Keluyuran ke Danau Toba, Kunjungi 10 Tempat Wisata di Parapat!

Ditulis oleh Riastri Herliana

Jika melihat foto yang tersebar di media sosial, pasti sudah tidak asing dengan tulisan “I Love Danau Toba”. Tulisan ini berada di Pantai Bebas Parapat Danau Toba yang menjadi salah satu ikon dari wisata Sumatera Utara, khususnya Parapat.

Di sini, kamu bisa melihat pesona Danau Toba, dan mobilitas perahu yang berlalu lalang dari Parapat menuju ke Samosir. Saat berkunjung ke Danau Toba, tak lengkap rasanya jika belum mampir ke Pantai Bebas Parapat. Di sini tak hanya ada spot foto menarik, tetapi bisa mencoba kuliner dan jajanan khas Sumatera utara.

  • Alamat : Jl. Siantar Parapat, Parapat, Tiga Raja, Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Gratis

8. Tanjung Unta

Tanjung Unta

Di sekitar Danau Toba, terdapat banyak bukit yang memesona sebagai tempat dimana kamu bisa melihat pemandangan Danau Toba lebih luas. Salah satunya ada Tanjung Unta Simalungun, tempat favorit menyaksikan sunset di Sumatera Utara.

Tanjung Unta berjarak tidak jauh dari Parapat, atau sekitar 72 km dari Kota Pematangsiantar. Ada banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan di Tanjung Unta. Diantaranya memancing, berkemah, dan tentunya menikmati pemandangan Danau Toba dari ketinggian.

  • Alamat : Jl. St. H.H. Damanik, Tambun Raya, Pamatang, Tigaras, Dolok Pardamean, Kabupaten Simalungun
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp5.000

9. Bukit Sipolha

Bukit Sipolha

Tempat lain yang bisa dituju untuk menikmati Danau Toba dari ketinggian adalah Bukit Sipolha. Jalur menuju ke Bukit Sipolha terbilang cukup ekstrim dengan jalur yang curam dan banyak batu kerikil. Namun setibanya di tujuan, kamu akan dimanjakan dengan pemandangan dari atas Bukit Sipolha.

Pemandangan dari Bukit Sipolha, kamu bisa melihat pulau kecil bernama Pulau Hole. Jika penasaran, kamu bisa mengunjunginya menggunakan perahu kayu dengan biaya hanya Rp10.000/orang.

  • Alamat : Sipolha Horison, Pematang Sidamanik, Kabupaten Simalungun
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp5.000

10. Hotel Niagara Parapat

Hotel Niagara Parapat

Berwisata tidak melulu tentang mengunjungi tempat wisata satu dan lainnya. Kamu bisa juga menikmati daerah tertentu hanya dengan staycation di hotel saja. Salah satu yang bisa kamu kunjungi untuk staycation di Parapat adalah Hotel Niagara.

Hotel Niagara merupakan salah satu hotel tertua di Parapat. Namun jangan salah, meski dikatakan sebagai tertua, Hotel Niagara sungguh megah dan nyaman untuk dijadikan sebagai tempat staycation. Kamu bisa dimanjakan dengan beragam fasilitas seperti gym, ataupun berenang.

  • Alamat : Jl. Pembangunan No.1, Parapat, Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun
  • Operasional : 24 jam
  • Harga : Mulai dari Rp450.000/malam
  • Kontak : (0625) 41028

Danau Toba begitu memesona dengan banyaknya destinasi wisata di sekitarnya. Jika biasanya Pulau Samosir menjadi tujuan untuk wisata ketika mengunjungi Danau Toba, ternyata masih ada daerah lain yang tak kalah menarik. Salah satunya Parapat. Jadi sudah tahu kan, apa saja destinasi yang menarik di sini? Yuk, keluyuran ke Parapat!

«1 2
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram