10 Tempat Wisata di Pekanbaru yang Menarik Dikunjungi

Ditulis oleh - Diperbaharui 7 Agustus 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Pekanbaru yang merupakan ibu kota dari Provinsi Riau sangat kental dengan budaya Melayunya. Kalau kamu berjalan-jalan di Pekanbaru, kamu akan menyaksikan sebagian besar perempuan terlihat memakai baju kurung selutut yang menjadi ciri khas Melayu.

Di kota ini juga bisnis perkebunan sawit sangat mendominasi. Perkebunan tersebut melakukan ekspor produk mentah serta olahan sawit ke luar negeri. Ibu kota provinsi Riau ini juga mempunyai banyak tempat wisata yang tak kalah menariknya dari tempat-tempat lain, seperti wisata budaya, wisata alam sampai wahana permainan.

Jika tertarik untuk berkunjung ke Pekanbaru jangan lewatkan untuk mengunjungi 10 tempat wisata berikut ini.

1. Taman Wisata Alam Mayang

Taman Wisata Alam Mayang

Kota Pekanbaru terkenal sebagai kawasan industri. Perusahan-perusahan besar banyak berdiri di sana yang bergerak di bidang migas serta sawit. Namun demikia Pekanbaru juga memiliki tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi, seperti Taman Wisata Alam Mayang.

Taman ini mengusung konsep taman terbuka hijau lengkap dengan bermacam wanan permainan yang seru.  Tempat wisata ini cocok untuk liburan keluarga. Para orang tua bisa membawa anak-anak mereka untuk bermain di alam yang asri.

Di sini tak hanya ada wahana permainan tapi juga wisata edukasi. Pengunjung bisa menikmati flying fox, banana boat, kolam pancing, trek speda, danau lengkap dengan sepeda air, mandi bola, safary train juga atraksi menarik lainnya.

Tempat wisata yang dibuka pada pertengahan tahun 1988 ini tak hanya memiliki wahana permainan tapi juga spot foto yang instagramable. Spot foto yang menarik itu, antara lain miniature candi, empat patung raksasa yang berjejer didekat gerbang, perahu khas Riau juga replika patung Pulau Paskah .

Taman Wisata Alam Mayang juga memiliki kolam buatan yang ukurannya cukup besar, sekitar 18.560 meter. Selain itu ada pula tiga buah kolam lainnya yang dijadikan sebagai tempat hiburan wisata air. Di sini juga sering diselenggarakan festival pertandingan memancing.

  • Alamat: Jl. Imam Munandar Km 8, Tangkerang Timur, Pekanbaru
  • Operasional: 08.00 – 17.00 WIB
  • HTM: Rp20.000,- (Dewasa), Rp15.000,- (anak-anak), Parkir Rp6.000,- (roda empat) & Rp4.000,- (roda dua)
  • No. Telp: +62 812-7570-9796

2. Pasar Bawah

Pasar Bawah

Ketika berkunjung ke Pekanbaru tak lengkap rasanya jika tak mengunjungi ikon kota ini, yaitu Pasar Bawah. Pasar ini memiliki bangungan yang memadukan budaya Melayu dengan Tionghoa. Lokasi pasar berada di tepi Sungai Siak serta berdekatan dengan pelabuhan membuatnya mudah diakses.

Pasar ini sukses meraih juara pertama pada ajang Anugerah Pesona Indonesia pada tahun 2017 untuk kategori Objek Wisata belanja terpopuler. Bangunan pasar ini berbentuk rumah tradisional Riau, yaitu Selaso Jatuh Kembar.

Bangunannya terdiri dari empat lantai dan dilengkapi beberapa fasilitas, seperti parkir, mushola, toilet juga escalator. Di sini, pengunjung dapat menemukan beragam jenis keramik dari Cina, barang-barang elektronik bekas dari luar negeri contohnya dari Malaysia dan Singapura serta karpet dari Timur Tengah.

Untuk pencinta kuliner, di sini dijual bermacam-macam camilan khas Pekanbaru, seperti ikan salai,  lempuk durian, dodol kedondong juga cokelat dan permen produksi dari negeri tetangga. Jika ingin membeli kain khas Melayu, pengunjung juga bisa menemukannya di pasar ini.

  • Alamat: Jln. Saleh Abbas, Kel. Kampung Dalam, Kec. Senapelan, Kota Pekanbaru
  • Operasional: 08:00 – 17:30 WIB
  • HTM: –
  • No. Telp: (0761) 52118

3. Asia Farm Hay Day

Asia Farm Hay Day

Jika kamu tinggal di Pekanbaru dan ingin merasakan liburan ala Eropa, tak perlu beli tiket pesawat mahal, cukup datang saja ke Asia Farm Hay Day. Tempat wisata di kota  Pekanbaru ini akan mengajak wisatawan seperti sedang melanglang buana ke negara-negara di dunia.

Asia Farm Hay Day mengusung tema edukasi jadi wisatawan bisa melakukan pelbagai aktivitas di tempat wisata ini, sperti berternak seperti peternak sungguhan atau  bertani seperti seorang petani. Jika ingin mencoba menunggang kuda, di sini tersedia juga fasilitas berkuda.

Aktivitas lain yang bisa dilakukan di sini adalah berenang. Tempat wisata ini memiliki fasilitas waterpark. Selain itu, ada juga beberapa spot foto yang seolah-olah seperti berada di Eropa. Tak hanya nuansa Eropa, di sini juga ada nuasa Jepangnya.

  • Alamat: Jl. Badak Ujung, Sail, Kec. Tenayan Raya, Kota Pekanbaru
  • Operasional: 10.00 – 18.00 WIB
  • HTM: Rp25.000/orang
  • No Telp: 0811-7687-682

4. Taman Wisata Agro Sei Pinang

Taman Wisata Agro Sei Pinang

Taman Agrowisata Sei Pinang  terletak di Jalan Raya Pekanbaru. Tempat wisata menawarkan beragam spot foto yang berwarna-warni. Lokasi taman ini jarakanya kira-kira 30  sampai 40 menit dari Pekanbaru. Taman Agrowisata ini merupakan destinasi wisata yang instagramable.

Pengunjung bisa mendapati beberapa spot menarik untuk berfoto, seperti rumah terbalik, balon udara, rumah miring, rumah barbie, kincir Angin Belanda, Eiffel Paris dan masih banyak lagi. Ada juga fasilitas penunjang seperti musala, minimarket juga balai terbuka.

Di sini juga terdapat beberapa wahan seru seperti kolam pemancingan ikan, flying fox, perahu, wahana outbond juga bebek air. Adanya beragam tanaman hijau menjadikan tempat ini terlihat asli dan alami dan pastinya enak dipandang.

Taman yang berjarak sekitar 30-40 menit dari Pekanbaru ini merupakan tempat wisata yang instagramable berkat adanya spot foto balon udara, rumah terbalik, rumah barbie, rumah miring, dan lainnya.

  • Alamat: Jln. Raya Pekanbaru – Bangkinang KM 30
  • Operasional: 08:00 – 18:00 WIB
  • HTM: Rp10.000 untuk orang dewasa, Rp5.000 untuk anak-anak. Parkir motor Rp5.000 dan parkir mobil Rp10.000.
  • No. Telp: 0813-6595-7215

5. Taman Budaya Riau

Taman Budaya Riau

Jika ingin mengenal budaya Riau, wisatawan bisa berkunjung ke Taman Budaya Riau yang terletak di Jl. Jend. Sudirman Tengkerang Tengah, Kota Pekanbaru. Selain menyajikan banyak hal menarik seputar budaya Melayu Riau, di sini wisatawan juga akan diajak untuk melestarikan budaya bangsa.

Destinasi budaya di kota Pekanbaru ini memiliki beragam fasilitas menarik, contohnya Gedung Olah Seni yang digunakan untuk menyelenggarakan pertunjukkan karya seni, yaitu teater, musik, seni rupa dan tarian. Di sini juga terdapat Rumah Tari Ummayah.

Selain itu, ada juga Rumah Teater, Rumah Rupa Teater Terbuka Sulaiman Syafi’i dan Teater Terbuka Bustaman Halimi. Taman Budaya ini juga mempunyai replika Kapal Lancang Kuning yang merupakan simbol kebangsaaan masyarakat Melayu Riau.

  • Alamat: Jl. Jenderal Sudirman Tengkerang Tengah, Mapoyan damai, Kota Pekanbaru
  • Operasional : 10.00 – 01.00 WIB (minggu tutup)
  • Harga tiket: Gratis
  • No. Telp: +62 761 21300

6. Perpustakaan Soeman H.S

Perpustakaan Soeman H.S

Untuk para penikmat buku, jangan lewatkan kunjungan ke Perpustakaan Soeman H. S. Di tempat ini pengunjung bisa menikmati wisata edukasi sambil liburan. Tempat ini memiliki beragam fasilitas yang akan membuat pengunjung nyaman, seperti  musala, kafe, kantin, ruang pertemuan juga auditorium.

Untuk bisa berkunjung ke perpustakaan dan membaca buku, pengunjung tak harus menjadi anggota terlebih dahulu. Tersedia Children Library juga Kid Corner untuk anak-anak. Adanya fasilitas internet gratis serta ruang baca yang nyaman pasti membuat pengunjung betah di perpustakaan ini.

  • Alamat: Jl. Jend. Sudirman No.462, Jadirejo, Sukajadi, Pekanbaru
  • Jam operasional: 08.00 – 16.00 WIB (untuk Senin-Rabu), 08.00 – 16.30 WIB (untuk Kamis-Jum’at), dan 08.00-15.00 WIB (untuk Sabtu-Minggu)
  • HTM: Gratis
  • No. Telp: (0761) 26613

7. Rainbow Hills Rumbai

Rainbow Hills Rumbai

Rainbow Hills Rumbai merupakan destinasi wisata di Pekanbaru yang sedang hits karena menawarkan pemandangan yang sangat indah dan instagramable. Tempat ini merupakan perbukitan dan gunung yang memiliki beragam warna sehingga terlihat sangat cantik dan pas untuk jadi tempat untuk berfoto.

Orang-orang di Pekanbaru menyebut tempat ini dengan nama Rainbow Hills karena bukitnya memiliki tanah yang berwarna-warni, seperti cokelat tua, kuning, oranye, pink, sampai abu-abu muda. Warna tersebut bisa berganti-ganti bergantung cuaca saat itu.

  • Alamat: Jl. Kemping, Lembah Sari, Kec. Rumbai Pesisir, Kota Pekanbaru
  • Jam Operasional: 24 jam
  • HTM: Gratis
  • No. Telp: –

8. Kampung China

Kampung China

Pecinan atau China Town selalu menyajikan daya tarik wisata yang menarik untuk di telusuri. Jika berkunjung ke Pekanbaru, jangan lewatkan untuk mengunjungi kawasan Pecinannya. Cobalah berkunjung saat Tahun Baru China, wisatawan akan merasakan suasana yang meriah.

Di sepanjang jalan banyak lampion yang terpasang. Lampion tersebut bisa jadi background foto yang menarik. Selain lampion, ada juga alunan musik-musik tradisional Cina. Tak hanya saat tahun baru Cina, hari – hari biasapun pecinan ini selalu menarik untuk dikunjungi.

Untuk penyuka kuliner, mereka bisa mencoba makanan yang dijual di sini. Di Pecinan Pekanbaru terdapat sejumlah makanan halal. Cobalah cicipi kopi di Kedai Kopi Kim Teng. Kedai ini makanan halal khas Asia. Ada juga makanan tradisional sup Tunjang Pertama yang pasti bikin ketagihan.

  • Alamat: Jl. Dr Leimena, Kelurahan Sago, Kecamatan Senapelan, Pekanbaru
  • Jam Operasional: –
  • HTM: –
  • No. Telp: –

9. Trans Studio Mini Pekanbaru

Trans Studio Mini Pekanbaru

Trans Studio tidak hanya ada di Bandung dan Makassar, di Pekanbaru juga ada dan tempat ini merupakan salah satu destinasi wisata favorit keluarga. Terdapat beragam wahan permainan, contohnya bumper car, skyrider, crazy cab coaster, happy swing, carousel dan lain-lain.

Setelah menikmati beragam permainan, wisatawan bisa menikmati wisata kuliner yang berada di food area yang ada di Trans Studio Mini Pekanbaru. Destinasi wisata ini mulai beroperasi dari pukul 10.00 sampai 21.00. Adapun harga tiket untuk tiap wahan berbeda-beda.

  • Lokasi: Jl. Soekarno – Hatta, Labuh Baru Tim., Payung Sekaki, Kota Pekanbaru, Riau 28292
  • Jam Ooperasional: 10.00-21.00 WIB
  • HTM: Harga tiket tiap wahana berbeda
  • No. Telp: 07618409567

10. Masjid Agung An-Nur

Masjid Agung An-Nur

Untuk wisatawan yang tertarik dengan wisata religi, kota Pekanbaru memiliki destinasi wisata yang tak kalah indah dari Taj Mahal yang berada di India. Tempat ini bernama Masjid Agung An-Nur. Arsitektur masjid ini merupakan perpaduan antara budaya Melayu, Arab, India dan Turki.

Luas bangunan masjid ini sekitar 12 ha. Di bagian depan area masjid ada kolam yang membuat tempat ini sering sekali disebut Taj Mahal-nya Pekanbaru. Terdiri dari dua lantai, masjid ini mampu menanmpung sekitar 4.500 jamaah untuk satu waktunya.

  • Alamat: Jl. Hangtuah Sumahilang, Pekanbaru
  • Jam operasional: 24 jam
  • HTM: Gratis
  • No. Telp: (0761) 271612

Pekanbaru tak hanya terkenal sebagai kawasan industri, terutama industri migas dan sawit, kota ini juga memiliki destinasi wisata yang tak kalah mengasyikan. Saat berkunjung ke kota Pekanbaru, mampirlah ke tempat-tempat yang telah diulas di atas. Apakah kamu sudah memiliki destinasi pilihan untuk kamu kunjungi?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *