Sungai Amazon. Jika Anda ingin berkunjung kemari, siap-siap saja kedinginan karena suhu di tempat ini bisa mencapai 10 – 15 derajat celcius.

7. Desa Sauwandarek

Desa Sauwandarek

* sumber: jayapuracare.blogspot.co.id

Berada tak jauh dari kawasan wisata Raja Ampat, Desa Sauwandarek adalah sebuah desa wisata yang hanya dihuni oleh 46 kepala keluarga saja. Desa ini berada di sebuah pulau yang dikelilingi oleh air laut yang biru nan jernih.

Rumah-rumah penduduk yang berada di Desa Sauwandarek masih berupa rumah panggung dengan atap jerami. Jika Anda mampir kemari, jangan lupa membeli oleh-oleh yang dibuat sendiri oleh penduduk desa, yakni tas atau topi dari pandan laut. Anda pun bisa berinteraksi dengan penduduk desa yang terbilang ramah-ramah.

8. Teluk Youtefa

Teluk Youtefa

Yang satu ini adalah tempat wisata di Papua yang belum begitu populer, tapi tetap worth untuk dikunjungi. Teluk Youtefa berada di Kota Jayapura. Di sini Anda bisa memperoleh paket destinasi wisata yang sangat komplit, mulai dari gunung, danau, dan pantai.

Kawasan wisata alami ini dikelilingi hutan mangrove dan hutan sagu. Hamparan air laut yang biru dan bersih di teluk ini terlihat tampak sempurna dengan keberadaan dua pulau yang berada di tengah-tengahnya, yakni Pulau Tobati dan Engros. Jarak Teluk Youtefa dari pusat Kota Jayapura hanya sekitar 4 KM saja.

9. Danau Pianiai

Danau Pianiai

* sumber: biasputih.com

Selain Danau Sentani, ternyata masih ada Danau Piania yang pernah mendapat peringkat ke-157 sebagai danau terindah di dunia pada tahun 2007. Wisatawan yang datang kemari pasti ingin mengejar waktu sunset di danau ini. Pasalnya, panorama danau terlihat sedang cantik-cantiknya ketika matahari terbenar.

Danau Piania juga merupakan habitat spesies udang selingkuh yang merupakan makanan khas Papua. Selain duduk santai sambil menikmati pemandangan danau, Anda pun bisa memancing, berkeliling danau dengan perahu, atau sekedar jalan-jalan saja di sekitar danau.

10. Taman Nasional Lorentz

Taman Nasional Lorentz

* sumber: www.curugsewu.com

Yang satu ini bukan taman nasional biasa karena taman yang satu ini berada di pegunungan. Tak hanya itu saja, Taman Nasional Lorentz memiliki sebuah puncak gunung yang diselimuti salju. Kapan lagi Anda bisa melihat salju secara langsung di Indonesia?

Taman nasional terbesar di Asia Tenggara ini diakui sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO. Anda memang akan dibuat terpesona dengan pemandangan dan suasana di Taman Nasional Lorentz ini.

Semua tempat wisata di Papua ini menanti untuk Anda kunjungi. Segeralah menabung untuk dapat merencanakan liburan ke Indonesia bagian timur karena biaya dan akomodasi di Papua jauh lebih mahal jika dibanding di kota-kota lain di Pulau Jawa.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *