10 Rekomendasi Tempat Wisata di Payakumbuh Sumatera Barat

Ditulis oleh Siti Hasanah

Dibandingkan di tempat lain, segi keamanan arena paralayang di Taeh Bukik lebih baik karena bentangan alamnya sangat luas juga relatif datar.

Selain itu, tempat ini juga kawasan hutannya tidak banyak karena itulah tempat ini dikatakan lebih aman. Para pemain paralayang dapat terbang ke Mungka, lalu Blalubuih kemudian ke arah Lubuak Batingkok.

Ketinggian objek wisata ini sekitar 1102 mdpl. Jadi tak mengherankan kalau udaranya sejuk dan panoramanya indah.

8. Pemandian Alam Batang Tabik

  • Alamat: Jl. Raya Payakumbuh-Lintau, Sungai Kamuyang, Kec. Luak, Kab. Lima Puluh Kota, Sumatera Barat.
  • HTM: Rp40.000

Destinasi wisata yang satu ini adalah tempat yang sangat terkenal di kalangan masyarakat. Nama Bintang Tabik disematkan untuk tempat ini karena sesuai dengan lokasi tempatnya. Di sini terdapat mata air yang “tabik”, yaitu yang muncul dari dalam tanah, kemudian dibendung hingga membentuk sebuah kolam.

Menurut warga setempat, sumber air tersebut dari Danau Singkarak. Di tempat ini mata airnya terus mengalir tanpa henti tanpa mengenal musim, bahkan di musim kemarau pun tetap mengalir. Jumlah aliran airnya sangat banyak dan tidak berkurang.

Dahulu kalau tidak dibendung, daerah Batang Tabik ini mungkin telah berubah jadi danau. Tempat ini mempunyai fasilitas yang lumayan lengkap seperti mushola, toilet, juga ruang ganti pakaian.

9. Rumah Gadang di Sungai Beringin

  • Alamat: 7 Sungai Beringin, Sungai Beringin, Payakumbuh, Kab. Lima Puluh Kota, Sumatera Barat
  • Jam buka: 10.00 – 17.00
  • HTM: Rp5.000

Masyarakat Sumatera Barat dikenal sangat menjaga adat istiadat serta kebudayaan mereka. Salah satu warisan budaya yang masih terjaga sampai sekarang adalah rumah gadang.

Di Payakumbuh terdapat rumah gadang yang bernama Rumah Gadang Sungai Beringin. Tempat wisata di Payakumbuh ini diresmikan 9 Januari 1994 oleh Joop Ave, mantan Menteri Pariwisata Indonesia.

Secara khusus bangunan Rumah Gadang ini dipersembahkan untuk bundo kanduang serta anak cucu masyarakat Minangkabau.

Sampai sekarang rumah gadang ini difungsikan sebagai objek wisata dengan tujuan untuk melestarikan serta memperkenalkan budaya Minangkabau pada masyarakat luar. Saat ini yang menjadi pengelola Rumah Gadang Sungai Beringin adalah PT. Pusako Rumah Gadang.

10. Kedai Nasi Nanak Payakumbuh

  • Alamat: Jl. Gambir, Daya Bangun, Kec. Payakumbuh Baru, Kota Payakumbuh, Sumatera Barat
  • Jam buka: 06.30 – 13.00
  • Telepon: 0812-6638-7317
  • Harga: mulai dari Rp11.000

Di Payakumbuh tak hanya ada wisata alam, sejarah atau budaya. Di sini juga terdapat wisata kuliner yang tak boleh dilewatkan. Salah satu objek wisata kuliner di Payakumbuh bernama Kedai Nasi Nanak Payakumbuh.

Menu andalan di kedai ini yaitu gulai babat, dendeng paru, gulai usus, serta gulai hati. Datanglah sekitar pukul 11 siang kalau ingin bersantap di Kedai Nasi Nanak ini.


Ini karena tempat ini selalu ramai oleh pembeli. Sesudah jam makan siang, biasanya lauk-pauknya pasti hanya sisanya saja karena kebanyakan menu sudah habis terjual.

10 tempat wisata di Payakumbuh di atas menawarkan beragam tempat wisata, mulai dari wisata alam hingga kuliner. Wisata alamnya sangat indah sehingga banyak dikunjungi oleh banyak wisatawan. Ada juga wisata sejarah dan budaya yang berupa rumah gadang.

Tak mau kalah dari kota lain, tempat wisata di Payakumbuh juga menawarkan wisata kuliner. Kamu bisa mencicipi makanan khas Payakumbuh di kedai Nasi Nanak yang selalu ramai oleh pembeli. Jadi, kapan kamu akan berkunjung ke Payakumbuh?

«1 2
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram