10 Tempat Wisata di Pontianak yang Wajib Dikunjungi

Ditulis oleh Linda - Diperbaharui 14 April 2020

Keluyuran ingin mengajak Anda untuk mengeksplor berbagai wilayah di Kalimantan. Setelah membahas tentang beberapa pilihan tempat wisata di Samarinda, kami ingin mengajak Anda untuk terbang ke Pontianak yang merupakan ibu kota Provinsi Kalimantan Barat. Kota ini mendapat julukan Kota Khatulistiwa karena wilayahnya memang dilewati oleh garis khatulistiwa.

Tak perlu menunggu lama lagi, Keluyuran akan segera mengajak Anda untuk berpetualang di tempat wisata di Pontianak ini. Ajak teman maupun keluarga untuk berlibur ke Kota Khatulistiwa. Jangan lupa untuk selalu mencatat semua tempat-tempat yang akan kami rekomendasikan berikut ini.

10 Tempat Wisata di Pontianak yang Menarik

1. Pantai Kijing

Pantai Kijing

* sumber: www.vebma.com

Terletak di Desa Sungai Kunyit, Kec. Sungai Kunyit, Pontianak Barat, Pantai Kijing ini menawarkan panorama khas pantai pesisir, mulai dari pasir putih dan jajaran pohon kelapa di pinggir pantai. Dari pantai ini kita bisa menikmati pemandangan laut dengan bukit yang nampak berdiri kokoh di seberang pantai.

Datanglah ke Pantai Kijing pada sore hari karena tempat wisata di Pontianak ini merupakan spot terbaik untuk menyaksikan pemandangan matahari terbenam. Untuk menuju kemari Anda akan melewati jalanan yang kanan-kirinya membentang sawah-sawah milik masyarakat setempat. Boleh dikatakan bahwa Anda mendapatkan perjalanan liburan yang sangat menyatu dengan alam jika Anda berlibur di Pantai Kijing ini.

2. Aloe Vera Center

Aloe Vera Center Tempat Wisata Di Pontianak

Ada sebuah tempat wisata unik di Pontianak, namanya adalah Aloe Vela Center. Anda pasti sudah bisa menebak jika tempat ini pasti banyak ditumbuhi tanaman lidah buaya, bukan? Ya, benar saja, Aloe Vela Center adalah pusat budidaya tanaman lidah buaya. Berbeda dengan tanaman lidah buaya di tempat lain, lidah buaya di sini berukuran sangat besar. Berat setiap pelepahnya bisa mencapai 1,2 kilogram.

Tak hanya itu saja, di Aloe Vera Center kita bisa melihat pengolahan lidah buaya menjadi makanan, seperti dodol, permen, dan tepung. Hasil tanaman lidah buaya dari Aloe Vera Center ini juga diolah menjadi bahan pembuatan kosmetik. Kita juga bisa membeli aneka produk yang terbuat dari lidah buaya di sini.

3. Pantai Pasir Panjang

Pantai Pasir Panjang

Pantai yang satu ini merupakan pantai yang terkenal di Pontianak. Letak Pantai Pasir Panjang berada sekitar 17 KM dari Kota Singkawang. Pantai ini memiliki pasir putih dan bebatuan besar di tepinya. Walaupun pasir pantainya tidak terlalu putih, tetapi tempat ini selalu menjadi destinasi wisata favorit bagi masyarakat setempat.

Aktivitas yang bisa dilakukan di sini antara lain adalah berenang, memancing, berselancar, dan main voli pantai. Tak perlu ragu untuk berwisata ke Pantai Pasir Panjang karena fasilitas di pantai ini sudah lengkap, mulai dari ketersediaan penginapan, restoran, diskotik, sampai dengan toko souvenir untuk wisatawan.

4. Rumah Betang Radakng

Rumah Betang Radakng

Daya tarik dari tempat wisata di Pontianak ini memang sangat besar. Pasalnya, Rumah Betang Radakng adalah replika rumah adat Suku Dayak. Jadi, tentu saja banyak wisatawan domestik maupun internasional yang tertarik untuk melihat langsung rumah Suku Dayak dari dekat.

Usut punya usut, ternyata Rumah Betak Radakng adalah rumah adat terpanjang di Indonesia. Walaupun hanya sebuah replika, tetapi rumah ini memiliki panjang 138 meter, lebar 5 meter, dan tinggi 7 meter. Bila Anda ingin melihat langsung rumah adat Suku Dayak, datang saja ke Rumah Betang Radakng ini.

5. Keraton Kadriah

Keraton Kadriah

Keraton Kadriah dibangun pada tahun 1771 oleh sultan pertama Kesultanan Pontianak, yaitu Sultan Syarif Abdurrahman Alqarie. Bangunan yang bertempat di Jalan Tritura, Pontianak, ini dibuat dari kayu belian, yang merupakan kayu dari Kalimantan yang sangat kuat sehingga sering dikatakan sebagai kayu besi.

Wisata sejarah ke Keraton Kadriah ini bisa memberikan pengalaman baru bagi Anda. Kita diperbolehkan untuk melihat benda-benda dan foto peninggalan sang sultan. Selain melihat-lihat bangunan keraton yang didominasi dengan warna kuning, kita juga akan menjumpai meriam kuno peninggalan Jepang dan Portugis yang diletakkan di halaman.

6. Hutan Kota (Arboretum Sylva Untan)

Hutan Kota (Arboretum Sylva Untan)

* sumber: sitimustiani.com

Pontianak merupakan kota yang terbilang maju. Pembangunan di kota ini sangat pesat sehingga agak sulit untuk menemukan tempat wisata alam di sekitar kota. Namun, bagi Anda yang ingin menghirup udara segar dan menjauh dari kepadatan kota, berkunjunglah ke Hutan Kota atau yang dikenal dengan Taman Arboretum Sylva Untan.

Di hutan yang cukup luas ini kita bisa bersantai di atas hammock sambil menikmati pemandangan pepohonan hijau rindang yang menyegarkan mata. Bahkan, Anda juga bisa piknik di hutan kota ini tanpa perlu mengurus izin yang ribet.

7. Tugu Khatulistiwa

Tugu Khatulistiwa

Tugu kebanggaan masyarakat Pontianak ini berdiri dengan kokoh sekitar 3 KM dari pusat kota. Tugu Khatulistiwa ini terdiri dari empat pilar yang terbuat dari kayu belian, tetapi dua pilar di bagian belakang dibuat lebih tinggi.

Di antara dua pilar yang ada di belakang juga terdapat tulisan EVENAAR, bahasa Belanda yang artinya adalah equator. Di kawasan Tugu Khatulistiwa ini terdapat museum yang memberikan informasi mengenai garis khatulistiwa dan toko souvenir yang menjual miniatur Tugu Khatulistiwa ini.

8. Taman Alun Kapuas

Taman Alun Kapuas

Ingin mencari tempat wisata di Pontianak yang berada di tengah-tengah kota? Taman Alun Kapuas ini nampaknya bisa menjadi pilihan yang ideal bagi Anda. Letak dari taman ini berada persis di tepi Sungai Kapuas. Jadi, Anda bisa sekaligus mengunjungi sungai terpanjang di Indonesia ini.

Taman Alun Kapuas tidak pernah sepi pengunjung. Suasana di taman ini memang sangat cocok untuk bersantai setiap waktu. Di tengah taman juga terdapat air mancur yang jika pada malam hari akan disorot dengan lampu berbagai warna.

9. Paradise-Q Waterpark

Paradise-Q Waterpark

Siapa bilang tidak ada taman bermain di Pontianak? Paradise-Q Waterpark adalah taman bermain air terbesar di Pontianak. Waterpark yang sangat luas ini memiliki berbagai wahana yang menarik untuk dicoba.

Adapun wahana yang bisa Anda mainkan di Paradise-Q Waterpark adalah Kolam Semi Olympic, Kolam Kiddy, Kolam Arus, Kolam Ombak, Kolam Landing, Race Water Slide, Spiral Water Slide, dan masih banyak lagi. Paradise-Q Waterpark berada di Qubu Resort, Jalan Arteri Supadio KM 12,8 No. 6, Sungai Raya, Pontianak.

10. Sinka Island Park

Sinka Island Park

Taman rekreasi yang bernama Sinka Island Park ini berada di Teluk Ma’jantuh, Singkawang. Ini adalah kawasan wisata terpadu karena tidak hanya terdapat satu jenis objek wisata saja, melainkan ada beberapa objek wisata. Sinka Island Park menawarkan wisata kebun binatang. Ya, Sinka Zoo memiliki sekitar 62 spesies binatang di dalamnya.

Selain itu, ada pula wisata pantai di Pantai Banjau. Bentuk pantai ini seperti Pantai Ancol, di mana di tepinya terdapat bebatuan yang cukup besar. Ada pula kolam renang yang bisa dipakai untuk pengunjung yang ingin berenang.

Itulah 10 tempat wisata di Pontianak yang paling diminati wisatawan. Apakah Anda juga berniat mengunjungi tempat wisata ini? Yuk, langsung saja rencanakan liburan Anda di kota khatulistiwa ini! Dapatkan pengalaman menarik dengan berwisata di salah satu kota terbesar di pulau borneo.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram